10 Rekomendasi Film Bertema Remaja Terbaik, Dari Komedi Hingga Kisah Romantis

482
Rekomendasi film remaja terbaik, film tentang remaja sekolah

Rekomendasi film remaja terbaik bisa jadi tema tontonan yang selalu menarik untuk diikuti. Apalagi jika film tentang remaja sekolah atau film kenakalan remaja.

Rasanya setiap kali nonton bisa ikut terbawa suasana, ikut senyum-senyum, galau dan gemes sendiri melihat kelakuan anak-anak muda sekarang.

Bukan cuma drama romantis saja, saat ini banyak film remaja yang juga memasukan unsur aksi laga dan science fiction di dalamnya.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Bikin rekomendasi film remaja makin berwarna dan tak kalah seru buat ditonton bareng keluarga atau bestie.

Berikut ini rangkuman film remaja terbaik buat hiburan dikala bosan atau gabut di rumah, diantaranya.

Rekomendasi Film Remaja Terbaik dari Waktu ke Waktu

1. Superbad (2007)

Rekomendasi film remaja terbaik yang pertama dalam daftar ini ada “Superbad” karya sutradara Greg Mottola.

Film bergenre komedi ini naskahnya ditulis duo komedian Evan Goldberg dan Seth Rogen ketika keduanya berusia belasan tahun. 

Sepertinya memang menceritakan tentang masa remaja mereka yang penuh cerita lucu.

Dibintangi Jonah Hill bersama Michael Cera, film kenakalan remaja yang diproduseri Judd Apatow yang satu ini bakal menyuguhkan banyak adegan komedi yang menggelitik.

Terutama dari tingkah unik dua remaja tersebut yang akhirnya membawa mereka menikmati petualangan seru. 

Mulai dari dikejar-kejar polisi sampai berhasil masuk ke sebuah acara pesta sekolah. 

2. Ada Apa dengan Cinta (2002)

Dibintangi Dian Sastrowardoyo bersama Nicholas Saputra, barangkali film tentang remaja sekolah ini merupakan film remaja Indonesia paling legendaris sepanjang masa.

Bahkan, kisahnya menempel dalam benak banyak orang hingga lintas generasi. 

Mengisahkan tentang drama percintaan antara Cinta dan Rangga yang unik dan rumit, film rilisan tahun 2002 ini masih tetap bikin baper. 

Rangga yang pendiam, cenderung menyendiri dan misterius, harus berurusan dengan sosok Cinta yang bawel sekaligus ambisius.

Meski keduanya memiliki karakter yang sangat berlawanan, justru itulah yang jadi daya tariknya dan membuat keduanya saling memikirkan satu sama lain.

Ditambah lagi dengan kehadiran geng Cinta yang rame dan solid, membuat film remaja yang satu ini tak pernah bikin bosan.

Hanya saja kisah cinta keduanya tak berjalan mulus, Rangga pergi meninggalkan Cinta dalam penantian yang mungkin tak berujung.

Karena kepopuleran film besutan Rudi Soedjarwo ini dan banyak penggemar yang gagal move on hingga bertahun-tahun, di tahun 2016 kemudian rilis sekuel keduanya, “Ada Apa Dengan Cinta? 2”.

Buat kamu yang suka nonton film tentang remaja sekolah, jangan sampai terlewat sekuel keduanya, ya.

3. The Karate Kid (2010)

Film remaja yang dibintangi oleh Jaden Smith bersama Jackie Chan ini merupakan garapan sutradara Harald Zwart.

“The Karate Kid” termasuk film kenakalan remaja yang menceritakan kisah seorang anak yang jadi bahan bullyan hanya karena dirinya berbeda.

Kisah bermula ketika Dre Parker yang diperankan oleh Jaden Smith, seorang anak asal Amerika berasal harus pindah ke Beijing karena mengikuti ibunya bertugas.

Di sekolah barunya, Dre berjumpa dengan Mei Mei dan tertarik dengan gadis manis tersebut. Keduanya pun semakin dekat dan kerap bermain bersama. 

Sayangnya, hal ini tak disukai Cheng, teman satu kelas Dre yang jago bela diri. Dre habis dipukuli dan jadi bahan bullyan Chen bersama teman-temannya. 

Merasa tak terima, Dre pun meminta sang ibu mencarikan guru bela diri untuknya. Awalnya Dre belajar beladiri hanya untuk membalas perlakuan buruk Cheng.

Tetapi, kemampuan Dre saat belajar beladiri bersama pak Han membuatnya menyukai kungfu dan tertarik untuk mengikuti kompetisi.

Dre pun harus berjuang untuk kompetisi besar demi harga dirinya sendiri dan juga sang guru yang telah membuatnya memahami arti beladiri yang sesungguhnya.  

4. The Perks of Being a Wallflower (2012)

Rilis di tahun 2012, film tentang remaja sekolah yang satu ini kisahnya merupakan adaptasi dari novel bertajuk serupa karya Stephen Chbosky yang juga jadi sutradaranya.

Dibintangi oleh Logan Lerman dan Emma Watson, serta Ezra Miller, di film ini kamu akan disajikan banyak adegan masa-masa remaja yang manis dan seputar pencarian jati dirinya.

Mengisahkan tentang Charlie, remaja laki-laki yang mengidap depresi karena masa lalu buruk yang menimpanya.

Karenanya, Charlie pun kesulitan untuk berinteraksi sosial, terutama di masa-masa SMA-nya.

Hingga suatu ketika, Charlie berkenalan dengan Sam dan Patrick. Mereka bertiga pun menjalin persahabatan yang semakin erat.

Charlie yang penyendiri akhirnya jatuh cinta dengan Sam dan banyak hal menarik yang mereka lalui selama masa SMA, termasuk konflik khas anak remaja.

5.The Edge of Seventeen (2016)

Rekomendasi film remaja terbaik selanjutnya ini merupakan karya debut sutradara Kelly Fremon Craig yang rilis di tahun 2016 lalu.

Film yang berpusat pada sosok gadis SMA bernama Nadine Franklin yang diperankan oleh Hailee Steinfeld. 

Nadine adalah gadis SMA biasa, berbeda dengan sang kakak Darin yang populer dan jadi anak kesayangan sang ibu.

Nadine merasa hanya sang ayah yang sayang dengannya, semuanya hancur ketika sosok yang selalu menguatkannya itu harus pergi untuk selamanya.

Meski merasa sendirian, Nadine masih punya Krista teman sejak kecil yang juga satu sekolah dengannya. 

Namun, persahabatan keduanya hancur ketika Krista dekat dan menjadi pacar sang kakak. 

Perasaan hancur dan kesepian membuat Nadine begitu galau, belum lagi hubungan asmaranya dengan Nick dan juga Erwin yang begitu rumit menambah semrawut kehidupannya. 

Di tengah segala kerumitan tersebut, untungnya Nadine punya tempat berkeluh kesah yakni Pak Bruner. 

Gurunya yang selalu menyemangatinya untuk selalu menatap kehidupan saat ini dengan fokus.

6. Eighth Grade (2018)

Rekomendasi film tentang remaja sekolah yang bergenre drama komedi ini merupakan karya dari sutradara Bo Burnham yang rilis tahun 2018 lalu.

Diperankan oleh Elsie Fisher, Josh Hamilton dan juga Emily Robinson, film remaja ini berpusat pada Kayla Day.

Seorang gadis introvert berusia 13 tahun yang tengah berjuang untuk menyelesaikan masa-masa terakhirnya bersekolah. Sebelum lanjut ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi.

Kayla yang introvert bahkan dijuluki oleh teman-temannya sebagai murid paling hening di sekolah. Tak heran jika Kayla hampir tak punya teman di sekolah.

Di rumah, Kayla tinggal berdua bersama sang ayah yang ramah dan baik hati. Meskipun demikian, ini tak membuat Kayla dekat dengannya, justru cenderung menghindar.

Untuk meluapkan ekspresinya, Kayla pun membuat channel YouTube yang berisi blog motivasi dan membangun self confidence. 

Meski sulit, namun melakukan semuanya demi menyembuhkan dan memotivasi dirinya sendiri untuk bangkit.

7. Booksmart (2019)

Film tentang remaja sekolah ini berkisah tentang Molly dan Amy, dua remaja yang bersahabat sejak lama dan sekolah di tempat yang sama.

Keduanya sama-sama murid berprestasi, bahkan saking giat belajar keduanya bahkan tak sempat bersenang-senang di masa SMA-nya.

Menjelang hari-hari kelulusan, keduanya baru menyadari jika ada banyak momen indah yang mereka lewatkan semasa sekolah. 

Hingga suatu malam, keduanya mencoba mengobati rasa kecewa tak pernah “nakal” semasa SMA dengan ikut merayakan pesta kelulusan yang diadakan temannya.

Mereka bahkan tak sengaja ikut mencoba strawberry yang ternyata sudah dibubuhi obat terlarang dan bertemu kepala sekolah yang sedang melakukan kerja part time.

Film kenakalan remaja yang telat ini dibintangi oleh Beanie Feldstein dan Kaitlyn Dever, dan merupakan karya sutradara Olivia Wilde.

Di film remaja yang satu ini mencoba memberi tahu bahwa belajar selama masa SMA memang penting, tapi jangan sampai kehilangan masa-masa remaja yang seru dan mengesankan.

8. The Darkest Mind (2018)

Rekomendasi film remaja terbaik yang punya alur cerita seru dan tak membosankan ada “The Darkest Mind” rilisan tahun 2018. 

Film yang mengangkat tema anak-anak berkekuatan super ini merupakan karya sutradara Jennifer Yuh Nelson.

Diadaptasi dari sebuah novel trilogi karya Alexandra Bracken, film remaja satu ini dibintangi Amandla Stenberg, Harris Dickinson, dan juga Skylan Brooks ini.

Film ini menceritakan ada banyak remaja yang memperoleh kekuatan ajaib secara misterius. Karena dianggap sebagai ancaman, mereka pun ditahan di sebuah kamp khusus oleh pemerintah. 

Suatu ketika, salah seorang gadis berusia 16 tahun yang ditahan di kamp tersebut berhasil lari dari kamp. Gadis tersebut bernama Ruby yang diperankan oleh Amandla Stenberg.

Ruby berusaha menyelamatkan diri, bertemu dengan anak-anak lainnya yang juga telah lebih dulu berhasil meloloskan diri dari kamp. 

Anak-anak ini kemudian menyadari jika di dunia tempat yang dihuni orang-orang dewasa telah berkhianat.

Melarikan diri saja tak cukup buat Ruby dan kawan-kawan.

Mereka kemudian bergerak menggabungkan kekuatan untuk melakukan perlawanan demi masa depannya.

9. Five Feet Apart (2019)

Rekomendasi film remaja terbaik selanjutnya ini merupakan garapan sutradara Justin Baldoni yang mengangkat tema penyakit langka.

Dibintangi oleh Haley Lu Richardson bersama dengan Cole Sprouse, “Five Feet Apart” bercerita tentang kisah cinta dari dua remaja yang tengah menjalani pengobatan penyakit langka.

Haley Lu Richardson berperan sebagai Stella, pasien yang mengidap Cystic Fibrosis semenjak usianya 7 tahun. 

Meski harus selalu tinggal di rumah sakit dan menjalani perawatan, Stella tetap selalu bersemangat dan membagikan vibes positifnya melalui blog pribadinya.

Suatu ketika Stella berkenalan dengan pasien lain bernama Will yang seusia dengan dan mengidap penyakit seperti yang dideritanya.

Berbeda dengan Stella, Will cenderung melankolis dan pesimis dengan hidupnya. Keceriaan Stella membuat perasaan keduanya menjadi semakin dekat.

Sayangnya, kisah cinta keduanya harus terhalang penyakit yang mereka derita. Mereka harus menjaga jarak 1,5 meter atau sekitar lima langkah.

Karena pasien yang menderita Cystic Fibrosis tidak diijinkan untuk berdekatan dengan pasien lain untuk alasan kesehatan. 

Kalau kamu nonton rekomendasi film remaja terbaik ini, pastikan untuk menyiapkan tisu di samping. Biar gak banjir air mata.

10. He’s All That (2022)

Selanjutnya ada “He’s All That”, rekomendasi film remaja terbaik yang merupakan film debut dari bintang TikTok bernama Addison Rae. 

Film tentang remaja sekolah ini merupakan remake dari Film berjudul “She’s All That yang rilis di tahun 1999 lalu. 

Film remaja remake ini secara garis besar masih mengikuti alur cerita versi originalnya. 

Dimana seorang siswa populer di sekolah yang mendapat tantangan untuk mengubah siswa cupu jadi keren untuk diajak ke pesta dansa.  

Kisah derita dalam film berpusat pada karakter Padgett   yang diperankan oleh Addison Rae. Ia merupakan seorang siswi populer yang juga seorang influencer terkenal di TikTok.

Padgett tampak memiliki kehidupan yang sempurna, berada di circle pertemanan anak-anak kaya dan populer. Juga punya pacar tampan yang bernama Jordan Van Draanen.

Suatu kejadian buruk membuat kehidupan Padget jadi viral, bukan karena hal baik tapi pacarnya selingkuh. Padget pun jadi bahan olok-olok warganet.

Padgett menyembunyikan perasaan hancurnya dengan menerima tantangan bahwa dirinya bisa mengubah penampilan Cameron Kweller jadi lebih keren saat nanti di prom night.

Penasaran dengan ending film remaja terbaik besutan sutradara Mark Waters ini? Kamu bisa nonton di situs streaming online terpopuler saat ini, Netflix! 

Catatan Editor

Kami sangat merekomendasikan untuk menonton rekomendasi film horor Joko Anwar terbaik di layanan streaming legal, seperti Disney+ Hotstar, Netflix, iFlix dan sebagainya.

Namun, jika memang terpaksa harus menontonnya di situs online streaming, maka pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu di internet. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan VPN Moove. 

VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan secara gratis 100%. Yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove, sekarang!

Google Play