Review Semrush: Tool SEO Terbaik Paling Lengkap

Review Semrush: Tool SEO Terbaik Paling Lengkap – Industri SEO terus berubah dan berkembang karena dunia SEO sendiri sangatlah dinamis, terlebih karena algoritma Google bisa berubah sewaktu-waktu secara berkala.

Salah satu penunjang praktisi SEO dalam meningkatkan performa websitenya di hasil pencarian Google adalah tool SEO, yang saat ini sangatlah besar jumlahnya.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Ada banyak sekali tool SEO di pasaran, dan mungkin sulit untuk memutuskan mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda mencari solusi lengkap, Semrush adalah pilihan yang paling tepat. Semrush adalah tool SEO komprehensif yang saat ini paling populer yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu Anda meningkatkan peringkat situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Dalam review Semrush ini, kami melakukan peninjauan mendalam mengenai fitur dan manfaat tool SEO ini untuk membantu Anda memutuskan untuk menggunakan Semrush atau tidak.


Apa Itu Semrush?

Semrush adalah SEO tool/alat optimasi mesin pencari populer yang dapat digunakan untuk membantu pengguna melakukan analisis kata kunci/keyword,  melakukan audit terhadap website, menganalisis performa digital marketing kompetitor, hingga optimasi PPC dan masih banyak lagi fitur yang tersedia.

Semrush sudah ada sejak tahun 2008 dan telah membantu jutaan orang meningkatkan visibilitas website mereka secara digital.

Semrush adalah layanan online yang sifatnya berlangganan, dan pengguna bisa memilih antara berlangganan paket bulanan atau tahunan.

Layanan ini menawarkan uji coba gratis (free trial) untuk pengguna baru yang sekedar ingin mencoba beberapa fitur terbaiknya, tentu dengan limitasi.

Coba Semrush Gratis


Review Semrush: SEO Tool Paling Powerful di Kalangan SEO Expert

Bagi Anda yang masih belajar SEO sekali pun akan sangat suka dengan SEO tool yang satu ini.

Secara keseluruhan, Semrush adalah alat penting bagi pakar SEO atau digital marketer yang ingin meningkatkan performa SEO website mereka untuk kata kunci apa pun. di Google SERP.

Tak hanya itu, baik fundamental SEO maupun hal-hal berbau digital marketing lainnya seperti content marketing, SEM atau PPC advertising, hingga competitive analysis untuk menganalisa pergerakan market dan kompetitor bisnis Anda, semuanya bisa Anda lakukan di tool yang satu ini.

Jika Anda belum menggunakan Semrush, maka Anda kehilangan alat yang ampuh yang dapat membantu Anda meningkatkan peringkat SEO website atau pun visibilitas bisnis Anda secara digital.

Ada banyak tools SEO yang berbeda-beda dan bervariasi di luar sana yang mungkin menawarkan fitur serupa seperti Semrush seperti Ahrefs, Moz, KeywordTool.io, Ubersuggest, Pro Rank Tracker, dan sebagainya.

Tetapi bagi kami, Semrush jelas yang terbaik.

Beberapa tool SEO lainnya yang menjadi kompetitor Semrush mungkin akan lebih bagus digunakan untuk tujuan yang lebih spesifik, misalnya Ahrefs untuk memantau halaman dengan peringkat terbaik dari suatu website, KeywordTool.io untuk melakukan riset keyword terutama long-tail keyword, hingga Pro Rank Tracker yang lebih cocok digunakan untuk memantau perkembangan pekerjaan SEO Anda dan membuat laporan detailnya.

Tetapi, mayoritas fitur unggulan dari layanan yang sudah disebutkan tadi bisa diakses di Semrush hanya dengan satu akun.

Pelajari Semrush


Apa yang Membuat Semrush Menjadi Salah Satu Tool SEO Terbaik?

Bagi kami, keunggulan Semrush jelas terletak pada segudang fitur yang ditawarkannya, sangat lengkap.

Apalagi, mayoritas digital marketer tidak hanya mengurusi segala hal yang berkaitan tentang SEO saja. Ada kalanya juga mengerjakan hal-hal terkait SEM atau PPC Advertising, content marketing, hingga social media marketing.

Maka dari itu, ketimbang harus berlangganan di tool yang berbeda-beda untuk tiap kebutuhan yang pastinya sangat boros dari segi biaya, kami lebih memilih berlangganan di Semrush yang menyediakan berbagai fitur untuk mengelola hal-hal yang disebutkan tadi.

Bila pun kita fokus pada Semrush sebagai tool SEO, tetap saja, bagi kami ia tetap menjadi yang terbaik. Terutama karena database-nya yang up-to-date dan lebih akurat ketimbang kompetitor terdekatnya, yakni Ahrefs.

Semrush memang bukanlah tool yang serupa. Layanan ini masih punya beberapa kelemahan. Kami di Seni Berpikir menggunakan Ahrefs dan Semrush sekaligus, tentu untuk membuat dua tool SEO terbaik ini saling melengkapi.

Dari satu segi, ketika menyocokkan data real dari Google Search Console dan Google Analytics kami dengan Ahrefs dan Semrush, dalam beberapa kasus dan eksperimen, data yang diberikan Semrush sedikit lebih akurat ketimbang Ahrefs.

Ditambah lagi, ada berbagai fitur bermanfaat lainnya yang ada di Semrush tapi tidak bisa kami temukan di Ahrefs.

Eksplor Fitur Semrush


Review Semrush: Kumpulan Fitur SEO Terbaik dari Semrush

Ada banyak manfaat menggunakan tool SEO seperti Semrush, tetapi salah satu manfaat utama adalah Anda hampir pasti tidak akan pernah kehabisan keyword atau ide konten untuk dibahas di website Anda.

Dengan Semrush, Anda bisa mendapatkan analisis kata kunci terperinci yang memberi tahu Anda tidak hanya keyword mana yang paling populer, tetapi juga seberapa sulit keyword tersebut untuk mendapatkan peringkat di Google SERP.

Informasi ini sangat penting untuk setiap praktisi digital marketing, pakar SEO atau pemilik bisnis yang ingin memastikan situs web mereka berada di peringkat teratas Google SERP.

Manfaat besar lainnya dari Semrush adalah tool SEO ini bisa membantu Anda meningkatkan kualitas konten situs Anda dengan memberikan inspirasi atau ide yang detail terkait apa yang sebenarnya dicari oleh pengguna.

Dengan informasi ini, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda menawarkan konten yang relevan dan targeted bagi pengguna atau calon pelanggan Anda.

Selain analisis keyword dan kompetisi market, Semrush punya segudang fitur lainnya yang akan kami bahas lebih rinci di bagian selanjutnya.

Semrush Keyword Research

Dengan Semrush, Anda bisa mendapatkan informasi rinci tentang keyword yang ingin Anda target, termasuk volume pencarian, tingkat persaingan, dan keyword apa yang dimiliki oleh kompetitor Anda sedangkan Anda tidak, dan sebagainya.

Beberapa tool praktis yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword dengan Semrush antara lain:

  • Keyword Overview: Berguna untuk menganalisa nilai organik dan PPC iklan dari keyword apa pun berdasarkan volume pencarian, intensi penggunaan keyword, tingkat kesulitan keyword untuk diranking, hasil pencarian untuk keyword tersebut, CPC, tingkat persaingan, fitur Google SERP, varian keyword, dan faktor lainnya.
  • Organic Research: Berguna untuk menganalisa keyword apa yang bisa Anda ‘curi’ dari kompetitor Anda.
  • Keyword Magic Tool: Berguna untuk mengkombinasikan gabungan keyword atau mendapatkan variasi keyword dari database yang berisi 22 milyar keyword.
  • Keyword Gap: Buat keyword profile untuk masing-masing kompetitor terdekat Anda, sehingga Anda bisa mengetahui keyword apa saja yang mereka ranking sedangkan Anda tidak.
  • Keyword Manager: Kelola kumpulan keyword yang Anda targetkan dengan database yang update secara real-time.
  • Organic Traffic Insights: Dapatkan insight paling akurat mengenai keyword apa yang digunakan pengguna untuk bisa sampai di website Anda dengan bantuan Google Analytics yang terintegrasi dengan akun Semrush Anda.

Coba Semrush Gratis


Technical SEO Tools

Semrush bisa digunakan untuk memberikan analisis mendalam tentang situs Anda, termasuk laporan komprehensif tentang kesalahan hingga perbaikan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan aspek Technical SEO situs Anda.

Informasi yang diberikan Technical SEO Tools ini penting sekali untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat keputusan berdasarkan informasi tentang cara meningkatkan SEO situs web Anda dari aspek teknis.

Beberapa fitur yang bisa digunakan di Semrush untuk aspek Technical SEO antara lain:

  • Site Audit
  • On Page Seo Checker
  • Log File Analyzer

Coba Semrush Sekarang


Website Competitor Analysis Tools

Sebagai pemilik bisnis, pakar SEO atau pun webmaster, penting untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan kompetitor Anda.

Tentunya Anda tidak bisa hanya duduk dan berharap bisnis Anda berjalan lebih baik ketimbang kompetitor. Anda harus proaktif dan selalu mencari tahu pergerakan apa yang dilakukan oleh para kompetitor.

Untungnya, ada banyak cara untuk mendapatkan inspirasi atau ide tentang visibilitas online kompetitor Anda. Dan salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan Website Competitor Analysis Tools dari Semrush.

Ada empat fitur utama yang dapat Anda gunakan, seperti:

  • Traffic Analytics
  • Organic Research
  • Advertising Research
  • Social Media Tracker

Coba Semrush Gratis


Content Marketing Tools

Kumpulan tool content marketing yang dimiliki oleh Semrush bisa membantu Anda dalam mengumpulkan wawasan atau pun ide untuk menyajikan konten yang jauh lebih bermanfaat dan menarik bagi pengunjung situs Anda.

Ada enam fitur utama yang bisa Anda gunakan di bidang content marketing, antara lain:

  • Topic Research Tool
  • Marketing Calendar Tool
  • Seo Content Template
  • Seo Writing Assistant
  • Post Tracking Tool
  • Content Audit Tool

Coba Semrush Gratis


Berbagai Fitur Lainnya yang Bisa Anda Gunakan di Semrush

Selain empat fitur utama yang sebelumnya dibahas lebih rinci, berikut beberapa fitur lainnya yang sangat berguna untuk setiap praktisi SEO maupun digital marketing hingga content creator, antara lain:

  • Local SEO Tools: Untuk meningkatkan performa bisnis offline Anda yang go digital di hasil pencarian Google atau Google SERP.
  • SERP Tracking Tools: Menganalisa dan memonitor performa situs Anda di Google SERP sekaligus memantau setiap kesempatan baru yang belum Anda manfaatkan.
  • Backlink Analysis Tools: Membantu Anda dalam proses link building sebagai bagian penting dari aspek Off Page SEO.
  • SEO Competitive Analysis Tools: Menganalisa kompetisi pasar dan tingkat persaingan saat ini untuk keyword atau niche tertentu secara up-to-date.
  • Social Media Management Tools: Cocok untuk Social Media Manager atau Influencer.
  • Content Creation And Distribution Tools: Cocok untuk menambah sumber trafik di luar SEO dan iklan.
  • Content Optimization Tools: Bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan konten dari segi SEO, kualitas, dan kedalaman pembahasannya.
  • Content Marketing Analytics Tools: Menganalisa setiap konten Anda dan mencari tahu apa yang perlu diperbaharui untuk meningkatkan performanya.
  • Market Analysis Tools: Menganalisa potensi pasar dan peluang baru yang belum terjamah.
  • Paid Marketing Tools: Analisis PPC, CPC per keyword, dan sebagainya untuk SEM.
  • Competitor PR Monitoring: Penting bagi Anda yang bergerak di bidang PR (Public Relations).
  • PPC Keyword Research Tools: Ketahui search intent setiap keyword dan nilai CPC-nya.
  • Website Monetization Tools: Cocok untuk blogger dan content creator.
  • Dan masih banyak lagi.

Coba Semrush Gratis


Review Semrush: Alasan Kenapa Kami Menyebut Semrush Sebagai Tool SEO Terbaik

Sebagai bagian dari review Semrush, tentu ada berbagai alasan kenapa bagi kami di Seni Berpikir, Semrush adalah tool SEO terbaik yang pernah kami coba.

Tidak hanya dinilai dari segudang fitur yang dimilikinya tapi juga karena Semrush basis data atau database yang paling akurat dan up-to-date ketimbang kompetitor terdekatnya seperti Ahrefs maupun Ubersuggest.

Itulah kunci utamanya.

Dari sekian banyak fitur yang dimilikinya, mungkin hanya sekian persen saja yang benar-benar berguna bagi kita dan rutin digunakan.

Tapi salah satu yang membuatnya menjadi tool SEO terbaik adalah karena setiap fitur yang dimilikinya bukan saja sekedar menjadi pelengkap, tapi juga setiap fitur benar-benar dipikirkan dengan baik dan menghadirkan manfaat yang sangat terasa.

Coba Semrush Gratis


Harga Berlangganan Semrush

Untuk melengkapi review Semrush, tentu sangat perlu untuk mengetahui rincian harga berlangganannya.

Paket berlangganan yang dimiliki Semrush terdiri dari 4 bagian, yakni:

  1. Pro – harga berlangganannya mulai dari $119.95 per bulan.
  2. Guru – harga berlangganannya mulai dari $229.95 per bulan.
  3. Business – harga berlangganannya mulai dari $449.95 per bulan.
  4. Enterprise – harganya bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan fitur yang Anda butuhkan.

Memang, harga berlangganan Semrush tergolong mahal, lebih mahal ketimbang kompetitor terdekatnya seperti Ahrefs dan Ubersuggest.

Hanya saja, setiap sen yang kami keluarkan untuk berlangganan Semrush terhitung sangat pas, tidak rugi sedikitpun, asal penggunaannya bisa dimaksimalkan dengan baik.

Coba Semrush Gratis


Editorial Staff
Editorial Staff
Staf Advetorial untuk website Seni Berpikir. Memproses editing untuk setiap Sponsored Content yang diterima sebelum benar-benar dirilis ke dalam Seni Berpikir.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Ikuti Kami!

1,390FansSuka
720PengikutMengikuti
210PelangganBerlangganan

Disponsori Oleh