Korupsi dan Nilai-Nilai Pancasila

Korupsi dan Nilai-Nilai Pancasila

Banyaknya masyarakat biasa maupun tokoh-tokoh masyarakat Indonesia yang korupsi, memperlihatkan bahwa nilai-nilai dari Pancasila tidak tertanam dengan baik di dalam diri bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang merupakan jati diri dari bangsa Indonesia sepertinya harus tunduk kepada ego dan nafsu godaan dunia yang menjebak bangsa Indonesia ke dalam perangkap besi.

Dahulu bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing begitu lamanya, sekarang bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa sendiri dengan hadirnya isu korupsi ke dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Tidak ada berita yang lebih membosankan dari berita korupsi. Korupsi menjadi berita yang membosankan saking seringnya muncul di berbagai media. Entah sampai kapan.  Negara kita sudah penuh dengan tikus-tikus liar, sehingga kucing pun menjadi sulit untuk menangkapnya.

Tikus vs Garuda

Tikus adalah kata yang tepat untuk mengkonotasikan perilaku orang-orang yang melakukan tindak pidana korupsi. Koruptor-koruptor kotor yang lapar uang, haus kekuasaan. Tikus atau koruptor, sama saja. Tikus merupakan binatang yang pandai bersembunyi. Tiba-tiba muncul, namun tak lama hilang kembali. Jika ada di rumah, suaranya kadang terdengar namun kita tidak tahu letaknya dimana. Kerjaannya mengobok-obok tempat sampah, mencari makanan kotor. Sudah dapat makanannya, tempat sampahnya berantakan meninggalkan jejak tikus. Sudah ada jejak tikusnya, tikusnya sudah pergi entah ke mana. Mau ditangkap, susah. Harus diberi perangkap atau jebakan. Semua analogi tadi sama dengan koruptor. Bedanya, ketika tikus berhasil ditangkap, mau kita bunuh tikus tersebut setelahnya pun tidak masalah. Tapi kalau dengan koruptor, membunuh saja banyak aturan dan larangannya.

            Sekarang elang jawa kebanggaan kita, Spizaetus Hartelsi, yang menjadi lambang negara kita sedang tidak berdaya menghadapi pasukan tikus yang begitu banyak. Garuda berperisai Pancasila ini sedang kesulitan menahan serangan-serangan tikus. Sila-sila dalam Pancasila sedang diuji kekuatannya. Garuda yang terbang di udara sekarang mampu digapai tikus yang tinggal di daratan. Apakah 5 sila Pancasila yang dibentuk dengan susah payah dan harapan yang besar dari para leluhur kita mampu menghadapi situasi Indonesia sekarang ini? Sanggupkah Garuda kita terbang membawa Indonesia yang lebih baik? Garuda ditantang tikus. Garuda sedang bertahan menghadapi serangan-serangan yang ada. Meski begitu, bangsa Indonesia tentunya sangat yakin akan kekuatan Garuda. Tikus-tikus yang ada jumlahnya hanya segelintir dibandingkan bangsa Indonesia yang baik moralnya.

 

Korupsi merupakan masalah serius yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia. Masih banyak orang yang sadar bahwa korupsi itu merupakan tindakan menyimpang. Oleh karena itu, orang-orang tersebut harus dibekali dengan ilmu dan nilai-nilai yang baik agar terhindar dari tindakan menyimpang. Sebagai bangsa Indonesia, nilai-nilai yang baik tersebut berasal dari 5 sila Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi panutan setiap bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia yang sebenarnya adalah bangsa Indonesia yang tidak hanya memahami nilai-nilai dari Pancasila, namun dapat mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Sebesar apapun masalah yang menimpa tanah ibu pertiwi ini, haruslah dihadapi dengan rasa kesatuan dan persatuan agar bangsa ini tidak terpecah belah dan menjadi bangsa yang satu. Nilai-nilai Pancasila haruslah dipegang teguh oleh setiap bangsa Indonesia. Layaknya kitab suci, nilai-nilai tersebut jika dimaknai dengan baik akan menuntun kita ke dalam hal-hal yang baik, ke dalam kemajuan bangsa Indonesia. Benar adanya bahwa korupsi terjadi karena pemahaman kita mengenai Pancasila masih kurang. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui sila-sila dari Pancasila. Namun dalam memaknainya masih kurang sehingga masih banyak pelanggaran-pelanggaran dan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di negeri ini.

 

Artikel ini disumbangkan oleh Muhammad Arby sebagai Penulis Tamu.

Join 1500+ Our Subscribers

Signup now and get the best posts weekly, and get free ebooks! | Daftar sekarang dan dapatkan artikel terbaik setiap minggunya. Dapatkan juga ebook gratis!

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

COMMENT POLICY: We love comments here but we have rules. Please do not use keywords in “Name” field; you MUST leave a real name in order to get your comment approved. Spamming for a link will not be tolerated on this site so do not waste your time.

[%%LINKS%%]