Cara Memasang Kotak Pencarian Google di Blog

Cara Memasang Kotak Pencarian Google di Blog – Memasang kotak pencarian Google di blog mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang.

Namun bagi Anda yang ingin membuat situs Anda lebih fungsional dan agar kunjungan yang terjadi lebih lama, maka membuat kotak pencarian Google dan memasangnya di blog merupakan salah satu pilihan yang baik untuk blog Anda.

Kotak pencarian Google yang akan ditampilkan di dalam blog Anda sama dengan kotak pencarian Google di situs resminya.

Jadi pencarian yang dilakukan oleh pengunjung blog Anda di kotak pencarian Google yang Anda pasang akan sama akuratnya dengan pencarian Google di situs resminya.

Baiklah, dalam tutorial kali ini saya memandu Anda semua untuk mempercantik blog Anda dengan memasang kotak pencarian Google di blog.

Tolong dicatat bahwa panduan ini hanya untuk Anda pengguna WordPress self hosted. Jika Anda pengguna WordPress self hosted maka silahkan lanjutkan membaca artikel ini. Mari langsung saja ke bagian tutorialnya:

UTM Campaign Builder untuk Google Analytics

UTM Campaign Builder untuk Google Analytics

... Selengkapnya

Cara Memasang Kotak Pencarian Google di Blog

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka halaman Create Custom Search Engine.

2. Setelah halaman tersebut terbuka, silahkan klik “Create a Custom Search Engine” atau “Buat mesin telusur khusus”. Setelah itu silahkan isikan nama dan deskripsi singkat terlebih dahulu.

3. Lalu Anda diminta untuk memasukkan alamat URL blog Anda di kotak yang telah disediakan. Setelah itu Klik Next.

4. Setelah Anda meng-klik Next, Anda akan diarahkan ke halaman “Try it out”, lewati halaman itu dengan meng-klik Next.

5. Anda akan memasuki halaman baru, silahkan klik “Change the look and the feel”. Setelah itu klik “Two Page” lalu silahkan klik “Save and get code”.

Masukkan alamat situs Anda kembali dan pilih salah satu antara HTTP atau HTTPS. Di bagian specify the query parameter……….. di bawah kotak URL, ketikkan huruf ‘s’.

6. Setelah itu Anda tentu membutuhkan kode untuk memasang kotak pencarian Google di blog Anda.

Pastekan dua kode yang disediakan masing-masing di bagian searchform.php dan di bagian search.php di file Editor tema WordPress Anda. Jika belum ada silahkan buat terlebih dahulu.

7. Kotak pencarian Google di blog Anda sudah berhasil dipasang.

Dengan memasang kotak pencarian Google di blog maka fitur yang Anda disediakan untuk pengunjung blog Anda akan semakin lengkap.

Apa Itu Google BERT? Mengenal Algoritma Terbaru Google BERT

Apa Itu Google BERT? Mengenal Algoritma Terbaru Google BERT

Apa Itu Google BERT? Mengenal Algoritma Terbaru Google BERT – Perkembangan dunia digital ... Selengkapnya

Hal ini juga sekaligus dapat mempercantik tampilan blog Anda, melengkapi fasilitas yang dibutuhkan pengguna internet yang sedang berkunjung ke blog Anda (karena mereka dapat menggunakan kotak pencarian Google di blog Anda tanpa harus membuka situs Google terlebih dahulu), dan juga menambah keprofesionalan blog Anda.

Dengan memasang kotak pencarian Google di blog maka tampilan website Anda akan terlihat menjadi lebih keren dan fungsional.

Pengunjung sewaktu-waktu bisa menggunakan kotak pencarian tersebut tanpa harus membuka situs Google di tab baru browser mereka.

Cara Kerja Mesin Pencari Google: 3 Fundamental SEO

Cara Kerja Mesin Pencari Google: 3 Fundamental SEO

Cara Kerja Mesin Pencari Google: 3 Fundamental SEO – Mesin pencari saat ini sudah banyak ... Selengkapnya

Jika Anda membutuhkan informasi tambahan jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah sesuai dengan baik, no spam please.

Jika Anda mempunyai informasi tambahan terkait tulisan ini, silahkan share ke kami maka kami akan menampilkannya. Jika Anda tertarik menjadi penulis tamu, silahkan baca aturannya di menu Penulis Tamu.

Setelah Anda mengikuti dan mengaplikasikan cara-cara di atas ke dalam blog Anda untuk memasang kotak pencarian Google di blog Anda dengan baik dan benar, maka Anda sudah berhasil memasang kotak pencarian Google di blog Anda. Kalau begitu selamat mencoba 😀


Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin

Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin

Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin – Siapapun Anda entah itu blogger, ... Selengkapnya

Walter Pinemhttps://walterpinem.me/
Traveler, Teknisi SEO, dan Programmer WordPress. Aktif di Seni Berpikir, A Rookie Traveler, GEN20, Payung Merah, dan De Quixote.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Lengkap: Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda

Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda - Theme dalam sebuah blog berbasis WordPress merupakan salah satu unsur terpenting. Kebanyakan pengguna WordPress pemula cenderung pusing untuk...

Cara Membuat Artikel Terkait dengan Gambar/Thumbnail

Cara Membuat Artikel Terkait dengan Gambar/Thumbnail - Artikel terkait memang penting ditempatkan di akhir setiap postingan di blog Anda. Artikel terkait membantu pengunjung untuk tetap...

Cara Menggunakan Google Fonts Tanpa Plugin

Cara Menggunakan Google Fonts Tanpa Plugin - Saat ini terdapat lebih dari 670 font di Google Fonts, dan menggunakan Google Fonts di blog WordPress...

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,370FansLike
796FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!