25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress – Salah satu kelebihan utama WordPress sebagai salah satu Content Management System (CMS) terbaik adalah melimpahnya resources yang bisa kita gunakan.

Sebagai platform open source, WordPress bisa digunakan siapapun dengan gratis dan didukung oleh ribuan developer yang mau memberikan bantuan cuma-cuma untuk sesama penggunanya.

Dukungan ribuan developer itu ditunjukkan dengan berbagai cara, bisa berupa tips dan trik WordPress yang bisa kita temukan di forum yang berkaitan dengan WordPress, blog atau website mereka, tutorial di Youtube, bahkan berupa theme WordPress hingga ribuan plugin WordPress yang ada di repository-nya, termasuk berbagai plugin SEO WordPress terbaik.

Nah, dalam artikel kali ini, mari kita fokus membahas tentang 25 plugin WordPress terbaik yang pantas menjadi pelengkap setiap blog WordPress, termasuk blog WordPress Anda.

Setiap plugin tentu menawarkan fungsi yang berbeda, dan membawa pengaruhnya masing-masing terhadap blog WordPress Anda.

25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress

1. Akismet

Akismet merupakan plugin anti-spam buatan Automattic (perusahaan di belakang WordPress) yang sudah pasti ada di dalam blog Anda ketika pertama kali menginstall WordPress.

Meski diragukan keampuhannya dalam menghambat masuknya spam di awal-awal rilisnya namun Akismet ini terus berkembang sebagai salah satu plugin WordPress terbaik yang wajib ada di blog WordPress Anda.

Karena sudah tersedia sejak awal penginstallan WordPress, sudah pasti Anda harus memanfaatkan Akismet pertama kali dibandingkan dengan plugin lainnya.

2. Yoast SEO

Nama Joost de Valk sudah sangat terkenal sebagai salah satu pakar SEO yang disegani di dunia. Ia bersama timnya bernaung di bawah bendera Yoast sebagai konsultan, developer SEO, dan pakar SEO.

BACA JUGA:  Fungsi dan Cara Membuat Gravatar di WordPress

Lewat Yoast, tim Yoast juga membuat salah satu plugin SEO terbaik yakni Yoast SEO. Plugin Yoast SEO ini terbilang lengkap sebagai sebuah plugin SEO gratis.

Mendukung verifikasi Google Search Console, Bing Webmaster, Alexa, XML Sitemap hingga Robots.txt, plugin ini tentu sangat Anda butuhkan jika Anda ingin setiap artikel di blog Anda mampu menembus halaman pertama hasil pencarian Google.

Dibanding pesaing terdekatnya, All in One SEO Pack, Yoast kerap mendapatkan pujian sebab tampilan UI-nya yang sederhana dan mudah digunakan, rutinnya mereka mengupdate keamanan dan fitur pluginnya membuat orang sangat tertarik menggunakan Yoast SEO ini.

Saya sudah menuliskan cara setting plugin Yoast SEO bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk mengkonfigurasinya. Atau jika Anda lebih tertarik dengan plugin All in One SEO Pack, Anda bisa membaca bantuan setting plugin All in One SEO Pack di sini.

3. W3 Total Cache

Salah satu langkah untuk mempercepat loading sebuah blog WordPress adalah dengan menggunakan plugin W3 Total Cache. Segala hal tentang caching mungkin terdengar terlalu teknis di telinga, namun jangan anggap remeh tentang hal ini.

W3 Total Cache mampu meningkatkan kecepatan loading blog Anda ketika diakses yang pada akhirnya berpengaruh pula terhadap user experience dan ranking blog Anda di Google.

Untuk mengkonfigurasi plugin ini memang terbilang susah dan ribet, namun saya sudah pernah menuliskan artikel lengkap tentang cara setting plugin W3 Total Cache secara lengkap dan detil.

Alternatif lainnya, yang mungkin jauh lebih gampang untuk dikonfigurasi adalah WP Super Cache.

4. Wordfence Security

Plugin ini secara jelas dan tegas bertujuan untuk meningkatkan keamanan blog WordPress. Meski memang tidak ada jaminan bahwa blog WordPress tahan akan serangan hacker, paling tidak plugin Wordfence Security memiliki kemampuan untuk meningkatkan keamanan blog WordPress Anda.

BACA JUGA:  Punya Blog Baru? Ini Cara Mendapatkan Pengunjung Blog

Wordfence Security tersedia sebagai plugin gratis maupun berbayar, dengan versi gratisnya menawarkan hal-hal berikut:

  • Firewall dari Web Application
  • Memonitor keamanan
  • Memonitor IP
  • Blocking alamat IP
  • Membatasi frekuensi Login yang mencurigakan
  • Mengurangi dan memblokir upaya Brute Force.
  • Dan masih banyak lagi.

5. Contact Form 7

Setiap blog sepertinya wajib punya contact form di dalamnya, terutama jika berniat memonetisasi blognya. Nah, Contact Form 7 merupakan plugin contact form yang sangat populer. Plugin ini tersedia secara gratis dengan setup yang sangat sederhana.

Anda tinggal membuat halaman Kontak atau Contact Us, kemudian jika sebelumnya Anda sudah membuat satu contact form dengan Contact Form 7, Anda hanya tinggal menyematkan shortcode-nya ke dalam halaman tersebut.

6. WP-Optimize

Jika sejauh ini Anda sudah sering menulis artikel atau merevisi yang sudah ada, mungkin post revision di database Anda sudah mulai membludak jumlahnya.

WP-Optimize ini berguna sekali untuk menyegarkan kembali database WordPress Anda.

Dengan sekali klik Anda sudah bisa mengoptimalkan database Anda dengan menghilangkan post revision yang tidak lagi terpakai, komentar spam yang mulai memenuhi, hingga trackback dan pingback yang sebetulnya tidak lagi Anda butuhkan.

7. Broken Link Checker

Broken Link Checker berfungsi untuk memeriksa link mana saja yang sudah tidak bekerja lagi di blog Anda. Dengan mengetahui link mana saja yang sudah tidak dapat diakses, Anda bisa mencabut dan kemudian menggantinya dengan link yang lain.

Hal ini juga ternyata bermanfaat untuk SEO. Dengan plugin sederhana ini Anda bisa memonitor semua link yang ada di blog Anda, mulai dari link yang tersemat di dalam artikel hingga komentar.

8. Revive Old Post

Seiring perkembangan waktu, blog Anda pasti sudah akan memiliki banyak sekali artikel yang bisa dibaca oleh pengunjung Anda.

BACA JUGA:  Guides For Using Pinterest to Drive Traffic

Nah, jika Anda memiliki halaman media sosial khusus untuk blog Anda seperti Facebook Fan Page, plugin ini bisa meng-share kembali postingan-postingan lama di blog Anda ke berbagai media sosial secara otomatis.

Yang perlu Anda tentukan hanyalah frekuensi share tersebut, entah dalam rentang waktu 8 jam sekali dan sebagainya. Anda juga bisa mengklasifikasikan postingan lama yang hendak di-share berdasarkan kategori.

9. UpdraftPlus Backup and Restoration

Sesuai namanya, salah satu plugin WordPress terbaik ini berfungsi untuk melakukan backup untuk seluruh data di blog WordPress Anda, entah itu database atau pun keseluruhan file.

Plugin ini tersedia gratis dan berbayar, tentu dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika versi berbayar memberikan Anda fitur yang lebih banyak, belum tentu fitur tersebutlah yang Anda butuhkan.

Plugin gratis ini akan melakukan backup sesuai dengan waktu yang Anda tentukan. Anda juga bisa melakukan backup secara langsung dan bisa mendownload-nya langsung dari Dashboard.

Atau Anda bisa menjadwalkan backup sesuai keinginan Anda dan menyimpan hasil backup tersebut ke remote storage seperti Dropbox dan Google Drive, sangat bermanfaat bukan?

Plugin ini juga bisa membantu Anda mengembalikan seluruh data ke dalam blog Anda jika terjadi suatu kesalahan di blog Anda sehingga harus dilakukan restore data.

10. Jetpack

Jetpack merupakan plugin WordPress buatan Automattic, yang merupakan tim di belakang WordPress sendiri, memiliki banyak sekali fitur tertambat di dalamnya.

Plugin ini menyediakan banyak fitur seperti media sosial, auto-publish, site verification, statistik blog, hingga contact form dan juga fitur comment yang bisa diintegrasikan dengan media sosial.

Lanjut ke halaman berikutnya

TINGGALKAN KOMENTAR