Cara Membuat Author Box di Setiap Tulisan – Apakah Anda ingin membuat author box di bawah setiap tulisan di blog Anda? Author bio box merupakan sebuah bagian di bawah setiap tulisan yang berguna untuk menunjukkan bio singkat dari sang penulis artikel. Author box sangat cocok digunakan terlebih lagi jika di blog Anda terdapat beberapa penulis/kontributor.

membuat author box
Wpgrub.com

Apakah Saya Perlu Menggunakan Author Box?

Agar si penulis artikel menjadi lebih dekat kepada pembaca, saya pikir Anda perlu menggunakan Author Box di blog Anda. Di dalam author box Anda bisa menyematkan deskripsi singkat diri Anda sebagai penulis artikel, apa yang Anda kerjakan saat ini, juga menyematkan foto profil serta link ke beragam media sosial.

Penggunaan author box juga merupakan satu dari berbagai cara bagi si penulis untuk berinteraksi dengan pembacanya. Author box pada umumnya digunakan oleh blog/website yang terdiri dari banyak penulis, sehingga lebih mudah untuk membedakan siapa penulis untuk sebuah artikel yang sedang Anda baca.

BACA JUGA:  5 Plugin SEO Wordpress Terbaik

Jika Anda memiliki blog yang isinya Anda kembangkan sendiri tanpa adanya penulis kontributor, Anda mungkin tidak membutuhkannya. Membuat halaman About Me saya kira sudah cukup, namun kebanyakan orang mungkin tidak ingin repot untuk membuka halaman yang terpisah (membuka halaman About Me), dan akan lebih terbantu dengan adanya author box untuk mengenali identitas si penulis artikel di setiap artikel yang dibaca.

Membuat Author Box di Bawah Setiap Tulisan dengan Plugin

Jika Anda tertarik untuk membuat author box, ada banyak sekali cara untuk membuatnya. Di theme WordPress yang Anda gunakan mungkin sudah ada fitur author box yang disediakan, namun jika belum, Anda bisa menggunakan plugin tambahan yang bisa Anda dapatkan dengan gratis. Fitur yang diberikan pun beragam, dan yang pasti, menarik untuk dipandang. Anda juga bisa menggunakan custom code, namun di artikel ini, saya hanya akan membahas penggunaan plugin untuk membuat author box di bawah setiap tulisan.

Berikut plugin yang bisa membantu Anda membuat author box di bawah setiap tulisan:

BACA JUGA:  Tips Blogging: 7 Hal Penting yang Bisa Dimanfaatkan Setiap Blogger

1.Fancier Author Box

Membuat Author Box - fancier author box
sitepoint.com

Plugin ini sangat sederhana. Dengan plugin ini Anda bisa membuat author box dengan foto profil Anda, deskripsi/bio singkat mengenai Anda, menampilkan icon media sosial yang mengarah ke profil media sosial Anda, juga menampilkan postingan terakhir Anda sebagai penulis. Plugin ini juga menyediakan kontrol penuh yang memberikan pilihan bagi penulis yang tidak ingin menampilkan author box-nya secara default.

2. Simple Author Box

Membuat Author Box - simple author box
WordPress.org

Seperti namanya, plugin ini memiliki tampilan sederhana dan pengaturan yang dekat dengan pengguna awam, artinya mudah untuk digunakan. Plugin ini responsive dan akan menyesuaikan tampilan secara otomatis sesuai layar yang digunakan. Anda juga bisa mengatur tampilan author box Anda sesuai selera karena terdapat beberapa mode dan warna yang bisa dipilih.

3. WP About Author

Membuat Author Box - wp about author
WordPress.org

Plugin ini terhitung sangat sederhana dan sangat mudah untuk dikonfigurasi jika Anda lebih suka tampilan author box yang apa adanya. Meski terhitung sederhana tapi jangan dipandang sebelah mata, sebab plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa pengaturan lain seperti yang Anda inginkan seperti mengganti warna background, mengatur warna garis, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Cara Posting Artikel Blog ke Facebook Otomatis

4. Starbox

membuat author box - Starbox Author Bio
Sitepoint.com

Plugin ini terhitung populer di kalangan pengguna WordPress. Plugin ini fokus untuk menampilkan author box yang sangat bagus untuk dipandang, apalagi dengan pengaturan tampilan yang bisa Anda sesuai sana-sini. Plugin ini juga mampu membedakan tampilan sesuai dengna keinginan para penulis sendiri, sehingga tampilannya bisa dibedakan antara penulis yang satu dengan yang lainnya.

Anda tidak perlu merasa repot dan berpikir bahwa membuat author box dengan menggunakan salah satu plugin di atas rumit, karena saya dengan khusus memilih plugin-plugin yang terhitung gampang untuk dikonfigurasi.

Jadi, plugin mana yang Anda pilih dari daftar di atas? Adakah rekomendasi lainnya dari Anda? Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR