7 Hal Agar Pengunjung Blog Menyukai Blog Anda – Sebetulnya tips ini saya dapatkan ketika berkunjung ke berbagai blog favorit saya. Dari kunjungan tersebut ada saja yang membuat saya betah di dalam blog-blog tersebut. Nah, dari sekian banyak hal yang ada di blog-blog favorit saya itu, saya menangkap beberapa hal yang bisa saya pelajari tetapi tetap susah diimplementasikan ke dalam blog ini. Tetapi kemungkinan Anda mau mencobanya.

Mari kita mulai pembahasan kali ini.

1. Kenali Apa yang Disukai Orang-Orang

Hal ini sangat berguna bagi Anda yang baru merintis karir sebagai blogger, baru ingin membuat blog, dan memiliki blog yang topiknya campur. Apa yang disukai orang-orang biasanya adalah informasi tentang gadget, komputer, artikel unik dan misteri, tokoh penting, musik, dan sebagainya. Kenali apa yang paling diminati oleh orang-orang lalu buatlah tulisan unik bergaya khas Anda sendiri dari topik tersebut. Dijamin, pengunjung blog Anda akan betah membaca berbagai hal yang menarik, apalagi jumlah artikel yang Anda tulis di blog Anda ada banyak sekali jumlahnya.

BACA JUGA:  5 Topik Blog yang Disukai Pembaca

2. Daya Tarik Desain Blog Anda

Ciptakan tampilan yang menarik sebagai daya tarik kepada pengunjung blog Anda. Daya tarik itu bisa diciptakan melalui perpaduan warna, letak menu, serta berbagai widget yang berguna untuk mendukung pembaca blog Anda dalam mengeksplorasi isi blog Anda. Kebanyakan orang suka dengan tampilan blog yang rapi dan simpel yang didominasi warna putih dicampur dengan perpaduan warna yang menari. Yang ini sepertinya mudah dicoba untuk Anda yang suka seni desain.

3. Kurangi Iklan yang Mengganggu

Biasanya blogger tidak sepenuh hati menjalankan blog-nya, karena blog terkadang hanyalah alasan untuk meraup uang. Mengapa demikian? Lihat saja di beberapa blog, iklan ditempatkan dimana-mana dan justru mengganggu kenyamanan para pengunjung. Kurangilah penempatan iklan pada blog Anda, atau setidaknya rapikan tempatnya. Iklan yang mengganggu seperti iklan pop-up biasanya sangat menjengkelkan bagi mayoritas pengunjung blog.

4. Terapkan Gambar yang Menarik di Setiap Postingan

Gambar selalu mempermudah imajinasi pembaca ketika membaca suatu tulisan. Terapkan gambar di setiap postingan blog Anda agar pembaca memiliki ketertarikan tersendiri dalam mengikuti alur tulisan di blog Anda. Gambarnya tidak perlu banyak dan berukuran besar. Cukup 1 hingga 4 gambar per postingan dengan ukuran sedang asal jelas terlihat apa objek di dalam gambar tersebut.

BACA JUGA:  5 Langkah Penting Make Money Blogging

5. Gunakan fitur ‘Artikel Terkait’

Jika suatu tulisan di dalam blog Anda sangat menarik bagi pembaca, biasanya mereka akan mencari tulisan lain di blog Anda yang tidak kalah menariknya. Untuk itu manfaatkanlah fitur Artikel Terkait/Related Posts di akhir postingan Anda agar pembaca semakin asik membuka setiap halaman di dalam blog Anda. Fitur tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas bounce rate, juga untuk meningkatkan jumlah page view yang bermanfaat untuk menaikkan rangking Alexa Rank Anda. Fitur ini juga memberikan kesempatan kepada pembaca Anda untuk membaca lebih banyak artikel dan berada lebih lama di blog Anda.

6. Tempatkan Menu yang Berisi Kategori di Header atau Sidebar

Untuk membantu pembaca mencari kategori yang mana yang mereka ingin baca, tempatkan saja menu yang berisi kategori apapun yang Anda tulis di blog Anda di bagian Header atau Sidebar. Kenapa harus di header atau sidebar? Alasannya agar pembaca merasa mudah menemukan bagian kategorinya, dan mudah mencari tulisan apa yang kira-kira menarik bagi mereka.

BACA JUGA:  Cara Membuat "About Me" di Sidebar

7. Buat Artikel Pendek Tapi Lengkap Intinya

Maksudnya di sini adalah, kurangi basa-basi dalam setiap artikel dan perbanyak menulis tentang intinya. Apa yang dibutuhkan oleh pembaca adalah inti dari setiap topik. Untuk itulah Anda harusnya menulis sebuah artikel yang pendek dengan inti yang lengkap di dalamnya. Cukup 350 hingga 700 kata per artikel dengan inti yang bisa ditangkap oleh pembaca. Gunanya juga untuk menghemat waktu para pembaca ketika membaca tulisan Anda dan bisa menangkap inti yang terdapat di dalamnya, sekaligus masih memberikan waktu kepada mereka untuk membaca artikel lain di blog Anda.

Itulah 7 hal yang bisa Anda coba agar pengunjung menyukai blog Anda beserta segala tulisan yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR