10 Cara Agar FYP di TikTok, Bikin Konten Gampang Viral!

91
Cara agar video TikTok FYP

Cara Agar FYP di TikTok – Saat ini masuk FYP TikTok adalah goal yang diinginkan banyak pengguna sosial media asal China satu ini.  Hanya saja tak banyak yang tahu bagaimana cara agar video TikTok FYP dan menjadi viral.

Sejak kemunculannya di awal pandemi beberapa tahun lalu, pengguna TikTok kini bisa dibilang sebagai salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna yang fantastis. Dari hari ke hari, jumlahnya selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Platform sosial media ini bak surganya konten video berdurasi pendek, dari yang unik, lucu dan menghibur. Semua bisa ditemukan dengan mudah dan bisa jadi media hiburan yang menarik. 

Saat ini, TikTok bukan hanya digunakan untuk keperluan personal saja, tetapi juga bisnis show dan juga retail. Banyak influencer hingga perusahaan besar yang mulai memanfaatkan platform media sosial yang satu ini. Mereka bahkan berlomba-lomba menjadi yang paling up-to-date dengan mengunggah konten-konten unik agar customer maupun followernya tertarik.

Hanya saja, tak jauh berbeda dengan sosial media yang lain, TikTok pun memiliki algoritma dengan cara kerjanya sendiri. Sehingga, terkadang konten yang kita anggap menarik belum tentu jadi viral dan sebaliknya. Namun, sebelum itu kontenmu harus lebih dulu masuk ke laman FYP TikTok atau For Your Page. Dengan begitu, viral bukanlah hal yang mustahil.

Cara agar FYP di TikTok

FYP TikTok adalah langkah awal agar konten video yang kamu unggah banyak dilihat pengguna yang lain. Seiring bertambahnya pengguna, tentunya akan semakin sulit sebuah konten bisa masuk ke laman Four Your Page TikTok. 

Untuk itu, kamu perlu tahu cara agar video TikTok FYP. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini selengkapnya.

1. Perhatikan soal kualitas konten 

Cara agar FYP di TikTok

Jangan cuma terpaku dengan jumlah view, cara agar fyp di TikTok salah satunya adalah dari kualitas konten yang kamu unggah. Terutama hindari mengunggah video dengan kualitas yang rendah atau bahkan buram. 

Selain itu, kualitas konten juga bisa ditingkatkan dari segi editing. Kamu bisa mulai bereksperimen dengan efek, filter, teknik transisi atau fitur menarik lainnya agar konten menjadi lebih menarik dan menarik perhatian penonton. 

Konten dengan kualitas gambar yang mumpuni akan membuat penontonnya betah saat menikmatinya. Mereka bahkan tidak akan sungkan untuk membagikannya ke banyak orang.

2. Kuantitas bukan yang utama

Cara agar video TikTok FYP bukan melulu soal kuantitas. Kamu tidak harus terus-menerus meng-upload konten yang kamu sendiri tidak suka atau puas dengan hasilnya, hanya demi mengejar viral.

Jika kamu sempat berpikir jika dengan banyaknya konten yang diunggah, maka akan memperbesar kemungkinan untuk muncul di laman FYP, ini tandanya kamu harus mengubah mindset dari sekarang.

Sebab hal tersebut sama saja seperti melakukan spam, dan itu tidak akan berhasil. Alih-alih viral, konten kamu mungkin akan di report pengguna yang lain karena mengganggu. Lagipula, tak sedikit video yang bisa masuk laman For Your Page, padahal akunnya hanya punya sedikit video.

3. Durasi Video 

Fyp TikTok adalah goal

TikTok merupakan sebuah platform berbagi video dengan durasi yang pendek, tak heran jika pengguna akan jauh lebih tertarik untuk menonton video berdurasi 1 menit atau kurang. 

Meski saat ini kamu bisa meng-upload video dengan durasi yang beragam, sebagian besar viewer tidak akan menonton sebuah video hingga selesai jika durasinya terlalu panjang. Panjang pendek durasi video sebetulnya relatif, asalkan video yang diunggah menarik dan unik.

Kamu bisa memberikan unsur tambahan di bagian awal video supaya mendorong penonton untuk menyimak konten video sampai selesai. Usahakan agar durasi konten yang dibuat tak lebih dari 30 detik supaya meningkatkan video completion pada konten yang kamu buat.

4. Pilih Musik yang Sedang Trending Sebagai Backsound 

Tak jauh berbeda dengan hashtag, penggunaan lagu atau sound yang sedang trending juga bisa jadi cara agar video TikTok FYP dan kontenmu dilihat semakin banyak orang. 

Cara agar FYP di TikTok dengan pemilihan sound ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mencari sound yang sesuai di bagian menu “Discover”. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan backsound dari lagu yang sedang hangat dan banyak digunakan followers kamu.

5. Tepat Memilih dan Menggunakan Hashtag di Postingan Video

Hastag

Selanjutnya, cara FYP di TikTok yang bisa kamu coba adalah menggunakan hastag yang relevan dengan konten video yang diunggah. Banyak yang mengira hastag seperti #FYP, #ForYou, dan sebagainya bisa mendongkrak jumlah viewer. 

Cara tersebut sebetulnya tidak salah, hanya saja kurang efektif jika memang ingin kontennya FYP TikTok. Pastikan untuk menggunakan hastag yang sesuai dengan isi konten dan juga relevan.

Sebaiknya, hindari penggunaan hashtag berlebihan dan kurang sesuai atau tidak berkaitan dengan isi kontenmu. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan hashtag populer atau tren maupun mengkombinasikannya dengan hashtag kurang populer dengan cara yang menarik.

6. Gunakan Sound yang Disukai Followers

Pengguna akun TikTok berbayar dengan 100 pengikut bisa mengetahui analytics terkait siapa saja yang jadi followers, dan sounds seperti apa yang ada di video yang ditonton selama 7 hari terakhir.

Dengan begitu, kamu bisa memilih sound yang bukan hanya viral atau trending tapi memang disukai oleh para followers kamu. Ini adalah salah satu cara agar FYP di TikTok dengan mudah.

7. Selalu Update dan Ikuti Tren Saat Ini 

 

Cara Agar FYP di TikTok

Salah satu cara FYP di TikTok adalah selalu update dan mengikuti perkembangan trend saat ini. Caranya bisa dengan memantau laman For You Page milik kamu sendiri.

Ketika sebuah challenge hampir selalu muncul di laman FYP hingga berkali-kali, kamu mungkin perlu untuk mencoba berpartisipasi! Tapi dengan cara dan gayamu sendiri, buat yang lebar h menarik, ya!

8. Aktif Berinteraksi dengan Pengikut

Berinteraksi lebih dekat dengan para pengikut seperti turut memberikan like pada komen di unggahan, atau memberikan balasan bisa membantu meningkatkan engagement, lho.

Alhasil, peningkatan engagement juga turut berperan sebagai salah satu cara agar video TikTok FYP dan bahkan viral.

Selain itu, cara lain meningkatkan engagement agar FYP TikTok adalah dengan mengajak pengikut untuk ikut terlibat dalam menjawab pertanyaan di video yang kamu unggah.

Pertanyaannya bisa dari hal-hal sederhana maupun tema yang sedang hangat diperbincangkan saat ini. Jangan lupa buat kata-kata yang memancing keterlibatan. Seperti “menurut kalian gimana, tulis pendapat kalian di kolom komentar.” dan semacamnya. 

Cara ini akan mampu meningkatkan interaksi followers terhadap konten yang diunggah. Apalagi jika ada banyak komentar di konten tersebut. Ini bisa jadi salah satu cara agar FYP di TikTok, lho. Karena, hal semacam ini dianggap sebagai sinyal positif oleh algoritma TikTok.

9. Tambahkan Caption Singkat dan Menarik

Cara agar FYP di TikTok yang selanjutnya ini sebetulnya cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menambahkan caption yang singkat padat dan jelas serta menarik di video unggahan tersebut.

Jadi, bukan hanya durasi videonya saja yang pendek, tapi juga penggunaan caption juga perlu diperhatikan. Kamu perlu memikirkan bagaimana pesan kamu bisa tersampaikan dengan baik dan jelas sekaligus menarik tak lebih dari 150 kata saja, termasuk hashtag.

Triknya kamu bisa menggunakan kata-kata yang padat dan jelas untuk menarik perhatian viewer untuk tetap setia menyimak konten hingga selesai.

Seperti misalnya “simak sampai akhir” atau kamu juga dapat menuliskan caption yang mengajak atau membuka percakapan di kolom komen.

10. Pilih Prime Time untuk Mengunggah Konten

Selain konten yang berkualitas dan menarik, waktu pengunggahan juga menjadi penentu apakah konten tersebut akan masuk FYP TikTok atau tidak. Di TikTok ada beberapa waktu yang dianggap sebagai jam-jam sibuk, dimana banyak pengguna yang aktif. Jam-jam ini disebut sebagai prime time waktu paling sibuk dengan trafik pengguna paling tinggi.

Dirangkum dari berbagai sumber, jam-jam prime time di TikTok berada di waktu sekitar jam 12 sampai 1 siang, di sore hari sekitar jam 4 sampai jam 5, sementara di jam malam antara jam 7 sampai jam 11 malam. 

Nah, cara agar FYP di TikTok berhasil maka kamu perlu menjadwalkan postingan yang diupload di jam-jam tersebut. Berikut ini rekomendasi jadwal waktu yang cocok untuk upload konten supaya muncul di laman FYP TikTok di momen-momen prime time. 

  • Senin: jam 2 siang, 4 sore dan jam 9 malam WIB,
  • Selasa: jam 10 pagi, 4 sore dan jam 9 malam WIB, 
  • Rabu: jam 11 pagi, jam 7 sore dan 8 malam WIB, 
  • Kamis: jam 6 pagi, jam 9 malam dan jam 11 malam WIB,
  • Jum’at: jam 4 sore, jam 12 tengah malam dan jam 2 pagi WIB,
  • Sabtu: jam 6 pagi, jam 7 dan jam 10 malam WIB

Dengan memperhatikan waktu unggahan yang tepat, ini akan membantu konten yang kamu buat masuk FYP TikTok dan berpeluang viral.

Akhir kata 

Demikian tadi rangkuman cara agar video TikTok FYP dan mudah dikenal banyak orang sehingga bisa jadi viral. Selain membuat konten hiburan, pastikan konten tersebut juga memberikan edukasi dan manfaat, ya!

Catatan Editor

Selain melakukan beberapa cara agar video TikTok FYP, jangan lupa ketika mengupload konten perhatikan selalu faktor keamanan jaringan internet yang digunakan. Selalu, pastikan koneksinya aman dengan memasang salah satu aplikasi VPN terbaik, seperti Moove VPN. 

Rekomendasi aplikasi VPN terbaik ini bukan cuma membantu menjaga privasi dan keamanan data pribadi pengguna ketika berselancar di internet saja. Tapi juga mampu menstabilkan performa jaringan internet, sehingga konten yang diupload tidak berkurang kualitasnya.

Aplikasi Moove VPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan mumpuni ini bisa didownload dan digunakan secara gratis 100%. So, tunggu apa lagi? Lindungi aktifitas kamu di internet dengan Moove VPN sekarang juga!

Google Play