Mendapatkan Uang Dari Blog? Tutorial Lengkap – Part 1 – Dunia internet sudah disepakati bisa dijadikan sebagai ladang uang bagi kita yang pintar memanfaatkannya. Bukan rahasia lagi, internet bisa sangat menguntungkan bagi kita dari segi finansial, begitu juga dengan pemanfaatan teknologi lainnya.

Jika Anda terpikir untuk membuat langkah baru dengan mendapatkan uang dari blog, maka berikut langkah paling awal yang patut Anda coba:

Langkah Utama Agar Sukses Menciptakan Blog Profesional dan Berkualitas

1. Ketahui Tujuan, Topik Blog, Target Pembaca.

Baiklah, seperti dugaan awal, tujuannya adalah mendapatkan uang dari blog. Tetapi untuk tahap awal, jangan buat ‘uang’ sebagai tujuan awal Anda dalam hal blogging. Karena fokus Anda dalam hal blogging adalah uang, maka Anda tidak akan bisa fokus membangun blog terlebih dahulu.

Prioritaskan tujuan kita ‘hanya’ untuk membangun blog se-profesional dan se-populer mungkin. Ciptakan artikel berkualitas, dan ketahui manfaat blog Anda bagi para pembaca. Ciptakan target awal Anda. Misalnya, dalam sebulan, berapa ribu atau puluh ribu pengunjung yang Anda targetkan? Kembangkan terus blog Anda agar bisa mencapai target.

Pikirkan juga topik utama blog Anda. Topik populer sekarang ini adalah Fashion Blogger, Review Teknologi, Internet, Kesehatan, dan Sepakbola (terutama yang berkaitan dengan Piala Dunia). Utamakanlah kepada siapa Anda membuat artikel, karena target siapa pembaca Anda adalah hal utama dalam menciptakan artikel.

Rajinlah browsing, kira-kira artikel mana yang paling banyak mendapat komentar dari pembaca, dan buatlah kesimpulan sendiri kira-kira topik apa yang paling banyak mendapatkan pembaca.

Artikel Selanjutnya: 

5 Topik Blog yang Disukai Pembaca

Cara Mudah Mendapatkan Topik Blog

2. Menentukan Platform Blog, Memulai, dan Mengembangkan.

Setelah Anda mengenali tujuan, menentukan topik, dan menentukan target pembaca, maka langkah berikutnya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:  10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Blogger

– Blog. Karena kita berbicara tentang mendapatkan uang dari blog, maka hal pertama yang harus dimiliki adalah blog itu sendiri. Pilih platform blog yang akan Anda gunakan. Saat ini banyak sekali platform blog gratis yang tersedia dan siap Anda gunakan untuk keperluan blogging.

Untuk membantu Anda dalam memilihnya, biarkan saya menguraikan satu per satu platform blog gratis yang bisa Anda gunakan:

Blogger/Blogspot: Platform blog yang satu ini adalah platform milik raksasa internet Google. Jika Anda sudah memiliki akun Gmail, maka tinggal masuk saja ke blogspot.com, maka secara otomatis ter-sign up, dan buatlah blog Anda dengannya.

Blogspot sangat familiar dengan para blogger pemula, terutama di Indonesia. Blogspot mudah terintegrasi dengan Youtube, Google+, dan produk Google lainnya karena blogspot sendiri, seperti sudah diberitahu sebelumnya, adalah salah satu layanan gratis milik Google.

Namun bagi sebagian orang, blogspot susah untuk dikustomisasi. Tetapi jika Anda sabar mencari tutorial untuk mendesain blogspot di Google, maka Anda akan mendapatkan cara terbaik untuk mendesain blogspot Anda sebagaimana yang Anda sukai. Blog dengan blogspot juga dengan mudah bisa diganti alamat URL-nya dengan domain pribadi milik Anda, seperti bloganda.blogspot.com menjadi bloganda.com.

WordPress.com: sama seperti blogspot, merupakan platform blog gratis yang dengan mudah bisa Anda dapatkan. WordPress.com difasilitasi dengan baik oleh para developer platform tersebut, maka dari itu Anda bisa mendapatkan theme/template gratis untuk keperluan desain blog Anda.

Sayangnya, bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari blog, saya sarankan tidak usah menggunakan platform ini karena Anda tidak bebas menggunakan iklan dan mengganti domain dari bloganda.wordpress.com menjadi bloganda.com.

Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk memenuhi dua hal utama tersebut. Misalnya, ada ketentuan berbayar per tahun dan sebagainya.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Google Fonts di WordPress

CMS WordPress: Inilah platform gratis open-source yang saat ini banyak digunakan oleh blogger baik pro maupun pemula, pebisnis online/internet marketer, dan perusahaan besar lainnya. Selain itu, platform yang ini juga banyak digunakan oleh organisasi non-pemerintah/NGO yang tersebar di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, platform ini sudah mulai populer dan sudah banyak digunakan. Blog Seni Berpikir sendiri menggunakan CMS WordPress sebagai platform utamanya.

Apa kelebihannya? CMS WordPress didukung oleh banyak developer. Dengan CMS WordPress, Anda bisa menggunakan iklan, menggunakan domain pribadi, dan HARUS menggunakan hosting untuk menempatkan server Anda agar bisa online atau diakses oleh pengunjung.

Namun tenang saja, Anda bisa mendapatkan hosting secara gratis di luar sana. Setelah Anda mendapatkan Rupiah dari blog Anda, baru Anda bisa menyewa hosting pribadi dengan biaya per tahun.

Artikel Rekomendasi Untuk Langkah Selanjutnya:

Perbandingan CMS WordPress & WordPress.com

3 Alasan Mutlak Kenapa CMS WordPress yang Terbaik

5 Langkah Awal Membuat Blog

Niaga Hoster, Hosting Murah Server Lokal

5 Alasan Penting Anda Butuh Blog Dengan Domain Sendiri

–  Cara Menginstall WordPress Langsung di Hosting (Gratis)

Baiklah, di tahap ini Anda sudah menentukan platform blog yang akan Anda bangun untuk mendapatkan uang dari blog. Selanjutnya, apa saja yang perlu berikutnya?

Memulai mengembangkan blog Anda dengan artikel berkualitas adalah jawabannya. Rajinlah browsing, membaca majalah/koran, menonton TV, atau sekedar bermain media sosial Facebook/Twitter/Path/dll. Dari situ Anda akan mendapatkan ide bagaimana caranya mengisi blog dengan gaya penyajian yang baik dan menarik bagi pembaca.

Mulailah dengan artikel yang ringan dan bermanfaat sesuai topik yang Anda pilih. Cara efektifnya, lakukan langkah berikut:

BACA JUGA:  Cara Melihat Daftar Isi Sebuah Website Dari Google

–  Bookmark website favorit Anda. Sangat efektif jika ketika Anda browsing dan mendapatkan website favorit Anda yang memiliki topik sesuai dengan yang Anda pilih, kemudian mem-bookmark-nya. Anda akan mendapatkan pelajaran tentang bagaimana artikel yang terdapat di dalamnya disajikan, informasi penting yang bisa Anda kutip dari dalamnya (jangan copy-paste dan sertakan sumber), dan artikel terbaru yang disajikan.

Cari Informasi yang masih sangat baru. Update-lah dengan informasi yang baru. Dunia berkembang, jadi orang-orang akan selalu mencari informasi terbaru. Buatlah gaya penulisan yang sangat mudah dicerna, fokuslah kepada intinya.

Belajarlah dari yang sudah profesional. Apa yang bisa Anda pelajari dari blogger/internet marketer yang sudah profesional? Tentu ada banyak sekali, bukan? Pelajari apa yang mereka sampaikan kepada pembaca sehingga blog-nya populer dan banyak sekali pengunjungnya. Pelajari bagaimana cara mereka menyampaikan informasi penting tersebut, frekuensi update yang mereka lakukan terhadap konten blog-nya, dan juga bagaimana cara mereka mengembangkan blog mereka sehingga bisa menjadi profesional seperti saat ini.

(credited to www.bloggingways.net/2013/09/how-to-improve-your-blogging-skills.html">www.bloggingways.net)

Kemudian, kembangkanlah blog Anda menjadi lebih profesional. Anda bisa membaca artikel rekomendasi seperti yang terdapat di dalam daftar berikut:

Artikel Rekomendasi:

– 7 Hal Penting yang Bisa Dimanfaatkan Setiap Blogger

– Bawa Blog Anda Selangkah Ke Depan di Tahun 2014

– 5 Hal yang Bikin Visitor Tidak Betah di Blog Anda

Sampai di sini, fokuskan diri Anda terlebih dahulu dengan mengembangkan blog Anda agar mulai bisa mendapatkan uang dari blog. Persiapkan terlebih dahulu blog Anda dan diri Anda sendiri sebagai blogger. Selamat mencoba!

2 KOMENTAR

  1. mantaaappp, siapa coba yg nggak mau nambah penghasilan dari ngeblog^^ pastinya bakalan bikin bangga deh, tapi blog aku sih masih baru jadi blum berpikiran kesitu fokus pertama ya ngeramein dulu^^ mungkin klo udah setengah tahun ke atas umur blogku baru akan coba cari duit 😀

TINGGALKAN KOMENTAR