Logo WordPress (Google.com)
Logo WordPress (Google.com)

Cara Membuat Artikel Terkait dengan Gambar/Thumbnail – Artikel terkait memang penting ditempatkan di akhir setiap postingan di blog Anda.

Artikel terkait membantu pengunjung untuk tetap merasa betah menjelajahi konten di dalam blog Anda.

Setelah sebelumnya saya menjelaskan bagaimana membuat artikel berdasarkan tag dan kategori yang sama, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat artikel terkait dengan gambar/thumbnail di setiap judul artikel terkait tersebut.

Hal yang perlu Anda lakukan yaitu masuk ke dalam situs LinkWithin. Yap, kita akan memakai bantuan LinkWithin untuk membuat artikel terkait dengan gambar di dalam blog kita. Tidak ribet dan tidak memakan waktu lama.

Setelah Anda masuk ke halaman LinkWithin, maka hal-hal yang perlu Anda lakukan dalam tahapan selanjutnya yaitu:
1. Masukkan email Anda yang valid ke dalam bagian email di sebelah kanan halaman LinkWithin.
2. Masukkan Url blog Anda dengan benar, lengkap dengan http://
3. Pilih platform yang Anda gunakan, entah itu Blogger, Type Pad, WordPress (self hosted), atau Other (yang lainnya).
4. Di bagian Width, pilih jumlah artikel terkait yang hendak Anda tambahkan. Sesuaikan dengan lebar blog Anda. Jika cukup lebar maka sebaiknya Anda membuat 5 artikel terkait.
5. Jika latar belakang blog Anda gelap dan menggunakan teks yang terang, maka centang di bagian “My blog has light text on a dark background“.
6. Setelah itu klik Get Widget!
7. Setelah itu, Anda akan secara otomatis menerima panduan dari LinkWithin untuk mengaplikasikan widget artikel terkait yang telah dibuat. Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh LinkWithin dan terapkan dengan benar ke dalam blog Anda. Selamat melihat hasilnya!

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship)

Kira-kira artikel terkait dengan gambar/thumbnail yang akan terlihat di dalam blog Anda akan seperti ini:

Contoh Artikel Terkait

 

Nah, jika Anda menggunakan blog wordpress self-hosted (wordpress dengan domain dan hosting sendiri), biar saya saja yang pandu 😀

Hal yang harus Anda lakukan setelah membuat widget artikel terkait di LinkWithin yaitu menginstall widget di wordpress Anda. Caranya:
1. Download LinkWithin.zip yang ada diberikan setelah selesai membuat widget. (Di klik tulisan LinkWithin.zip di halaman panduan mengaplikasikan widget tersebut setelah Anda selesai membuatnya)
2. Masuk ke bagian Dashboard dan pilih Plugins => Add New. Klik tab Upload dan masukkan file zip yang Anda download tadi. Tidak usah diekstrak.
3. Setelah proses upload selesai, silahkan klik “Active Plugin“.
4. Selesai! Silahkan lihat tampilah artikel terkait yang baru Anda buat di salah satu artikel Anda.

Tampilan artikel terkait di postingan Anda akan terlihat tepat seperti gambar di atas. Perlu diingat bahwa tutorial ini bukan satu-satunya tutorial yang dapat memandu Anda untuk menampilkan artikel terkait dengan gambar/thumbnail. Metode yang digunakan tidak hanya bisa diaplikasikan dengan bantuan LinkWithin.

BACA JUGA:  WordPress: 5 Cara Untuk Mempercantik Admin Area

Anda bisa mencari plugin dan menginstallnya di wordpress Anda untuk menampilkan artikel terkait yang lebih bagus tampilannya. Anda bisa menggunakan plugin seperti Wp-Thumbie, Jetpack, Related Posts, dan sebagainya. Namun perlu Anda perhatikan bahwa menggunakan plugin dapat menyerap kapasitas memori dan CPU usage hosting Anda.

Jika Anda menggunakan hosting gratis maka kurangilah menggunakan plugin. Jika Anda menggunakan hosting berbayar dengan kapasitas memori dan CPU yang memuaskan, silahkan gunakan plugin tapi tetap perhatikan jumlah plugin dan kepentingan apa yang Anda harapkan dari plugin tersebut.

Saran saya pilihlah plugin yang benar-benar Anda butuhkan untuk blog Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai panduan di atas, silahkan berikan pertanyaan Anda di kotak komentar di bawah ini. Mohon jangan berikan komentar yang berisi spam. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan ini. Salam blogger.

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR