Cara Menampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship) РMenampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship) merupakan tanda bahwa Anda berkontribusi dalam kepengarangan suatu website, dimana Anda dapat menautkan profil Google+ Anda dengan website yang Anda bangun, sehingga foto profil Google+ Anda bisa muncul di mesin pencari.

Teknik ini sebenarnya sudah lama dipraktekkan. Sudah banyak website yang ketika kata kunci tertentu Anda ketik di Google, maka foto profil pemilik/penulis website tersebut akan muncul seiring dengan judul tulisan yang ditulisnya.

Mari langsung saja kita praktekkan bagaimana cara membuatnya.

Cara Pertama: Untuk Pengguna WordPress

1. Menampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship) cukup mudah. Pertama, Anda harus memiliki akun Google+. Jika Anda memiliki gmail, ID Youtube, dan akun Google lainnya, maka cukup masuk ke http://plus.google.com/ karena Anda sudah otomatis akan memiliki akun Google+. Segera pasang foto profil Google+ Anda, kalau bisa foto asli dan close up biar semakin jelas bahwa Anda-lah orang di balik website yang dicari orang-orang di Google ūüėÄ

BACA JUGA:  Cara Merubah Ukuran Font di Wordpress

2. Siapkan juga halaman khusus “About” di navigasi menu blog Anda agar Anda dapat menempatkan link profil Google+ Anda di halaman About tersebut.

3. Masuk kembali ke Google+ Anda. Di bagian Profile pilih Edit Profile => Contributor to. Di bagian atas isikan dengan nama website Anda, dan di bawahnya isikan URL website Anda tersebut.

4. Tunggu dulu. Setelah Anda mengedit bagian Contributor to, lalu silahkan masuk kembali ke profil Google+ Anda. Copy URL profil Google+ Anda tersebut.

5. Masuk ke Dashboard WordPress Anda. Di bagian Users pilih Your Profile. Scroll ke bagian bawah sampai Anda menemukan bagian Contact Info. Cari box Google+ lalu paste-kan URL profil Google+ yang Anda copy sebelumnya.

6. Nah, sekarang mari kembali ke halaman “About” yang di tahap 2 tadi Anda buat. Buat data diri singkat Anda. Kemudian di nama Anda, buat hyperlink menuju ke alamat profil Google+ Anda tadi. Klik Update/Publish setelahnya.

**7. Pastikan juga Anda sudah menginstall SEO WordPress by Yoast agar tidak ada kegagalan dalam mencoba menampilkan foto di mesin pencari.

BACA JUGA:  5 Plugins Wordpress Penting Yang Harus Dimiliki

8. Sekarang mari kita tes apa yang sudah kita lakukan tadi. Silahkan buka Structured Data Testing Tool lalu masukkan URL website Anda. Jika fotonya sudah muncul disitu, berarti Anda sudah berhasil.

9. Untuk langsung melihatnya di mesin pencari Google, buat satu artikel baru. Usahakan tulisan baru tersebut bersifat SEO friendly agar lebih cepat terindeks di Google dan bisa muncul di halaman pertama. Setelah satu atau dua hari setelah Anda membuat tulisan tersebut, ketikkan judul tulisan itu di Google. Dan lihatlah hasilnya secara nyata!

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Menampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship)

Cara Kedua: Untuk Pengguna Blogger

1. Masuk ke akun Google+ Anda. Lalu pilih Profile => Edit Profile => Contributor to. Di bagian atas isikan dengan nama website Anda, dan di bawahnya isikan URL website Anda tersebut.

2. Setelah mengedit Contributor to, silahkan masuk ke dalam akun Blogspot Anda lalu pilih Template => Edit HTML. Kemudian centang Expand Template Widget. Cari tag <head> (tekan Ctrl + F agar lebih mudah mencarinya.

BACA JUGA:  Cara Membuat XML Sitemap di Wordpress

3. Masukkan kode di bawah ini tepat setelah kode <head>

<link href=’https://plus.google.com/107453372123104777819/‘ rel=’author’/>
<link href=’https://plus.google.com/107453372123104777819/‘ rel=’publisher’/>

Ganti URL Google+ yang berwarna merah tersebut dengan URL Google+ Anda.

4. Silahkan buka Structured Data Testing Tool dan masukkan URL blog Anda.

Google Authorship memiliki kepentingan tersendiri bagi kita pemilik website. Google Authorship menandakan bahwa kitalah yang menjadi pemilik website yang dicari oleh orang lain melalui mesin pencari Google. Dengan Google Authorship, terkadang orang memilih hasil penelusuran yang menampilkan foto kita di sampingnya. Menampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship) meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemilik blog bagi pengunjung dan Google itu sendiri.

Hal tersebut didorong oleh tampilan yang eye-catching¬†karena ada foto di hasil pencarian, dan mampu mendorong pengguna internet untuk lebih memprioritaskan blog kita untuk dibuka. Itulah teknik atau cara¬†Menampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship). Selamat mencoba! ūüėÄ

SHARE
Artikel SebelumnyaTeori Neorealisme dalam Konflik India – Pakistan
Artikel Selanjutnya4 Tips Mudah Mengembangkan Blog
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR