10 Rekomendasi Film Tentang Ibu dan Anak, Awas Baper?

323
Film tentang ibu dan anak bikin haru

Film Tentang Ibu dan Anak – Film tentang orang tua dengan anak hampir pasti selalu sukses bikin baper. Tentang ibu film banyak yang mengembangkan cerita antara ibu dengan anak-anaknya.

Rasa-rasanya sulit menandingi ikatan antara ibu dengan anaknya yang dikenal rumit dan sulit dijelaskan. Hal inilah yang membuat banyak sineas kemudian terinspirasi untuk mengangkat kisahnya ke layar lebar.

Mulai dari cerita ibu yang diktator dengan anaknya yang rebel, hingga sosok ibu yang menjadikan anak-anaknya sebagai jembatan untuk mewujudkan mimpinya yang dulu tertunda.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Terlepas dari apapun konflik yang terjadi, hubungan antara ibu dan anak yang sakral akan tetap ada sampai kapanpun.

Berikut ini rekomendasi film tentang anak dan ibu yang bisa membuat kamu menyelami seberapa rumit sekaligus seberapa dalam hubungan istimewa tersebut.  

Rekomendasi Film Tentang Ibu dan Anak, Siap-siap Baper!

1. The Lost Daughter  (2021)

Film tentang ibu dan anak yang rilis 2021 yang laki ini merupakan karya Maggie Gyllenhaal yang diadaptasi dari novel bertajuk serupa karya Elena Ferrante.

Dibintangi oleh Olivia Colman dan Dakota Johnson, film ini mengisahkan tentang sosok Leda, sosok ibu yang memiliki luka batin di masa lalu berkaitan dengan keluarganya.

Suatu ketika Leda pergi berliburan sendirian ke suatu pulau. Momen liburannya sedikit terusik dengan keberadaan Nina yang berlibur bersama anaknya.

Leda menjadi semakin terobsesi dengan Nina dan anaknya. Obsesi tersebut kemudian memunculkan banyak kejanggalan yang membuat keluarga Nina terganggu.

Hal-hal yang tadinya tampak menyenangkan berubah menjadi sebuah konfrontasi ganas dan ketidakpastian.

2. Menunggu Bunda (2021)

Film tentang anak dan ibu yang satu ini disutradarai oleh Richard Oh dan diperankan  Rey Mbayang, Putri Ayudya, Donny Damara, dan Adinda Thomas.

Kisah yang diangkat dari film tentang ibu ini bercerita tentang sosok Ibu yang mau menjadi orang tua dari anak-anak yang bukan dari rahimnya sendiri.

Suatu ketika sang ibu jatuh pingsan dan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. 

Rahasia keluarga mulai terungkap, saat ibu terbaring tak sadarkan diri, anak-anak perlahan-lahan mengetahui kenyataan tentang dirinya masing-masing. 

Serta menemukan kebenaran yang baru mereka ketahui tentang ibu mereka.

3. Lost Girls  (2020)

Terinspirasi dari kisah kejadian nyata, tentang ibu film ini mengisahkan suatu momok terbesar bagi semua orangtua. 

Film tentang ibu dan anak ini disutradarai oleh Liz Garbus serta diperankan oleh Amy Ryan sebagai tokoh utamanya.

Diceritakan Mari Gilbert kehilangan putri sulungnya, ia pun melakukan penyelidikan sendiri di sebuah perumahan yang berada di kawasan Long Island. 

Mari yang frustasi karena penduduk perumahan yang kurang kooperatif dan polisi yang terkesan acuh semakin bertekad untuk menemukan putrinya.

Namun, usaha pencarian yang dilakukan seolah tak menghasilkan apa-apa membuat Mari lelah. Di sisi lain, hubungan dengan kedua anak gadisnya yang lainnya juga mengalami guncangan.

Hingga akhirnya mereka pun mencoba untuk memperbaiki keadaan yang ada dan saling menguatkan satu sama lain.

4. Little Women (2019)

Film tentang orang tua dan anak-anaknya ini merupakan garapan sutradara Greta Gerwig yang diadaptasi dari novel lawas karya Louisa May Alcott.

Timeline dari film tentang anak dan ibu ini secara garis besar bercerita tentang gadis-gadis dari keluarga March.

Namun, pemimpin sejati di keluarga tersebut ialah sang ibu yang memiliki ikatan yang istimewa dengan semua putri-putrinya.

Marmee bisa jadi ibu sekaligus teman yang bisa mendengar keluh kesah putri-putrinya. 

Di film tentang ibu dan anak ini kita diajarkan untuk menjadi orang tua yang bukan cuma bisa menuntut tapi juga memberi kasih sayang dan pengertian.

Termasuk menjelaskan apapun, meski itu kenyataan pahit dan buruk yang terkadang sulit diterima.

5. The Preparation (2017) 

Rilis di tahun 2017 silam, “The Preparation” merupakan film sedih tentang ibu yang mempersiapkan semua hal untuk anaknya yang menderita keterbelakangan mental sebelum dirinya meninggal. 

Film tentang ibu dan anak yang berkebutuhan khusus ini merupakan karya sineas Korea Selatan Cho Young-jun. Serta diperankan oleh Go Doo-shim bersama Kim Sung-kyun sebagai pemeran utamanya.

Diceritakan, Ae Soon didiagnosa menderita kanker stadium akhir. Sementara, Ae Soon hanya tinggal dengan anaknya yang mengalami keterbelakangan mental, In-gyu.

Tak punya waktu lama, Ae-soon mulai mengajari In Gyu untuk mandiri dan melakukan semuanya seorang diri agar tak bergantung pada orang lain. 

Film tentang orang tua yang menyiapkan semua hal untuk anaknya sebelum pergi selama-lamanya ini bakal bikin kamu banjir air mata, siapin tisu kalo nonton!

6. The Florida Project (2017)

Film tentang anak karya Sean Baker yang dibintangi Brooklynn Prince, Willem Dafoe, dan Bria Vinaite ini wajib banget masuk watchlist kamu.

“The Florida Project” menggambarkan keadaan dari sudut pandang seorang gadis kecil bernama Moonee yang tinggal di kawasan pinggiran Florida. 

Dibalik keceriaan dan kemegahan Disneyland, Moonee tinggal bersama sang ibu, Hailey yang penyayang namun memiliki masalah di motel “Magic Castle”.

Tingkah jahil dan kenakalan khas anak-anak yang Moonee lakukan sangat berbeda dengan kegembiraan serta kepolosannya. 

Film tentang ibu dan anak ini menggambarkan kehidupan penuh perjuangan Hailey sebagai single parent yang harus membesarkan anak seorang diri sangat diuji.

Serta memberitahukan jika semua hal itu bisa direkam dengan sangat mudah oleh anak-anak.

7. Lady Bird (2017)

Tentang ibu film dan konflik dengan dan anaknya yang mulai rebel ini merupakan karya sutradara Greta Gerwig rilisan tahun 2017 silam.

Film “Lady Bird” memasangkan Saoirse Ronan dan Laurie Metcalf sebagai ibu dan anak, mengisahkan tentang anak gadis yang mulai beranjak dewasa dan ingin menentukan kehidupannya sendiri.

Memasuki usia ke tujuh belas, Lady Bird julukan seorang gadis muda bertekad untuk mulai menentukan apa yang ingin dijalaninya tanpa campur tangan orang tua.

Ia menjumpai banyak hal dalam bayang-bayang kehidupan dewasa, dimana ada kekhawatiran, ketidakpastian, sekaligus kegembiraan di saat yang sama.

Keinginannya ternyata harus terhalang restu dari sang ibu. Karena sifat keduanya sama-sama tinggi dan keras kepala, hal ini membuat keduanya sulit berkompromi.

Saat akhirnya merelakan Lady Bird untuk pergi mengejar mimpinya, keduanya merasa patah hati dan rasa rindu yang perlahan menurunkan keegoisan mereka.

8. 20th Century Women (2016)

Film tentang orang tua karya Mike Mills ini mengisahkan tentang anak yang tumbuh dewasa tanpa sosok ayah.

Diceritakan, meski Jamie tak memiliki ayah, namun ia tumbuh besar dikelilingi sosok-sosok perempuan hebat yang punya cara tersendiri untuk mengajarkan kebebasan dan kasih sayang.

Jarak usia Jamie dengan sang ibu yang cukup jauh membuatnya kesulitan untuk berbagi cerita dengannya. 

Meskipun begitu, ikatan yang keduanya miliki tidak terpisahkan. Dengan kasih sayang yang ia dapatkan dari semua orang di sekelilingnya membuat Jamie belajar menemukan jati diri dan kepercayaannya.  

9. Aku Ingin Ibu Pulang (2016)

Selanjutnya tentang ibu film yang satu ini merupakan garapan sutradara Monty Tiwa yang diperankan Nirina Zubir bersama Teuku Rifnu Wikana, dan juga Andy F. Noya.

“Aku Ingin Ibu Pulang” bercerita tentang keluarga yang sederhana cenderung kekurangan, namun semuanya hidup dengan bahagia. 

Semua kebahagiaan keluarga tersebut berubah seketika, setelah sang ayah jatuh sakit akibat kecelakaan kerja.

Sang ibu yang terdesak kebutuhan ekonomi dan ingin membawa sang suami berobat, nekat mencuri uang. 

Hal tersebut justru mengacaukan keluarga kecil yang tadinya bahagia tersebut. Merasa apa yang dilakukannya tak dihargai dan justru disalahkan, sang ibu pergi meninggalkan anak dan suaminya.

Sang anak yang terus meratapi dan mencari keberadaan sang ibu, kemudian mengikuti perlombaan lari dengan tujuan agar bisa menemukan sang ibu.

10. Cart (2014)

Film tentang orang tua yang menceritakan perjuangan dalam memberikan penghidupan yang layak bagi anak-anaknya ini merupakan garapan sutradara Boo Ji-young yang rilis di tahun 2014.

“Cart” dibintangi oleh Yum Jung Ah, Moon Jong Hee dan D.O. EXO. Di film tentang ibu dan anak ini mengisahkan Sun Hee, seorang ibu dua anak yang bekerja di supermarket sebagai karyawan kontrak.

Sun Ae berteman dengan Hye-mi yang seorang ibu tunggal, keduanya bermimpi suatu saat bisa dipromosikan menjadi pekerja tetap. Supaya bisa memberikan kehidupan lebih layak untuk anak-anaknya.

Suatu ketika, mereka berdua dan semua karyawan kontrak tiba-tiba dirumahkan. Merasa semuanya ini tidak adil, Sun Hee dan Hye-mi serta semua karyawan yang dipecat menggelar protes.  

Mereka mengajak semua elemen untuk ikut bergabung menyuarakan aspirasinya. Hal tersebut ternyata mendapat reaksi dari perusahaan tempatnya bekerja.

Dimana, perusahaan melakukan cara-cara kotor demi menghalangi tekad semu ibu pekerja tersebut agar surut.

Nah, itu tadi rekomendasi tentang ibu film dan konfilk yang dihadapinya, baik dengan anak maupun situasi yang sulit dikendalikan. 

Dimana anak-anak bisa menjadi sumber kebahagiaan sekaligus rasa sakit di saat yang sama bagi orang tuanya, begitu pun sebaliknya. 

Namun apapun yang terjadi, ikatan antara ibu dan anak bukan sesuatu yang mudah diabaikan. Bahwa meski cinta ibu tak sempurna tapi tak ada yang lebih baik darinya. 

Catatan Editor

Apapun pilihan film tentang ibu dan anak terbaik yang ingin ditonton, pastikan menontonnya di layanan streaming online legal, seperti Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix, Netflix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play