Home » Slider » 4 Tips Mudah Mengembangkan Blog
tips blogging

4 Tips Mudah Mengembangkan Blog

4 Tips Mudah Mengembangkan Blog – Waktu, tempat, dan ide merupakan 3 elemen penting dalam upaya mengembangkan sebuah blog. Waktu menjadi hal yang signifikan di samping ide, tempat juga berperan untuk menjadi lebih rileks dalam menulis konten-konten untuk blog Anda.

Banyak sekali tips yang sudah ditulis oleh blogger lain yang tentunya bertujuan untuk membantu kita dalam mengembangkan blog. Berbagai tips tersebut tergantung juga kepada kita sendiri, cocok atau tidak untuk diterapkan. Mudah-mudahan tips yang saya berikan untuk mengembangkan blog Anda bisa Anda terapkan dengan baik agar blog yang Anda miliki bisa menjadi lebih baik.

4 Tips Mudah Mengembangkan Blog yang saya tulis ini merupakan pengalaman pribadi saya dalam dunia blogging. Kira-kira ambil saja apa yang cocok Anda terapkan untuk mengembangkan blog Anda. Inilah 4 tips mudah mengembangkan blog yang bisa Anda terapkan:

1. Cari, Pilih, dan Eksplorasi Ide Anda sebelum menulisnya

Ide memang menjadi kunci utama dalam dunia tulis-menulis, terutama dalam dunia blogging. Tanpa ide maka blogging tidak akan jalan. Carilah ide yang bisa Anda gunakan. Mungkin Anda punya ide banyak untuk ditulis, namun pilihlah terlebih dahulu mana yang menjadi prioritas untuk segera dituliskan di dalam blog Anda.

Eksplorasi ide yang Anda pilih itu. Apakah cocok dijadikan tulisan di dalam blog Anda? Jika cocok, perbanyak membaca blog lain atau referensi lain untuk memperkuat wawasan Anda mengenai ide tersebut. Tampilkan ide tersebut ke dalam mind mapping agar Anda lebih mudah mengembangkan ide tersebut ke dalam tulisan. Gunakan gaya bahasa Anda sendiri. Itulah ciri khas Anda sebagai blogger yang mampu membuat pengunjung menjadi lebih tertarik dalam membaca tulisan Anda.

2. Buat Kategori yang jelas dan Daftar Isi di Menu Navigasi Blog Anda

Blogger yang sudah profesional pun terkadang melupakan hal ini. Jangan senang dulu jika pengunjung Anda sudah banyak. Visitors memang sangat penting, tetapi jangan lupakan juga unsur Page Views untuk kemajuan blog Anda. Page Views disini maksudnya, seberapa banyak halaman yang dibuka oleh tiap pengunjung ketika sampai ke dalam blog Anda? Kebanyakan pengunjung sampai di blog kita karena mesin pencari seperti Google, dan kebanyakan mereka membuka blog kita karena hanya membutuhkan satu tulisan yang mereka cari dan kebetulan pula tulisan tersebut ada di dalam blog kita.

Nah, apakah Anda sudah puas jika pengunjung hanya membaca satu tulisan sementara blog Anda sudah berisi ratusan tulisan berkualitas yang sudah susah payah Anda tulis? Maka dari itulah penting kategori yang jelas untuk blog Anda. Buatlah kategori tertentu yang sesuai dengan tulisan Anda.

Tempatkan di bawah judul blog, di sidebar, atau di bagian footer. Intinya tampilannya harus jelas agar pengunjung tidak susah payah mencari-cari tulisan lain di dalam blog Anda. Sadar atau tidak, setiap orang memiliki multi hal yang disukai, bukan hanya satu hal saja. Bisa saja hal lain yang mereka sukai sudah Anda tuliskan di dalam blog Anda. Tetapi tanpa menu navigasi yang jelas yang memuat kategori tulisan Anda, bagaimana mereka bisa mengetahuinya?

Selain itu buat juga daftar isi di dalam blog Anda, sehingga pengunjung dapat lebih mudah mencari tulisan lain yang topiknya mereka sukai tanpa harus menutup blog Anda dan mencarinya di blog lain.

3. Anda sudah mulai jenuh di dunia blogging?

Beberapa waktu lalu saya menulis tips mengenai kejenuhan blogger dalam mengembangkan blog, sehingga blog yang sudah susah payah dibangunnya bagaikan sawah yang tak terurus, berpotensi tapi tak menghasilkan 😀

Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus mengenali apa-apa saja yang membuat blogger pada umumnya jarang update atau bahkan berhenti blogging. Silahkan baca tulisan saya mengenai 5 hal yang membuat blogger berhenti blogging.

4. Buat pengunjung menjadi lebih nyaman berkunjung ke dalam blog Anda

Caranya? Bagian yang ini memang sedikit rumit. Kita tentu tidak bisa secara nyata mengetahui apa yang membuat setiap pengunjung nyaman berada di sebuah blog. Bagaimana bisa, wong kita saja tidak mengenal mereka apalagi mengerti mereka hihi 😀

Untuk itu, saran saya upayakan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman berkunjung ke dalam blog Anda sesuai kebutuhan Anda saat Anda berkunjung ke dalam blog orang lain. Maksudnya? Gini, saat Anda berkunjung ke blog orang lain/blogwalking, apa yang membuat Anda betah berkunjung di dalam blog-nya dan apa yang tidak?

Kalau saya pribadi, yang terpenting adalah blog tersebut gampang diakses dan cepat loading-nya. Internet yang cepat itu susah dicari, makanya kita sering protes dan menggerutu jika loading suatu blog tersebut sangat lama karena koneksi internet yang kita gunakan juga lelet.

Dengan mempercepat loading blog Anda, setidaknya Anda juga sudah berupaya dalam mempermudah pengunjung untuk mengakses blog Anda. Anda pasti tidak suka dengan blog yang terlalu banyak embel-embel di dalamnya yang justru membuat blog tersebut jadi carut marut, lambat, dan justru membuat Anda terganggu untuk membaca tulisan di dalam blog tersebut.

Makanya, dalam mengembangkan blog, buatlah pengunjung menjadi lebih nyaman berkunjung ke dalam blog Anda. Prioritaskan manusia sebagai target blog Anda, jangan melulu untuk mesin pencari dengan alasan SEO bla bla bla…

Itulah 4 Tips Mudah Mengembangkan Blog Anda. Tidak ada yang susah asal memang niat. 4 tips ini tidak ada yang susah jika Anda memang berniat mengembangkan blog yang memiliki potensi. Selamat mencoba 😀

Join 1500+ Our Subscribers

Signup now and get the best posts weekly, and get free ebooks! | Daftar sekarang dan dapatkan artikel terbaik setiap minggunya. Dapatkan juga ebook gratis!

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

About Walter Pinem

Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

Kebijakan Berkomentar Berlaku Sejak Juni 2015

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan ingin memberikan tanggapan/komentar Anda mengenai tulisan ini. Namun sebelum memberikan tanggapan, mohon baca terlebih dahulu kebijakan berikut ini:

Perlu diketahui bahwa seluruh komentar yang masuk dimoderasi secara teliti dan SPAM tidak akan pernah diterima!.

Komentar harus berhubungan dengan topik tulisan.

Mohon untuk menggunakan nama asli (bukan kata kunci/nama website), alamat email asli dan URL website Anda ke kotak yang sudah tersedia.

Jangan pernah memasukkan URL langsung ke dalam kolom komentar, atau kami tidak akan pernah menerimanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>