Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool – Sebagai mesin pencari terbesar di dunia dengan jutaan queries pencarian setiap harinya, Google tak bisa dipungkiri lagi adalah sumber traffic terbesar untuk mendapatkan pengunjung untuk suatu blog.

Ada banyak sekali konten blog yang diindeks setiap detiknya, dan bisa jadi konten blog kita adalah salah satu yang akan diindeks per detik. Tetapi ada kalanya kita perlu mengkontrol hasil indeks tersebut, memonitor perkembangannya dan mengetahui sudah berapa URL yang diindeks oleh Google dari blog kita. Tim Google tentu saja sudah memperhitungkan hal-hal tersebut, dan untuk itu, mereka membuat Google Webmaster Tool untuk kita para webmaster/blogger yang bisa digunakan dengan gratis.

Dalam artikel ini saya mencoba memandu Anda untuk mendaftarkan sekaligus memverifikasi blog Anda di Google Webmaster Tool. Secara umum caranya sama saja dengan mendaftarkan dan verifikasi blog di Bing Webmaster atau pun verifikasi blog di Alexa Rank. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara verifikasi blog di Google Webmaster Tool.

Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool

Langkah-langkah ini cocok sekali Anda praktekkan dengan blog yang berplatform Blogspot atau pun WordPress. Ikuti caranya:

BACA JUGA:  Google Hummingbird, Algoritma Terbaru Pencarian Google

1. Yang pertama sekali Anda lakukan adalah membuat akun Google (Gmail) jika belum punya. Jika sudah punya Gmail, maka langsung saja menuju Google Webmaster Tool. (Agar lebih gampang pastikan Anda sudah log in terlebih dahulu ke dalam Gmail).

2. Setelah log in, silahkan klik “Add a Site“.  Sebuah kotak akan muncul setelah Anda mengkliknya.

3. Masukkan URL blog Anda ke dalam kotak tersebut, kemudian klik Continue.

4. Di tahap ini Google akan memberikan Anda beberapa pilihan. Akan ada pilihan download dan upload HTML script serta menambahkan kode meta tag ke dalam HTML <header> blog Anda. Berikut tutorial lengkapnya:

Blogspot

1. Untuk pengguna Blogspot, pilihmetode kedua yakni menambahkan kode meta tag ke dalam HTML <header>. Copy kode meta tag yang diberikan.

2. Masuk ke Dashboard blog Anda lalu klik Layout kemudian klik Edit HTML.

3. Sebelumnya Anda telah meng-copy kode meta tag yang diberikan Google untuk memverifikasi blog Anda. Di tahap ini setelah Anda masuk ke tampilan Edit HTML, cari tag <head> (gunakan CTRL+F) dan paste kode meta tag tersebut tepat setelah tag <head> tersebut. Kemudian klik Save Template.

BACA JUGA:  Pengertian dan Cara Membuat WordPress Child Theme

verifikasi blog di Google WEbmaster Tool

4. Kembali ke halaman Google Webmaster Tool lalu klik tombol Verify. Halaman yang memberitahukan bahwa verifikasi blog di Google Webmaster Tool akan muncul setelahnya. Selamat!

WordPress

Bagi Anda pengguna WordPress platform gratis, caranya sama saja dengan Blogspot. Namun menu pilihannya akan berbeda, silahkan cari pilihan untuk mengedit tampilan HTML, kemudian cari tag <head> dan paste kode meta tag yang Anda dapatkan tepat setelah tag <head>.

Untuk pengguna WordPress self-hosted, Anda dapat menggunakan banyak metode. Berikut metode-metode tersebut:

Menggunakan Metode Meta Tag

  • Masuk ke Dashboard => Appearance => Editor => header.php lalu cari tag <header> kemudian paste kode meta tag yang diberikan kepada Anda tepat setelah tag tersebut.
  • Klik Save lalu verifikasi blog Anda dengan mengklik tombol Verify di Dashboard akun Google Webmaster Tool Anda.

Upload script HTML menggunakan FTP

  • Dengan WordPress self-hosted Anda punya akses bebas ke dalam root directory website Anda.
  • Gunakan software Windows/Mac Filezilla (gratis) untuk masuk ke root directory website Anda. Masukkan host, username, password, dan port, kemudian klik Quick Connect. Root directory dengan folder public_HTML akan muncul.
  • Download script HTML dari akun Google Webmaster Tool Anda (metode pertama), kemudian upload script tersebut ke dalam public_HTML.
  • Setelah itu masuk kembali ke akun Google Webmaster Tool Anda lalu klik Verify.
BACA JUGA:  Bawa Blog Anda Selangkah Ke Depan di Tahun 2014

Lewat Plugin WordPress SEO by Yoast

  • Selain berfungsi sebagai pengatur SEO dasar on-page untuk blog Anda, plugin ini juga bisa membantu Anda untuk verifikasi blog di Google Webmaster, Alexa Rank, Yandex, Pinterest, dan juga Bing.
  • Install Plugin tersebut lalu aktifkan.
  • Setelah aktif, Anda akan melihat menu baru bertuliskan SEO di Dashboard WordPress Anda, tepat di bawah menu Settings. Arahkan mouse Anda ke SEO lalu klik Dashboard.
  • Akan ada beberapa kotak yang tersedia. Cari kotak yang di sebelahnya terdapat tulisan Google Webmaster Tool (atau Webmaster Tool) lalu copy meta tag yang Anda dapatkan di akun Google Webmaster Tool Anda.
  • Kembali ke akun Google Webmaster Tool Anda lalu klik Verify.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk verifikasi blog Anda di Google Webmaster Tool. Jika Anda memiliki blog platform lain dan ingin verifikasi blog Anda di Google Webmaster Tool, silahkan hubungi saya melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

 

9 KOMENTAR

  1. Udah saya coba gaan,, udah berhasil terverifikasi blog wordpress saya, silahkan kunjung balik dan terima kasih sudah berbagi info cara verifikasi blog, semoga blog agan makin maju terus.

TINGGALKAN KOMENTAR