Google.com
Google.com

5 Alasan Anda Butuh Blog Dengan Domain Sendiri – Terlalu banyak blog yang tersebar di jagad maya ini. Kebanyakan di antaranya terdaftar menggunakan blog gratis, artinya blog yang disediakan secara gratis, tinggal mendaftar dan mulai mengembangkannya saja.

Blog yang Anda miliki merupakan sepotong bagian dari diri Anda yang ada di dunia internet yang sangat luas ini. Ada banyak hal yang bisa Anda bagikan untuk kemudian dibaca oleh pengguna internet. Untuk itu Anda perlu membuat sebuah blog dengan Personal Branding Anda sebagai alamatnya. Ya, buatlah sebuah blog dengan nama yang Anda pilih sebagai alamatnya, agar lebih mudah dikenal sebagai Personal Branding Anda.

Dalam tulisan ini saya membahas 5 Alasan Mengapa Anda membutuhkan Blog dengan nama domain sendiri. Berikut 5 alasan tersebut:

1. Harganya Terjangkau

Sebuah domain TLD (Top Level Domain) tidaklah mahal untuk dimiliki. Untuk domain seniberpikir.com ini dulu saya membelinya di Masterweb. Sebuah layanan penyedia domain murah dari Indonesia, yang ketika itu berharga Rp 90.000 untuk satu tahun sudah termasuk pajak.

BACA JUGA:  3 Alasan Mutlak Kenapa CMS Wordpress yang Terbaik

Masih banyak penyedia domain murah di luar sana, baik lokal maupun luar negeri. Semuanya menawarkan harga yang berbeda-beda, apalagi untuk kepentingan bisnis dan hal-hal penting lainnya yang mengharuskan untuk memiliki sebuah domain TLD, kenapa tidak? Mumpung masih terjangkau dan terhitung penting untuk aktivitas blogging kita, maka memiliki sebuah domain TLD sangat perlu sebelum kita sukses membangun sebuah blog sukses.

2. Beli Nama Domain Sebelum Orang Lain Membelinya

Anda perlu tahu bahwa persaingan mendapatkan nama domain sangatlah ketat di jagad maya ini. Karena nama domain merupakan sebuah trademark, apalagi di dalam dunia bisnis, yang menjadi cermin sebuah merk komersil bagi kemajuan suatu bisnis. Jika Anda sudah membayangkan nama apa yang Anda inginkan untuk memulai sebuah blog profesional/bisnis, kenapa tidak membelinya?

Karena persaingan yang begitu ketat, maka tentu siapa cepat dialah yang dapat. Segera beli nama domain untuk Personal Branding Anda sebelum orang lain membelinya. Cek selalu ketersediaan nama domain yang Anda inginkan di penyedia domain dan segeralah membelinya sebelum orang lain mendahului Anda.

BACA JUGA:  7 Hal Agar Pengunjung Blog Menyukai Blog Anda

3. Perketat Personal Branding dan Profesionalitas Anda dengan Alamat Email Pribadi

Sama seperti blog, email juga bisa Anda dapatkan dengan gratis. Gmail, Yahoo, Outlook, dan lainnya merupakan penyedia email gratis yang senantiasa dapat Anda manfaatkan. Namun, ada kelebihan tersendiri bagi Anda jika memiliki alamat email dengan nama Personal Branding Anda. Email seperti: nama@gmail.com atau nama@yahoo.com sudah sangat biasa. Orang-orang juga sudah banyak yang memiliki alamat email @gmail.com maupun @yahoo.com. Kenapa tidak coba nama@namabloganda.com? Bukankah terlihat lebih profesional?

Dengan blog berdomain sendiri, memiliki email dengan alamat domain Anda menjadi sangat mungkin Anda dapatkan. Hal ini akan meningkatkan popularitas Personal Branding dan profesionalitas Anda sebagai blogger dan pelaku usaha online. Terutama dalam dunia bisnis, gengsi merupakan hal yang signifikan untuk ditingkatkan.

4. Personal Branding

Ya, lagi-lagi Personal Branding. Hal ini tentu menjadi tujuan setiap blogger yang ingin menjadi blogger sukses. Coba lihat blog Huntington Post atau pun blog-nya Raditya Dika. Sudah sesukses apa blog mereka? Sudah terbilang sangat sukses. Menghasilkan uang dengan blog pribadi mereka dan menjual popularitas Personal Branding yang telah dibangun oleh blog mereka, yang pada akhirnya menggunakan nama domain sendiri. Domain sendiri akan mempermudah langkah Anda untuk mencapai hal tersebut.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Quora Untuk Tulisan Blog

5. Bisa Digunakan Di Platform Blog Gratis

Penyedia blog gratis seperti blogspot, wordpress.com, dan tumblr sudah memberikan pelayanan untuk mendaftarkan nama domain sendiri apabila Anda sudah lebih dulu membuat blog dengan platform gratis. Maksudnya disini, Anda sebelumnya memiliki blog dengan URL namablog.blogspot.com. Ketika Anda membeli domain bernama namablog.com, Anda bisa mengubah namablog.blogspot.com menjadi namablog.com dengan blog dan isi yang tetap sama. Hebat, kan?

Itulah 5 alasan kenapa Anda membutuhkan blog dengan nama domain sendiri. Tapi ujung-ujungnya itu menjadi hak Anda. Setidaknya saya menyediakan jalan berpikir bagi Anda kenapa Anda membutuhkan nama domain sendiri untuk meraup sukses untuk blog Anda. 😀

1 KOMENTAR

  1. kayaknya lebih tepat di bilang tips di banding ‘alasan’, tapi so far..tetep keren..dan sangat bermanfaat tipsnya..salam sukses

TINGGALKAN KOMENTAR