5 Manfaat Blog Selain Mendapatkan Uang – Memiliki sebuah blog tentunya menjadi kesenangan dan kebanggaan tersendiri bagi kita. Ada berbagai alasan yang membuat orang ingin merasakan manfaat blog yang ingin dibangunnya. Selain itu ada berbagai alasan orang rajin update dalam upaya mengembangkan blog tersebut. Ternyata, di samping dapat mendapatkan uang seperti yang sudah dibuktikan oleh blogger-blogger sukses di dunia terutama Indonesia, manfaat blog juga bisa melingkupi keahlian pribadi dari diri kita.

Mungkin 5 manfaat blog ini tidak disadari oleh kebanyakan blogger, dan mungkin termasuk Anda di dalamnya. Ya, kebanyakan manfaat blog yang diketahui adalah media untuk mendapatkan uang. Jika Anda salah satu di antaranya, maka sadar atau tidak dalam pengejaran manfaat blog untuk mendapatkan uang tersebut Anda sudah merasakan manfaat dari 5 hal ini sebelumnya. Mau tahu apa saja? Mari simak daftarnya di bawah ini:

1. Postingan Berkualitas = Kemampuan Menulis Berkualitas

Pada umumnya orang-orang enggan masuk ke dunia blogging karena merasa dirinya tidak memiliki bakat menulis. Hal tersebut jelas menjadi penghalang utama setiap calon blogger. Namun sadar atau tidak, kebanyakan blogger justru belajar menulis ketika sudah menjadi blogger, yang secara berkala mengupdate blog-nya dengan tulisan hasil karyanya sendiri. Hal tersebutlah yang justru membuat setiap orang belajar dan mengasah kemampuan di dunia tulis-menulis. Secara perlahan kemampuan menulis tersebut pun akan semakin meningkat, karena kita secara langsung berlatih menulis melalui blog dan mempublikasikan tulisan kita sehingga bisa dibaca oleh banyak orang.

BACA JUGA:  Blogger Indonesia: Daftar Program Afiliasi Involve Asia Sekarang Juga!

Perlahan-lahan namun pasti, kemampuan menulis kita pun akan meningkat. Seiring bertambahnya waktu kita semakin banyak belajar bagaimana membahasakan pikiran lewat tulisan secara benar dan baik, serta gampang dicerna oleh banyak orang. Jika sudah sampai pada level tersebut maka postingan berkualitas di blog Anda hasil tulisan sendiri mampu menjadi representasi kemampuan menulis Anda yang semakin berkualitas.

2. Belajar Mengekspresikan Diri

Kebanyakan orang susah menemukan cara atau jalan untuk mengekspresikan diri mereka. Jika tahu bermain musik maka dengan gampang bisa mengekspresikannya dengan musik. Jika pandai melukis tentu bisa mengekspresikan dirinya lewat tulisan. Namun jika tidak memiliki bakat seni sama sekali? Tenang, asah kemampuan menulis Anda dengan blog dan ekspresikan diri Anda di dalamnya.

Blog dianggap sebagai teman curhat yang paling oke saat ini, didukung dengan saat dimana Anda susah menemukan teman untuk berbagi cerita. Blog membantu Anda membahasakan pikiran yang secara bebas dapat Anda manfaatkan.

3. Melatih Kepercayaan Diri

Bahasa yang Anda tuangkan di dalam blog Anda merupakan gambaran dari pikiran Anda. Pikiran Anda bergerak bebas mengingat dan merangkum berbagai informasi yang sebelumnya sudah terserap di pikiran Anda, dan kemudian membahasakannya lewat tulisan melalui blog. Nah, ketika Anda menuangkan pikiran tersebut lewat bahasa Anda di dalam blog, Anda tentu sudah percaya diri dan siap bahwa tulisan Anda akan segera dibaca oleh orang lain. Ketika tulisan Anda sudah mulai banyak pembacanya, maka untuk kemudian Anda sudah terbiasa melatih diri dalam meningkatkan rasa percaya diri tentang pikiran dan diri sendiri.

BACA JUGA:  Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack

4. Menambah Pengetahuan

Sadar atau tidak akan banyak sekali pengetahuan baru yang akan Anda dapatkan ketika mulai menulis di blog. Ketika Anda hendak menulis tentang sebuah topik lalu mencarinya di berbagai sumber, tentu hal tersebut perlahan mengisi pengetahuan dan wawasan Anda. Hal tersebut juga berguna untuk melatih gaya bahasa Anda karena berbagai sumber tulisan memiliki gaya bahasa sendiri, sehingga dapat melatih Anda mendapatkan gaya bahasa yang tepat.

5. Banyak Teman dan Terkenal

Bergabunglah ke beberapa komunitas blogger seperti Warung Blogger, Kancut Keblenger atau beberapa komunitas blogger di kota Anda. Komunitas tersebut menjadi wadah bagi Anda untuk bergaul dengan sesama blogger sehingga teman Anda sesama blogger pun semakin banyak. Apalagi ketika diadakan berbagai kopdar sehingga Anda dan yang lain mampu saling mengenal satu dengan yang lain.

Manfaat blog juga bisa Anda maksimalkan untuk menjadi terkenal. Ya, sudah banyak sekali mereka yang awalnya berprofesi menjadi blogger yang kini sudah sangat terkenal. Tidak usah jauh-jauh ke Mrs. Huffington pemilik Huttington Post, kita tahu siapa Raditya Dika atau pun ShitLicious, kan? Mereka juga awalnya seorang blogger yang kini terkenal sebagai penulis dan aktor. Anda juga bisa memaksimalkan manfaat blog yang Anda bangun untuk mendapatkan hal tersebut.

BACA JUGA:  Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool

Itulah beberapa manfaat blog yang bisa Anda dapatkan selain untuk mendapatkan uang dari saya. Anda juga bisa memaksimalkan manfaat blog Anda untuk berbagai hal di samping hal-hal yang sudah saya tuliskan di atas. Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

  1. Memiliki blog bagi saya adalah suatu kesenangan dan hobi, tentunya punya kebanggaan tersendiri buat saya, walaupun saya belum bisa menulis artikel yang berkualitas.

    Seperti yang disebutkan pada artikel diatas, ada banyak alasan yang membuat saya terus menulis artikel di blog (sebenarnya artikel blog saya lebih cocok disebut catatan pribadi daripada artikel…hehe). Namun begitu, saya merasakan serta mendapatkan banyak manfaat dari ngeblog, diantaranya seperti yang disebutkan diatas:
    1. Belajar Mengekspresikan Diri
    2. Melatih Kepercayaan Diri
    3. Menambah Pengetahuan

    Buat Admin, Terimakasih atas artikelnya yg Amazing yang telah memberikan pencerahan serta menambah wawasan tentang blog.

    Salam dari blogger pemula
    Sonny Ogawa

TINGGALKAN KOMENTAR