10 Deretan Film Tentang Pelecehan Seksual, Bikin Hati Teriris dan Nyesek!

Film tentang pelecehan seksual menjadi sebuah tayangan yang bukan hanya mencoba mengangkat isu sensitif tapi juga bisa jadi pelajaran berharga. Dimana film kekerasan terhadap perempuan bisa jadi cerminan untuk lebih aware.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Fenomena terkait pelecehan seksual sebenarnya bukan hal baru, karena seringkali dianggap sesuatu yang tabu, makanya kerap ditutupi. 

Terlebih ketika pelakunya berasal dari kalangan terpandang dan memiliki pengaruh, sudah pasti kasus semacam itu akan hilang bak ditelan bumi. 

Hal inilah yang menginspirasi banyak sensasi untuk mengangkat isu tersebut dalam film pelecehan seksual. Salah satu alasannya untuk memberikan edukasi dan dampaknya terhadap korban.

Berikut ini daftar film pelecehan seksual yang bisa menyadarkan kita bahwa kejadian mengerikan tersebut bisa menimpa siapa saja. Sehingga wanita perlu melindungi dirinya dan pria pun juga harus menghargai wanita.  

Daftar Film Tentang Pelecehan Seksual, Bikin Emosi!

1. Dear Nathan: Thank You Salma (2022)

Daftar film kekerasan seksual yang pertama ada “Dear Nathan: Thank You Salma” rilisan tahun 2022. 

Meski fokus utama dari film ketiga trilogi “Dear Nathan” ini lebih ke cerita cinta remaja, namun di film ini juga mengangkat isu hangat yang terjadi di tengah masyarakat. 

Bisa dibilang “Thank You Salma” termasuk film kekerasan terhadap perempuan. Dimana, isu pelecehan seksual di lingkungan kampus menjadi sorotan utamanya selain kisah Nathan dan Salma.

Diceritakan, ada salah satu teman kampus Nathan dan Salma yang mengalami tindak kekerasan seksual, namanya Zanna.

Pelakunya sendiri juga mahasiswa di kampus tersebut. Namun karena pelaku merupakan anak dari tokoh terpandang dan berpengaruh di kampus, membuat Zanna urung melapor.

Hal ini membuat jiwa kesetiakawanan Nathan terusik, hingga akhirnya ia mencoba berjuang mencari keadilan untuk Zanna.

Film kekerasan terhadap perempuan yang satu ini layak banget buat jadi tontonan yang menginspirasi. Bahwa, korban kekerasan seksual harus diberi dukungan dan bukan hujatan.

2. The Assistant (2020)

Film tentang pelecehan seksual yang selanjutnya harus kamu tonton adalah “The Assistant”. Film ini menuai banyak sekali pujian karena tingkat akurasinya yang bisa dibilang related. 

Terinspirasi dari kejadian nyata, tentang pelecehan seksual yang pernah terjadi di industri perfilman Hollywood. “The Assistant” berhasil menyuguhkan suasana mencekam yang banyak pekerja baru alami di tempat kerjanya.

Film kekerasan terhadap perempuan ini berpusat pada sosok Jane, seorang karyawan kantor yang bekerja di lingkungan kerja yang keras dan tak sehat.

Dimana sang bos, selain penuh kontrol juga selalu menjadikan karyawan baru sebagai pemuas nafsu seksualnya. 

Jane yang merasa tertekan karena pekerjaan dan takut menjadi sasaran bos yang selanjutnya kemudian melaporkannya ke pihak HRD. 

Tapi sayang, tanggapan yang diterimanya justru tak sesuai keinginannya.

Jane justru mendapatkan semprotan dari sang bos yang punya power luar biasa di kantor yang membuatnya ketar-ketir setiap saat.

3. Unbelievable (2019)

Film tentang pelecehan seksual yang satu ini lebih tepatnya merupakan serial film yang terinspirasi dari kejadian nyata sekitar tahun 2000 an awal.

Waktu itu, terjadi kasus kekerasan seksual berantai yang menimpa sejumlah wanita di wilayah negara bagian Amerika Serikat. 

Series film kekerasan terhadap perempuan satu ini bukan cuma berfokus pada investigasi yang tim detektif lakukan. 

Tetapi juga melihat adanya kecenderungan di tengah masyarakat yang cenderung victim blaming alias memojokkan dan menyalahkan korban.

Menariknya lagi, cerita di film pelecehan seksual ini  bisa menjadi bukti jika perempuan juga bisa berdaya dan tidak selalu identik dengan adanya persaingan. 

Terbukti dari dua detektif karakter utamanya yang jadi pahlawan di film ini adalah sosok perempuan.  

4. Bombshell (2019)

Daftar film kekerasan seksual yang selanjutnya ini terinspirasi dari kejadian nyata kasus kekerasan seksual yang menimpa sejumlah karyawan media Fox.

Dimana korban yang jumlahnya tidak sedikit mampu menyeret kepala redaksi di media tersebut ke meja hijau atas dugaan kasus kekerasan seksual terhadap sejumlah karyawan wanita.

Charlize Theron berperan sebagai Megyn Kelly, sosok nyata yang memperjuangkan kasus yang menimpa dirinya dan rekan-rekannya yang juga menjadi korban pelecehan seksual.

Meski belum bisa memuaskan ekspektasi penonton, analis dan kritikus terkait film tentang pelecehan seksual, “Bombshell” tetap wajib mendapatkan apresiasi atas usahanya mengangkat isu sensitif  tersebut. 

5. 27 Steps of May (2018)

Garapan sutradara Ravi Bharwani rilisan tahun 2017 silam ini layak masuk daftar film kekerasan seksual yang bakal bikin aware soal dampak dari peristiwa tersebut terhadap korban.

Film tentang pelecehan seksual yang dibintangi Raihaanun dan Lukman Sardi ini bahkan berhasil tayang di sejumlah festival film internasional. 

Bercerita tentang May, sosok gadis muda yang jadi korban pemerkosaan bersamaan dengan tragedi kerusuhan di tahun 1998 silam. 

Saat itu, May baru berusia 14 tahun dan belum tahu apa-apa. Semua kejadian buruk yang menimpa May terjadi sangat cepat.

Kekerasan seksual yang menimpa May kemudian membuat sanga ayah memendam rasa bersalah begitu besar karena merasa gagal melindungi putri kecilnya.

Hampir delapan tahun lebih sejak kejadian tersebut, May mengalami masalah mental. Membuatnya hampir selalu mengurung dirinya di kamar dan tak mau berbicara dengan siapapun, termasuk sang ayah.

Sang ayah yang terpuruk dalam rasa bersalah melampiaskan rasa sakit dan luka batinnya terhadap tragedi yang menimpa May di atas ring tinju.

Film tentang pelecehan seksual ini mencoba menggambarkan dampak psikologis dalam jangka panjang yang mungkin dialami korban dan juga orang terdekatnya. 

6. The Loudest Voice (2019)

Daftar film kekerasan seksual selanjutnya ini ditayangkan dalam format mini seri yang diadaptasi dari buku bertajuk “The Loudest Voice in the Room” karya Gabriel Sherman.

Berbeda dari film pelecehan seksual kebanyakan yang menggunakan sudut pandang dari korban, series film ini justru mengangkat sudut pandang dari pelakunya.

Yakni politisi sekaligus kepala redaksi dari media penyiaran Fox, Robert Ailes. Dirinya dituduh melakukan tindak kekerasan seksual dengan sejumlah dakwaan yang memberatkan. 

Series film pelecehan seksual ini mencoba mengulas kehidupan Ailes di masa-masa akhir sebelum meninggal dunia tahun 2016 silam.

7. Audrie & Daisy (2016)

Daftar film kekerasan seksual selanjutnya ini merupakan karya sutradara Bonni Cohen dan Jon Shenk yang dibuat dalam bentuk film dokumenter.

“Audrie & Daisy” menceritakan dua gadis remaja yang jadi korban pelecehan teman sekolahnya sendiri.

Daisy ditemukan tidak sadarkan diri tepat di depan rumahnya sendiri dalam keadaan mengenaskan dan hampir membeku di tengah cuaca musim dingin. 

Setelah ditelusuri, ternyata Daisy telah diperkosa secara brutal dan pelakunya sempat tak mengakui perbuatannya. 

Kejadian serupa juga terjadi pada Audrie, dimana dirinya mendapati tubuhnya penuh dengan coretan usai dilecehkan kawan-kawan sekolahnya. 

Saat Audrie masuk ke sekolah, ia mendapati foto-foto dirinya dengan kondisi tersebut tersebar di situs internet sekolah. Hal ini kemudian mendorongnya untuk mengakhiri hidupnya.

8. Wish (2013)

Pelecehan seksual ternyata tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak pun juga rentan mengalami hal yang mungkin jauh lebih mengerikan.

Daftar film kekerasan seksual yang selanjutnya ini terinspirasi dari kasus pelecehan seksual terhadap NaYoung, anak gadis berusia delapan tahun di Korea Selatan sekitar tahun 2008 silam.

Garapan sutradara Lee Jong Ik, film tentang pelecehan seksual ini diperankan dengan sangat apik oleh Uhm Ji Won, Lee Re, Sol Kyung Gu dan banyak lagi.

Film yang juga dikenal dengan judul “Hope” ini bercerita tentang gadis kecil 8 tahun bernama Soowon yang ceria dan selalu semangat untuk bersekolah. Ia tinggal bersama ayah ibunya yang pekerja keras.

Suatu pagi, Soowon berangkat ke sekolah seperti biasa meski saat itu tengah hujan. Namun, ternyata Soowon tidak sampai ke sekolah karena dirinya menjadi korban kekerasan seksual yang brutal oleh sosok pria tua berusia 54 tahun.

Soowon ditemukan sekarat di sebuah gudang tua kosong dengan banyak luka, hingga membuatnya harus menjalani operasi pengangkatan usus besar.  

Kini, hari-hari Soowon sangat muram, ia bahkan mengalami trauma. Seperti tak mau bicara dan selalu ketakutan jika melihat laki-laki dewasa, termasuk sang ayah.

Meski akhirnya, pelaku kekerasan seksual terhadap Soowon bisa ditangkap dan dipenjara. Namun, luka fisik dan batin yang dialami Soowon dan keluarganya tak akan bisa sembuh dengan mudah.

Film tentang kekerasan seksual yang satu ini bakal bikin emosi campur aduk, mengiris hati hingga tanpa terasa bikin banjir air mata karena cerita tragisnya.

9. An Open Secret (2014)

Jika biasanya film tentang kekerasan seksual mengangkat cerita dengan korban wanita, tapi di film dokumenter ini justru laki-laki yang jadi korbannya.

Kisah bermula dari pengakuan mantan artis cilik yang menceritakan tentang masa lalunya ketika harus jadi pemuas nafsu dari para produser hingga petinggi Hollywood. 

Hal mengerikan itu dilakukannya karena di iming-imingi tampil di sejumlah acara serta iklan televisi. 

Meski fenomena ini cukup banyak dibahas, namun hanya sedikit dari para artis yang tidak mau menceritakan kisahnya. 

Bahkan film tentang pelecehan seksual di industri film terbesar ini distribusinya sempat dibatasi oleh sejumlah sosok kuat di Hollywood.

10. North Country (2005)

Jauh sebelum film “Bombshell”, aktris cantik Charlize Theron juga pernah membintangi film kekerasan seksual yang diangkat dari kisah nyata.

Dimana, sekitar tahun 1989 diceritakan ada sosok wanita pekerja tambang yang bukan cuma mendapat perlakuan seksis, tapi juga pelecehan seksual dari pegawai laki-laki yang lain.

Ternyata, hal tersebut tidak dirinya sendiri yang mengalami tapi banyak sesama pegawai wanita di tambang tersebut. 

Ketika berusaha untuk melaporkan kasus tersebut pada atasannya, bukan jawaban yang memuaskan atau bahkan keadilan yang diterimanya. 

Namun, ia justru dipaksa untuk mengundurkan diri oleh pemilik tambang. Ia akhirnya bertekad membawa kasus tersebut ke pengadilan. 

Di filmnya, setelah beberapa tahun kasus ini kemudian mendapatkan titik terang. Namun, realitanya mereka semua harus berjuang untuk mendapatkan keadilan hingga belasan tahun. 

Nah, demikian tadi daftar film kekerasan seksual yang bisa jadi tontonan sekaligus bahan renungan kita. Bahwa kasus pelecehan dan kekerasan seksual, baik yang terjadi pada wanita, pria hingga anak-anak harus dihentikan.

Stop menyalahkan korban atau bahkan menghakiminya apapun alasannya. Jika tidak bisa memberi dukungan, maka lebih baik diam.

Catatan Editor

Apapun pilihan film tentang kekerasan seksual yang ingin ditonton, pastikan menontonnya di layanan streaming online legal, seperti Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix, Netflix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play

 

 

 

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Ikuti Kami!

1,390FansSuka
698PengikutMengikuti
210PelangganBerlangganan

Terpopuler