Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula – Saat ini, YouTube sedang naik daun dengan berbagai macam video di dalamnya.

Banyak orang mulai berlomba-lomba untuk berkiprah menjadi seorang YouTuber. Jangan khawatir, bagi yang belum terlalu paham bagaimana cara menjadi YouTuber untuk pemula, ada langkah mudah bisa dipelajari dan dipraktikkan. 

Menjadi seorang content creator tidak lagi dipandang sebelah mata. Selain terkenal, juga bisa memberikan pemasukan rupiah setiap bulannya. Langkah ini bisa dimulai dengan cara sebagai berikut:

Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula, Wajib Dicoba!

1Pastikan Memiliki Email Google

Akun Google berfungsi sebagai alat untuk melakukan registrasi saat membuat email, termasuk untuk mendaftar di YouTube. Caranya sangat mudah sekali, buka situs Gmail dan ikuti langkah pendaftarannya.

Baca Juga: 10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba

Di dalamnya Anda akan dimintai mengisi beberapa form terkait data diri, mulai dari umur, jenis kelamin, tanggal lahir dan alamat tempat tinggal.

Setelah itu, akan diminta mengisikan nomor ponsel untuk melakukan konfirmasi ulang pada akun yang dibuat.


2Membuat Akun YouTube

Berbicara menjadi seorang YouTuber, tentu Anda harus memiliki akun Youtube terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Akun email yang telah dibuat di atas tadi dimasukan untuk melakukan login. Ini akan secara otomatis masuk ke dalamnya.

Baca Juga: Review DesignEvo: Aplikasi Pembuat Logo Gratis

Setelah memiliki akun, pastikan membuat “Channel YouTube” dengan klik bagian “My Channel” kemudian atur nama channel Anda.

Ini berfungsi untuk identitas dan konten yang akan dibuat. Pastikan memberi kata simpel dan unik agar mudah untuk diingat oleh pengunjung.


3Membuat Video atau Konten 

Hal yang menjadi tantangan bagi seorang content creator YouTube, yaitu kemampuan dalam membuat sebuah video atau konten menarik. Namun, harus bisa diterima oleh banyak kalangan terutama penikmat YouTube.

Baca Juga: Cara Membuat Resume Online atau CV Online dengan WordPress

Anda bisa membuat berbagai video dengan menentukan alur cerita maupun tema di dalamnya. Misalnya video unboxing, video parodi, vlog hingga video tutorial make up atau yang lainnya.

Bagi pemula, Anda bisa menyuguhkan video tidak terlalu panjang, durasi lebih kurang dari 5 sampai 10 menit saja agar penonton tidak bosan. Jika belum memiliki peralatan yang memadai, cukup menggunakan kamera smartphone saja.


4Editing Video 

Setelah video selesai dibuat, alangkah baiknya Anda mengedit terlebih dahulu. Ini karena video yang Anda miliki merupakan gabungan dari beberapa kejadian. Oleh karena itu, tidak hanya mengedit satu video saja. Selain itu, pastikan bagian demi bagian ada kesinambungan.

Anda harus perhatikan durasi video, tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat.  Bisa ditambahkan berbagai efek, misalnya memberi gambar emoji hingga suara. Jadi, video akan lebih menarik untuk ditonton.


5Upload Video

Cara menjadi YouTuber untuk pemula berikutnya adalah pastikan telah memberi judul pada setiap video dengan keyword yang mudah untuk di temukan oleh mesin pencari.

Anda bisa juga menggunakan salah satu tools Search Engine Optimization. Kemudian, pastikan “Thumbnail” yang menarik, sehingga banyak orang yang ingin melihat video tersebut.

Bagi Anda yang belum tau, Thumbnail adalah gambar tampilan video yang muncul saat orang menemukan konten pencarian.

Kemudian deskripsikan video tadi dengan kalimat jelas, menarik dan cantumkan keywordnya. Jika perlu, tambahkan juga tag yang sesuai dengan video terkait.


6Promosikan Video 

Bagi seorang YouTuber pemula, ketika video selesai diupload masih sedikit pengunjung yang melihat channel tersebut, penyebabnya terletak pada suscriber masih sedikit.

Baca Juga: 55+ Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Anda bisa dengan cara menyebar link video di berbagai akun media sosial dimiliki, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain-lain.

Namun ada cara lain, yaitu dengan melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain yang memiliki subscribe lebih banyak, sehingga akun Anda bisa dilirik oleh banyak orang. Ini sangat efektif, terutama untuk YouTuber pemula untuk menaikkan traffik dari akun mereka.


7Hargai Penonton & Subscriber

Setelah menonton video, beberapa orang akan meninggalkan jejak pada kolom komentar. Ada ungkapan baik dan buruk.

Namun, Anda harus bisa mengendalikan diri, misalnya mengabaikan kalimat buruk dan membalas beberapa yang baik sebagai upaya agar dekat dengan penonton.

Baca Juga: 10 Langkah Penting Dalam Mencari Peluang Usaha Online

Terlebih jika komentar itu bermaksud bertanya, usahakan merespon atau sekedar memberi like atau pujian. Respon sangat berpengaruh pada jumlah subscriber. Selain itu, sebagai bentuk komunikasi antara penonton dan konten kreator.


8Membuat Akun Google Adsense for YouTube

Mungkin di antara Anda ada yang bertanya-tanya, dari mana uang para YouTuber diperoleh? Jawabannya berkaitan dengan akun Google Adsense.

Setelah mengupload berbagai video dan mencapai kriteria tertentu bisa mengajukan pengiklanan.

Untuk saat ini, syarat bisa dipasang iklan adalah dengan mengumpulkan 1.000 subcriber dan 4.000 jam tayang. Akan tetapi, harus melalui proses seleksi cukup ketat dan peninjauan manual dari pihak YouTube terkait konten Anda.

Berasal dari berbagai iklan ini nantinya Anda akan mendapatkan uang serta pembayarannya dilakukan melalui akun Adsense. Namun, sebelum membuatnya pastikan Anda sudah memiliki 3 video original yang sudah diupload.

Demikianlah, berbagai cara menjadi Youtuber untuk pemula, semoga tidak ada rasa khawatir ataupun bingung untuk memulai menjadi “content creator”. Jangan menyerah jika konten belum bisa maksimal, usahakan setiap minggu mengunggah konten yang baru.


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.