5 Software Edit Gambar dan Foto Gratis untuk Windows – Bagi sebagian besar orang, ketika hendak mengedit gambar atau foto, software edit gambar dan foto yang pertama terpikirkan mungkin adalah Adobe Photoshop.

Software edit gambar dan foto sekelas Adobe Photoshop atau GIMP umumnya digunakan oleh mereka yang memang ahli menggunakannya.

Bila kita hanya memiliki kemampuan yang biasa saja soal desain grafis atau ketika menggunakan software seperti Adobe Photoshop maupun GIMP, mungkin kita cenderung memilih mencari software lain yang lebih gampang digunakan namun dengan hasil yang memuaskan.

Untungnya, sekarang ini sudah banyak software edit gambar dan foto alternatif Adobe Photoshop yang bisa digunakan dengan mudah dan gratis tentunya.

Baca Juga: Cara Melihat Daftar Software yang Terinstall di Windows

Dari sekian banyak software, berikut 5 software edit gambar dan foto gratis untuk Windows yang bisa Anda gunakan sekarang juga.

5 Software Edit Gambar dan Foto Gratis untuk Windows

1. PhotoScape X

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang PhotoScape, bahkan sudah pernah menggunakannya?

PhotoScape yang sekarang merupakan hasil evolusi dari yang sudah pernah Anda gunakan. Selain bisa menjadi image viewer, PhotoScape versi X bisa juga digunakan sebagai software edit gambar maupun foto.

Baca Juga: 5 Aplikasi Gratis untuk Belajar Gitar, Download Sekarang!

BACA JUGA:  Aplikasi Mp3 Joox: Berjalan yang Bisa Kamu Dengar di Mana Pun!

Sekarang, tampilan PhotoScape X jauh lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. Bagi pengguna pemula fitur edit foto yang ada di dalamnya bisa dikuasai dengan mudah.

Mudahnya PhotoScape X untuk digunakan, terutama bagi pemula, menjadi salah satu kelebihan dari software ini sendiri.

Baca Juga: Trik Youtube: Trik di Balik URL Youtube yang Harus Digunakan

Selain sebagai image viewer, PhotoScape X juga bisa digunakan untuk mengedit foto seperti crop, menambahkan sticker, frame, dan lain sebagainya.

2. Krita

Sebelum-sebelumnya, bila kita membicarakan tentang software edit foto open-source, GIMP menjadi salah satu favorit dibandingkan berbagai opsi.

Namun, satu software untuk kategori serupa muncul sebagai penantang. Adalah Krita, software edit gambar yang dikembangkan oleh seniman, selain gratis, juga memiliki sebagian besar fitur edit foto yang umumnya dimiliki oleh Adobe Photoshop.

Baca Juga: Perkenalkan Aplikasi Steller: Berbagi Cerita Secara Visual

Bila Anda sudah pernah menggunakan Adobe Photoshop maupun GIMP, Krita seharusnya tidak susah untuk digunakan karena tampilan antar-muka Krita dengan dua pesaing lain sebenarnya mirip.

Sehingga, bagi Anda yang baru mengenalnya sekalipun, akan cepat akrab dengan Krita dan mampu mendukung proses mengedit foto Anda.

Baca Juga: Gunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software

Software ini sebenarnya fokus dikembangkan untuk menggambar, terlebih karena fitur brush yang multifungsi dan mudah digunakan.

BACA JUGA:  Cara Melihat Daftar Software yang Terinstall di Windows

Dan bagi Anda yang sudah sempat mengerjakan banyak proyek desain dengan Adobe Photoshop dan ingin mencari software alternatif yang lebih baik, untungnya Krita bisa membuka file berformat PSD, sehingga Anda bisa melanjutkan proyek desain Anda dengan Krita.

Baca Juga: 5 Website Untuk Download Software Windows Gratis, Legal dan Aman

Apakah Anda sudah pernah mencoba Krita? Bagaimana tanggapan Anda?

3. Fragment

Sudah pernah mendengar Fragment? Atau bahkan sudah pernah menggunakannya? Bagi yang tidak terlalu membutuhkan fitur edit gambar yang terlalu kompleks seperti apa yang sudah ditawarkan Adobe Photoshop sejauh ini, Anda bisa mencoba Fragment.

Baca Juga: 5 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android

Bila Anda hanya ingin fitur edit foto yang sederhana sembari menggunakannya sebagai image viewer, Fragment bisa menjadi jawaban yang tepat bagi Anda.

Windows pada dasarnya menyediakan image viewer bawaan, namun fiturnya hanya ala kadarnya.

Baca Juga: Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC

Belum lagi proses membuka fotonya terkadang lama sehingga menghabiskan waktu. Fragment mampu menjadi solusinya. Software ini bisa membukanya dalam waktu yang sangat cepat.

Dan setiap foto yang Anda buka dengan Fragment nantinya bisa diedit dengan mudah, paling tidak fiturnya lebih lengkap dibandingkan dengan image viewer bawaan Windows.

BACA JUGA:  Inilah 6 Kamus Online Gratis dan Lengkap

4. Pixlr

Pixlr menjadi salah satu software edit gambar favorit, bahkan saya pribadi kerap menggunakannya untuk keperluan edit foto sederhana seperti yang sering saya gunakan untuk artikel-artikel blog ini.

Baca Juga: Download Ebook Gratis di Website Ini

Selain untuk Windows, Pixlr juga tersedia secara online. Fitur yang ditawarkan untuk Windows sendiri sebenarnya cukup memuaskan untuk berbagai keperluan editing sederhana.

Filter sederhana untuk foto-foto Anda juga tersedia, dan software yang satu ini bisa Anda gunakan dengan gratis.

5. Vintager

software edit foto - vintager

Pernah terpikir untuk memberikan efek vintage seperti di film romantis jadul pada foto Anda? Jika iya maka Vintager merupakan software edit foto yang cocok untuk Anda.

Selain akan membuat foto-foto Instagram Anda menjadi lebih keren karena efek yang ditawarkannya, Vintager juga menawarkan berbagai fitur tambahan untuk mengedit foto Anda.

Baca Juga:

Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality: Lihat Foto-Foto Instagram Anda Sebagai Museum Virtual Reality

Vintager tersedia untuk perangkat Windows secara gratis dan bisa digunakan sekarang.

Apa software edit gambar favorit Anda? Silahkan bagikan melalui kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ke teman-teman Anda lewat media sosial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here