Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast – Dari sekian banyak metode untuk mengoptimisasi performa blog di mesin pencari, menggunakan plugin adalah satu di antaranya.

Di luar sana sudah banyak plugin yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda meningkatkan performa blog di mesin pencari sehingga blog Anda akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Sejujurnya saya sudah pernah menggunakan beberapa plugin SEO seperti All in SEO Pack, Infinite SEO, dan sebagainya, tetapi yang hingga detik ini saya gunakan adalah plugin WordPress SEO by Yoast.

Beberapa plugin SEO lainnya ada yang lebih fokus mengoptimalkan satu fitur saja, seperti Google XML Sitemap, KB Robot.txt, atau pun Schema ORG Plugin. Untungnya, hampir semua fitur SEO yang umumnya dibutuhkan oleh sebuah blog ada di dalam WordPress SEO by Yoast.

Plugin ini mengandung banyak fitur yang umumnya hadir dalam satu plugin untuk setiap fiturnya. Dan karena banyak fitur yang bisa kita gunakan dengannya, maka Anda mungkin perlu membaca cara setting plugin WordPress SEO by Yoast dengan tepat, sehingga Anda bisa meminimalisir error yang kemungkinan justru merugikan blog Anda.

Plugin WordPress SEO by Yoast (Yoast SEO WordPress – Update 23 November 2015)

Plugin ini sedikit rumit untuk disetting, terutama bagi Anda yang baru di dunia SEO. Banyak fitur yang kemungkinan besar masih cukup asing, begitu pun dengan istilah-istilahnya. Setting yang salah bisa saja membuat blog Anda ‘keluar’ dari indeks Google, atau robot perayap Google berhenti mengindeks konten Anda untuk ditampilkan di hasil pencarian.

Maka dari itu, artikel tentang cara setting plugin WordPress SEO by Yoast ini sengaja dibuat untuk meminimalisir, bahkan menghindari kesalahan-kesalahan yang merugikan tersebut. Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih dalam, berikut beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan dengan plugin ini:

Nah, fitur-fitur tersebut adalah kelebihan tersendiri plugin WordPress SEO by Yoast yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis. Maka selanjutnya mari kita setting plugin WordPress SEO by Yoast untuk blog Anda.

WordPress SEO by Yoast

Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast (Yoast SEO WordPress – Update 23 November 2015)

Sebelum memulai, pastikan Anda mem-back up terlebih dahulu database WordPress Anda. Setelah itu, jika Anda menggunakan plugin SEO lain, maka export terlebih dahulu setting-nya dan simpan. Kemudian deactive plugin tersebut dan uninstall. Anda juga bisa secara otomatis mengimport kembali hasil setting plugin SEO yang Anda gunakan sebelumnya setelah menginstall plugin WordPress SEO by Yoast.

Kemudian silahkan install dan aktifkan plugin WordPress SEO by Yoast dengan cara masuk ke Dashboard => Plugins => Add New => search plugin tersebut lalu install dan aktifkan. Setelah selesai maka silahkan kembali ke Dashboard dan label menu SEO akan tampil di bawah menu Settings, klik menu tersebut.

(Catatan: Jika Anda sudah mengekspor setting plugin SEO yang sebelumnya Anda pakai, maka langsung saja masuk ke menu Import di Yoast SEO untuk mengimpor file setting sebelumnya. Setelah itu silahkan cocokkan beberapa hal dengan mengikuti tutorial di bawah.)

1. Dashboard

Di label menu SEO, Anda sudah berada di menu Dashboard. Tampilannya terlihat seperti ini:

yoast seo wordpress 1
Menu General Yoast SEO WordPress

Di bagian ini Anda akan dihadapkan pada pilihan General, Company Info, Security dan Webmaster Tools. Secara otomatis akan ada panduan di setiap halamannya. Ikuti panduan tersebut, atau jika Anda rasa panduannya mengganggu, close saja karena artikel ini sudah sangat jelas bagi Anda nantinya. Klik Start Tour hanya jika Anda ingin mengikuti panduan dari plugin Yoast SEO.

BACA JUGA:  Diskon 50% Unlimited Hosting Spesial Hari Kemerdekaan + Domain .ID

Di bagian Tracking silahkan hilangkan centang, karena Anda tidak ingin membagi informasi rinci tentang website Anda kepada pihak luar, meskipun pihak tersebut cukup terpercaya seperti Tim Yoast sendiri. Di bagian Security silahkan centang kotak yang ada.

Klik tab Company Info dan isilah beberapa detail tentang website/perusahaan Anda seperti gambar di bawah:

yoast seo wordpress

Keterangan: 

1.Di bagian Website Name, isikan website name dan alternate name agar Google mudah mengidentifikasinya di hasil pencarian.

2. Company or Person: Pilih Company jika website Anda merupakan website perusahaan atau Person jika dikelola secara pribadi.

3. Jika memilih Company, maka isikan Company Name dengan perusahaan Anda dan isikan URL logo perusahaan Anda di bagian Company Logo.

Klik Save Changes jika sudah sesuai.

Di bagian selanjutnya adalah Webmaster Tools. Melalui bagian ini Anda bisa memverifikasi blog Anda ke 5 akun sekaligus: Alexa Rank, Google, Bing, Yandex dan Pinterest. Saya sudah pernah membahas tentang cara memverifikasi blog di Google Webmaster Tool, verifikasi blog di Alexa, dan verifikasi blog di Bing Webmaster.

Masukkan kode meta tag dari masing-masing akun yang diberikan untuk memverifikasi blog Anda di kolom yang sudah disediakan, dan klik Save Changes. Silahkan klik Verify di masing-masing akun untuk mulai memverifikasi blog Anda. Selesai di bagian Dashboard!

Di bagian Security, silahkan centang pilihan Disable the Advanced part of the Yoast SEO meta box jika Anda tidak ingin penulis lain atau kontributor di website Anda jika Anda tidak ingin mereka meng-noindex tulisannya, meredirect dan pilihan-pilihan lain yang tidak sesuai dengan kehendak Anda.

2. Titles & Metas

yoast seo wordpress 2
Menu Titles & Metas Plugin Yoast SEO WordPress

General

Cara setting plugin WordPress SEO by Yoast selanjutnya terletak di menu Titles & Metas. Di halaman ini Anda akan mensetting title dan meta. Mulai dari tab General, silahkan hilangkan centang Force Rewrite Title (atau centang saja – terserah Anda).

Fungsi ini akan mengizinkan plugin tersebut merubah judul konten blog Anda (secara paksa) agar lebih cocok dengan keyword yang Anda gunakan, dan lebih SEO friendly. Tetapi umumnya lebih tepat untuk artikel berbahasa Inggris.

Di bagian Title Separator silahkan pilih salah satu. Ini berguna untuk memisahkan judul artikel/halaman dengan judul website, seperti ini contohnya:

Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast | Seni Berpikir

Title separator yang saya gunakan berdasarkan contoh di atas adalah “|” (tanpa tanda petik).

Homepage

yoast seo wordpress 3
Menu Homepage Yoast SEO WordPress

Di bagian ini, silahkan isikan Title Template dengan judul website Anda. Isikan juga meta description website Anda dengan singkat, dan jika perlu, isikan juga meta keywords. Apa yang Anda tulis nantinya akan menjadi deskripsi utama website Anda di hasil pencarian mengenai website Anda. Contoh:

yoast seo wordpress 4
Homepage Title & Meta

Dalam hasil pencarian Google nantinya, judul website yang kita isi di bagian Title Template akan ditampilkan sebagai judul utama (Tanda Panah Biru), sementara Meta Description Template akan muncul sebagai deskripsi utama website kita (Tanda Panah Merah). Silahkan klik Save Changes jika sudah dan lanjut ke bagian selanjutnya.

Update 30 Mei 2016

Jika Anda tidak menemukan setting Homepage seperti gambar di atas, maka kemungkinan Anda membuat static page khusus sebagai homepage atau halaman depan. Opsi yang Anda dapatkan akan terlihat seperti berikut:

Setting Plugin WordPress SEO by Yoast - 11
Alternatif Setting Homepage SEO

Jika hal tersebut muncul maka sudah pasti Anda membuat sebuah static page sebagai frontpage blog Anda pada pengaturan yang ada di dalam menu Setting => Reading di dalam Dashboard Anda.

Klik opsi seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar di atas, maka Anda akan masuk ke dalam static page yang Anda jadikan homepage. Scroll ke bagian bawah di mana Anda akan memasukkan focus keyword seperti biasa saat Anda menuliskan artikel. Di sini Anda bisa mengikuti cara sebelumnya dengan mengisikan Site Title dan Meta Description di kolomnya masing-masing seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Setting Plugin WordPress SEO by Yoast - 14
Isikan Site Title & Meta Description di Kolom Masing-Masing

Perhatikan detil yang tertulis di gambar tersebut. Selanjutnya, Anda juga sebaiknya mengganti site title secara manual di static page itu sendiri, seperti gambar di bawah ini:

BACA JUGA:  5 Tips Untuk Memulai Blogging

Setting Plugin WordPress SEO by Yoast - 12

Nah memang ada perbedaan pengaturan dalam mengisikan Site Title dan Meta Description dalam setting plugin Yoast SEO WordPress ini, tergantung apakah Anda menggunakan static page sebagai homepage atau tidak. Kemudian silahkan lanjutkan ke bagian selanjutnya.

Post Types

Bagian ini terbagi atas Posts, Pages, dan Media. Mari kita bedah satu per satu.

Posts

Di bagian Posts silahkan cocokkan satu per satu dengan setting di bawah ini:

Title template: %%title%%
Meta description template: %%excerpt%%
Meta keywords template: %%focuskw%%
Meta Robots: hilangkan centang
Date in Snippet Preview: hilangkan centang
WordPress SEO Meta Box: hilangkan centang

Pages

Sama seperti di bagian sebelumnya, silahkan cocokkan dengan setting di bawah ini:

Title template: %%title%% %page%
Meta description template: %%excerpt%%
Meta keywords template: %%focuskw%%
Meta Robots: hilangkan centang
Date in Snippet Preview: hilangkan centang
WordPress SEO Meta Box: hilangkan centang

Untuk Media, biarkan secara default dan silahkan klik Save Changes lalu lanjutkan ke tab berikutnya.

Taxonomies

Di bagian ini Anda akan dihadapkan pada tiga bagian terpisah yakni Category, Tags, dan Format.

– Category

Title template: %%category%% %%sitename%%
Meta description template: %%category_description%%
Meta keywords template: kosongkan
Meta Robots: centang
WordPress SEO Meta Box: centang

– Tags

Title template: biarkan
Meta description template: biarkan
Meta keywords template: kosongkan
Meta Robots: centang
WordPress SEO Meta Box: centang

Format

Title template: biarkan
Meta description template: biarkan
Meta keywords template: kosongkan
Meta Robots: centang
WordPress SEO Meta Box: hilangkan centang

Klik Save Changes.

Archives

Silahkan cocokkan dengan gambar berikut:

yoast wordpress seo 5

yoast seo wordpress 6

Catatan: Jika Anda punya settingan lain selain settingan Seni Berpikir di atas, silahkan gunakan. Anda tidak harus mensetting seperti gambar di atas jika Anda punya/tahu settingan lain yang lebih baik. Secara default, Seni Berpikir menggunakan settingan di atas.

Other

yoast seo wordpress 7

Seni Berpikir menggunakan settingan seperti gambar di atas. Jika Anda punya/tahu settingan lain yang lebih baik silahkan gunakan. Setting sesuai kehendak Anda.

3. Social

yoast wordpress seo 8

Di bagian ini Anda bisa menunjang performa konten blog Anda ketika dishare di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+. Fungsinya adalah ketika konten blog Anda dishare dan kebetulan konten tersebut tidak berisi gambar, dengan meletakkan URL default image di bagian ini maka ketika dishare konten tersebut secara otomatis akan terkirim bersama dengan default image yang sudah Anda tentukan. Mari kita bedah satu per satu.

– Facebook

Cek pilihan Add Open Graph meta data.  Kemudian di bagian Facebook Insights and Admins silahkan log in dengan Facebook Anda, atau bisa juga menggunakan Facebook Fan Page dengan log in sebagai Admin. Silahkan isi data-data berikut ini sesuai dengan yang Anda inginkan

Facebook Page URL: Isi dengan URL Facebook Anda atau URL Facebook Fan Page blog Anda.

Frontpage Settings:

Silahkan isi bagian Image URL dengan default image yang Anda inginkan, bisa logo blog Anda atau gambar lain yang menggambarkan blog Anda. Di bagian Title silahkan isi dengan judul blog Anda, sama dengan Description isi sesuai dengan deskripsi blog Anda, atau bisa juga mengklik copy home meta description untuk mengcopy deskripsi blog yang di bagian sebelumnya sudah Anda isi.

Default Settings:

Isi bagian Image URL dengan yang ada di bagian Frontpage Settings.

Klik Save Changes lalu lanjutkan ke tab berikutnya.

– Twitter

Centang pilihan . Kemudian masukkan username Twitter tanpa menggunakan “@”, lalu pilih Summary with Large Image (Anda juga bisa menggantinya sesuka Anda) di bagian bawahnya.

Pinterest

Jika Anda punya akun Pinterest untuk website Anda, silahkan login terlebih dahulu dan biarkan terbuka. Klik link verify your site with Pinterest dan isikan meta tag kode verifikasi Pinterest ke dalam kotak yang tersedia.

– Google+

Centang . Kemudian masukkan URL Google+ ke dalam kotak yang disediakan di Google Publisher Page.

BACA JUGA:  5 Langkah Penting Make Money Blogging

Klik Save Changes lalu mari lanjutkan ke bagian penting lainnya.

4. XML Sitemaps

yoast seo wordpress 9

Centang XML Sitemap untuk membuat XML Sitemap menggunakan plugin ini. Akan muncul setting berikutnya dan silahkan pilih bagian-bagian mana saja yang ingin Anda tampilkan di sitemap blog Anda agar lebih mudah diindeks oleh Google.

Saya pribadi tidak menganjurkan Anda untuk menggunakan fitur ini karena sering terjadi error. Dan untuk tahapan ini jika Anda tidak ingin menggunakan fitur XML Sitemap dari Yoast SEO atau sudah menggunakan plugin Sitemap lain, silahkan lewatkan karena Anda bisa menerapkan cara lain di cara membuat XML Sitemap.

5. Advanced

yoast wordpress seo 10

Breadcrumb

Jika Anda ingin membuat breadcrumb di website Anda silahkan isi berbagai detail di bagian Breadcrumb, dan jangan lupa centang bagian Enable Breadcrumbs. Baca lebih detail tentang breadcrumbs.

Permalinks

Silahkan klik pilihan kedua di bagian Change URLs jika Anda ingin agar gambar/attachment di website Anda diredirect menuju halaman attachment tersebut. Di bagian Clean Up Permalinks silahkan klik bagian 1 dan 2 saja. Di bagian Clean up the <head>, beberapa webmaster lebih memilih mencentang seluruh pilihan (terdapat total 4 pilihan yang tersedia), gunanya untuk menghilangkan tag yang tidak penting di bagian header.

Di bagian RSS tinggalkan saja apa adanya, lalu klik Save Changes.

6. Internal Links

Di bagian cara setting plugin WordPress SEO by Yoast selanjutnya, yakni Internal Links, Anda bisa mengaktifkan breadcrumb dengan plugin ini, dan Anda bisa memaksimalkan performa SEO on-page blog Anda. Untuk referensi selanjutnya, silahkan baca tentang Apa itu Breadcrumb dan Cara Membuat Breadcrumb.

Centang bagian Enable Breadcrumb dan silahkan setting bagian-bagian yang terdapat di bawahnya sesuai kemauan Anda, bebas. Kemudian akan ada kode HTML seperti berikut:

<?php if ( function_exists('yoast_breadcrumb') ) {
yoast_breadcrumb('<p id="breadcrumbs">','</p>');
} ?>

Copy kode di atas lalu silahkan baca tulisan yang saya berikan di atas (tentang apa itu breadcrumb dan cara membuat breadcrumb).

7. RSS

Di bagian ini, masukkan kode di bawah ini ke kotak
(HTML allowed):

The post %%POSTLINK%% appeared first on %%BLOGLINK%%.

8. Tools

Bulk Editor

Di sini Anda bebas merubah judul artikel, judul halaman, dan segala deskripsinya beserta dengan keyword yang digunakan agar lebih SEO friendly, walaupun artikel maupun halaman tersebut sudah sempat dipublikasi.

File Editor

Setting Plugin WordPress SEO by Yoast 6

Di bagian cara setting plugin WordPress SEO by Yoast selanjutnya, Anda bisa merubah/membuat robot.txt untuk blog Anda, dan juga bisa merubah file .httaccess tanpa harus log in ke root blog Anda. Klik Save Changes jika sudah cocok. (lakukan back up terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan, DISARANKAN!)

Import and Export

Di bagian ini Anda bisa mengimpor setting dari plugin SEO lain seperti All in One SEO Pack, dan bisa mengekspor setting yang telah Anda buat dengan plugin WordPress SEO by Yoast ke blog Anda yang lain.

Recalculate SEO Scores

Klik bagian ini untuk menghitung ulang skor SEO website Anda. Fitur baru ini terintegrasi dengan Onpage.org, jadi Anda harus membuat akun terlebih dahulu (tersedia akun gratis). Saya sendiri kurang tertarik menggunakan fitur ini karena menurut saya penghitungannya kurang lengkap dan kurang tepat.

Kesimpulan

Ada banyak sekali kerumitan di setting plugin WordPress SEO by Yoast yang mungkin Anda temui, tetapi di dalam artikel ini saya dengan maksimal membuat panduannya agar lebih mudah dipraktekkan. Plugin WordPress SEO by Yoast memiliki banyak sekali fitur yang sangat berguna untuk mengoptimalkan rangking SEO blog Anda. Plugin ini juga sudah sangat populer di antara pengguna WordPress, dan Tim Yoast dengan baik memberikan plugin ini secara gratis.

Itulah cara setting plugin WordPress SEO by Yoast yang bisa dengan mudah Anda terapkan. Artikel ini dibuat khusus untuk Anda, dan kapan pun Anda menemukan kesulitan, silahkan tanya ke saya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

73 KOMENTAR

  1. Thx banget buat nfonya mas. Langsung dipraktekkin buat blog wp saya. Sebelumnya pake plugin AISEO Pack. Tapi Yoast SEO ternyata lebih comlete dan berpengaruh positif 🙂

  2. maaf mengganggu, mau sharring sedikit nich gan. Selama 6 bulan website saya tidak muncul di pencarian keyword apapun dan setelah menginstal plugin KB robots.Txt dan saya bersyukur sudah terindex pada keyword TOKO SOLO tapi deskripsinya tidak muncul dan yang mau saya tanyakan bagaimana caranya agar deskripsi itu bisa muncul dan mohon saran nya. Terimakasih

    • Pastikan sudah verifikasi Google Webmaster Tool. Kalo sudah men-setting plugin SEO by Yoast dengan benar, masuk ke Google Webmaster Tool => Crawl => Fetch as Google dan submit website Anda. Perlu diperhatikan bahwa robot crawler Google memerlukan waktu untuk mengindeks ulang sebuah website. Atau coba search website Anda di Google menggunakan browser lain dan cek deskripsinya. Silahkan tanyakan lagi jika masih ada masalah.

  3. Terima kasih atas infonya. Tetapi saya mengalami masalah pada Open Graph, padahal saya sudah setting Yoastnya dengan mengikuti langkah2 di atas. Bisa diberikan penjelasan. Terima kasih.

  4. Mau tanya gan,, ini tumben lagi saya bikin web dengan platform wordpress,, saya juga pengguna plugin SEO by Yoast ini,, yang jadi aneh kok meta descripsinya jadi ga kelihatan…?

    Jika agan bisa bantu cek silahkan ketik di google http://minyakkutuskutusbali.com/,, yang muncul di keterangan deskripsinya kok alexa rank bla bla bla… ??

    saya dah coba cari solusinya di google tapi kok ga nemu yaa..:'(

    Tolong dibantu gan….:)

  5. Hi , makasih ya utk informasinya sangat membantu meskipun secara real yoast sdh update versi jadi tampilannya sdh berbeda namun tetap fungsional infonya

  6. Maaf mas mau nanya, maksudnya "Add Site" untuk verifikasi Google Webmaster tools itu masuk ke menu mana ya? soalnya sya cek di gmail sya gk ada

  7. Untung saya baca postingan ini mas, klo engga saya smpe lupa nempelin keyword web nya hahaha
    Terimakasih mas, postinganya lengkap dan mudah dipahami, tidak bertele tele.

  8. good ideas i try to use your way and i hope this way worked for me,,thanks for your tutorial i hope you can update article everyday

  9. pertanyaan saya OOT mas, tapi tolong dijawab ya. kalo di klik gambar/image yang ada di artikelnya kan jadi kaya slide gitu mas gambarnya. itu bawaan dari theme / pake plugin mas. kalo pake plugin bisadikasih tau ga mas plugin apa ?

    • Bawaan dari theme mas. Kalo untuk pilihan plugin ada banyak kok. Efek ini namanya Lightbox, cari aja pluginnya ada banyak kok. Tapi kalo mau setup sendiri juga gampang banget caranya, paling ya harus download file JS dari Lightbox-nya terus integrasikan ke theme/child theme. Semoga membantu.

  10. Terimakasih banyak atas tutorialnya mas brow, saya new be di blog san saya baru buat blog pake wordpress hosting aendiri, yang saya mau tanyakan apakan kalu kita setting kata kunci di yoast akan besar pengaruhnya di mata meain pencari google? Mohon bantuannya mas brow. Terima kaaih banyak.

  11. Sudah 4 bulan pakai Wp dan Yoast SEO tapi belum begitu paham maklum sudah terbiasa pakai blogspot yang SEO nya sederhana.Makasih infonya mas saya akan coba pahami pelan-pelan

  12. Mas saya mau tanya. Ketika saya mau setting Area Homepage seperti Title Template, Meta Description Template dan Meta Keywoard itu tidak muncul seperti gambar yang mas share sebagai contoh di atas. Kalau saya ke area itu di panel admin sayan maka yang muncul tulisan :
    "Beranda & Halaman depan
    You can determine the title and description for the front page by editing the front page"
    dan ketika saya klik "editing the front page" itu yang muncul page (halaman) yang isinya sama seperti saya ketika akan membuat blog atau tulisan. Jadi saya harus mengisi deskripsi dan lain lain yang akan muncul juga di halaman utama saya dan tidak saya inginkan. Mohon pencerahan nya. Terima kasih

  13. Pagi mas.. saya menggunakan Yoast versi terbaru 2016.. dan masih banyak yang saya tidak mengerti dari versi terbaru ini.. apa mas punya update setting untuk yoast versi terbaru. Terima kasih

  14. Iya ada versi terbaru mas, versi 3.3.2 yang saya pakai.. Dan tampilan nya sangat berbeda. Saya sangat kebingungan sekali. Apakah bisa jika saya kembali menggunakan Yoast versi seperti yang mas bahas di artikel ?

  15. Panduannya cocok untuk saya yang masih pemula gan, dari kemarin masih ngubek-ngubek settingan Pluggin ini. Dan akhirnya, ketemu yang pas buat saya…terima kasih tutorialnya. Salam

  16. makasih ya utk informasinya sangat membantu meskipun saya pusing dengan yoast terbaru karena sudah sangat berbeda tampilannya namun tetaplengkap infonya 🙂

  17. sangat lengkap dan membantu saya, namun saya ingin menanyakan nih min? gimana cara merubah penamaan sitemap_index.xml sebagai bawaan dari Yoast Seo menjadi sitemap.xml ?

    • Kalau yang ini mungkin harus diubah di kode plugin Yoast SEO-nya, rename output dari sitemap_index menjadi sitemap. Tapi sebenarnya gak ada beda dari segi fungsional sih gan, URL-nya aja yang beda

  18. Gan, tolong di update artikelnya, soalnya tampilan seo by yoast ini sudah tidak sesuai dengan yang ada di artikel ini. Hehehhee, ane masih newbie masih banyak yang harus dipejari.
    Bedanya "-" dengan "|" itu apa ya gan kalau di seo? lebih efektif yang mana diantara keduanya itu? mohon bantuannya ya…

  19. Makasih banget nich infonya. Ini aku baru bangun blog baru nich. Dan mudah-mudahan dengan menerapkan seperti yang diuraikan di atas, blog aku bisa cepat berkembang. Hahahahahaahhhhh 🙂

  20. lengkap banget disini tutorial plugin SEO Yoast-nya. Saya cari-cari di situs lain nggak selengkap ini dan nggak se-update ini. Saya baru tau kalo bisa create robot txt di admin dengan Yoast, jadi lebih mudah tanpa harus ke cpanel. Nah, yang mau saya tanyakan, bagaimana supaya tag tidak terindex? Apakah di Yoast caranya disable pada archive atau disable meta tag?

    Tag seperti simalakama, kalau dibiarkan terindex, kadang duplicate content yang artinya harus disallow di robot txt. Sedangkan tag kalau di-noindex, faktanya tag membantu meningkatkan visibilitas.

  21. Mas, itu milik anda yoast premium bukan? koq beda ya gambar pengaturannya sama di blogku. maaf mas, saya baru belajar nulis blog soalnya. mohon di jawab ya. Terima kasih sebelumnya

    • baik premium maupun free tampilannya sama saja.
      hanya saja ada beberapa opsi yang hanya ada di premium, seperti fitur Redirects dan Video Tutorial.
      Untuk contoh artikel saya menggunakan versi Yoast SEO yang Free.

  22. Sebelumnya terimakasih telah memberikan info tentang cara setting yast seo mas. Tapi sekarang yoast seo udah update, banyak sekali perubahannya. Tadi pas nyetting ssangat bingung saya mas. Mohon di update artikelnya dengan gambar atau screenshoot yang baru.

  23. Dear seni berpikir, trimakasih untuk tutorialnya. Saya sudah mencoba melakukan semua tahap seo yoast ini satu persatu. Sudah saya coba, tetapi bila saya cari di google, tetap tidak keluar seperti yang diajarkan yaitu : seni berpikir | edukasi & teknologi.

    bagaimana cara memperbaikinya ?? saya menggunakan wordpress versi 4.6.1 dengan yoast seo yang mendukung versi ini.

    ke 2. Bila saya mengganti static page dengan post page apakah ada pengaruhnya ??? karena di versi ini, saya diberikan pilihan untuk memilih apah last post sebagai front page saya, atau static page sebagai front page saya.

    mohon bantuannya pak. Trimakasih sebelumnya

  24. Terimakasih gan sya jd agak ngerti..tapi saya masih bingung karena sitemap yg dlu error mungkin karena ganti plugin dr yoast nya.. terus saya submit pakai sitemap dari yoast secara menyeluruh domaindotcom/sitemap_index.xml ke web master seperti itu tapi index web saya jd dari nol lagi ya?
    Dr 700 submit yg ke index baru 5..

    Mohon pencerahan nya apakah sperti itu kembali index dr nol atau ada yg salah?

    • Jika sebelumnya sudah ada sitemap sebenarnya tidak usah buat sitemap baru dengan Yoast SEO. Kalau submit sitemap baru dari Yoast SEO, jadi yang tampil di Yoast SEO mulai dari awal, tapi untuk indeks di Google secara keseluruhan ngga berkurang, tetap seperti yang lama. Karna Yoast SEO ngasih sitemap yang berbeda dari yang seharusnya, seperti dari sitemap.xml untuk yang seharusnya dan sitemap_index.xml dari Yoast. Perbedaannya hanya di situ.

    • maksudnya membuka index bagaimana ya? untuk memantau konten yang sudah terindeks di Google bisa melalui Google Webmaster Tool (Search Console) atau dengan mengetik site:domainsitus.com di Google Search

    • Di plugin Yoast SEO pilih <strong>XML Sitemaps</strong> terus centang Enabled. Entar di menu Your XML Sitemap ada tombol XML Sitemap, klik tombol tersebut, dan copy url-nya (biasanya domain.com/sitemap_index.xml) dan copy sitemap_index.xml dan submit ke Google Search Console

  25. Mas Kok tampilan saya beda ya. ngaak ada Tab Pengaturan HomePage, PostType nya. yang ada General, Features, Your Info, Webmaster Tools, Security doang. Mohon pencerahannya. Makasi mas.

TINGGALKAN KOMENTAR