6 Rahasia Blogging yang Bisa Anda Ambil dari Jurnalis

53
rahasia blogging

6 Rahasia Blogging yang Bisa Anda Ambil dari Jurnalis – Blogger dan jurnalis memiliki banyak kesamaan. Dari antara kesamaan itu, menulis tentulah menjadi salah satunya. Bagi jurnalis sendiri, ketika dia mengisi sebuah kolom berita di media online dengan tulisannya, ia bisa menganggap dirinya sebagai blogger.

Aktivitas blogging memanglah tidak semudah kedengarannya. Tergantung apa yang menjadi fokus kita dalam hal blogging memang, tetapi apa nantinya kita tulis hendaknya berdampak baik bagi pembaca. Orang-orang di luar sana selalu haus akan informasi. Untuk itulah jurnalis dan blogger kerap bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut.

Nah, dari sekian banyak hal yang bisa kita pelajari dari para jurnalis, terdapat setidaknya 6 rahasia blogging yang bisa kita ambil dari mereka. Apa saja 6 rahasia blogging tersebut?

6 Rahasia Blogging yang Bisa Anda Ambil dari Jurnalis

1.Gunakan Judul Artikel yang Mampu Menarik Perhatian

Jurnalis tahu betul bagaimana menarik perhatian para pembaca melalui judul berita yang mereka buat. Jurnalis tahu betul mempermainkan psikologi kita hanya dari judul artikel yang mereka buat, sehingga kita menjadi sangat tertarik untuk membaca artikel tersebut.

Masih banyak dari kita yang belum sepenuhnya yakin tentang isi artikel sebelum membaca keseluruhan isi artikel itu. Kita bisa memanfaatkan judul untuk mewakili isinya, dan membuat pembaca bisa menebak kira-kira apa yang tertuang dalam isi artikel tersebut. Buatlah judul semenarik mungkin agar para pembaca semakin tertarik untuk membaca artikel yang kita tulis.

Untuk referensi selanjutnya, kita bisa membaca-baca situs berita favorit atau membaca majalah apapun dan mempelajari bagaimana para jurnalis mempraktekkan hal ini. Sedikit-banyak terdapat cukup banyak informasi penting tentang bagaimana membuat judul artikel yang mampu menarik perhatian pembaca, sehingga pembaca itu pun memutuskan untuk membaca artikel kita.

2. Motivasi

Dalam jurnalisme, motivasi merupakan salah satu elemen dasar dan kuat. Motivasi dalam hal ini bukanlah motivasi untuk mendorong Anda untuk memperbaharui kehidupan Anda keseluruhan menjadi lebih baik lagi. Bukan seperti itu. Motivasi di sini maksudnya untuk mendorong pembaca agar terus membaca artikel/tulisan tersebut hingga selesai.

BACA JUGA:  Menggunakan Custom Domain atau Top Level Domain (TLD)

Jika kita perhatikan baik-baik di media berita online atau majalah serta surat kabar, penulisnya biasanya berusaha semaksimal mungkin untuk menggabungkan kata/kalimat menjadi semenarik mungkin yang pada dasarnya mewakili esensi dari isi artikel itu. Biasanya di paragraf atau beberapa kalimat awal, penulis biasanya memberitahu sedikit tentang latar belakang atau sejarah yang mewakili isi artikel, atau esensi dasar dari artikel itu sendiri. Data, fakta, serta statistik juga berguna untuk menarik perhatian pembaca di bagian awal paragraf pembuka.

Manfaatkan kata-kata, data, fakta, cerita, dan sebagainya yang memotivasi di bagian awal paragraf pembuka untuk mendorong pembaca agar membaca keseluruhan isi artikel yang Anda tulis.

3. Buat Isi Artikel Lebih Dalam dan Asik Untuk Dibaca

Hal ini memang relatif, orang-orang memiliki definisi ‘asik’-nya tersendiri. Namun pada dasarnya, jurnalis tahu betul bagaimana merangkum data dan membuat tulisan yang bisa dinikmati oleh pembaca. Contohnya, Anda pasti sering membaca berita yang isinya disertai dengan kutipan dari narasumber yang diinterview, semacam quote di dalamnya. Quote di situ dimaksudkan untuk membuat isi artikel tertuju/ditegaskan pada poin-poin penting yang ingin disampaikan. Apalagi narasumber yang diinterview biasanya merupakan kaum expert di bidangnya.

Dalam hal blogging, interview kepada blogger dan expert di bidang lainnya sudah cukup populer sekarang ini. Anda bisa melihat berbagai artikel interview saya terhadap blogger yang masing-masing pro di bidangnya lewat halaman ini. Intinya, interview bisa Anda jadikan topik khusus dalam artikel Anda, bisa juga untuk mendapatkan sumber/referensi baru untuk memperkuat argumen Anda dalam topik tertentu. Rahasia blogging dari jurnalis ini bisa kita manfaatkan agar tulisan yang kesannya biasa saja bisa lebih dinikmati oleh para pembaca, yang penting poin inti dan pesan utama Anda lewat artikel dapat disampaikan kepada pembaca.

4. Gunakan Prinsip “Piramida Terbalik”

rahasia blogging
medium.com

Di kalangan jurnalis, prinsip piramida terbalik sudah sangat dikenal. Anda bisa melihat, porsi yang balik banyak terdapat di satu artikel berita adalah hal yang paling penting dan di tempatkan di awal, sedangkan yang cukup penting di pertengahan berita, dan hal-hal pelengkap serta kurang penting di bagian akhir dengan porsi yang lebih sedikit.

BACA JUGA:  Tips Blogging: 8 Alasan Mengapa Menggunakan Wordpress

Mungkin Anda belum menyadarinya, tetapi setiap kali Anda membaca berita, Anda pasti dengan mudahnya mendapati inti utama berita tersebut di bagian awal dengan cakupan yang padat dan relatif lengkap. Semakin Anda membaca ke bagian bawah maka sifat berita tersebut pun menjadi kurang penting, tetapi tetap perlu Anda ketahui karena sifatnya sebagai “pelengkap” atau pun untuk mempertegas kelurusan berita.

Tujuan dari metode piramida terbalik tersebut bagi jurnalis adalah menunjukkan kepada para pembaca hal-hal apa yang paling penting di dalam berita tersebut, dimulai dari bagian paling awal si berita. Dan jurnalis juga memberikan pilihan kepada pembaca, apakah tetap ingin membaca berita tersebut untuk mengetahui informasi pelengkap atau tidak, tetapi yang penting jika pembaca selesai membaca bagian yang paling penting di awal, maka inti berita pun sudah tersampaikan. Rahasia blogging ini juga sudah sangat luas dipraktekkan, hanya saja kita kerap lupa prinsip dasarnya dan tidak menyadarinya.

5. Yang Tercepat Untuk Menemukan Berbagai Informasi Penting dan Menarik

Informasi penting saja sepertinya kurang lengkap jika kurang menarik, apalagi sudah out of date. Rahasia blogging selanjutnya yang bisa kita tiru dari jurnalis adalah, bagaimana menemukan berbagai informasi penting sekaligus menarik, yang bahkan sering tidak kita ketahui. Jurnalis pada umumnya berusaha untuk mendapatkan informasi tercepat di mana pun, kapan pun, sehingga mereka kerap meninggalkan informasi kontak mereka ke berbagai pihak di tempat-tempat tertentu. Jika suatu momen penting dan menarik terjadi di suatu tempat, mereka bisa diberikan kabar dan segera menuju tempat tersebut untuk meliput informasi tersebut.

Kita sebagai blogger juga bisa meniru hal ini. Jadilah yang tercepat untuk mengumpulkan informasi penting dan menarik dan membagikannya di blog kita dengan berbagai cara. Berbagai cara tersebut antara lain:

  • Berlangganan email di website favorit Anda dan website-website lain yang berhubungan dengan niche/topik blog Anda.
  • Anda juga harus sering memantau website berita untuk informasi terkini.
  • Pantau terus Google Trends untuk melihat apa yang sedang tren sekarang ini.
  • Twitter juga bisa digunakan, jauh lebih mudah dan cepat. Anda juga bisa memantaunya dari Trends24.
  • Gabung ke forum online atau komunitas blogger untuk saling bertukar informasi.
  • Dan sebagainya
BACA JUGA:  5 Langkah Awal Membuat Blog

Setelah Anda mendapatkan berbagai informasi penting, sekarang Anda harus bisa mengkajinya dan merangkum data-data tersebut dengan kemasan kata yang lebih menarik.

6. Gunakan Tools Khusus Untuk Menulis

Tool apa yang biasanya Anda gunakan untuk menulis artikel blog Anda? Apakah sudah cukup dengan text editor yang sudah tersedia di platform blog Anda? Atau adakah alat lain yang biasanya Anda gunakan? Beberapa rekomendasi saya yang kerap saya gunakan untuk menulis artikel di blog saya adalah:

  • Google Docs: Biasa saya gunakan untuk menulis satu artikel penuh maupun draft, langsung tersimpan di Google Drive dan bisa didownload dalam berbagai format file.
  • Microsoft Word: Tool yang sudah sangat sering dan umum digunakan, terdapat di berbagai OS dan jenis PC.
  • Write!: Software ini secara khusus saya gunakan untuk artikel yang relatif panjang. Write! merupakan software free-distraction berbasis cloud, yang secara otomatis akan membackup tulisan Anda dan bisa dibuka di mana pun. Write! sangat nyaman untuk digunakan, fokus pada pengerjaan tulisan, menyediakan paket gratis maupun berbayar, dan juga tersedia untuk Windows dan Mac OS.

Terlepas dari itu, apapun tool yang Anda gunakan, kualitas tulisan dan informasi yang Anda sampaikan adalah hal yang terpenting.

Penutup

Menulis artikel untuk blog memang relatif lebih mudah ketimbang menulis untuk keperluan lain. Blogging bisa mengembangkan gaya Anda menulis dan berkomunikasi kepada pembaca, untuk itu, tidak ada salahnya kita mengambil beberapa trik dari para jurnalis yang bisa kita gunakan sebagai rahasia blogging kita. Adakah rahasia blogging lain yang menurut Anda penting diterapkan oleh setiap blogger? Silahkan bagikan. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR