Strategi Penjualan: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Strategi Penjualan: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online – Strategi bisnis yang baik menjadi salah satu kunci yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan bisnis online.

Bila Anda perhatikan, terutama selama masa pandemi akibat virus Corona, banyak bisnis baru yang bermunculan, terutama bisnis rumahan.

Kebijakan untuk bekerja dari rumah (work from home) sedikit banyak membuat orang menjadi jenuh karena harus tetap berada di rumah, sehingga membuat orang-orang umumnya mencari kegiatan yang terhitung produktif.

Pencarian kegiatan produktif tersebutlah yang kemudian memunculkan ide-ide untuk memulai bisnis, terutama bisnis rumahan secara online.

Perilaku konsumen pun mulai bergeser, dari yang tadinya masih sering membeli secara offline, kini berpindah sepenuhnya secara online karena adanya faktor social distancing maupun kebijakan PSBB.

Manfaatkan Internet, Ini 5 Jenis Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang!

Manfaatkan Internet, Ini 5 Jenis Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang!

Manfaatkan Internet, Ini 5 Jenis Bisnis Online Menguntungkan yang Wajib Dicoba Sekarang! ... Selengkapnya

Oleh karena itu, bisnis online baru pun mulai bermunculan satu per satu dan pertumbuhannya pun terhitung cepat karena perilaku konsumen pun sudah semakin terbiasa dengan belanja secara online.


Strategi Penjualan yang Ampuh Untuk Bisnis Online Anda

Bila Anda merupakan satu di antara banyak orang yang kini sudah memulai bisnis online sendiri, Anda tentu perlu menerapkan berbagai strategi penjualan demi meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

Dalam artikel ini, kita bahas tentang 10 strategi penjualan yang bisa Anda terapkan secara bertahap untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

1
Selalu Mulai Dari Meriset Target Pasar Anda

marketing research - meriset target pasar
Riset target pasar Anda terlebih dahulu

Tidak lucu bila Anda menjual produk khusus untuk bayi tetapi memposting hal-hal yang berkaitan dengan dunia remaja di media sosial saat melakukan pemasaran.

Atau menjual makanan yang mengandung gula dan lemak bagi mereka yang sedang bersusah payah untuk diet.

Di sinilah pentingnya meriset target pasar sebelum menyusun strategi untuk berbisnis.

Bila perlu, coba buat user persona, misalnya:

  • Nama: Budiawan
  • Jenis Kelamin: Pria
  • Rentang Usia: 20-30 tahun
  • Pekerjaan: Karyawan
  • Tempat Tinggal: Jakarta
  • Rentang Pendapatan: Rp10-20 juta per bulan

Dari informasi seperti ini, Anda kemudian bisa meriset produk apa yang kira-kira cocok untuk seorang pria dengan rentang usia maksimal 30 tahun yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dan memiliki pendatapan bulanan di kisaran hingga Rp20 juta sebulan.

Bila Anda mengerucutkannya, Anda bisa membuat produk yang lebih spesifik untuk kalangan menengah ke atas.

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun – Dengan perkembangan teknologi internet yang kian ... Selengkapnya

Produk yang tepat untuk target pasar seperti ini bisa dari barang-barang yang sifatnya tersier, mulai dari jam tangan, smartphone, laptop, sepeda lipat, sepatu, hingga barang-barang fashion khusus pria lainnya.

User persona sangat berguna bagi Anda untuk mendapatkan gambaran target pasar Anda dan mengenalnya lebih dekat untuk mengetahui hal apa yang kira-kira mereka butuhkan tetapi produk dari bisnis Anda bisa menambah value lebih dan bisa dikatakan unik di pasaran.


2
Rilis Produk dan Launching di Banyak Platform Sekaligus

launching produk
Launching produk Anda

Setelah menentukan target pasar dan menentukan produk apa yang hendak dijual, saatnya merilis produk tersebut dan launching di banyak platform sekaligus seperti Tokopedia, Shopee, BukaLapak, dan sebagainya.

Pastinya, saat menjajakan produk Anda di platform marketplace seperti yang telah disebutkan di atas, Anda harus siap bersaing dengan penjual lain yang lebih dulu eksis.

Bahkan, persaingan akan semakin ketat bila Anda menjual produk yang sama dengan ‘merchant senior’, karena mereka pada dasarnya sudah punya pelanggan sendiri dan rating yang ada di setiap produknya.

Bila perlu, buatlah toko online Anda sendiri dan jajakan produk Anda secara lebih eksklusif. Tawarkan promo kepada pelanggan Anda yang khusus berbelanja di toko online Anda.

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce – Membuat toko online sekarang ... Selengkapnya

Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap! – Membuat toko online merupakan salah satu ... Selengkapnya

Kelebihan lain saat Anda membuat toko online sendiri adalah Anda juga berkesempatan untuk meningkatkan branding bisnis Anda dan punya kontrol penuh terhadap toko online Anda sendiri.

Semakin banyak produk Anda eksis di berbagai kanal penjualan di ranah online, semakin besar juga peluang agar bisnis Anda dikenal dan memperbesar peluang untuk meningkatkan penjualan Anda.

5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali Sembari Menghemat Budget

5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali Sembari Menghemat Budget

5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali – Bagi pemilik UKM yang ingin merambat ke ranah online, ... Selengkapnya


3
Manfaatkan SEO untuk Toko Online Anda

teknik SEO
Maksimalkan penggunaan SEO untuk penjualan organik jangka panjang

Bila Anda memutuskan untuk membuat toko online sendiri, maka Anda harus benar-benar mempelajari SEO.

Search Engine Optimization (SEO) saat ini menjadi senjata utama bagi setiap internet marketer. Persaingannya memang gila, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa bersaing.

Mulai dari mempelajari dasar-dasar SEO seperti meriset kata kunci, mengoptimalkan pengoptimisasian on-page dan struktur website, memaksimalkan kecepatan loading website, menulis konten berkualitas, serta menerapkan metode link building.

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online, Wajib Coba!

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online, Wajib Coba!

10 Trik SEO Toko Online yang Paling Ampuh – Saat ini, perkembangan dari toko online semakin ... Selengkapnya

10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba

10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba

10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba – Ketika Anda sudah mulai bosan dalam mengelola website ... Selengkapnya

Bila perlu, cobalah buat satu blog untuk toko online Anda di mana blog tersebut aktif memberikan informasi berkualitas yang berkaitan erat dengan bisnis yang sedang Anda jalani.

Anda bisa menulis artikel informatif yang banyak dicari oleh orang-orang di luar sana (berkaitan dengan kata kunci yang Anda riset) dan sesekali menyelipkan produk yang Anda jual.

Bangun relasi dengan pembaca sebaik mungkin dan jaga kualitas informasi yang Anda bagikan agar blog yang Anda miliki bisa mendapatkan pembaca loyal dan semakin terpercaya.

Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru

Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru

Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru – Keberhasilan dari sebuah blog biasanya ... Selengkapnya

10 Cara Mempromosikan Blog dan Meningkatkan Trafik

10 Cara Mempromosikan Blog dan Meningkatkan Trafik

10 Cara Mempromosikan Blog dan Meningkatkan Trafik – Setiap profesi yang dilakukan pasti ... Selengkapnya


4
Maksimalkan Penggunaan Media Sosial, Terutama Instagram

maksimalkan media sosial
Jangan kehilangan ekspour di media sosial

Media sosial, khususnya Instagram, bukan lagi sekedar berbagi jurnal harian atau pemakaian pribadi untuk berbagai pengalaman tertentu.

Saat ini, media sosial dimaksimalkan untuk mempromosikan bisnis. Maka dari itu, jadikan juga media sosial ke dalam bagian dari strategi Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Bagikan konten yang menarik yang sifatnya edukatif dan informatif seputar bisnis atau produk yang dijual.

Jangan melulu menerapkan metode hard selling, cobalah menerapkan pendekatan yang bersifat soft selling dengan konten edukatif dan informatif tadi. Bermainlah dengan kreativitas Anda di media sosial.

Bila perlu, kontrol juga frekuensi posting Anda agar tidak terkesan spam. Dan coba buat pertimbangan seperti, “Apakah bila saya memposting konten seperti ini, pengikut saya akan suka?”

Maksimalkan Akun Bisnis Instagram, Facebook dan Sebagainya

Baik Instagram maupun Facebook sangat mendukung dan memfasilitasi penggunaan Anda terhadap media sosial tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda.

Coba manfaatkan Instagram Bisnis. Terdapat fitur built-in analytics bila menggunakan akun Instagram Bisnis, sehingga Anda dapat memonitor performa akun Anda dan setiap konten yang Anda bagikan.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis: Coba Sekarang!

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis: Coba Sekarang!

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis: Coba Sekarang! – Dari statistik yang dikeluarkan oleh ... Selengkapnya

Coba juga sesekali mengiklankan produk Anda dengan modal iklan yang minimum, karena sebenarnya biaya beriklan di Facebook maupun Instagram bisa dikatakan terjangkau.

Beriklan juga bisa membantu Anda menarget potensi pelanggan dengan tujuan agar brand Anda semakin dikenal, atau lebih baiknya, langsung mendapatkan penjualan.

Maksimalkan Penggunaan Link in Bio, Satu Slot URL di Profil Instagram Anda

Anda bisa memanfaatkan slot URL yang terdapat di profil Instagram Anda. Hanya saja, slot tersebut hanya satu, dan itulah satu-satunya bagian yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan link ke toko online atau platform ecommerce tempat Anda menjajakan produk.

Namun, Anda bisa memaksimalkan penggunaan Linktree, ContactInBio, Linkinbio dari Later, hingga Campsite.

Bila Anda pengguna WordPress, Anda bisa membuat landing page khusus untuk mengumpulkan memajang link ke berbagai produk, kanal penjualan, dan informasi lain di website Anda.

WP MyLinks - Cara Membuat Link di Bio dengan WordPress

Anda bisa memanfaatkan plugin buatan saya yang saya beri nama WP MyLinks. Saya membuat WP MyLinks karena sebenarnya kurang puas dengan fitur Linktree dan semacamnya. Plus, WP MyLinks bisa Anda gunakan secara gratis.

WP MyLinks: Cara Membuat Link di Bio Instagram Dengan WordPress

WP MyLinks: Cara Membuat Link di Bio Instagram Dengan WordPress

WP MyLinks: Cara Membuat Link di Bio Instagram Dengan WordPress – Instagram dan mayoritas ... Selengkapnya

WP MyLinks

WP MyLinks

Easily build your own micro landing page showing all the links you want to share to engage your ... Selengkapnya

Dengan menggunakan WP MyLinks, Anda bisa menghemat biaya tambahan untuk berlangganan paket premium dari layanan pihak ketiga seperti Linktree dan sejenis.

Posting Silang di Lintas Media Sosial

Dalam artian, Anda bisa membagikan link Facebook Anda di Instagram dan sebaliknya, atau mengubah format video Instagram Story Anda menjadi video full untuk dibagikan ke Youtube.

Tujuannya, selain orang mengenal brand Anda, pengikut Anda di media sosial yang satu bisa mengikuti Anda di media sosial yang lain.

Dengan demikian, potensi Anda untuk menambah jumlah pengikut bisa meningkat.

60+ Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

60+ Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

60+ Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui – Instagram terus berupaya menjadi salah ... Selengkapnya


5
Manfaatkan Metode Upsell

metode upsell
Tampilkan produk terkait maupun produk dengan varian lebih tinggi

Dalam hal teknik penjualan, metode upsell adalah metode yang sering digunakan untuk mempromosikan produk dengan spesifikasi maupun kualitas yang lebih baik dari produk yang hendak dibeli.

Bagi Anda sebagai penjual, dengan menerapkan metode upsell artinya Anda menawarkan produk yang lebih mahal dengan kualitas yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan.

Bila Anda punya banyak koleksi produk yang serupa namun dengan perbedaan kualitas maupun harga, coba kelompokkan.

Kemudian, kaitkan produk dengan kualitas normal dengan kualitas yang lebih tinggi, tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Kalau Anda menggunakan WooCommerce, Anda bisa memaksimalkan fitur yang satu ini tanpa biaya tambahan sama sekali (kecuali bila Anda ingin fitur yang lebih canggih karena tentunya harus menggunakan plugin premium yang berbayar).


6
Berikan Judul dan Deskripsi yang Detail Tentang Produk Anda

tampilan produk - product display
Buat judul dan deskripsi jelas untuk setiap produk

Cara meningkatkan penjualan bisnis online selanjutnya adalah dengan memasukkan penggunaan judul dan deskripsi produk yang komprehensif ke dalam strategi penjualan Anda, terutama untuk setiap produk Anda.

Banyak orang yang mungkin berkunjung ke produk Anda, tetapi karena informasinya kurang detail, orang tersebut mencari informasi tambahan di sumber lain dan malah membelinya di sumber tersebut.

Untuk itu, sebisa mungkin berikanlah judul maupun deskripsi yang detail untuk setiap produk yang Anda jual.

5 Ide Jual Produk Digital dan Cara Menjual Produk Digital

5 Ide Jual Produk Digital dan Cara Menjual Produk Digital

5 Ide Jual Produk Digital dan Cara Menjual Produk Digital – Zaman kemajuan teknologi seperti ... Selengkapnya


7
Tingkatkan Kualitas Foto Produk dan Lengkapi dengan Video Hands-On

foto produk
Foto produk Anda dengan sepenuh hati

Bila Anda menjual produk fisik, terutama produk yang berkaitan dengan dunia fashion, Anda wajib meningkatkan kualitas foto produk yang Anda pajang di toko online Anda.

Yang bisa Anda manfaatkan terkait foto produk adalah dengan mengambil foto dari berbagai angle yang berbeda, bila perlu ada tampilan 360 derajat, hingga ada video hands-on ketika digunakan.

Hal ini untuk meningkatkan keyakinan pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari hal ini adalah agar tidak adanya salah sangka terhadap produk yang Anda jual, sehingga pelanggan juga bisa tahu betul informasi atau pun produk apa yang Anda jual.

Sering terjadi di mana banyaknya keluhan pelanggan bahwa produk yang dijual tidak sesuai dengan foto dan tentunya berdampak pada reputasi sebuah bisnis.

Maka dari itu, tampilkan foto yang bagus dan detail yang secara jelas menggambarkan produk Anda. Lengkapi juga dengan video bila memungkinkan.

8 Strategi Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

8 Strategi Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

8 Strategi Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan – Beragam jenis ... Selengkapnya


8
Perbanyak Pilihan Metode Pembayaran

metode pembayaran
Lengkapi toko online Anda dengan ragam metode pembayaran

Dengan banyaknya metode pembayaran yang tersedia kini, banyak juga pilihan bagi pelanggan untuk membayar.

Bisa saja Anda hanya menyediakan satu atau dua metode pembayaran, tapi pelanggan Anda punya opsi yang lain.

Jaman sekarang sudah ada banyak sekali metode pembayaran yang tersedia seperti QRIS (GOPAY, DANA, OVO, dan sebagainya), transfer bank, virtual account, kartu kredit hingga melakukan pembayaran dari Indomaret maupun Alfamart.

5 Situs Gratis Untuk Membuat Logo Online

5 Situs Gratis Untuk Membuat Logo Online

5 Situs Gratis Untuk Membuat Logo Online – Anda sudah memiliki sebuah bisnis dan siap untuk ... Selengkapnya

Agar tidak ketinggalan dari pesaing, cobalah untuk menyediakan berbagai metode pembayaran yang tersedia di pasaran.

Anda bisa memanfaatkan layanan pihak ketiga khusus metode pembayaran seperti Midtrans, Moota hingga iPaymu untuk menyediakan opsi pembayaran seperti yang sebelumnya disebutkan di atas.

Bila Anda pengguna WordPress dan WooCommerce, Anda bisa juga memanfaatkan Midtrans. Atau bila Anda hanya ingin menyediakan metode pembayaran via transfer bank secara manual, Anda bisa memanfaatkan plugin WooCommere yang bernama Indonesian Banks Premium for WooCommerce.

Sediakan beragam metode pembayaran melalui transfer Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI dan masih banyak lagi.

Plugin yang satu ini menyediakan opsi pembayaran manual (bukan auto-verified) lewat:
  1. Bank BCA
  2. Bank BNI
  3. Bank BRI
  4. Bank Mandiri
  5. GOPAY
  6. OVO
  7. DANA
  8. Jenius
  9. Digibank
  10. Citibank
  11. Bank UOB
  12. Bank Mega
  13. Bank Maybank
  14. Bank BPD Bali
  15. Bank Danamon
  16. Bank CIMB Niaga
  17. Bank Permata
  18. Bank Bukopin
Fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan dengan Indonesian Banks for WooCommerce antara lain:
  1. Payment Code: Menambahkan 3 digit kode pembayaran yang unik untuk memudahkan Anda mengidentifikasi setiap pembayaran dari pelanggan Anda
  2. Checkout Logo: Tambahkan logo apapun di bagian checkout untuk meningkatkan kepercayaan pembeli Anda sekaligus meningkatkan branding. Berguna pula untuk menjelaskan kepada pembeli Anda bahwa website Anda aman karena memiliki sertifikat SSL dan logo-logo lainnya untuk meningkatkan kepercayaan pembeli dalam bertransaksi di toko online Anda.
  3. Dynamic Discount per Metode Pembayaran: Memudahkan Anda untuk memberikan diskon khusus kepada pelanggan bila menggunakan metode pembayaran tertentu, baik dari segi nominal tetap (misalnya diskon Rp50.000) atau berdasarkan persentase (diskon 10% khusus BCA, dan sebagainya).

Indonesian Banks for WooCommerce Premium - checkout page
Halaman Checkout Menggunakan Indonesian Banks for WooCommerce Premium

Dengan tersedianya opsi pembayaran yang beragam, tentunya Anda bisa menjadikan toko online Anda lebih fleksibel bagi pelanggan Anda.

Inilah salah satu strategi penjualan untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda yang paling dasar dan relatif mudah untuk diterapkan.

Tonton juga videonya:


9
Permudah Pelanggan Anda untuk Menghubungi Anda, Mempercepat Proses Pemesanan, Hingga Melakukan Konfirmasi Pemesanan

layanan toko online
Percepat proses pemesanan

Jangan pernah biarkan pelanggan Anda menunggu. Cobalah sediakan elemen tertentu di toko online Anda untuk mempermudah mereka menghubungi Anda, baik untuk sekedar bertanya terkait produk tertentu yang ingin mereka beli hingga melakukan konfirmasi pemesanan.

5 Platform Pembuat Chatbot Terbaik yang Harus Digunakan Sekarang

5 Platform Pembuat Chatbot Terbaik yang Harus Digunakan Sekarang

5 Platform Pembuat Chatbot Terbaik yang Harus Digunakan Sekarang – Jaman sekarang, teknologi ... Selengkapnya

Bila Anda berjualan di platform marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan sebagainya, opsi ini sudah tersedia. Pelanggan atau pun calon pelanggan Anda akan dengan mudah menghubungi Anda lewat fitur chat yang disediakan.

Bila Anda punya toko online sendiri berbasis WordPress dan WooCommerce, ada banyak sekali plugin yang tersedia untuk menyediakan fitur yang serupa, baik gratis maupun gratis.

Menyadari pentingnya hal ini, saya bahkan sudah membuat plugin yang saya beri nama OneClick Chat to Order yang memudahkan Anda untuk mengintegrasikan WhatsApp dengan toko online Anda.

Plugin OneClick Chat to Order bisa digunakan 100% gratis. Saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 4.000 toko online aktif di seluruh dunia, terutama di Italia dan Portugal.

Apa yang bisa Anda lakukan dengan plugin ini?

Fitur Keren yang Pastinya Anda Suka
  • Opsi untuk menampilkan tombol WhatsApp di mana pun Anda mau, bebas!
  • Opsi untuk menampilkan tombol hanya pada perangkat mobile saja: Atau Anda juga bisa menampilkannya pada semua perangkat.
  • Pesan Kustom: Pengguna bisa menyematkan sebuah pesan yang nantinya akan dikirim bersamaan dengan detail produk.
  • Detail Produk: Detail mengenai produk akan terkirim ke WhatsApp Anda dengan rincian Pesan Kustom + Nama Produk + Harga + URL Produk.
  • Teks Kustom di Bagian Tombol: Di bagian tombol WhatsApp, Anda bisa menyesuaikan teksnya sesuai keinginan Anda.
  • Sembunyikan Detail Harga: Bila Anda tidak ingin menampilkan harga produk, Anda juga bisa memanfaatkan pengaturan yang ada di dalam plugin ini untuk menyembunyikannya.
  • Sembunyikan Tombol Add to Cart: Dengan opsi ini, Anda bisa mengandalkan tombol WhatsApp secara total untuk seluruh kepentingan pemesanan di toko online Anda.
  • Floating Button: Dengan fitur ini, Anda juga bisa menampilkan tombol floating untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang memanfaatkannya.
  • Posisi Floating Button: Entah itu di kiri atau di kanan, sesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Pesan Kustom di Floating Button: Anda juga bisa memanfaatkan pesan kustom di tombol ini.
  • GDPR-Ready: General Data Protection Regulation yang tahun lalu baru diberlakukan di Eropa menjadi sebuah momok, terutama bagi perusahaan yang bergelut di bidang teknologi dan internet. Meski kita bukan orang Eropa dan tidak tinggal di Eropa, kita juga bisa dikenakan denda apabila pengunjung/pelanggan website kita merupakan orang Eropa. Maka demikian, ada baiknya fitur ini disertakan guna ‘berjaga-jaga’.
  • Fitur lainnya menyusul 😀

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan Menggunakan Plugin OneClick Chat to Order?

Dengan fitur-fitur yang ada, Anda bisa meningkatkan penjualan bisnis online Anda bila dimanfaatkan untuk:

1. Mempercepat proses pemesanan: Karena Anda bisa menampilkan tombol WhatsApp di halaman produk dengan detail tentang nama produk, harga, dan link produk langsung ke WhatsApp Anda.

Tombol WhatsApp di Halaman Produk - OneClick Chat to Order

2. Mempermudah Konfirmasi Pemesanan di Halaman Checkout: Agar pelanggan bisa langsung melakukan konfirmasi pemesanan via WhatsApp setelah melakukan pembayaran.

Tombol WhatsApp di Halaman Checkout - OneClick Chat to Order

Mempercepat dan mempermudah pelanggan dalam menghubungi Anda terkait selama proses belanja mereka di toko online Anda tentu saja menjadi salah satu strategi penjualan untuk meningkatkan penjualan Anda yang sangat efektif.

Pelanggan tentu saja tidak mau menunggu, dan jangan ciptakan batasan waktu di antara Anda dan pelanggan. Balas segera pesan mereka lewat WhatsApp ketika mereka memanfaatkannya di toko online Anda.

Integrasikan WhatsApp dan percepat proses pemesanan untuk toko online berbasis WordPress dan WooCommerce. Gratis 100%.


10
Cara Meningkatkan Penjualan: Memaksimalkan Seluruh Fitur Toko Online

toko online
Maksimalkan seluruh fitur toko online

Bila Anda punya lapak di platform marketplace seperti Tokopedia maupun Shopee, maksimalkanlah setiap fitur yang ada di sana untuk meningkatkan penjualan Anda.

Tokopedia dan Shopee umumnya menyediakan fitur yang sangat luar biasa dan mampu memfasilitasi seluruh kebutuhan merchant, mulai dari fitur chat, foto/video, deskripsi, harga, sistem rating, hingga timeline/feed.

Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan semua fiturnya semaksimal mungkin.

Di fitur timelinefeed misalnya, Anda bisa membagikan konten menarik seputar produk Anda, mirip seperti ketika Anda membagikan konten lewat Instagram maupun Facebook.

5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan

5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan

5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan – Mengembangkan bisnis online memang tidak ... Selengkapnya

Anda juga bisa memanfaatkan fitur live video, di mana Anda bisa mempromosikan produk Anda dalam berbagai bentuk mulai dari showcase, behind the scene pembuatan produk tersebut, atau pun proses launching produk terbaru.

Bila Anda punya toko online berbasis WooCommerce, Anda bisa memanfaatkan theme WooCommerce terbaik yang mengandung banyak sekali fitur untuk menunjang penjualan produk Anda.

20 Theme WordPress Untuk Toko Online Terbaik

20 Theme WordPress Untuk Toko Online Terbaik

20 Theme WordPress Untuk Toko Online Terbaik – Pengguna WordPress saat ini mendominasi total ... Selengkapnya

Beberapa theme WooCommerce yang saya rekomendasikan adalah:

1. Woostify

Woostify adalah theme WordPress yang dikhususkan untuk toko online berbasis WooCoommerce dengan berbagai fitur yang sangat menarik, dan tersedia secara gratis.

Kenapa saya merekomendasikan Woostify?

Alasan utamanya adalah karena tentu saja gratis sehingga bisa digunakan oleh semua orang.

Yang kedua, Woostify dianggap sebagai salah satu theme WooCommerce yang sangat cepat loadingnya, sehingga sangat baik untuk SEO dan pengalaman pengguna saat berbelanja di toko online Anda.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kecepatan loading sebuah website merupakan salah satu indikator SEO yang paling utama saat ini, dan akan benar-benar efektif dimulai pada tahun 2021.

Yang ketiga, Woostify dapat digunakan bersama Elementor, plugin page builder terbaik saat ini, sehingga Anda bisa menyesuaikan tampilan toko online Anda sesuai selera dan kebutuhan pelanggan.

2. Shopkeeper

Shopkeeper saat ini menjadi salah satu theme WooCommerce terlaris yang ada di Themeforest dengan penjualan yang hampir menyentuh angka 30.000 penjualan saat artikel ini ditulis.

Kenapa saya merekomendasikan Shopkeeper?

Theme yang satu ini menyediakan banyak sekali pilihan desain dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Apalagi, banyak desain/layout demo yang disediakan yang bisa Anda gunakan ulang dan hanya tinggal diganti isi kontennya saja menyesuaikan kebutuhan.

Shopkeeper juga memberikan layout dan efek animasi yang memukau. Tidak hanya itu, meski sepertinya memiliki banyak aset yang harus dimuat saat dibuka di browser, kecepatan loading Shopkeeper bisa diatur dengan baik menggunakan beberapa plugin seperti WP Rocket, WP Super Cache, hingga Autoptimize.

Hal Lain yang Sebaiknya Anda Maksimalkan di Toko Online Anda
  1. Memberikan diskon tertentu, semisal gratis ongkos kirim bila belanja minimal nominal tertentu.
  2. Selalu jujur dengan apa yang Anda jual.
  3. Buat proses pembelian secepat dan semudah mungkin, seperti saat menggunakan plugin OneClick Chat to Order. Atau Anda juga bisa membuat halaman checkout di toko online Anda seminimalis mungkin seperti yang ditawarkan oleh theme Woostify.
  4. Buat informasi produk sedetail mungkin agar pelanggan tidak merasa tertipu atau salah beli.
  5. Percepat kecepatan loading toko online Anda dengan menggunakan theme yang ringan seperti Woostify atau pun mengkompres foto produk Anda (atau bisa juga mengubahnya ke dalam bentuk .webp) agar tidak memberatkan kecepatan loading.
  6. Maksimalkan metode SEO, terutama SEO on-page.
  7. Perbanyak opsi pembayaran dan pengiriman barang.

Penutup

Nah, itulah 10 cara meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Meski terlihat sederhana, tetapi bila Anda praktekkan dengan benar, bukan tidak mungkin Anda bisa selalu meningkatkan penjualan Anda dari waktu ke waktu.

Strategi penjualan memang harus dipersiapkan dengan detail, komprehensif dan terukur sehingga saat Anda berjualan, akan ada banyak learning point yang bisa Anda dapatkan.

Semoga bermanfaat!


10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

10 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing – Jika Anda memiliki bisnis yang menggunakan ... Selengkapnya

Walter Pinemhttps://walterpinem.me/
Traveler, Teknisi SEO, dan Programmer WordPress. Aktif di Seni Berpikir, A Rookie Traveler, GEN20, Payung Merah, dan De Quixote.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

10 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing - Jika Anda memiliki bisnis yang menggunakan internet sebagai salah satu wadah pemasarannya, maka online marketing adalah salah satu...

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online, Wajib Coba!

10 Trik SEO Toko Online yang Paling Ampuh - Saat ini, perkembangan dari toko online semakin menjamur dan penjualannya pun semakin beragam. Berbagai jenis...

5 Cara Membangun Konten SEO dalam Bisnis Online

5 Cara Membangun Konten SEO dalam Bisnis Online - SEO adalah kritikal dalam membangun bisnis online. Bagaimana cara membangun konten SEO yang mampu menarik pengunjung...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,369FansLike
795FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!