Cara Membuat XML Sitemap di WordPress – Dari beberapa tutorial wordpress yang pernah saya tulis di situs ini, kali ini saya memandu Anda membuat XML sitemap di wordpress yang sedang Anda bangun dengan tulisan ini. Sebelumnya saya mengenalkan kepada Anda apa itu XML sitemap dan seberapa penting sitemap di blog wordpress.

Sitemap merupakan daftar halaman dan postingan di suatu website (wordpress) yang bisa diakses oleh pengunjung website/blog tersebut. Meski tidak secara signifikan berpengaruh pada pengunjung, namun sitemap ini sangat berpengaruh pada usaha kita dalam mengoptimalkan SEO blog kita. XML Sitemap yang ada di suatu blog akan memberitahu mesin pencari seperti google, yahoo, dan sebagainya untuk mengindeks daftar tersebut di mesin pencari.

Sitemap juga memberi tahu mesin pencari bahwa daftar halaman dan postingan blog yang ada di Sitemap blog tersebut eksis/ada, sehingga pengunjung blog dapat mengakses blog kita melalui mesin pencari, yang tentunya akan lebih mudah.

Intinya keberadaan sitemap bagi sebuah situs memberi hak akses bagi robot perayap mesin pencari untuk menentukan bagian-bagian mana saja yang akan diindeks di mesin pencari, sehingga blog Anda akan lebih SEO.

BACA JUGA:  20 Shortcuts Penting untuk Wordpress

Nah, kalau begitu bagaimana cara membuat XML Sitemap di wordpress?

Cara Membuat XML Sitemap di WordPress

Sebetulnya ada banyak cara yang bisa Anda terapkan. Jika Anda sudah menggunakan plugin SEO by Yoast maka membuat Sitemap di blog wordpress Anda akan lebih mudah. Jika belum silahkan install terlebih dahulu SEO by Yoast di wordpress Anda. Selain plugin ini gampang digunakan, plugin ini memiliki banyak kelebihan lain dalam membantu SEO sebuah situs.

Setelah Anda menginstall SEO by Yoast maka Anda secara khusus harus mengaktifkan fungsi Sitemap blog Anda. Caranya, di bagian Dashboard silahkan cari menu di bagian paling bawah dengan nama SEO lalu pilih XML Sitemap.

Cara Membuat XML Sitemap

 

Di menu berikutnya akan terlihat seperti gambar di atas (klik gambar untuk memperbesar).

Centang bagian kotak yang ditunjuk oleh tanda panah merah pertama untuk memperbolehkan plugin tersebut mendaftarkan Sitemap blog Anda secara fungsional. Di tanda panah kedua, Anda dapat melihat bentuk Site map blog Anda nantinya setelah Anda meng-klik-nya.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki CSS dan JS Error di Google Search Console

Setelah itu Sitemap Anda akan dengan cepat bisa diakses oleh pengunjung dan akan segera terindeks di mesin pencari.

Setelah itu Anda perlu mendaftarkan Site map yang telah Anda buat kepada Google Webmaster. Anda harus memverifikasi situs Anda terlebih dahulu ke Google Webmaster jika Anda belum memverifikasinya. Jika belum maka Anda harus membuat satu akun Google baru dan log in ke dalam Google Webmaster.

Setelah itu daftarkan situs Anda. Nantinya Google meminta Anda memverifikasi situs Anda dengan beberapa metode. Metode yang ada bisa lebih jelas Anda lihat di gambar berikut:

Cara Membuat XML Sitemap

 

Lalu copy kode seperti yang terlihat pada gambar di atas dan kembali ke Dashboard lalu arahkan ke SEO di menu bagian paling bawah lalu pilih Dashboard dan arahkan ke bagian yang juga paling bawah seperti gambar berikut:

Cara Membuat XML Sitemap

 

Paste-kan kode tersebut di kotak Google Webmaster Tool seperti pada gambar di atas.

Setelah itu kembali ke Google Webmaster lalu tekan Verify. Anda sudah sukses memverifikasi blog Anda ke Google Webmaster.

BACA JUGA:  Lengkap: Cara Mempercepat Loading WordPress - Part 1

Setelah itu Anda harus submit Sitemap yang tadinya Anda buat ke Google Webmaster dengan cara klik “Add/Test Site map” dan masukkan URL Sitemap yang tadinya Anda buat. Biasanya URL Sitemap tersebut seperti http://www.situsanda.com/sitemap_index.xml.

Setelah itu Submit Site map lalu silahkan uji coba.

Begitulah cara saya membuat XML Site map di situs saya yang berbasis wordpress. Selamat mencoba 😀

 

Sumber: WpBeginner

43 KOMENTAR

  1. Jujur, sebelumnya saia kebingungan mau pasang sitemap blog punya saia, udah coba plugin Google XML Sitemaps yang banyak di pake blogger tapi nggak works buat blog saia, karena untuk posting artikel pada wp theme yang saya gunakan ada 2 tab untuk posting, 1 tab posting standard, 1 lagi untuk posting review yang dibuat oleh pembuat wp theme nya. Dan plugin Google XML Sitemaps tidak sanggup membaca URL dari posting review saya, tapi saya pantang menyerah Googling terus sampai mau bikin sitemaps blog secara manual dan ternyata ketemu posting mas bro ini tentang sitemaps blog menggunakan plugin SEO by Yoast, dan langsung saya aplikasikan dan ternyata sitemaps blog saya jadi dengan sempurna, bahkan lebih sempurna daripada biasanya kita menggunakan plugin Google XML Sitemaps.
    Terima kasih atas tulisan mas bro tentang membuat sitemaps dengan SEO by Yoast, karena ini sangat membantu saya. sekali lagi Terima kasih banyak!

  2. Makasih Bro, nanya lagi nih untuk plugin SEO by Yoast ini apa nda apa” kalau digabungkan dengan AIO..kalau saya nyoba bikin sitemap pake SEO by Yoast bisa dan berhasil..

  3. terimakasih tutorialnya sangat bermanfaat.
    kemudian untuk mengisi file robot.txt di google webmaster tool bagaimana ya?
    Apakah sama dengan yang ada di public_html ?
    Kunjungan balik ya di nusajawa.com

    • untuk menempatkan robt.txt di webmaster, masukkan saja perintah izin atau pun blokir robot yang ada dengan kode2nya. Silahkan cari plugin terkait jika susah kodenya. atau boleh tunggu saya menuliskannya di tulisan berikutnya. terima kasih atas kunjungannya bro.

  4. Bang saya masih kurang faham ni dengan kalimat ini :

    “Setelah itu Anda harus submit Sitemap yang tadinya Anda buat ke Google Webmaster dengan cara klik “Add/Test Site map” dan masukkan URL Sitemap yang tadinya Anda buat. Biasanya URL Sitemap tersebut seperti http://www.situsanda.com/sitemap_index.xml.

    Setelah itu Submit Site map lalu silahkan uji coba.”

    Mohon penjelasannya !

    • maksudnya, sampai tahap tersebut Anda sudah membuat akun google webmaster dan memverifikasi blog Anda ke google webmaster. nah, selanjutnya masuk ke panel blog Anda di webmaster tersebut, lalu ada tombol warna merah bertuliskan “Add/Test Sitemap”. Di situ Anda submit URL Sitemap blog Anda, dan biasanya dengan SEO by Yoast, sitemap sebuah blog berURL seperti http://www.situsanda.com/sitemap_index.xml. Nanti sesudah disubmit ada link sitemap blog Anda, coba buka itu sebagai tindakan uji coba sitemap blog Anda, sudah aktif atau belum. terima kasih 🙂

    • rasanya kurang efektif dengan SEO by Yoast, karena setiap produk harus ada artikel yang minimal isinya harus 300 kata, itu pun harus ada satu keyword tertentu di setiap paragraf. Yang saya tahu untuk belanja online lebih efektif dengan mengoptimisasi gambar dengan keyword, misalnya Anda memuat sebuah gambar dari produk, nah optimasikan keyword tertentu di gambar tersebut. Ada beberapa plugin wordpress yang bisa digunakan untuk mengoptimisasi gambar seperi SEO friendly images dan lain sebagainya. semoga membantu

      • terima kasih atas tanggapannya, yg ingin saya tanyakan selanjutnya adalah apakah efektif menginstall beberapa plugin untuk seo di website saya. contohnya, saat ini saya sudah menggunakan seo by yoast dan all in one seo. dan seperti saran bapak, saya harus menggunakan seo friendly images.

        thx

        • sebenarnya ALl in seo pack sama wordpress seo by yoast berpengaruhnya ke artikel dan kata kunci sasaran di dalamnya. untuk seo friendly images fokus di susunan kata kunci untuk title setiap gambar yang Anda gunakan di setiap artikel.

  5. Terima kasih banyak atas penjelasannya yang lengkap, saya bingung kalau mau submit sitemap di berbagai search engine. Yess sekarang udah paham hehe… warm regards.

  6. mas saya mau tanya sitemap untuk tamplian di mobile phone apa ya,soalnya artikel saya di mobile phone tidak terindex

  7. Apakah kita bisa menjalankan 2 Plugin Sitemap sekaligus?
    1. Plugin Google XML Sitemaps
    2. YoashSEO
    dari ke 2 plugin tersebut kita bisa mengetahui informasi XML Sitemap pada blog kita.
    Pertanyaan nya: jika kita melakukan aktivasi pada kedua plugin tersebut, akankah hasilnya work? dan tidak akan terjadi problem pada salah satu plugin tadi?

    Salam,
    Nur Kholis

    • Saran saya lebih baik jangan.
      Sebab jika ada 2 sitemap maka Google bot akan meng-crawl masing-masing link di sitemap sebanyak dua kali.
      Kemungkinan terjadinya duplicate content di mata Google Crawler akan menjadi lebih tinggi

  8. ini nih artikel yang saya cari cari, sempet kebingungan cara buat sitemap & robot txt di wordpress, biasa pakai blogcepot. langsung bookmark. makasih banyak gan.

TINGGALKAN KOMENTAR