Home » WordPress » Cara Memasang Kotak Pencarian Google di Blog
YellowFlashinfo_google_hummingbird

Cara Memasang Kotak Pencarian Google di Blog

Cara Memasang Kotak Pencarian Google di Blog – Memasang kotak pencarian google di blog mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Namun bagi Anda yang ingin membuat situs Anda lebih fungsional dan agar kunjungan yang terjadi lebih lama, maka membuat kotak pencarian google dan memasangnya di blog merupakan salah satu pilihan yang baik untuk blog Anda. Kotak pencarian google yang akan ditampilkan di dalam blog Anda sama dengan kotak pencarian google di situs resminya. Jadi pencarian yang dilakukan oleh pengunjung blog Anda di kotak pencarian google yang Anda pasang akan sama akuratnya dengan pencarian google di situs resminya.

Baiklah, dalam tutorial kali ini saya memandu Anda semua untuk mempercantik blog Anda dengan memasang kotak pencarian google di blog. Tolong dicatat bahwa panduan ini hanya untuk Anda pengguna wordpress self hosted. Jika Anda pengguna wordpress self hosted maka silahkan lanjutkan membaca artikel ini. Mari langsung saja ke bagian tutorialnya:

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka halaman Create Custom Search Engine.

2. Setelah halaman tersebut terbuka, silahkan klik “Create a Custom Search Engine” atau “Buat mesin telusur khusus”. Setelah itu silahkan isikan nama dan deskripsi singkat terlebih dahulu.

3. Lalu Anda diminta untuk memasukkan alamat URL blog Anda di kotak yang telah disediakan. Setelah itu Klik Next.

4. Setelah Anda meng-klik Next, Anda akan diarahkan ke halaman “Try it out”, lewati halaman itu dengan meng-klik Next.

5. Anda akan memasuki halaman baru, silahkan klik “Change the look and the feel”. Setelah itu klik “Two Page” lalu silahkan klik “Save and get code”. Masukkan alamat situs Anda kembali dan pilih salah satu antara HTTP atau HTTPS. Di bagian specify the query parameter……….. di bawah kotak URL, ketikkan huruf ‘s’.

6. Setelah itu Anda tentu membutuhkan kode untuk memasang kotak pencarian google di blog Anda. Pastekan dua kode yang disediakan masing-masing di bagian searchform.php dan di bagian search.php di file Editor tema wordpress Anda. Jika belum ada silahkan buat terlebih dahulu.

7. Kotak pencarian google di blog Anda sudah berhasil dipasang.

Dengan memasang kotak pencarian google di blog maka fitur yang Anda disediakan untuk pengunjung blog Anda akan semakin lengkap. Hal ini juga sekaligus dapat mempercantik tampilan blog Anda, melengkapi fasilitas yang dibutuhkan pengguna internet yang sedang berkunjung ke blog Anda (karena mereka dapat menggunakan kotak pencarian google di blog Anda tanpa harus membuka situs google terlebih dahulu), dan juga menambah keprofesionalan blog Anda.

Dengan memasang kotak pencarian google di blog maka tampilan website Anda akan terlihat menjadi lebih keren dan fungsional. Pengunjung sewaktu-waktu bisa menggunakan kotak pencarian tersebut tanpa harus membuka situs google di tab baru browser mereka.

Jika Anda membutuhkan informasi tambahan jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah sesuai dengan baik, no spam please. Jika Anda mempunyai informasi tambahan terkait tulisan ini, silahkan share ke kami maka kami akan menampilkannya. Jika Anda tertarik menjadi penulis tamu, silahkan baca aturannya di menu Penulis Tamu.

Setelah Anda mengikuti dan mengaplikasikan cara-cara di atas ke dalam blog Anda untuk memasang kotak pencarian google di blog Anda dengan baik dan benar, maka Anda sudah berhasil memasang kotak pencarian google di blog Anda. Kalau begitu selamat mencoba 😀

Join 1500+ Our Subscribers

Signup now and get the best posts weekly, and get free ebooks! | Daftar sekarang dan dapatkan artikel terbaik setiap minggunya. Dapatkan juga ebook gratis!

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

About Walter Pinem

Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>