Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics – Jika Anda merupakan blogger yang sudah lama terjun ke dunia blogging, Anda sudah pasti tahu apa itu Google Analytics dan manfaatnya bagi blog Anda. Jika Anda masih baru, atau blogger yang sudah lama terjun ke dunia blogging namun masih belum tahu dan menggunakan Google Analytics untuk mengembangkan blog Anda, maka artikel ini cocok untuk Anda.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah alat yang diproduksi oleh raksasa internet Google untuk memudahkan para Webmaster untuk mengetahui sejauh mana perkembagan blog-nya dari waktu ke waktu dari sudut pengunjung/trafik. Google Analytics sama seperti Google Webmaster, sama-sama menjadi alat penting bagi para blogger untuk mengembangkan blog-nya. Bedanya, Google Webmaster fokus untuk memudahkan blogger dalam memantau kinerja blog-nya di mesin pencari, jumlah link yang tertaut dari segi internal maupun eksternal, performa dan kata kunci di mesin pencari, dan berbagai hal terkait lainnya.

Google Analytics fokus membantu Anda untuk memantau jumlah pengunjung untuk blog Anda, demografi (lokasi, browser yang digunakan, persentasi lama pengunjung di blog Anda, analisa umur dan jenis kelamin pengunjung, dan sebagainya), dari mana mereka menemukan blog Anda, dan sebagainya. Pada dasarnya Google Analytics membantu Anda untuk mengetahui seberapa terkenalnya blog Anda di internet berdasarkan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu.

Bacaan Rekomendasi: Cara Membuat XML Sitemap di WordPress
Apa manfaat menggunakan Google Analytics?

Seperti yang disebutkan di atas, Google Analytics membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar jumlah pengunjung Anda dari waktu ke waktu setelah Anda mendaftarkan blog Anda ke dalamnya. Google Analytics juga memberi manfaat pada Anda untuk mempelajari siapa saja yang mengunjungi blog Anda, dari mana kebanyakan mereka sampai ke dalam blog Anda (bisa dari mesin pencari Google, forum, media sosial dan sebagainya), berapa lama mereka rata-rata menghabiskan waktu di dalam blog Anda, artikel mana yang paling banyak dibaca, bagaimana Anda mendapatkan pengunjung, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Tips Untuk Mempercepat Loading Blog

Manfaatnya bisa Anda dapatkan ketika kode Google Analytics terpasang di blog Anda. Anda bisa mengetahui dari mana pengunjung datang ke blog Anda. Di sini Anda bisa mengetahui jika pengunjung paling banyak datang dari Facebook dan Twitter, maka Anda harus mempertahankannya dengan terus membagikan artikel Anda ke media sosial tersebut. Juga, Anda tentu harus mengoptimasikan performa blog Anda di Google dan mesin pencari lainnya agar jumlah pengunjung yang datang bisa sebanding jumlahnya. Manfaatkan juga media-media yang belum bisa mendatangkan jumlah pengunjung yang banyak.

Selain itu, Anda bisa mempelajari berapa jumlah unique visitors (pengunjung yang pertama kali datang ke blog Anda), pageviews, dan total visitors dan total pageviews ke dalam blog Anda sejak Google Analytics terpasang. Alat ini juga memberitahu Anda pengunjung bulanan, bounce rate, dan pengunjung harian serta real-time.

Bacaan Rekomendasi: Cara Membuat Robot.txt WordPress di Google Webmaster
Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics

Langkah-langkahnya:

– Buka Google Analytics dan log in dengan akun Gmail Anda.

BACA JUGA:  Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan

– Di Google Analytics klik “Add Website Profile”.

– Pilih “Add a Profile for a new domain” lalu masukkan URL blog Anda di bagian kotak yang di dalamnya terdapat http:// dan kemudian klik Continue.

Blok tracking code-nya dan copy seluruhnya (jangan sampai ada kode yang tidak terkopi).

Untuk Blogger/Blogspot

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan.

Pertama, log in ke Blogspot, masuk ke dalam Settings lalu pilih Other. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Analytics, maka tinggal masukkan saja Web Property ID (ID-nya seperti ini: UA-123456-09). Cari ID-nya di dalam tracking code Google Analytics yang sebelumnya Anda copy. Klik Save

Kedua, log in ke Blogspot, lalu masuk ke bagian Template. Klik Edit HTML dan arahkan cursor Anda ke bagian bawah kode yang tersedia. Cari </head> tag lalu paste tracking code Google Analytics tadi tepat sebelum kode </head> tadi. Klik Save Template jika sudah selesai.

Untuk WordPress.org (Self-Hosted)

Pastikan Anda telah meng-copy tracking code Google Analytics seperti yang telah di sebutkan di bagian langkah-langkahnya.

Log in ke Dashboard, lalu di sebelah kiri pilih Appearance dan pilih Editor.

– Setelah halaman Editor terbuka, di sebelah kanan pilih bagian header.php.

BACA JUGA:  Tips Blogging Saat Anda Kekurangan Ide

– Di bagian header.php cari <body> tag dan paste tracking code Google Analytics Anda tepat setelah tag tersebut.

Bacaan Rekomendasi: Pengertian dan Cara Menurunkan Bounce Rate

Jika Anda tidak yakin atau merasa sulit menerapkan cara di atas, maka saya rekomendasikan agar Anda menggunakan plugin yang disebut dengan Insert Header and Footer. Cari plugin tersebut di bagian Plugins => Add New => lalu masukkan namanya => lalu install. Atau upload plugin tersebut jika Anda sudah mendownloadnya. Setelah Anda menginstall plugin tersebut, aktifkanlah. Lalu masuk ke bagian Settings di Dashboard Anda, kemudian pilih plugin tadi dan masukkan tracking code Google Analytics yang sudah Anda copy ke dalamnya.

Untuk beberapa theme WordPress yang gratis maupun yang berbayar biasanya sudah disediakan kotak khusus untuk memasang Google Analytics dengan meng-copy tracking code ke dalam kotak tersebut.

Perlu diingat: Mendaftarkan Blog di Google Analytics membutuhkan waktu sekitar 12 hingga 24 jam sebelum laporan data mengenai pengunjung blog Anda bisa dilihat.

Kesimpulan

Mendaftarkan blog di Google Analytics memang sesuatu yang harus dilakukan oleh seluruh blogger. Selain mengetahui jumlah pengunjung, mendaftarkan blog di Google Analytics juga membantu Anda untuk mengetahui berbagai informasi tentang pengunjung blog Anda sehingga Anda bisa dengan mudah mengembangkan blog Anda dan popularitasnya. Mendaftarkan blog di Google Analytics sama sekali tidak susah, bukan?

SHARE
Artikel SebelumnyaCharity Helping Low Income Families
Artikel SelanjutnyaGuides For Using Pinterest to Drive Traffic
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR