10 Tips Blogging Untuk Pemula

10 Tips Blogging Untuk PemulaBlogging adalah jenis pekerjaan yang bergelut di dunia website dan tulis menulis.

Dikarenakan persaingan yang cukup ketat, Anda harus bekerja keras agar blog disukai serta menghasilkan uang. Untuk itu, coba terapkan 10 tips blogging untuk pemula agar sukses menjadi blogger.

10 Tips Blogging Untuk Pemula

Tulis Topik yang Sedang Hangat Dibicarakan

Cobalah menulis topik sedang banyak dicari orang. Anda dapat menggunakan situs pencarian keyword untuk membantu mencari tahu apa yang sedang hangat dibicarakan saat ini. “Ahref’s Keywords Explorer” merupakan salah satunya.

Baca Juga: 10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba

Di situs tersebut, Anda dapat melihat beberapa data terkait topik hangat, ditambah dengan informasi presentasenya.

Terdapat lebih dari 7 milliar kata kunci yang terus diperbaruhi setiap bulannya. Ahref’s Keywords Explorer memiliki 10 mesin pencari berbeda, volume pencarian akurat dan kelebihan lainnya.


Buat Konten yang Layak Dijadikan Referensi

Tulisan yang unik dan memiliki sudut pandang berbeda dari yang lain akan menarik bagi orang-orang untuk membacanya.

Baca Juga: Tips Blogging: 5 Penting Yang Wajib Anda Penuhi

Cobalah lihat apakah artikel Anda memiliki ciri khas tersebut. Ajukan pertanyaan seperti, apakah penyampaian ide berbeda dari lainnya? Atau akankah pembaca akan membagikannya?

Jika jawabannya adalah iya, maka tulisan Anda bagus. Jika tidak, buatlah kembali dengan menambahkan perspektif unik. Masukkan data-data, lakukan survei dan perbanyak informasi tentang topik yang sedang diangkat.


Buat Postingan yang Mudah Dibaca

Saat ini, faktanya masyarakat lebih suka menonton dari pada membaca. Maka tugas seorang penulis adalah membuat konten tulisan mudah dibaca semua orang. Anda dapat melakukannya dengan mempelajari cara mengedit artikel, sehingga mudah untuk dibaca.

Beberapa tips blogging untuk pemula yang bisa dilakukan, misalnya dengan menggunakan paragraf pendek, buat kalimat yang padat, masukkan konten multimedia (seperti gambar, video, GIF, dll), gunakan pemformatan (huruf tebal, cetak miring, kutipan, poin-poin) dan bacalah tulisan Anda dengan keras untuk mengetahui mudah dibaca atau tidak. 


Tulis Berita Utama 

Kebanyakan orang akan mencari konten melalui mesin pencarian atau media sosial. Mereka akan memutuskan untuk membacanya dilihat dari judul tersebut menarik atau tidak.

Sebagai blogger pemula, coba untuk menulis konten yang dapat menarik perhatian orang. Namun, bukan berarti boleh clickbait.

Anda harus tetap memahami cara kerja tajuk berita dengan benar. Belajarlah dari beberapa blog lain yang lebih populer dan lihat bagaimana cara mereka menyusun berita utama. Para blogger pemula juga bisa menggunakan penganalisa judul gratis, seperti “Headline Analyzer”.


Jadilah Blogger Tamu (Guest Blogger)

Menjadi blogger tamu berarti harus menulis artikel untuk blog lain dengan menyisipkan tautan ke blog milik Anda sendiri. Pastikan blog tersebut memiliki topik yang sama, misalkan tentang fashion.

Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap

Sebagian besar blog populer, pasti memiliki konten bagus. Ini kesempatan baik bagi blogger pemula untuk belajar. 

Selain itu, Anda juga harus menganalisa domain authority-nya terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dijadikan rujukan sebuah situs melalui mesin pencarian, seperti Google. 


Tulis Pengantar yang Bagus

Tulisan bagus ialah yang mampu membuat pengunjung membaca kalimat pertama. Kemudian, buatlah pengantar untuk menghubungkan mereka dengan keseluruhan topik dalam artikel.

Jadi, usahakan jangan membuat pengantar terlalu panjang, karena hanya membuat para pembaca bosan.

Contoh pengantar yang menarik, misalkan tunjukkan kepada pembaca bahwa Anda memahami masalah yang dihadapi.

Dengan begitu, mereka akan merasa diperhatikan. Katakan bahwa ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan buat pembaca percaya dengan isi artikel.


Pelajari SEO Dasar

Ini merupakan tahapan yang penting. Sebagai blogger, pelajari pondasi pemahaman mengenai “Search Engine Optimization”.

Baca Juga:

Mulailah dari dasar tentang bagaimana supaya tulisan ramah bagi mesin pencari dan tidak membuat pembaca bosan.

Anda juga harus memahami mengenai SEO on Page. Hal ini terkait dengan penempatan kata kunci pada judul dan penggunaan URL pendek di dalam sebuah deskripsi.

SEO tidak hanya tentang memasukkan kata kunci yang tepat, namun adanya kata dan frasa terkait merupakan faktor penting.


Bagikan Tulisan di Sosial Media

Tips blogging selanjutnya adalah bagikan tulisan Anda ke beberapa jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr, Pinterest dan lain sebagainya.

Ini merupakan cara yang mudah untuk mempromosikan karya supaya mendatangkan banyak pengunjung dan pembaca.


Promosikan Tulisan di Komunitas Online

Anda juga dapat mempromosikan tulisan pada komunitas online di beberapa media sosial dan ikuti grup kepenulisan seputar blogging.

Ini merupakan bagian strategi yang bagus untuk saling berkomunikasi sesama blogger dan mendapatkan umpan balik serta masukan. 


Menulislah Setiap Hari

Tips blogging untuk pemula terakhir adalah teruslah berlatih dengan menulis setiap hari. Ini akan membangun sebuah kebiasaan. Semakin banyak Anda berlatih, maka konten tercipta juga akan semakin baik. 

Menulis tidak bisa langsung menjadi bagus dan banyak yang menyukai. Fokuslah pada tujuan awal dan tulis sebanyak mungkin sesuai kemampuan dan posting di blog. Kemudian, jangan lupa untuk mempromosikannya di sosial media dan grup online.

Menjadi blogger membutuhkan sebuah konsistensi, kemampuan promosi tulisan yang baik, memiliki jaringan dan lainnya. Cobalah menerapkan 10 tips blogging untuk pemula dan raih tingkatkan trafik blog Anda. Selamat bekerja. Semoga bermanfaat. 

Walter Pinemhttps://walterpinem.me/
Traveler, Teknisi SEO, dan Programmer WordPress. Aktif di Seni Berpikir, A Rookie Traveler, GEN20, Payung Merah, dan De Quixote.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Blogging Seperti Pro, Mulai Dari Sekarang

Blogging Seperti Pro, Mulai Dari Sekarang - Di Indonesia mungkin masih sedikit sekali blogger yang khusus mengabdikan dirinya untuk fokus di dunia blog, tapi...

Membuat Blog yang Menghasilkan

Membuat Blog yang Menghasilkan - Sangat dimaklumi jika seseorang berharap banyak dari blog atau websitenya, tentu saja hal ini tidak lain karena faktor kebutuhan...

Cara Mengetahui Apakah Website Anda di-Banned Google Adsense

Cara Mengetahui Apakah Website Anda di-Banned Google Adsense - Setelah lama tidak update tentang tutorial blog/website, kali ini saya memberikan sedikit tips untuk membantu...

1 KOMENTAR

  1. Mantap kang isi artikel nya sangat membantu untuk blogger pemula seperti saya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,370FansLike
795FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!