Start a Blog #4: Memilih Platform Blogging yang Tepat – Sebelum Anda menentukan platform blogging yang tepat untuk Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Platform blogging yang tepat haruslah sesuai dengan kemudahan yang ingin Anda rasakan nantinya, biaya yang rela Anda keluarkan untuk fasilitas maksimum, hingga kemampuan untuk mengkustomisasi blog Anda seperti yang Anda kehendaki.

Berikut hal-hal penting sebagai bahan pertimbangan:

1. Tujuan Anda Dalam Blogging

Anda tentu punya tujuan dalam blogging, atau, Anda memang harus punya tujuan dalam hal blogging. Anda ingin mendapatkan pendapatan dari blog atau sekedar hobi membagikan info saja? Jika hanya untuk hobi, platform yang tepat adalah Blogspot, Medium, TypePad, LiveJournal, atau pun WordPress.com.

Semuanya gratis, tetapi Anda harus membayar sekian uang untuk mendapatkan fasilitas tambahan. Seperti Blogspot, layanan blogging milik Google, hanya akan membutuhkan akun Gmail untuk mulai menggunakannya. Di Blogspot Anda bisa memulai blogging dengan gratis, merubah tampilan, dan bisa sekaligus menguangkan blog Anda dengan menempatkan iklan. Blogspot didukung oleh integrasi Google Adsense yang bisa Anda aktifkan langsung dari dalam admin menu.

BACA JUGA:  Tips Blogging: Memulai Aktivitas Sebagai Blogger

Dengan Blogspot, Anda bisa menggunakan layanan gratisnya namun nama blog Anda nantinya akan ditambahkan dengan embel-embel blogspot itu sendiri, misalnya: situsanda.blogspot.com. Tentu Anda bisa mengganti nama domain tersebut dengan nama domain Anda sendiri. Blogspot membolehkan Anda melakukannya, tetap gratis (Anda hanya perlu membayar biaya sewa domainnya saja).

WordPress.com juga pilihan bagus, tetapi Anda dilarang untuk menguangkan blog Anda dengan memasang iklan. Untuk nama domain, sama seperti Blogspot, WordPress.com juga akan menambahkan embel-embel tersebut di alamat URL blog Anda. Untuk menggantinya dengan alamat domain sendiri, Anda harus membayar lebih mahal ketimbang menggunakan Blogspot.

Jadi jika Anda hanya ingin menggunakan blog untuk hobi, sebaiknya pilih Blogspot. Medium dan TypePad juga pilihan yang bagus, tetapi Anda akan sangat dibatasi dalam hal kustomisasi tampilan sesuai keinginan Anda. Namun ada platform blogging lain yang sangat populer, sangat mudah dan hebat untuk digunakan apapun tujuan Anda dalam hal blogging.

Saya sangat merekomendasikan WordPress.org. WordPress org dan WordPress com tentu adalah dua platform blogging yang berbeda, meskipun sama-sama dimiliki oleh WordPress di bawah naungan Automattic.

BACA JUGA:  Cara Memasang Background di Wordpress

WordPress org adalah platform blogging yang paling banyak digunakan dan paling populer saat ini. Anda diberikan akses penuh dalam mengontrol website Anda berbasis WordPress org. Selain itu, Anda juga akan mendapat dukungan dari ribuan developer di luar sana, ribuan website untuk mengkustomisasi website Anda, dan ribuan teknik lainnya. Ada ribuan theme dan plugin juga untuk membantu Anda mengembangkan blog, yang tentunya gratis.

Platform WordPress org bisa Anda download gratis. Anda hanya perlu menyewa hosting dan domain sendiri untuk bisa menjalankannya.

2. Akses penuh dalam mengontrol blog Anda.

Blog Anda adalah hak milik dan hak cipta Anda, sehingga tentu saja Anda harus memiliki akses penuh untuk mengontrol blog Anda sesuka hati Anda. Platform blog yang tepat haruslah memberikan jaminan tersebut. Entah itu merubah tampilan, logo, widget, memasang iklan, mengatur menu dan tata letak artikel beserta artikel terkaitnya, juga branding, Anda harus memiliki platform blog yang memberikan Anda akses penuh dalam mengontrolnya.

BACA JUGA:  Cara Menempatkan Tombol Media Sosial di Widget

blog photo

3. Blogging Jangka Panjang

Jika Anda sudah menetapkan diri untuk blogging dalam jangka panjang, maka platform blog yang tepat adalah platform blog yang tidak akan pernah ‘ditutup’ dengan alasan apapun. Yang saya khawatirkan dari Blogspot yang merupakan layanan Google adalah ditutupnya media tersebut. Google diketahui sudah sering mengakuisisi dan menutup layanannya tanpa sebab yang jelas. Lihat saja Google Media Player dan yang populer adalah Google Reader, ditutup tanpa alasan yang jelas.

Begitu juga dengan platform blog. Anda harus memilih yang populer, dengan pengguna yang banyak, karena kemungkinan untuk ditutup akan sangat kecil. WordPress org, seperti yang saya katakan sebelumnya, adalah platform blog yang paling populer saat ini. WordPress org sudah digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti blogging, media/berita, forum, bisnis hingga toko online, dan masih banyak lagi.

Sampai di sini, saya tetap merekomendasikan WordPress org sebagai platform blogging terbaik yang sangat tepat untuk Anda gunakan. Dalam artikel serial ini, untuk ke depannya, saya akan menggunakan WordPress org sebagai bahan rujukan dalam mengembangkan blog.

SHARE
Artikel Sebelumnya[Infografis] Plugin SEO WordPress Terbaik
Artikel Selanjutnya7 Essential Tips to Start Blogging
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR