SeniBerpikir_kesalahan-SEO7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Setiap Blogger – Mengapa tulisan blog Anda tak kunjung berada di halaman pertama Google Search? Dalam blogging, tulisan berkualitas bukanlah segalanya. Ada kalanya kita harus membuat tulisan tersebut terpampang di Google Search atau search engine lainnya agar mempermudah mereka pencari informasi agar bisa sampai di artikel berkualitas yang kita tulis.

Dalam tulisan kali ini saya menuliskan berbagai rangkuman yang saya research di berbagai blog terkenal guna memperkenalkan kepada kita semua apa saja kesalahan SEO yang harus dihindari oleh kita para blogger. Setidaknya ada 7 kesalahan SEO yang tanpa sadari justru rutin kita lakukan. Apa saja hal tersebut?

7 Kesalahan SEO

1. Keyword Stuffing

Keyword stuffing maksudnya adalah menanam keyword yang Anda targetkan hingga memenuhi postingan blog Anda. Misalnya Anda menulis artikel berjumlah 300 kata dan menanamkan sekitar 50 keyword yang sama di seluruh bagian postingan tersebut. Itu yang dinamakan keyword stuffing. Dalam penulisan konten blog, kita tidak perlu menanam keyword terlalu banyak. Cukup 4 atau 5 kali dalam artikel 300 kata dan tempatkan letaknya di judul tulisan, paragraf pertama postingan, paragraf tengah, dan kalimat terakhir.

Baca juga: Dasar-Dasar SEO

2. Duplicate Content

Konten blog haruslah original. Tulislah artikel yang original dengan gaya bahasa Anda sendiri, jangan pernah lakukan copy-paste meskipun Anda menempatkan sumber di dalamnya. Google akan menurunkan kualitas blog Anda karena menemukan konten di blog Anda yang ternyata sama dengan yang sudah ada sebelumnya dari hasil crawl-nya. Anda tidak perlu memiliki banyak postingan di blog Anda tetapi berisi artikel copy-paste atau duplicate content dari blog orang lain. Bangunlah blog Anda dengan tulisan Anda sendiri.

BACA JUGA:  Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Blogging Sekarang!

3. Mengabaikan Struktur URL

Jangan pernah mengabaikan struktur URL setiap postingan atau page Anda. Buatlah URL blog yang mengandung keyword tulisan Anda. Contonya seperti ini:

– buatlah seperti ini: https://www.seniberpikir.com/7-kesalahan-seo

–  jangan seperti ini: https://www.seniberpikir.com/p=?7348348293828

Buatlah struktur URL yang bagus dan enak dilihat, serta mengandung kata kunci yang Anda targetkan.

4. Konten Berkualitas VS Desain?

Banyak blogger yang menekankan salah satu dari dua hal di atas ketimbang membuatnya seimbang. Konten yang berkualitas tentu saja penting karena isi blog Anda-lah apa yang dicari pembaca sehingga sampai ke dalam blog Anda. Tetapi, jika tampilan blog Anda sangat buruk atau jelek atau tak tertata rapi, tak akan ada yang betah membacanya berlama-lama meskipun konten Anda berkualitas. Sebaliknya, jika Anda lebih menekankan tampilan yang bagus tetapi tulisan yang hanya copy-paste atau tak mengandung manfaat bagi pembaca, untuk apa?

Untuk itu ciptakanlah konten yang berkualitas dan buatlah tampilan sederhana dan nyaman dikunjungi oleh pembaca. Perhatikan tampilan navigasi menu di sekujur blog Anda, sertakan juga Artikel Terkait di bawah setiap postingan Anda.

BACA JUGA:  7 Hal Agar Pengunjung Blog Menyukai Blog Anda

Baca juga: Cara Membuat Agar Pengunjung Blog Betah & Cara Menurunkan Bounce Rate

5. Kurang Giat Berpromosi di Media Sosial

Dewasa ini, media sosial cenderung membawa perubahan pada peradaban manusia dengan teknologi canggih di dalamnya. Banyak yang memanfaatkan media sosial untuk berbagai keperluan. Tak terkecuali Google. Mesin pencari terbesar ini juga memanfaatkan media sosial untuk menilai kualitas blog Anda. Giatlah berpromosi di media sosial karena akan ada banyak pengunjung dari sana. Juga, buatlah agar artikel di dalam blog Anda bisa dibagikan secara otomatis oleh pengunjung ke media sosial mereka. Carilah plugin terkait seperti Social Shares dan sebagainya dan tempatkanlah di bagian bawah blog Anda.

6. Kurang Memanfaatkan Inbound Links

Inbound Links adalah anchor text yang memuat link dan terhubung ke artikel lainnya dari blog Anda. Contohnya, saya menggunakan kata kunci Make Money Online, dan itulah anchor text saya dan menautkannya ke artikel lain yang ada di dalam blog saya ini. Itulah yang disebut dengan inbound links. Manfaatkanlah inbound links di setiap artikel Anda agar membuat para pengunjung berlama-lama berada di dalam blog Anda.

BACA JUGA:  5 Manfaat Blog Selain Mendapatkan Uang

Inbound link juga memudahkan pembaca untuk bereksplorasi ke berbagai konten berkualitas yang Anda miliki di blog Anda.

7. Backlink yang Tak Valid

Kebanyakan blogger rela membeli backlink untuk menaikkan Google Pagerank blog-nya. Tetapi, tidak semua jasa backlink menyediakan backlink organik dan berkualitas. Hati-hatilah karena backlink tersebut kadang tak valid dan justru mengarah ke link spam. Inilah yang perlahan menghancurkan kualitas blog Anda sehingga kekuatan SEO blog Anda tak kunjung meningkat dan juga bisa dipenalti oleh Google Search.

Carilah backlink valid dan berkualitas dengan cara memperbanyak komentar di blog lain yang memiliki kategori yang sama dengan blog Anda, juga aktiflah di forum dan media sosial lainnya.

Itulah 7 kesalahan SEO yang harus Anda hindari. Terkadang banyak hal yang kita lewati padahal sebenarnya sangat penting untuk kita perhatikan. 7 kesalahan SEO di atas merupakan berbagai hal yang sering tak kita sadari betapa pentingnya itu untuk meningkatkan kekuatan SEO blog kita. Itulah 7 kesalahan SEO dari saya, bagaimana menurut Anda?

kajian referensi: BloggersPassion

5 KOMENTAR

  1. Kurang Giat Berpromosi di Media Sosial, sepertinya kata itu ada dalam kriteria saya, hahaha saya punya alasan lo gan kenapa saya malas, kebanyakan traffic yang berasal dari media sosial hanya traffic ngaco, keliatan banyak pengunjungnya tapi klik anunya minim, 😀 beda jauh sama hasil dari mesin pencari kliknxa lebih mantap hahaha ya walau saya tau di era sekarang media sosial andil besar dalam urusan SEO, Tapi saya tetap pada prinsip saya, lebih menarget ke mesin pencari tanpa dukungan media sosial.. itu menurut saya pribadi lo gan…

    • sebenarnya kalo soal SEO algoritma hummingbird jg nilai dari media sosial gan, jadi seberapa besar trafik yg datang dari media sosial itu diperhitungkan jg terlepas dari behavior para pengunjung yg ngeklik dari media sosial

  2. terima kasih mas atas artikelnya,, artikelnya sanggat membantu dalam meninggkatkan seo kami, terima kasih

TINGGALKAN KOMENTAR