Wordpress Security (Google.com)5 Cara Melindungi Blog WordPress – Bagi Anda pengguna wordpress tentunya Anda harus mengetahui apa-apa saja cara yang harus Anda lakukan untuk melindungi blog wordpress Anda. Dengan semakin banyaknya hacker dan penyebar malware di dunia maya tentu Anda juga sebagai pemilik blog wordpress harus tetap waspada dan berjaga-jaga agar blog Anda tidak menjadi sasaran atau tidak terancam.

Anda mungkin tidak dapat menjamin tidak tahu sejauh mana tingkat keamanan situs wordpress Anda dan tidak dapat menjamin keamanan situs Anda sendiri. Untuk itu mungkin tulisan ini dapat membantu kekhawatiran Anda dan tetap siaga dalam melindungi blog wordpress Anda.

Berikut ini saya menyediakan langkah-langkah untuk melindungi blog wordpress yang sudah susah payah Anda bangun. Tidak ada cara yang susah dalam langkah-langkah berikut ini, jadi Anda bisa dengan santai mengikuti cara-cara tersebut dan mengimplementasikannya dengan mudah.

Berikut 5 cara yang saya berikan untuk melindungi blog wordpress Anda:

1. Lakukan back up secara berkala. Back up bisa melindungi gangguan atau pun perangkat jahat yang masuk ke dalam Anda. Jika blog Anda terserang malware, dengan back up tersebut Anda bisa mengembalikan data-data yang masih bersih dan tempatkan kembali ke dalam blog wordpress Anda. Caranya mudah, masuk saja ke cPanel hosting Anda dan upload hasil back up Anda ke dalamnya. Jika Anda belum tahu caranya, silahkan browsing saja di google, semuanya lengkap kok 😀 Sebelum melakukan back up, ada baiknya Anda menginstall plugin back up seperti DBC backup , WP-DBManager, WP-DB-Backup, dan sebagainya. Tips dari saya untuk melakukan back up, lakukanlah back up sesering mungkin dan bila perlu atur back up wordpress Anda setidaknya dua kali seminggu.

BACA JUGA:  Cara Melihat Jumlah Total Pembaca Suatu Postingan Wordpress

2. Cek Update wordpress secara berkala. Ketika wordpress melakukan update pada sistemnya, mereka juga secara khusus mengupdate sistem keamanannya. Oleh karena itu Anda perlu memeriksa update wordpress secara berkala agar Anda tetap berada pada jalur keamanan yang sudah ditetapkan wordpress dengan update mereka. Di bagian dashboard, tunggu saja ketika ada notifikasi di bagian Updates. Segera lakukan update jika sudah tersedia.

3. Ubah username Admin wordpress segera setelah dibuat. Setelah Anda membangun blog wordpress, username admin yang diberikan merupakan username secara default. Segera ubah dengan username pilihan Anda dan gunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak.

4. Gunakan Password yang kuat dan tidak mudah ditebak. Hal ini menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap blogger dan pengguna media sosial lainnya. Gunakan password yang kuat dan jangan coba-coba membuat password dengan tanggal lahir Anda. Cobalah membuat password dengan kombinasi huruf besar dan kecil serta angka.

5. Gunakan Plugin Keamanan WordPress. Plugin wordpress seperti Exploit Scanner dan Wp Security Scan dapat dengan mudah Anda gunakan untuk membantu melindungi blog wordpress Anda. Anda juga bisa menggunakan plugin Login Lockdown, namun jika Anda menggunakan wordpress versi 3.1 ke atas, plugin tersebut secara otomatis sudah terinstall di blog Anda.

BACA JUGA:  ASEAN dan Perdamaian Kawasan

Itulah 5 langkah dari saya untuk membantu Anda dalam melindungi blog wordpress Anda. Cara melindungi blog wordpress tidak terbatas pada 5 cara yang saya berikan di atas, silahkan cari cara lain yang mungkin membantu melindungi blog wordpress Anda yang sudah tersebar banyak di jagad maya.

Atau jika Anda memiliki informasi tambahan terkait cara melindungi blog wordpress silahkan share ke kami. Jika ada pertanyaan dari kalian silahkan tanyakan dengan berkomentar di kolom komentar di bawah tulisan ini. Berkomentarlah dengan baik dan jangan sebarkan spam. Terkait tulisan ini, maka saya mengucapkan selamat mencoba 😀

TINGGALKAN KOMENTAR