6+ Alasan Kenapa Kamu Wajib Gunakan Aplikasi VPN Terbaik

43
Mengenal apa itu VPN terbaik

Aplikasi VPN Terbaik – Tahukah kamu apa itu VPN? Istilah ini merupakan singkatan dari Virtual Private Networks yang kerap dianggap mampu untuk mengamankan aktivitas berselancar di internet.

Tapi, ada pula yang beranggapan jika cara menggunakan VPN sama sekali tidaklah aman, karena membuat perangkat yang digunakan menjadi mudah mengalami peretasan. Benarkah demikian? Memangnya seperti apa cara kerja VPN dan bagaimana pula cara mengaktifkannya?

Daripada penasaran dan bertanya-tanya, simak dulu yuk ulasan berikut ini selengkapnya.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Mengenal Apa Itu VPN

Apa itu VPN Masih bingung dengan apa itu VPN? Virtual Private Networks, jika diartikan secara bahasa adalah layanan jaringan virtual pribadi.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data internet dengan melindungi privasi pengguna saat sedang berselancar di internet.

Nantinya, layanan tersebut akan membuat perubahan jalur koneksi server, dan menyembunyikan segala jenis pertukaran data yang terjadi.

Secara sederhana, cara kerja VPN adalah dengan mengamankan jaringan koneksi internet dengan membuat alamat IP pengguna tersamarkan dan melakukan enkripsi data. Sehingga, kegiatan pertukaran data di internet tidak mudah terlacak atau dibaca oleh orang lain di luar jaringan tersebut.

Dengan begitu, browsing internet secara online bisa lebih aman, bahkan hingga bisa membuka konten atau situs yang diblokir.

Sebab, ketika jaringan internet yang digunakan mengaktifkan koneksi Virtual Private Network, ini sama halnya seperti mengakses situs web melalui lorong tersendiri secara khusus.

Nantinya, server Virtual Private Network lah yang meneruskan koneksi yang diminta pengguna ke situs tujuan. Sehingga sambungan data internet yang dilakukan akan terbaca sebagai koneksi yang asalnya dari jaringan server tersebut dan bukan dari jaringan utama yang digunakan saat itu.

Nah, ketika akses jaringan internet dilakukan tanpa Virtual Private Network, ini artinya koneksi ke situs tujuan dilakukan secara direct alias langsung tanpa enkripsi. Akibatnya tentu menjadi lebih rawan terjadi pencurian data pengguna.

Manfaat dan Pentingnya menggunakan VPN 

Setelah memahami apa itu VPN secara singkat dan cara kerjanya, yuk lanjut cari tahu apa alasan yang membuat kita harus menggunakannya sebagaimana berikut:

1. Memberikan pengalaman berselancar di Internet lebih aman

Cara kerja VPN

Melansir dari situs Curiosity, dengan tahu cara pakai VPN, kamu bisa mengakses internet dengan lebih aman dan private. Ketika mengaktifkan jaringan Virtual Private Network, sama halnya dengan menggunakan terowongan khusus (server) untuk mengakses data internet.

Dengan begitu, segala aktivitas yang dilakukan saat online akan sulit ‘diintip’ orang lain, terutama para hacker jahat yang suka mencari kesempatan. 

Apalagi jika kamu lebih sering menggunakan jaringan internet bersifat publik, seperti WiFi di cafe, area publik dan sejenisnya. Tentunya, penggunaan aplikasi VPN terbaik menjadi suatu prioritas. 

Cara mengaktifkan VPN ini sebetulnya tidaklah sulit, kamu cukup memilih aplikasi VPN terbaik, salah satunya VPN Moove dan mendownloadnya di smartphone kamu.  

2. Akses internet lebih bebas

Pernah mengalami kesulitan saat ingin mengakses situs atau platform tertentu? Biasanya, hal tersebut terjadi karena adanya pemblokiran atau pembatasan dari otoritas setempat. 

Kondisi tadi bisa terjadi dimana saja di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Faktor yang menyebabkan pemblokiran tersebut pun bermacam-macam. 

Dari mulai dianggap berbahaya oleh pemerintah, merugikan sejumlah pihak atau bahkan berisi virus atau malware yang bisa meretas data pribadi kamu. 

Meski dibatasi karena dianggap membahayakan, kamu tetap bisa mengaksesnya secara bebas dan aman, lho. Tentunya dengan bantuan aplikasi VPN terbaik.

Dengan begitu, kamu bisa mengakses semua situs maupun platform manapun yang diblokir secara bebas tanpa ada hambatan apapun. Cara pakai VPN untuk akses situs diblokir pun sangat mudah. Setelah di download, segera aktifkan fiturnya di menu pengaturan di smartphone. Gampang banget!

3. Memberi jaminan privasi

Cara kerja VPN dengan mengenkripsi data

Menurut laporan Fossbytes, hampir semua aktivitas yang dilakukan di internet, pastinya akan dengan mudah dipantau oleh pemerintah. Hal ini lantaran pemerintah memiliki otoritas dan akses yang lengkap untuk melakukan penelusuran history aktivitas semua pengguna di internet. 

Bagaimana jika bukan hanya pemerintah yang memantau aktivitas tersebut, tapi juga hacker nakal yang suka cari kesempatan dalam kesempitan?

Tentunya, tak ada yang mau jika privasinya bakal terganggu. Praktis saja solusinya, kamu tinggal pahami cara mengaktifkan VPN terbaik di smartphone yang digunakan.

Perlu diketahui bahwa cara kerja VPN adalah dengan menjadikan kamu sebagai sosok anonim di internet, sehingga pemerintah atau bahkan hacker sekalipun tidak akan bisa melacaknya. Sehingga, kamu bisa mengakses apapun di internet tanpa khawatir karena privasi yang terjaga.

4. Memudahkan akses di negara dengan jaringan internet yang dibatasi

Browsing internet

Sebagaimana kita ketahui, ada beberapa negara yang melakukan pembatasan internet terhadap siapa saja di wilayah hukumnya. Seperti China dan Korea Utara misalnya.

Sehingga siapapun tidak bisa mengakses informasi di internet secara bebas, termasuk warga negara asing. Mereka bahkan menyediakan akses internet tersendiri agar memudahkan pemantauan.

Nah, jika kamu sedang berlibur di negara tersebut, aplikasi VPN terbaik bisa jadi solusi terbaik untuk akses internet lebih leluasa,bebas, dan aman tanpa takut bakal ketahuan.

5. Membuat mesin pencari kesulitan melacak aktivitasmu di internet 

Enkripsi data internet

Bukan cuma pemerintah atau hacker saja yang tak bisa melacak aktivitasmu di internet, tapi juga mesin pencari seperti Google misalnya. 

Sebagian besar orang di seluruh dunia memang mengandalkan Google untuk mengakses internet. Tapi tahukah kamu jika mesin pencari tersebut bisa tahu segala hal tentang kamu, dari riwayat penelusuran internet, download hingga data pribadi yang kamu simpan.

Nah, salah satu cara kerja VPN adalah dengan mengenkripsi data yang dikirimkan seger sehingga tidak mudah dilacak bahkan mesin pencari seperti Google sekalipun.

Dengan tahu cara menggunakan VPN, kamu bisa dengan mudah menyembunyikan semua aktivitas yang dilakukan dari Google. Jadi, data pribadi kamu tak akan lagi diintip mesin pencari.

6. Akses WiFi publik dengan aman tanpa risiko

Akses WiFi publik lebih aman

Menggunakan sesuatu yang gratis itu memang menyenangkan, bukan? Apalagi kalau itu soal WiFi. Hanya saja, WiFi publik sangat rawan digunakan, terlebih jika kamu menggunakannya untuk mengakses m-banking atau situs belanja online dari smartphone.

Bisa-bisa, saldo di rekening bakal terkuras dalam hitungan detik karena data kamu telah dicuri hacker untuk melakukan pembobolan. Karenanya, pastikan untuk tidak teledor dengan sembarangan menggunakan WiFi publik.

Jika memang terpaksa harus menggunakan WiFi publik, solusinya bisa dengan mengaktifkan aplikasi VPN terbaik seperti Moove salah satunya. Agar, aktivitas online yang dilakukan bisa lebih private dan terjaga kerahasiaannya.

7. Menyembunyikan lokasi secara real-time

Ingin privasimu di internet lebih terjaga dan tak mau siapapun mengetahui lokasimu saat mengaksesnya? Maka, gunakan selalu aplikasi VPN terbaik.

Seperti yang diketahui bahwa salah satu cara kerja VPN adalah dengan menyembunyikan lokasi pengguna secara langsung atau real-time. Sehingga tidak sembarang orang bisa mengetahui posisimu secara tepat mengakses internet.

Umumnya, lokasi yang akan terdeteksi oleh pelacak adalah lokasi dimana server dari virtual private network yang digunakan berada. Jadi lokasi kamu secara akurat, dirahasiakan oleh server tersebut.

Cara Menggunakan VPN

Setelah memahami sedikit tentang apa itu VPN dan apa saja manfaatnya, kamu mungkin perlu tahu cara mengaktifkan VPN di smartphone yang digunakan.

Cara menggunakan VPN, sebetulnya sangat mudah dan bukan hanya bisa dipasang di desktop saja tapi juga di smartphone Android. 

Dari sekian aplikasi VPN terbaik, VPN Moove menjadi salah satu yang cukup direkomendasikan. Selain bisa digunakan secara gratis, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan mumpuni yang mampu melindungi segala aktivitas kamu di internet. 

Penasaran bagaimana cara mengaktifkan VPN di smartphone? Berikut beberapa langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi Play Store di smartphone dan temukan aplikasinya di kotak pencarian,
  • Klik tab Install, dan aplikasi tersebut akan segera didownload ke smartphone.
  • Tunggu hingga proses download hingga instalasi selesai.
  • Setelah terinstall, tinggal lanjut ke cara mengaktifkan VPN yang cukup mudah.
  • Tingga buka aplikasi yang sudah berhasil terinstall di smartphone tersebut dan aktifkan.
  • Jangan lupa pilih server yang akan digunakan, lalu klik Ok dan VPN telah aktif dan bisa digunakan.

Akhir kata

Nah, demikian tadi informasi menarik tentang apa itu VPN dan alasan penting mengapa kamu perlu menggunakannya. Dengan aplikasi VPN terbaik, tentunya segala aktivitasmu di internet, seperti mengakses situs nonton film Korea terbaru bisa jadi lebih private sehingga keamanannya lebih terjaga. 

Cara menggunakan VPN pun juga cukup mudah, tinggal download dan aktifkan. Semoga bermanfaat!