Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge – Dalam beberapa periode ini Samsung terus menggebrak pasar smartphone sebagai salah satu vendor besar dan populer yang produk-produknya terus dinantikan. Dan kali ini Samsung kembali menggebrak pasar smartphone dengan beberapa produk terbaru antara lain Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge.

Dalam artikel ini kita akan melihat lebih jauh apa yang ditawarkan Samsung lewat ponsel terbarunya Samsung Galaxy S7 Edge. Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge juga dijabarkan sehingga akan memenuhi penilaian akhir dalam review kali ini. Nah untuk spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge sendiri bisa langsung dilihat di tabel berikut ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge
Gambar: Techradar.com

Mari kita mulai dengan spesifikasinya.

Model SM-G935F
Warna  Putih
Layar 5.5″ inci melengkung, Quad HD (2560px x 1440px), Super AMOLED dengan Corning Gorilla Glass 4
Ukuran Dimensi 148.6mm x 72.4mm x 7.6mm (5.85inci x 2.85inci x 0.30inci)
Berat/Massa 157 gram
Prosesor Exynos 8890 Octa-core
RAM 4GB
Kapasitas Penyimpanan 32GB
Kamera 12MP f/1.7 rear-facing, 5MP f/1.7 wide-angle front-facing
Audio/Speaker Satu speaker di bagian bawah
Daya Batere 3,600mAh
Operating System (OS) TouchWiz dengan OS Android versi 6.0.1 Marshmallow
Fitur Lain LED notification light, fingerprint scanner, heart-rate scanner, wireless charging, microSD card slot

Banyak yang mengatakan bahwa smartphone Samsung Galaxy S7 Edge ini tidak jauh berbeda dengan dengan Samsung Galaxy seri sebelumnya. Jika Anda pernah melihat tampilan Galaxy S6 Edge, maka itu artinya Anda sama saja sudah melihat tampilan Galaxy S7 Edge.

Tampilan keduanya memang nyaris mirip percis. Dan kira-kira apa yang ditawarkan Samsung untuk produk terbarunya ini, sehingga membuatnya ‘mungkin’ bisa unggul dari ponsel seri sebelumnya? Mari melihat spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge sedikit lebih jauh.

Meninjau Samsung Galaxy S7 Edge

Desain

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge - 4
Gambar: Trustedreviews.com

Samsung Galaxy S7 Edge dilengkapi dengan home button dan sensor sidik jari di bagian bawah layar. Perbedaan mendasar antara Samsung Galaxy S7 dengan Samsung Galaxy S7 Edge adalah ukuran layar yang masing-masing 5,1 inci dan 5,5 inci. Layar Galaxy S7 Edge memang lebih besar 0,4 inci ketimbang seri sebelumnya, namun Galaxy S7 Edge justru padu dan nyaman di genggaman.

Galaxy S7 Edge dianggap lebih indah, terkesan mewah dan elegan, menawarkan pegangan yang sangat baik dan nyaman, dan tonjolan di bagian kamera yang biasanya hadir di seri sebelumnya dihilangkan, sehingga akan menghilangkan kejanggalan bagi Anda yang tidak suka keberadaannya.

Di setiap seri S yang ditawarkan, Samsung memang berusaha sebaik mungkin menawarkan smartphone yang tidak hanya elegan dari segi desain dan tampilan, juga kaya akan fitur dan dibuat dengan memperhatikan detil-detil hingga ke bagian terkecil guna membuatnya bisa memenuhi kebutuhan dasar pengguna hingga ke bagian-bagian yang jarang kita perhatikan.

Bagian layar yang ditenagai oleh bingkai aluminium dan juga Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakang menjamin ketahanan ponsel ini dari goresan dan retakan yang bisa saja terjadi akibat bantingan dan gesekan.

Di sisi ponsel ini terbuat dari logam yang kuat dan terlihat sedikit menyempit, membuatnya terlihat berbeda dibandingkan iPhone.

BACA JUGA:  Cara Melihat Daftar Software yang Terinstall di Windows

Di bagian atas terdapat slot untuk microSD dan nano SIM card. Memory card eksternal sendiri bisa ditenagai dengan kapasitas hingga 200 GB, kapasitas yang sangat besar untuk sebuah smartphone. Hal ini memudahkan kita untuk menukar atau memasukkan baik microSD juga nano SIM card ke dalam Galaxy S7 Edge.

Seperti halnya Galaxy S6 Edge+, di bagian bawah terdapat speaker, headphone jack, dan juga microphone untuk panggilan suara atau rekaman suara lainnya. Sayangnya, di bagian speaker tampaknya tidak ada keistimewaan tersendiri. Galaxy S7 Edge ini sepertinya tidak didukung oleh tenaga audio yang stereo melalui speaker-nya. Untuk mendengar audio yang stereo kita harus menggunakan headphone.

Tampilan Layar

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge - 3
Gambar: Techradar.com

Smartphone ini ditenagai oleh layar 5,5 inci Super AMOLED, dan yang membuatnya unik adalah bagian sisinya yang mengerucut. Resolusi layar hingga 2560 x 1440 pixel dengan 534ppi akan membuat tampilan layarnya terasa sangat mewah, begitu berkualitas.

Uniknya, ketika kita biasanya akan kesulitan melihat tampilan layar dari pinggir seperti melihat ke layar LCD pada umumnya, karena Galaxy S7 Edge dibalut dengan sisi pinggir yang mengerucut, kita masih bisa melihatnya dengan jelas dari dari pinggir sekitar 80 hingga 85 derajat.

Terdapat pro dan kontra mengenai brightness di dalam tampilan layar yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S7 Edge ini. Samsung benar-benar memompa tingkat kecerahan atau brightness di ponsel ini.

Positifnya, meski di bawah sinar matahari, Anda bisa melihat apapun di layar dengan sangat jelas. Negatifnya, hal ini bisa sangat menggangu ketika Anda membaca di ruangan gelap, atau membuka ponsel Anda di malam hari dengan minim pencahayaan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mengatur tingkat brightness di ponsel ini.

Pengisian dan Daya Tahan Batere

Daya tahan batere merupakan aspek kunci dan sangat penting bagi dunia teknologi smartphone saat ini. Smartphone sekarang rata-rata sudah sangat canggih lewat fitur yang ditawarkan masing-masing, untuk itulah harus didukung dengan daya tahan batere yang panjang.

Samsung Galaxy S7 Edge ditenagai dengan kekuatan batere berkapasitas hingga 3.600 mAh, yang sebenarnya naik signifikan dibandingkan dengan Samsung Galaxy S6 Edge yang memiliki daya 2,600mAh dan Galaxy S7 dengan daya sebesar 3,000 mAh. Namun, baterenya sendiri terpaku di dalam badan ponsel sehingga tidak mungkin untuk dicabut. Ini sebenarnya tidak masalah jika Anda tidak akan mengganti batere Anda.

Pengisian batere juga jauh lebih cepat dari smartphone pada umumnya. Di Galaxy S7, Samsung mengklaim bahwa kecepatan pengisian daya batere dari titik 0 hingga 100 hanya akan memakan waktu 90 menit. Kecepatan pengisian ini tentu tidak akan jauh berbeda dengan Galaxy S7 Edge, bahkan lebih cepat.

Baiknya, pengisian batere di Galaxy S7 Edge bisa menggunakan wireless charger, di mana Anda tidak membutuhkan kabel ketika melakukan pengisian batere. Hal ini tentu saja sangat bagus jika Anda ingin lebih fleksibel ketika menggunakan Galaxy S7 Edge sekaligus melakukan pengisian batere.

BACA JUGA:  Review Cloudkilat: Hosting Lokal Murah dan Cepat

Daya tahan batere Galaxy S7 Edge bisa dibilang lama atau panjang. Ketika melakukan panggilan dengan jaringan 3G, baterenya bisa tahan hingga 24,5 jam. Ketika melakukan browsing bisa tahan hingga 13,5 jam. Untuk menonton video sendiri bisa tahan hingga 20 jam.

Daya Tarik Lainnya

Bila digunakan dengan baik, alat navigasi yang tersedia bisa sangat membantu terutama ketika multi-tasking. Fitur sensor sidik jari juga sangat berguna bagi keamanan akses yang tidak diinginkan ke ponsel. Juga, ukuran batere yang lebih besar membuatnya tahan lama ketika digunakan untuk waktu yang memang lama.

Selain itu, desain yang elegan dengan lengkungan juga membuat penampilan ponsel ini begitu mewah dan elegan. Apalagi, lengkungan yang terdapat di bagian sisinya membuat ponsel ini sangat nyaman ketika digunakan. Tampilan layar berkualitas HD juga ditawarkan di ponsel ini, sehingga berlama-lama menggunakannya tidak akan membuat Anda terganggu.

Samsung Galaxy S7 Edge juga dilengkapi dengan floating Game Tools button, fokus kamera, aperture, dan juga tahan akan air/water resistance sehingga membuatnya tidak akan rusak ketika tercebur ke dalam air.

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge - 1
Gambar: Techradar.com

Tinjauan Akhir

Berdasarkan spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge yang sebelumnya sudah dijabarkan, ponsel ini termasuk ke dalam kategori premium, juga berdasarkan pada harga jual dan juga fitur yang ditawarkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge - 5
Gambar: Techradar.com

Di seri sebelumnya, Samsung Galaxy S6, terdapat banyak fitur favorit pengguna yang dihillangkan oleh Samsung. Di Galaxy S7 Edge ini, fitur-fitur favorit tersebut dihadirkan kembali sehingga membuatnya pantas untuk dimiliki.

Berikut tinjauan akhir berdasarkan pada spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge beserta segala fitur yang ditawarkan:

  • Desainnya diperbaharui dengan hati-hati dari yang sudah ada di Galaxy S6 sebelumnya, dengan ukuran yang lebih ramping dan lekukan halus di bagian belakang terasa lebih nyaman.
  • Perlindungan terhadap debu dan air akan membantu menjaga ketahanan ponsel ini sehingga Anda tidak perlu khawatir jika berada di dalam kondisi lingkungan yang janggal dan merugikan.
  • Tampilan layar Super AMOLED terlihat sungguh luar biasa, dengan akurasi warna yang nyaris sempurna. Dibandingkan dengan Galaxy S6, di bagian brightness, Galaxy S7 Edge memiliki pembaharuan.
  • Fitur Always On sangat berguna untuk mencegah layar ponsel ini padam, meskipun tentu saja akan berpengaruh pada kapasitas batere.
  • Fitur FM Radio dan IR emitter tidak ada di Galaxy S7 Edge ini. Namun kabar baiknya, slot microSD sudah tersedia.
  • Dibandingkan dengan Galaxy S7, Galaxy S7 Edge ini lebih tahan lama 18 jam.
  • Secara default terdapat sejumlah aplikasi bawaan dari Google, dari Samsung sendiri seperti S Planner dan S Health, juga paket aplikasi bawaan dari Microsoft. Tingkat bloatware yang terdapat di dalamnya sebagai default bisa dibilang sedikit.
  • Kualitas loudspeaker bisa dibilang kurang memuaskan, tetapi kualitas suara yang dihasilkan cukup memuaskan.
  • Kualitas audio juga baik, meski tidak didukung dengan mode stereo ketika tidak menggunakan headphone.
  • Hasil potret dari kamera utama yang ditenagai dengan 12MP sangat baik kualitasnya.
  • Kamera selfie di bagian depan cukup singkron dengan warna kulit, tentu sangat berkualitas ketika digunakan untuk selfie.
  • Fitur 4K video membuatnya kian lengkap. Sayangnya, rekaman kamera sedikit terganggu untuk tetap fokus dalam merekam video dengan kecepatan 1080p/60fps.
BACA JUGA:  5 Aplikasi Android Untuk Penggila Berita

Perbandingan Samsung Galaxy S7 Edge vs Apple iPhone 6S Plus vs LG G5 vs Google Nexus 6P

Samsung Galaxy S7 Edge LG G5 Apple iPhone 6S Plus Google Nexus 6P
Ukuran layar & resolusi 5.5-inch; 2,560×1,440 pixel 5.3-inci, 2,560×1,440 pixel 5.5-inci; 1,920×1,080 pixel 5.7-inci; 2,560×1,440 pixel
Kepadatan Pixel 534ppi 554ppi 401ppi 515ppi
Dimensi (Inci) 5.9 x 2.9 x 0.3 in TBA 6.2×3.1×0.29 in 6.3×3.1×0.28 in
Dimensi (Millimeter) 150.9 x 72.6 x 7.7 mm TBA 158x78x7.3 mm 159x78x7.3 mm
Massa/Berat (Ons, Gram) 5.5 ons; 157 g TBA 6.8 ons; 192 g 6.3 ons; 178 g
Mobile software/OS Android 6.0 Marshmallow Android 6.0 Marshmallow Apple iOS 9 Android 6.0 Marshmallow
Kamera Utama 12-megapixel 16-megapixel, 8-megapixel wide 12-megapixel 12.3-megapixel
Kamera Depan 5-megapixel 8-megapixel 5-megapixel 8-megapixel
Video capture 4K TBA 4K 4K
Prosesor 2.15GHz + 1.6GHz quad-core Qualcomm Snapgradon 820 processor Qualcomm Snapdragon 820 processor Apple A9 chip (64-bit) 2GHz eight-core Qualcomm Snapdragon 810
Kapasitas penyimpanan 32GB, 64GB (varies by region) 32GB 16GB, 64GB, 128GB 32GB, 64GB, 128GB
RAM 4GB TBA 2GB 3GB
Penyimpanan eksternal 200GB 2TB None None
Batere 3,600mAh (non-removable) 2,800mAh (removable) 2,750mAh (non-removable) 3,450mAh (non-removable)
Sensor sidik jari Home button Home button Home button Back cover
Penghubung Micro-USB USB-C Lightning USB-C
Fitur spesial layar melengkung, water resistant batere bisa dicabut, dua kamera belakang 3D Touch interface “Pure” Android

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

✓ Pegangan/genggaman yang nyaman

✓ Tampilan yang elegan

✓ Kualitas dan ketajaman layar yang luar biasa

✓ Tombol Game Tools

✓ Kecepatan Fokus Kamera

✓ Kualitas kamera yang sangat baik di segala kondisi

✓ Terdapat slot untuk microSD card hingga kapasitas 200GB

✓ Water resistance

Kekurangan

✕ Loudspeaker mono (tidak stereo)

✕ Bingkai plastik sedikit terasa

✕ Batere yang non-removeable

✕ Harganya mahal

 Harga

1. Rp 10.198.000 | Gold Edition | Blibli

2. Rp 10.249.000 | Hitam -32 GB | Lazada

3. Rp 10.150.750 | Black Onyx | Bhinneka

Penilaian Akhir

Meski harganya mahal, tampaknya spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge beserta segala fitur yang ditawarkan membuatnya pantas dihargai sekian besar. Apalagi, terdapat banyak pembaharuan yang dilakukan oleh Samsung di Galaxy S7 Edge ini dari ponsel-ponsel seri sebelumnya.

Fitur water resistance dengan kualitas batere yang tahan lama, juga kualitas kamera yang luar biasa membuatnya bisa digunakan untuk merekam atau memotret keindahan dalam air.

Tampilan yang berkesan elegan juga melengkapi Samsung Galaxy S7 Edge ini, sehingga membuatnya mampu bersaing dengan ponsel-ponsel teranyar di kelasnya dari vendor pesaing. Secara khusus, Samsung Galaxy S7 Edge ini sangat layak untuk dimiliki, terlepas dari harganya yang relatif mahal.

REVIEW OVERVIEW
Desain & Tampilan
Fitur
Kamera
Performa
Daya Tahan Batere
SHARE
Artikel SebelumnyaCara Membuat Facebook Reactions di WordPress
Artikel SelanjutnyaCara Menggunakan Google Fonts di WordPress
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR