Pentingnya Profesionalisme Sebagai Blogger – Blogger tidak lagi sekedar hobi, namun merambah ke sudut profesi. Sudah banyak sekali blogger yang menggantungkan hidupnya dalam hal blogging, yang menjadikannya sebagai profesi, entah itu blogger mancanegara bahkan blogger dalam negeri.

Di Indonesia sudah banyak sekali blogger berprestasi yang kini bahkan menggantungkan pencarian hidupnya pada lembar-lembar halaman blog-nya. Mereka pun mendapat pundi-pundi uang dari mata uang Rupiah hingga Dollar lewat blog yang susah payah selama ini dikelolanya.

Pentingnya profesionalisme sebagai blogger adalah, bagaimana kita hidup di zaman teknologi informasi yang sangat mudah diakses ini dan memanfaatkannya untuk kepentingan diri kita, tentu dari segi hobi yang kemudian memenuhi segi finansial. Ya, blogger kini dianggap sebagai profesi yang terkait dengan hobi dan bisnis, dengan segala tujuan dan keuntungan di dalamnya.

Blogger di Indonesia kebanyakan mengawali aktivitas blogging sebagai hobi, apapun yang diceritakan di dalamnya adalah bagian dari aspirasinya sebagai seseorang yang peka terhadap lingkungan sekitarnya. Tidak sulit menemukan blog yang isinya adalah bentuk cerita mengenai pengalaman, hobi, atau pun pandangannya terhadap sesuatu yang dianggap menarik perhatiannya lebih dibanding yang lain di sekitarnya.

BACA JUGA:  Teknik Blogging Penting yang Harus Dimiliki Pemula

Maksud saya tentang kalimat terakhir di paragraf sebelumnya adalah, tidak sulit menemukan personal blogger yang menceritakan tentang pengalaman, pandangan, aspirasi, atau pun kepekaan yang dikonversi ke dalam bentuk kalimat tentang lingkungan sekitarnya. Personal blogger bisa menjadi profesional, tergantung bagaimana ia menjaga kualitas blog serta isinya sebagai personal blogger.

Begitu juga dengan blogger tipe lain, seperti saya sendiri yang mengelola situs ini. Isi blog ini sendiri, seperti yang sudah Anda ketahui, adalah apa yang saya alami sebagai blogger dengan memposting tips blogging, juga yang terkait dengan SEO sebagai salah satu elemen penting dalam dunia blogging, trik WordPress karena CMS WordPress yang saya gunakan pada blog ini, juga make money online yang pernah saya manfaatkan untuk memonetisasi blog ini.

Ada juga artikel tentang Hubungan Internasional yang memang menjadi studi saya di universitas saat ini. Beberapa blogger memandang bahwa tidak seharusnya blog yang dikelola itu mengandung beragam topik, karena akan membingungkan pengunjung saat membuka blog kita, juga karena konten blog yang diproduksi terlalu campur aduk sehingga tidak baik untuk SEO.

Bacaan Rekomendasi: Perlahan Tapi Pasti: Menjadi Blogger Profesional

Tetapi menurut pandangan saya, tidak masalah jika blog kita berisi beragam topik, tergantung sejauh mana kita bisa menghasilkan konten orisinil hasil produksi kita dengan kutipan yang kita catutkan referensi ke dalamnya. Bagaimana kita menyuguhkan konten berkualitas kepada pembaca kita, itulah pentingnya profesionalisme sebagai blogger. Konsistensi yang dilihat di sini adalah cara kita menyampaikan informasi di dalam blog kita, dengan gaya bahasa sendiri, profesional dalam menggambarkan fakta yang sudah kita buktikan sendiri, juga konsisten terhadap penyampaian apa yang kita suka dan bagaimana kita menggambarkan ide kita lewat kalimat postingan blog, bukan sekedar konsisten dari segi topik blog yang kita suguhkan.

BACA JUGA:  Start a Blog #2: Pilih Niche Blog Anda

Pentingnya profesionalisme sebagai blogger tergantung kita sebagai blogger itu sendiri, yang menyisihkan waktu dalam membuat blog, demi beragam tujuan di baliknya entah itu hobi dan profesi yang berfokus pada kepentingan finansial.

Pentingnya profesionalisme sebagai blogger sangat bergantung pada kita sendiri, apakah kita mau dan siap menjadi profesional, visi kita ke depan dalam hal pengelolaan blog, dan sebagainya. Ada banyak mereka, blogger yang menuangkan kisah tentang hobinya apapun itu, menjadi profesional lewat konsistensinya dalam mengelola blog-nya. Apapun topiknya, tergantung kita sendiri, bukan harus mengincar pengunjung lewat kata kunci atau topik yang sedang tren tetapi minat kita tidak sesuai dengannya.

Pentingnya profesionalisme sebagai blogger adalah, bagaimana kita siap membawa blog dan mengembangkannya selangkah demi selangkah ke depan menuju profesional itu sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR