Review Buku 7 Habits of Highly Effective People oleh Stephen Covey – Buku 7 Habits of Highly Effective People bisa dibilang sungguh revolusioner karena kemampuannya dalam mengubah dunia buku non-fiksi khusus genre pengembangan diri.

Sejak dirilis tahun 1989 silam, buku ini sendiri langsung menjadi buku terlaris internasional dan kerap dijadikan referensi dalam memotivasi diri untuk menjadi lebih baik.

Stephen sendiri memusatkan perhatiannya tentang bagaimana kebiasaan pribadi maupun profesional dair seseorang. Buku ini pun kerap menekankan mengenai bagaimana kebiasaan membentuk karakter seseorang.

Review Buku 7 Habits of Highly Effective People Karya Stephen Covey

Review Buku 7 Habits of Highly Effective People - stephen covey-2

Setiap orang punya kebiasaan. Beberapa di antara kebiasaan yang ada adalah kebiasaan yang baik, namun beberapa di antaranya merupakan kebiasaan buruk.

Baca Juga: Review Buku The Subtle Art of Not Giving a Fuck Karya Mark Manson

Selain dua jenis kebiasaan tersebut, ternyata ada juga kebiasaan yang sama sekali tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Biasanya, orang-orang cenderung tidak memperdulikan kebiasaan yang dimilikinya. Ada kalanya seseorang menyadari dan berjuang untuk menghilangkan berbagai kebiasaan, tapi ada kalanya juga seseorang tidak menyadari eksistensi kebisaan itu di dalam dirinya.

Berbagai kebiasaan yang melekat dalam diri Anda sesungguhnya bisa disadari dengan jelas oleh orang lain, tetapi bila Anda sendiri tidak mencari tahunya, pada akhirnya Anda akan memberikan pengaruh buruk terhadap orang sekitar Anda dan membentuk kebiasaan yang sangat berbahaya bagi diri Anda sendiri.

Baca Juga: Free Ebook: Marxism, Fascism, and Totalitarianism

Itulah yang ingin disampaikan Stephen Covey dalam buku 7 Habits of Highly Effective People. Meski Stephen sendiri tidak memfokuskan penjelasan mengenai bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk, sebaliknya dalam buku ini, Stephen mencoba untuk membantu pembaca dalam membangun kebiasaan yang baik.

Mayoritas kebiasaan baik sebenarnya harus dibangun dan ‘dibiasakan’ karena tidak datang dengan sendirinya.

Kebiasaan baik harus dilatih dan dipertajam serta cenderung membutuhkan lebih banyak perhatian dan energi untuk dikuasai ketimbang kebiasaan buruk.

Merubah kebiasaan menjadi kebiasaan baik tidak hanya mampu mengubah cara pandang Anda terhadap dunia melainkan bagaimana dunia memandang Anda.

Baca Juga: Free Ebook: The Prince oleh Niccolo Machiavelli

Anda juga bisa mempelajari hal-hal berikut sebagaimana yang diisikan oleh Stephen Covey dalam buku 7 Habits of Highly Effective People:

  1. Mengambilalih kendali atas hidup Anda sendiri
  2. Membuat keputusan yang lebih pintar dan startegis
  3. Mengelola dan memperbaharui relasi dengan keluarga dan teman
  4. Mengalahkan kebiasaan buruk
  5. Meningkatkan produktivitas
  6. Menyeimbangkan hidup dan pekerjaan
  7. Menjalani hidup yang lebih bahagia

Adapun bab yang ada dalam buku 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen Covey antara lain:

7 Habits of Highly Effective People

  1. Menjadi lebih proaktif (Be Proactive)
  2. Mulai suatu hal dengan memikirkan tujuan akhir (Begin with the end in mind)
  3. Utamakan apa yang sebaiknya diutamakan (Put first things first)
  4. Berpikir Win-Win (Think Win-Win)
  5. Upayakan untuk memahami terlebih dahulu sebelum dipahami (Seek first to understand, then to be understood)
  6. Sinergi (Synergize)
  7. Pertajam kemampuan (gergaji, red) (Sharpen the saw)

Inti di setiap bab yang ada cukup mudah untuk dipahami, terutama maksud Stephen Covey sendiri dalam menjelaskan efektivitas dari kebiasaan-kebiasaan yang ada.

Baca Juga: Free Ebook: The Art of War oleh Sun Tzu

Menurut saya, setiap orang wajib membaca buku ini karena memang membuat kita termotivasi untuk mencari tahu kebiasaan mana yang menjadi kelemahan kita dan bagaimana sebaliknya kita membangun kebiasaan yang lebih baik.


Tentang Buku 7 Habits of Highly Effective People

Review Buku 7 Habits of Highly Effective People

  • Judul Resmi: 7 Habits of Highly Effective People
  • Judul Terjemahan: 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif
  • Penulis: Stephen Covey
  • Terbit: 15 Agustus 1989
  • Halaman: 381 (Inggris), 512 (Indonesia)
  • Genre: Non-Fiksi, Self-help

Review Buku 7 Habits of Highly Effective People: Penutup

Buku ini, sama seperti buku non-fiksi bergenre pengembangan diri lainnya, memang memiliki ketebalan yang cukup menyita waktu untuk membacanya hingga halaman terakhir.

Baca Juga: Free Ebook: The Great Book of Best Quotes of All Time

Hanya saja, penjabaran Stephen mengenai berbagai kebiasaan yang pastinya komprehensif tetap layak untuk diikuti sampai habis. Terutama karena gaya bahasanya yang asik dan mengalir.

Yang saya suka dari buku 7 Habits of Highly Effective People ini adalah karena gaya bahasanya tidak membosankan untuk dibaca sampai habis.

Selain itu, penggambaran akan kebiasaan demi kebiasaan, bagaimana seharusnya kita bersikap atasnya, dan bagaimana cara kita sebaiknya membangun kebiasaan yang baik sangat menarik untuk diikuti.

Baca Juga: Review Buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Marchella FP

Saya tidak menyesal membaca buku tebal ini hingga halaman terakhir dan semoga review buku 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen Covey ini mampu membuat Anda untuk penasaran untuk membacanya. Semoga bermanfaat!


Beli Bukunya Sekarang

Anda bisa membeli buku The Subtle Art of Not Giving a Fuck di berbagai toko atau bisa langsung dipesan melalui Seni Berpikir.

Gunakan formulir ini untuk memesan buku. Kami akan mencarikan buku pilihan Anda dengan harga termurah dari pihak ketiga dan langsung kami kirim lewat email (ebook) atau ke alamat Anda (buku cetak).

Pesan Sekarang


Baca Review Buku Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.