Metode Efektif Mendapatkan Penghasilan dari Blog – Bagi blogger, mendapatkan penghasilan dari blog adalah salah satu impian dan tujuan. Ya, sekarang ini sangat mungkin kita bisa mendapatkan penghasilan berupa uang dan materi lainnya dari blog.

Menyadari hal tersebut, banyak orang kemudian berbondong-bondong membuat sebuah blog dengan harapan bisa mendapatkan passive income darinya.

Tentu, tidak semudah itu. Anda tidak boleh berpikir bahwa mendapatkan penghasilan dari blog hanya akan mengharuskan Anda untuk membuat sebuah blog, mempublikasikan artikel, dan menunggu uang masuk ke rekening Anda setelahnya.

Tidak seperti itu cara mainnya. Ada berbagai metode untuk mendapatkan penghasilan dari blog, itu pun jika Anda dan blog yang Anda kembangkan memang sudah siap untuk menjaring berbagai kesempatan itu.

Ikuti beberapa tips berikut untuk mengembangkan blog Anda:

  1. Tips Blogging: Memulai Aktivitas Sebagai Blogger
  2. 7 Cara Mudah Mendapatkan Pengunjung Blog
  3. Tips Blogging: Hal-Hal Penting Yang Wajib Anda Penuhi
  4. Tips Blogging Saat Anda Kekurangan Ide
  5. Tips Blogging Untuk Membuat Pengunjung Blog Betah
  6. Start a Blog #1: Apakah Blogging Cocok Untuk Anda?
  7. Start a Blog #2: Pilih Niche Blog Anda
  8. Start a Blog #3: Memilih Nama Domain
  9. Menggunakan Custom Domain atau Top Level Domain (TLD)
  10. Start a Blog #4: Memilih Platform Blogging yang Tepat
  11. Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap
  12. Lengkap: Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda

Setelah Anda menerapkan beberapa tips atau pun tutorial di atas, paling tidak Anda memiliki bayangan mengenai arah pengembangan blog Anda ke depan. Setelah itu tergantung Anda, bagaimana Anda akan mengembangkan blog tersebut hingga menjadi mesin uang yang benar-benar efektif menghasilkan penghasilan dari blog.

Nah, setelah itu coba beberapa metode efektif mendapatkan penghasilan blog yang dirangkum sebagai berikut:

BACA JUGA:  Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics

Metode Efektif Mendapatkan Penghasilan dari Blog

1. Membuat Toko Online

Mendapatkan Penghasilan dari Blog - toko online

Tidak bisa dihindarkan bahwa memiliki toko online sendiri akan memunculkan kesempatan yang luar biasa besar bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Banyak orang yang berpendapat bahwa blog dan toko online harus dipisahkan, padahal menyajikan blog dan toko online secara bersamaan justru memperbesar peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.

Baca Juga: 25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress

Kuncinya adalah dengan mendorong pengunjung reguler Anda untuk menjadi pelanggan yang membeli produk dari toko online Anda di tempat yang sama.

Justru, artikel di blog Anda-lah yang mampu mendorong orang untuk masuk ke toko online Anda dan membeli produk darinya.

Produk seperti ebook, produk fashion baik reseller maupun dropship, produk elektronik dari supplier tertentu dan sebagainya bisa dijadikan ide produk untuk dijual di blog Anda.

Bagi Anda yang baru memulai, platform yang tepat untuk membuat keperluan ini adalah WordPress. Tutorial berikut pastinya cocok untuk kebutuhan Anda:

  1. Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap
  2. Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce

Namun, bila Anda langsung ingin membuat toko online tanpa harus memulainya dengan sebuah blog terlebih dahulu, Anda juga bisa mempraktikkan tutorial membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce.

Atau, sebagai alternatif yang paling tepat untuk membuat toko online, Shopify bisa mendukung keperluan Anda. Baca tutorial berikut:

  1. Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah
  2. Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

Dengan menyediakan toko online di blog Anda, blog Anda pun akan semakin berpotensi untuk menghasilkan pendapatan secara konsisten.

2. Memasang Iklan

tips sebelum mendaftar google adsense

Memasang iklan di blog merupakan cara yang paling mudah dan umum untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Entah itu memasang iklan dari pihak ketiga Google Adsense, PayClick, dan sebagainya atau pun memasang iklan secara mandiri tanpa pihak ketiga.

BACA JUGA:  Cara Mengganti Warna Background Text Selection Dengan CSS

Ada perbedaan antara memasang iklan secara mandiri maupun dengan pihak ketiga. Bila memasang iklan secara mandiri, Anda menyediakan space khusus di blog Anda entah itu di sidebar, header, footer, maupun di dalam tulisan.

Anda mengundang pengiklan untuk menghubungi Anda terkait pemasangan iklan. Biasanya ada jangka waktu iklan yang terpasang dan harganya pun disesuaikan dengan ukuran banner iklan, letak, hingga jangka waktu.

Baca Juga: Cara Sederhana Mendapatkan Uang Dari Blog

Iklan dari pihak ketiga biasanya disediakan oleh platform periklanan seperti Google Adsense maupun PayClick. Bergabung dengan Google Adsense dan memasang iklan darinya sebenarnya berpotensi untuk menghasilkan passive income apabila Anda menghasilkan pengunjung yang besar jumlahnya.

Pendapatan Anda dari iklan akan sangat bergantung dengan jumlah pengunjung dan penempatan iklan di website Anda. Google Adsense sudah mampu ‘menghidupi’ banyak orang. Namun, jangan pula meremehkan kekuatan PayClick, yang kini sudah terbit di 107 negara.

Bacaan untuk Anda:

  1. 15 Persiapan Sebelum Mendaftar Google Adsense yang Wajib Anda Terapkan
  2. PayClick: Maksimalkan Pendapatan Dari Blog Dengan Iklan Native

3. Menjadi Affiliate Marketer

Mendapatkan Penghasilan dari Blog - affiliate marketing

Baik di Indonesia maupun di dunia internasional, sudah banyak sekali platform yang menyediakan program afiliasi.

Sebagai contoh di Indonesia, Niaga Hoster, yang merupakan platform hosting kenamaan di Indonesia, menyediakan komisi 70% dalam program afiliasinya. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi setiap affiliate marketer di Indonesia.

Belum lagi InvolveAsia, sebuah platform diperuntukkan khusus untuk mempertemukan publisher/blogger dengan perusahaan yang menyediakan program afiliasi seperti Lazada, Elevenia, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Bawa Blog Anda Selangkah Ke Depan di Tahun 2014

Baca Juga: Blogger Indonesia: Daftar Program Afiliasi Involve Asia Sekarang Juga!

Yang paling umum adalah afiliasi dengan Amazon maupun eBay. Komisi yang didapat dari program afiliasi sangat menguntungkan, apalagi bila blog Anda dikembangkan dengan sangat baik dan memiliki basis pembaca yang besar.

4. Sponsored Post

Mendapatkan Penghasilan dari Blog - sponsored post

Blog yang sangat populer, memiliki beragam konten berkualitas, dan memiliki pengunjung yang sangat besar jumlahnya umumnya sering dilirik oleh pengiklan atau agensi di mana mereka ingin menayangkan artikel promosi di blog Anda.

Bayaran per artikel juga sangat menggiurkan, rata-rata mulai dari Rp 100.000. Itu pun artikelnya disediakan oleh pihak pengiklan, Anda sebagai pemilik blog hanya tinggal mempublikasikannya saja di blog Anda dengan ketentuan tertentu seperti backlink harus dofollow, disertai gambar, dan sebagainya.

Anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai influencer di SociaBuzz.

5. Buat Konten Premium Dengan Sistem Berlangganan

Mendapatkan Penghasilan dari Blog - konten berlangganan

Konsep ini digunakan oleh Udemy maupun Linda.com. Bila Anda membahas topik tertentu dengan sangat komprehensif baik dalam bentuk artikel, slide presentasi, maupun video, Anda bisa menyajikannya sebagai konten premium dan memberi akses ke pembaca dengan sistem berlangganan.

Baca Juga: 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

Anda bisa menetapkan sendiri berapa harga belangganan yang dikenakan kepada pembaca Anda, entah itu one time payment, langganan per bulan, hingga langganan per tahun.

Bagi Anda pengguna WordPress, Anda bisa mengubah blog Anda menjadi platform membership menggunakan plugin Restrict Content Pro maupun S2 Membership.

Penutup

Nah, itulah 5 metode efektif yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang untuk mendapatkan penghasilan dari blog Anda. Bagaimana menurut Anda? Ada yang perlu ditambahkan atau apa rekomendasi dari Anda? Semoga bermanfaat!

2 KOMENTAR

  1. ane lebih sreg dengan toko online gan dari pada payclick. Kalau toko online keuntungannya langsung terasa ketimbang payclick

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here