10 Tips Termudah Agar Blog Diterima Google Adsense┬á– Sudah banyak sekali tips untuk diterima Google Adsense yang beredar di jagad maya. Banyak sekali yang membantu, tetapi banyak juga yang masih mengecewakan. Google Adsense merupakan jawaban terbaik bagi monetisasi website berbasis pengiklanan. Di antara banyak cara memonetisasi blog yang sudah ada saat ini, memasang iklan dari Google Adsense (GA) merupakan pilihan utama dan paling tepat dengan berbagai alasan.

Sebenarnya saya sendiri sudah pernah menjadi publisher GA untuk beberapa minggu. Waktu ingin mencairkan dollar yang sudah saya kumpulkan via Western Union (WU), blog saya dibanned. Ketika ingin mencairkan dollar tersebut, ada PIN yang dikirim ke alamat rumah saya di Medan, Sumatera Utara. Untuk menunggunya perlu waktu 3 hari hingga 2 minggu, sebagaimana diberitahukan oleh GA. Nah, ketika saya melakukan banding, ternyata tetap saja akun GA saya dibanned dan saya pun secara resmi tidak lagi bisa menjadi publisher GA.

Setidaknya blog saya ini sudah pernah menjadi publisher Google Adsense. Dari pengalaman itulah ada 10 tips termudah yang bisa saya berikan kepada Anda agar blog Anda bisa diterima Google Adsense.

10 Tips Termudah Agar Blog Diterima Google Adsense

1. Fokus Dengan Artikel Berkualitas

Artikel berkualitas di sini maksudnya adalah artikel yang bebas dari copy-paste, minimal panjangnya 300+, dilengkapi dengan gambar jika mungkin, dan bermanfaat bagi orang lain. Google tidak benar-benar tahu apakah isi artikel kita berkualitas atau bermanfaat bagi orang lain, yang jelas Google menilainya dari seberapa sering artikel tersebut dibuka oleh pengunjung yang berbeda-beda dalam beberapa waktu setelah artikel tersebut dipublikasi.

Buatlah setidaknya 20 artikel berkualitas dan posting di blog Anda. Setelah itu share artikel tersebut ke berbagai media sosial dan social bookmark seperti Twitter, Facebook, Lintasme, maupun Kaskus. Orang-orang di luar sana selalu haus akan informasi, jadi buatlah artikel yang kaya akan informasi agar artikel dan blog Anda ramai akan pengunjung. Bagian ini merupakan syarat paling penting agar bisa diterima Google Adsense.

2. SEO Selalu Penting

Sudah lelah dengan SEO? Jangan dulu! SEO adalah alasan di mana Anda bisa mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari seperti Google. SEO berdampak signifikan bagi blog Anda agar diterima GA, juga untuk mendapatkan program make money online lainnya di luar sana. SEO sering kali dijadikan tolak ukur untuk memonetisasi blog, juga berdampak pada Pagerank dan Alexa Rank. SEO juga sangat penting agar diterima Google Adsense

##Baca tips SEO dari saya disini.

3. Gunakan Webmaster Tool dan Google Analytics

Dua tools tersebut sudah disediakan oleh Google secara gratis, kenapa tidak kita pakai? Dua tools di atas sudah sangat bermanfaat untuk pengembangan blog dan menggunakan kata kunci tertarget. Dengan menggunakan dua tools tersebut, Google tahu bahwa Anda-lah pemilik sah blog yang Anda daftarkan ke GA. Untuk lebih memperjelas bahwa Anda-lah pemilik blog tersebut, buatlah Google Authorsip untuk blog Anda. Google Authorship berguna untuk menampilkan foto profil Google+ Anda di mesin pencari, dengan link artikel dan foto Anda bersebelahan. Dengan menggunakan dua tools tersebut maka kita juga bisa dengan lebih mudahnya diterima Google Adsense

4. GA Hanya Menerima Publisher GA Dengan Usia 18+

Ketika saya mendaftarkan blog saya ke GA, saya sudah berusia 19 tahun. Setelah membaca aturan sah dari GA, usia publisher harus minimal 18 tahun, mungkin untuk alasan tertentu. Memang terdengar lucu tetapi tetap saja Anda harus mengikuti aturannya. Jika Anda belum genap berusia 18+ mending bangun blog Anda sebaik mungkin agar ketika Anda sudah berusia 18 tahun, blog Anda siap didaftarkan dengan kualitas yang baik. Inilah syarat lucu tetapi sangat penting agar bisa diterima Google Adsense

5. Selain Usia Pemilik, Usia Blog Juga Harus Tetap Diperhatikan

Banyak sumber yang mengatakan bahwa GA hanya mau menerima blog dengan minimal usianya sudah mencapai 6 bulan. Pengalaman saya dulu, usia blog saya masih 4 bulan terhintung Januari 2013 sudah bisa diterima oleh Google Adsense. Ya, ini pengalaman saya. Namun, ada baiknya Anda benar-benar menyiapkan blog Anda sebaik mungkin terlebih dahulu sebelum mendaftar ke GA. Bila Anda terlalu memaksakan kehendak untuk segera menjadi publisher GA, ujung-ujungnya Anda malah dikecewakan. Sebab, sudah banyak blogger yang terlalu terburu-buru mendaftarkan blog-nya ke GA padahal blog-nya masih berusia harian, mingguan, atau satu/dua bulan.

Sebenarnya tidak ada yang salah jika Anda mengisinya dengan konten yang berkualitas, tetapi kemungkinan besar GA tidak mempercayai bahwa blog yang umurnya masih sangat muda sudah mampu menghasilkan konten berkualitas lengkap dengan jumlah visitor yang banyak ditambah pageview yang banyak. Intinya biar lama asal bisa diterima Google Adsense

6. Desain Blog

Ingatlah bahwa selain konten yang berkualitas, tampilan blog juga sangat berpengaruh bagi pengunjung. Sama halnya dengan GA, desain blog yang rapi dan teratur adalah syarat tertentu agar blog kita bisa menjadi publisher GA. Buatlah navigasi menu yang jelas bagi pengunjung blog Anda. Jangan meletakkan iklan yang berlebihan di setiap sudut blog Anda, juga jangan memasang skrip yang justru mengganggu aktivitas pengunjung di dalam blog Anda. Inilah salah satu aspek paling penting agar diterima Google Adsense

## Silahkan baca tips dari saya untuk membuat tampilan yang tepat untuk blog Anda.

7. Baca Dengan Baik Aturan dari GA Sebelum ‘Melamar’

Sebelum mendaftarkan blog Anda menjadi publisher GA, ada baiknya Anda mengikuti setiap aturan yang dibuat oleh GA. Tidak ada salahnya membaca aturan tersebut terlebih dahulu dan memperbaiki kesalahan yang ada di blog Anda jika ternyata masih melanggar aturan tersebut. Inilah bagian paling utama agar bisa diterima Google Adsense

Inilah aturan lengkap dari Google Adsense.

8. Buatlah 4 Halaman Ini Di Menu Blog Anda

Ketika mendaftarkan blog Anda ke GA, dalam beberapa hari blog Anda akan direview terlebih dahulu sebelum benar-benar diterima. Buatlah 4 halaman utama ini di dalam blog Anda lalu tempatkan di menu agar mudah dibaca oleh siapapun yang mengunjungi blog Anda:

About: Boleh juga membuatnya dengan nama About Me atau About Us jika blog Anda dioperasikan oleh beberapa admin. Tujuannya agar pengunjung dan Google tahu siapa sebenarnya diri Anda dan apa sebenarnya isi dan tujuan dari blog ini.

Contact Me: Halaman ini bertujuan untuk memberi informasi bagi pengunjung Anda agar mereka bisa menghubungi Anda ketika membutuhkan bantuan saat sedang berkunjung ke blog Anda. Di situs ini juga Google akan tahu bahwa Anda-lah pemilik blog ini, sama seperti di Webmaster Tool.

Privacy Policy: Privacy Policy ini sebenarnya tidak membingungkan karena Anda dapat membuatnya dengan bantuan artikel ini: Cara Membuat Privacy Policy.

Disclaimer: Yang ini bertujuan untuk memberitahu pengguna bahwa hasil dari artikel di blog Anda di luar tanggung jawab Anda kepada pengunjung. Halaman ini biasanya digunakan oleh blog yang berisi informasi tentang tutorial, video, dan blog yang banyak mengandung konten yang memiliki sumber asli seperti manga, anime, dan sebagainya.

Bagian ini sering dilupakan tetapi sangat manjur agar bisa diterima Google Adsense.

9. Pastikan Anda Sudah Memiliki Banyak Pengunjung

Saya rasa pengunjung 200+ ke atas sudah cukup. Pengunjung blog merupakan inti dari blogging. Anda menulis untuk kebutuhan orang lain akan informasi. Dan bagaimana caranya iklan GA di blog Anda akan menghasilkan uang tanpa pengunjung blog? Mau mencuranginya dengan mengklik iklan sendiri? Saya sarankan untuk tidak melakukannya karena Google pasti akan tahu kecurangan tersebut dan bersiaplah untuk dibanned! Pengunjung jelas menjadi aspek utama agar blog Anda bisa diterima Google Adsense

10. Selesaikan Pembangunan Blog Anda

Blog Anda masih setengah jadi atau versi Beta? Mending jangan dulu mendaftarkannya di GA karena sudah pasti akan ditolak. Persiapkanlah blog Anda dengan minimal berisi 20 artikel berkualitas di dalamnya, navigasi menu yang rapi entah itu kategori tulisan atau pun 4 halaman yang sebelumnya sudah saya tuliskan di poin #8. Setidaknya bersihkan artikel porno, artikel yang melanggar hak cipta, atau pun hal lain yang melanggar kebijakan GA dari blog Anda. Usahakan juga agar Anda sudah merapikan URL yang error, bisa dibersihkan dari Webmaster Tool. Pastikan bahwa blog Anda sudah memiliki 200+ pengunjung ke atas, lebih banyak tentu lebih baik.

Satu hal lagi, perhatikan tampilan blog Anda. Sudahkah rapi dan seksi? Sudahkan pembangunan yang perlu diselesaikan? Jika semuanya sudah, maka daftarkanlah blog Anda ke Google Adsense. Selamat berjuang dan semoga bermanfaat!

56 KOMENTAR

  1. ya betul gan yang menjadi hambatan itu konten yang berkualitas kelihatannya gan, terimakasih informasinya lengkap

  2. artikelnya sangat bermanfaat gan

  3. Salam kenal gan…
    Tipsnya sangat bagus dan bermanfaat tapi kok bisa di banned gan

  4. berarti saya mesti bersabar, karena blog saya baru berusia 1 bulan T_T

  5. Info Kepegawaian

    Oke bos, saya akan coba praktekkan. Mksh infony, mohon bersedia berkunjung di beranda saya. Mksh

  6. wah berarti masih banyak yg harus di lakuin ini, cukup rumit ­čÖé

  7. Wah sip ini mas … Na itu mas … Apakah konten yg 50% kopas apakah dapat d terima …

  8. Makasih tipsnya, semoga saya bisa diterima oleh bang Google sebagai publishernya he he he

  9. Irwan Sulistyanto

    Lihat k blog ane gan, yg krg kr kr ap j, utk umrny mmg msh 3 bln ini. Mksh infony bgs bgt

  10. Irwan Sulistyanto

    Mntap infony gan, mhn kunbal k blog ane y, smbil lht pa ae yg msh krg. Mksh

  11. Menarik Sekali Makasih ­čÖé

  12. Inspiratif banget tipsnya, lengkap, detail, jelas. Saya langsung praktek ­čÖé

  13. Septian Maulana

    Sarannya sangat detail dari bacaan saya sebelum-sebelumnya. Namun, apakah boleh tutor secara pribadi ga gan? Saya butuh orang memilai isi konten dan nilai blog saya. Saya sedang mencari mentor dalam blog ini.

  14. udah ikutin caranya om, cuman belum nongol iklannya? kenapa ia om

  15. semakin banyak yg menulis artikel seperti ini akan semakin bagus utk referensi bagi yang belum keterima. Yang saya lakukan juga hampir sama seperti itu gan, bagi yang ingin membaca pengalaman saya silakan kunjungi blog saya

  16. Walaupun belum diterima juga harus tetap semangat ngeblonya, buat artikel sebanyak – banyak dan yang pasti kualitas artikel harus top

  17. saya dah 2 kali ditolak GA gan mungkin kualitas blog ane yang masih jauh dari yang diharapkan GA, melihat tips dari anda saya jadi makin terpacu untuk terus meningkatkan kualitas blog ane mudah-mudahan kedepannya blog ane dapat diterima. cemungut..cemungut…

  18. Blog saya masih seonggok jagung tapi saya akan tetap berusaha, salam kenal

  19. Salam kenal,
    Mas apakah termasuk copas kalau isi blog yg sy ketik sendiri tapi ngambilnya dri buku????? sy lengkapi dengan daftar pustakanya

  20. Cara melihat tag dan earning video youtube dengan heartbeat

  21. mas. blog saya hasil rewrite.. tpi ga sama percis sma aslinya.. bisa diterima ga ya? Tlong dong di cek! thnks

  22. Apakah artikel rewrite tapi mampu mendatangkan banyak visitor apakah bisa dibilang artikel berkualitas mas?

    • apabila direwrite dengan menambahkan ide-ide baru dengan pembahasan yang lebih komprehensif dan tetap singkron dengan ide asli dari artikel yang direwrite, saya pikir bisa jadi lebih berkualitas. Sama seperti teknik Skyscraper milik Brian Dean

  23. Sangat jelas infonya. Tapi untuk mencairkan itu kita dikirim pin ke rumah yah. Wah, aga sulit juga ya. Sulitnya dari menunggu.

  24. apakah kita boleh memiliki akun adsense dengan alamat rumah yg sama ebih dari satu ?

  25. Ansar zainuddin

    Terimakasih mas atas pencerahannya. Saya bloger pemula dan sangat ingin bermitra dengan adsense. Artikelnya sangat membantu.

  26. Mantap gan infonya salam sukses terus maju terus agan terbaik!

  27. Privasy policy, disclaimer pengaruhbya gan untuk diterima diadsense??

  28. saya upgarde adsense youtube tapi di tolak, apa ada yang salah dengan blog saya?

    tolong di cek …
    terimakasih

  29. saat ini saya belum mau mendafta di google adsense, say akonsisten ngbelog meskipun hanya 2 artikel per bulan, blog saya masih baru dan baru dibuat bulan oktober. nampaknya saya harus bersabar hingga tulisan mencapai 10 (mungki) dan dibarengi dengan pengunjung yang lumayan.

    tetap berharap suatu saat bisa diterima GA, agar bisa mendapat penghasilan.

  30. Aduh mas… saya sudah mencoba berbagai cara, supaya di terima adsense. dan sudah mendaftar puluhan kali. tapi tetap saja, hasil akhirnya selalu di tolak. Sedih sekali mas ­čÖü
    ingin menangÔÇŽ tapi selalu menangis hikÔÇŽhikÔÇŽhiks

  31. mass, kalau contact us dll pakai bhs indonesia, apa enggak keterima yah?

  32. Saya sudah ikutin TOS google, trus masih ditolak, katanya web saya kebanyakan gambar, padahal gambarnya normal aja kayak biasanya, bingung ­čÖü

  33. Pengalaman daftar memang harus sabar banget, meskipun waktu itu masih dianggap mudah. Sekarang mungkin lebih ketat aturannya ya terutama seo content. Untuk sambilan baiknya ikut afiliasi. Agar tidak monoton.

  34. Terima kasih informasinya gan lengkap sekali ,sangat bermanfaat bAGi newbie seperti saya

  35. gan mau nanyak…kok blog kawan saya umurnya baru 2 minggu bisa diterima? …trus kata nya tadi di atas butuh waktu…..yang bener yang mana gan?

    • Google Adsense memperbaharui kebijakan layanannya dari waktu ke waktu dan tentu ada pertimbangan mereka dalam memilih publisher yang benar-benar berkualitas. Jadi bukan tidak mungkin diterima Adsense hanya 2 minggu blogging

  36. terima kasih gan, artikelnya membantu saya yang sedang mengejar adsense hehe doakan semoga bisa si approve ehhe

  37. Kebetulan domain blog saya baru berusia 2 minggu di setujui adsense, awalnya iseng aja mendaftar karena ada yang bilang usia blog minimal harus 6 bulan..ehh Alhamdulillah mungkin adsense lagi baik diterima

  38. makasih infonya sangat membantu…kunjungi juga beranda aku ya gan ..terima kritik dan saran

  39. Saran yang bagus untuk pemula seperti saya
    Mohon di bantu, makasih gan

  40. nais invo kang, btw itu keyword search kadang beda sama niche kita

  41. oke terima kasih gan , sangat bermanfaat nanti saya coba.

  42. Saya baru dalam dunia blogger gan, mau tanya adakah cara lain untuk mendapat pengasilan dari blog yang kita buat selain google adsense?
    Dan adakah artikel yang agan sarankan untuk mengelola blogger yang baru dibuat?

  43. Umur blog saya baru 2 bulan lebih, tapi total views nya 22000. Tapi, tetap ditolak.

  44. Bermanfaat banget gan konten nya, coba gan cek kekurangan web ane

  45. Muhammad Miftahul Falah

    Sudah dua kali situs ditolak. Ternyata jawannya mungkin harus ada 4 halaman yg telah admin sarankan, sedangkan saya baru membuat about us dan contact us. Terimakasih ilmunya

  46. Thanks infonya gan sangat membantu tunggu umur blog 6 bulan dulu baru tes daftar GA lagian visitor nya juga masih sedikit jadi belum ada keberanian untuk daftar GA silahkan mampir kalo ada waktu

  47. Alhamdulillah blog saya baru di terima adsense ­čÖé

  48. konten dengan jenis cerita nyata yang dialami sehari2 saja apa bisa ya gan hahaha
    soalnya suka nulis kalau ingatannya lagi muncul hehehe

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.