Blogger Indonesia: Daftar Program Afiliasi Involve Asia Sekarang Juga! – Ada kabar baik bagi kita para blogger Indonesia. Kini ada sebuah affiliate network baru yang bisa kita manfaatkan untuk memonetisasi blog kita. Adalah Involve Asia, yang sebelumnya dikenal dengan nama ShopStylers, sebuah situs performance marketing platform berbasis di Malaysia. Sebelum kita masuk ke bagian monetisasi menggunakan platform ini, mari mengenal Involve Asia sedikit lebih dalam.

Tentang Involve Asia

Program Afiliasi Involve Asia
Program Afiliasi Involve Asia

Involve Asia merupakan platform pemasaran yang secara khusus ditujukan kepada para pelaku e-commerce dan online retailers lainnya demi mendongrak penjualan. Platform ini membantu e-commerce di kawasan Asia Tenggara dalam meningkatkan penjualan produk dan layanan dengan menghubungkannya kepada para publisher online atau pun online influencer yang memiliki pengikut banyak dengan bantuan program afiliasi.

Involve Asia ini mendongkrak nilai pemasaran beragam e-commerce yang tergabung dengan bantuan platform afiliasi yang mereka sediakan.

Program Afiliasi Involve Asia

Karena fokusnya adalah untuk menghubungkan publisher/online influencer dengan e-commerce yang tergabung, Involve Asia ini menjembatani keterikatan antara pemiliki e-commerce dengan pemilik media online, khususnya para blogger dengan pembaca setia yang banyak jumlahnya, dengan program afiliasi yang disediakan.

Program afiliasi dengan Involve Asia tentu saja memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang. Setiap e-commerce yang tergabung di Involve Asia memberikan promo untuk produk-produk yang mereka miliki. Nah, tugas kita para blogger adalah memanfaatkan promo tersebut dan kita kabarkan kepada pembaca kita lewat tulisan di blog kita.

Misalnya seperti ini. Ketika Anda sudah mendaftar ke Involve Asia dan sudah diterima, Anda bisa menemukan beragam promo yang diadakan oleh berbagai e-commerce yang tergabung ke dalam Involve Asia. Tugas kita kemudian, memilih produk tertentu yang menarik untuk kita tawarkan kepada pembaca di blog kita.

BACA JUGA:  Lengkap: Cara Mempercepat Loading WordPress - Part 1

Setelah memilih suatu produk, pilih link dari produk tersebut dan buat sebuah artikel di blog kita tentang produk tersebut dan sematkan link afiliasi dari produk itu. Setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Komisi yang bisa kita hasilkan pun beragam, tergantung berapa persen ketentuan yang telah ditetapkan (ini juga bisa dilihat di Dashboard keanggotaan kita).

Daftar E-Commerce Indonesia yang Ada di Involve Asia

Ada banyak merchant atau e-commerce yang tergabung di Involve Asia, mayoritas adalah e-commerce di Asia Tenggara, dan ada cukup banyak daftar e-commerce Indonesia yang sudah bergabung dengan Involve Asia, antara lain:

  1. Lazada Indonesia
  2. Photobook
  3. Zalora Indonesia
  4. Tees.co.id
  5. Poplook Indonesia
  6. Franc Nobel
  7. PegiPegi
  8. Berrybenka
  9. Hijabenka
  10. Mataharimall
  11. dan beragam e-commerce lainnya.

Bisa kita lihat bahwa e-commerce/merchant di atas merupakan e-commerce besar dan bergengsi yang sekarang ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Dan mempromosikan produk mereka tidak akan sulit, bukan? Apalagi ada banyak sekali pilihan produk yang bisa Anda promosikan di blog Anda lewat link afiliasi Anda.

Cara Bergabung Bersama Program Afiliasi Involve Asia

Jika sudah sampai di tahap ini, saya asumsikan bahwa Anda sudah tertarik untuk bergabung bersama program afiliasi yang disediakan oleh Involve Asia.

Sebelum mendaftar, berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan:

1.Siapkan ID Skype Anda (required/harus ada)

2. Siapkan akun Paypal jika Anda belum punya. Penghasilan Anda dari program afiliasi ini akan ditransfer ke akun Paypal Anda.

3. URL blog Anda yang paling utama: jika Anda punya beberapa blog, pilih yang paling sesuai untuk memasarkan produk dari e-commerce yang tergabung di Involve Asia dan yang paling populer berdasarkan pada data rating/users/pageviews dan sebagainya.

BACA JUGA:  5 Hal Penting Menjadi Guest Blogger

4. Tentukan kategori utama blog Anda dan kategori kedua karena ini juga akan ditanya ketika mendaftar.

5. Login ke Google Analytics dan cari data-data berikut di akun Anda:

  • Pengunjung unik bulanan blog Anda (unique monthly visitors)
  • Visitors Gender, mayoritas pria (mostly male) atau mayoritas wanita (mostly female)?
  • Visitors Age Group (kira-kira rentang umur berapa saja pengunjung blog Anda?)

6. Primary business model blog Anda apa? Jika di pilihan dropdown nanti tidak ada yang sesuai di blog Anda, maka pilih saja other.

Nah, jika hal-hal di atas sudah disiapkan, maka sekarang ikuti cara-cara berikut untuk bergabung bersama program afiliasi Involve Asia:

  1. Mendaftar di Involve Asia.

2. Masukkan data-data Anda sebenar-benarnya dan selengkap-lengkapnya. Berikut rincian data yang perlu Anda isi:

Account Details

Program Afiliasi Involve Asia - Affiliate Sign Up InvolveAsia

User Details

Program Afiliasi Involve Asia - Affiliate Sign Up InvolveAsia

Additional Questions

Program Afiliasi Involve Asia - Affiliate Sign Up InvolveAsia 2

Khusus untuk Additional Questions, masukkan data-data yang sudah Anda siapkan di bagian sebelumnya. Seperti biasa, bagian formulir dengan tanda (*) wajib Anda isikan.

3. Lanjutkan pendaftaran ke tahap berikutnya. Verifikasi email pendaftaran jika Anda menerimanya.

4. Jika pendaftaraan Anda diterima oleh pihak Involve Asia, maka silahkan lakukan login (biasanya sudah secara otomatis login) dan masukkan usernam beserta password yang telah Anda buat.

5. Di dalam Dashboard akan terlihat tampilan seperti ini:

Program Afiliasi Involve Asia - dashboard

Nah, jika sudah bisa masuk ke dalam dashboard akun Anda, maka Anda sudah resmi menjadi bagian dari program afiliasi Involve Asia. Silahkan manfaatkan segala macam resources/alat yang terdapat di dalam dashboard untuk mulai melakukan promosi terhadap produk e-commerce yang ada.

BACA JUGA:  Memperkenalkan Google Sitelinks! Apa itu Google Sitelinks?

Setiap pembelian yang terjadi lewat link afiliasi yang Anda berikan maka Anda akan mendapatkan komisi. Besaran komisi tergantung pada persenan yang telah ditentukan dan barang yang terjual.

Misalnya seperti ini, jika Lazada Indonesia menetapkan besaran komisi 10% pada produk-produk promonya, maka ketika Anda berhasil menjual produk yang berharga Rp 1.000.000,- lewat link afiliasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp 100.000,-.

Sekarang tergantung dari strategi Anda dalam mempromosikan produk-produk tersebut dan seberapa jeli Anda memanfaatkan promo yang sedang berlangsung dari berbagai e-commerce yang tergabung.

Hal yang Perlu Anda Ingat

  1. Manfaatkan segala tool yang disediakan dengan sangat baik.
  2. Penghasilan Anda baru bisa dicairkan ke akun Paypal Anda jika sudah memenuhi angka minimal, yakni MYR 50 (50 Ringgit Malaysia) atau sebesar Rp 165.000,-. Involve Asia saat ini masih hanya mendukung mata uang Ringgit Malaysia.
  3. Segera daftarkan jika belum mendaftar karena program ini masih terhitung baru, oleh karena itu saat ini masih mudah seleksinya.
  4. Tidak semua blogger akan diterima ke dalam program afiliasi ini, dan faktor utamanya adalah konten blog yang tidak sesuai dengan produk/layanan e-commerce, pengunjung yang masih sangat sedikit, dan alasan-alasan lainnya.

Penutup

Program afiliasi Involve Asia merupakan peluang baru bagi kita para blogger Indonesia dalam memonetisasi blog kita. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan sangat baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog kita. Silahkan daftarkan blog Anda segera ke program afiliasi Involve Asia dan dapatkan penghasilan tambahan lewat blog Anda. Semoga bermanfaat.

8 KOMENTAR

    • wah mas kudu diaplikasikan mumpung lagi berkembang-berkembangnya. saya juga sudah sering dapat email dan baru kali ini nge-post tentang Involve Asia, setelah analisa lagi, ternyata sistemnya mirip Amazon Affiliate dan menarik sekali untuk blogger Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR