Faktor – Faktor yang Membuat Bisnis Gagal – Bagi setiap pebisnis tentu ada berbagai pijakan yang bisa membuat bisnisnya sukses maupun gagal dan sukses lagi. Ada berbagai faktor yang membuat bisnis gagal, dan faktor tersebut justru datang dari kita sendiri. Bagi kita yang hendak dan sudah memulai bisnis, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pahami dalam menjalankan bisnis tersebut. Seperti yang dikutip dari Apakabardunia.com, setidaknya ada 5 faktor yang membuat bisnis gagal. Apa saja itu? Ini dia:

5 Faktor yang Membuat Bisnis Gagal

bisnis gagal

1. Tidak Fokus

Berbagai ide bisnis dan target pasar memang penting dalam bisnis, tetapi terlalu banyak ide bisnis dan memulainya secara bersamaan pun bukanlah cara terbaik untuk menjalankannya. Tentukanlah satu bisnis yang menurut Anda mampu Anda kuasai dan fokuslah pada bisnis tersebut terlebih dahulu sebelum membuat variannya.

Terutama dengan produk andalan yang dimiliki. Dengan memfokuskan diri terlebih dahulu pada bisnis tersebut Anda akan terbantu dengan struktur yang jelas dan energi yang tak sia-sia dalam menjalankannya. Salah satu faktor yang membuat bisnis gagal adalah karena tidak fokus.

BACA JUGA:  Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

2. Tak Tertib Administrasi

Tertiblah dalam hal administrasi entah itu dalam bentuk transaksi yang terjadi di dalam bisnis Anda atau dalam hal pajak dan segala hal yang terkait dalam pembangunan bisnis Anda.

Sekecil apapun itu catatlah semuanya agar jelas bagaimana alur transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Hal ini nantinya memudahkan Anda untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan dan melihat langsung bagaimana perkembangan dan sejauh mana keberhasilan bisnis Anda.

3. Tidak Berpromosi

Kebanyakan bisnis gagal karena kurang giat dalam berpromosi. Rajinlah berpromosi dalam cara apapun yang terbaik menurut Anda. Sisihkan modal untuk menyewa iklan secara online maupun offline, jangan pernah pelit untuk berpromosi.

Tidak melakukan promosi merupakan salah satu faktor yang membuat bisnis gagal. Bagaimana orang tahu keunggulan produk Anda jika Anda tidak mempromosikannya ke calon pembeli? Kalaupun Anda belum memiliki cukup modal untuk berpromosi, gunakanlah sosial media yang gratis dan selalu ramai untuk mempromosikan produk Anda.

4. Tidak Ada Pegawai

Tidak semua hal bisa Anda kerjakan sendiri. Pekerjakanlah pegawai yang cocok untuk bisnis Anda dan mulailah bekerja bersama secara kolektif untuk membangun bisnis Anda. Perhatikan pengalaman dan loyalitas dalam diri calon pegawai Anda, jangan terlalu bergantung pada kemampuan akademik saja, terutama jika bisnis Anda yang mengutamakan praktek.

BACA JUGA:  Kisah Sukses Amancio Ortega Senada Dengan Sukanto Tanoto

5. Tidak Ada Dana Cadangan

Ibarat file penting di komputer, Anda harus mem-backup-nya ke flashdisk atau harddisk untuk menghindari kehilangan secara permanen pada file penting tersebut. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada komputer kita, entah itu rusak atau terkena virus dan kita tidak dapat lagi mengakses file penting di dalamnya.

Begitu jugalah dengan dana cadangan dalam hal bisnis. Dana cadangan sama saja dengan modal cadangan, sama juga dengan modal untuk keperluan tak terduga. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya pada bisnis kita sehingga mempersiapkan dana cadangan setidaknya bisa mengantisipasi hal terburuk yang kapan saja bisa terjadi.

Itulah 5 hal utama yang menjadi faktor yang membuat bisnis gagal. Semoga bermanfaat.

SHARE
Artikel SebelumnyaPengertian dan Cara Menurunkan Bounce Rate
Artikel SelanjutnyaCiri – Ciri Cewek PHP
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

2 KOMENTAR

    • saya sarankan untuk jangan mengcopy-paste artikel seutuhnya, namun kembangkan lagi artikel ini dengan bahasa Anda sendiri, atau ditulis ulang dengan bahasa sendiri. Akan berefek negatif pada SEO jika terdapat kesamaan artikel 100% akibat copy-paste.

TINGGALKAN KOMENTAR