Alexa Rank
Alexa Rank (Google.Com)

Cara Menaikkan Peringkat Alexa RankAlexa Rank memiliki peran yang sangat penting dalam dunia blogging. Mayoritas pengusaha dan pengembangan internet mengakui bahwa Alexa Rank memiliki tingkat akurasi yang sangat baik dalam mengukur peringkat blog yang memang bagus di dunia.

Bagi blogger yang hendak mendapatkan uang dari blog-nya, maka mereka harus berlomba-lomba untuk menaikkan peringkat Alexa blog mereka agar lebih berpotensi dalam melakukan usaha-usahanya. Berbagai pengiklan atau pengusaha yang mempekerjakan blogger memilih blog yang berkualitas berdasar pada Alexa Rank dari blog tersebut. Maka dari itu Alexa Rank memiliki peran yang sangat penting bagi karir setiap blogger yang sudah pro atau pun masih pemula.

Dalam tulisan ini saya membahas tentang cara menaikkan peringkat Alexa Rank agar lebih berpotensi sukses sebagai blogger untuk tujuan money making online. Sadar bahwa mayoritas advertiser menggunakan tolak ukur Alexa Rank untuk mempekerjakan kita sebagai blogger agar kita memiliki kesempatan meraih penghasilan, maka kita terlebih dahulu harus menaikkan peringkat Alexa Rank blog kita. Bagaimana caranya?

1. Daftarkan dan Verifikasi Blog Anda

Hal ini sangat penting bagi kita, terutama blogger yang baru saja membuat blog-nya. Daftarkan segera blog Anda ke Alexa Rank. Setelah Anda membuat aku Anda kemudian bisa lebih bebas memasukkan blog Anda dan mengisi detail-detail yang diperlukan. Setelah itu Anda bisa memverifikasi blog Anda dengan metode yang nantinya akan dijelaskan oleh Alexa.

BACA JUGA:  Provokasi Korea Utara Ke Korea Selatan Melemah

Dengan mendaftarkan dan memverifikasi blog Anda ke Alexa Rank maka secara otomatis peringkat Alexa Anda perlahan menurun. Langkah ini merupakan langkah awal. Anda masih harus berjuang dengan blog Anda di langkah-langkah berikutnya untuk mendapatkan peringkat Alexa Rank yang bagus untuk blog Anda.

2. Rutin Melakukan Update

Jika blog Anda dibiarkan begitu saja walaupun Alexa Rank-nya sudah tinggi tanpa melakukan update, maka secara perlahan dan signifikan peringkat Alexa blog Anda perlahan akan semakin menurun. Rutinlah menguptdate konten blog Anda agar semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan pengunjung dan perlahan mendongkrak peringkat Alexa Anda.

Alexa Rank menyukai blog yang dirawat, dalam artian rajin mengupdate hal-hal penting dalam blog sebagaimana fungsi blog itu dibuat yaitu untuk berbagi informasi kepada pembaca dengan konten-konten yang ada. Saran saya isilah konten blog Anda setidaknya 3 kali seminggu. Atau buat jadwal khusus kapan Anda akan mengupdate blog Anda.

3. Gunakan Widget yang disediakan oleh Alexa

Alexa menyediakan widget kepada Anda untuk bisa dengan mudah melihat perkembangan Alexa Rank blog Anda langsung dari blog Anda sendiri. Tempatkanlah widget tersebut di dalam blog Anda, jika widget tersebut diklik oleh pengunjung blog Anda dan akan terdirect ke website Alexa yang kemudian akan memperbagus peringkat blog Anda karena Alexa menganggap hal tersebut merupakan fresh click yang datang dari pengunjung blog Anda.

BACA JUGA:  Memperkenalkan Google Sitelinks! Apa itu Google Sitelinks?

4. Gunakan Alexa Toolbar di browser yang Anda gunakan

Install Alexa Rank Toolbar di browser Anda. Setiap kali Anda mengunjungi situs Anda sendiri maka klik toolbar tersebut untuk mengetahui perkembangan peringkat blog Anda. Hal ini dianggap sebagian besar orang berpengaruh pada peningkatan peringkat Alexa Rank.

5. Tingkatkan Penunjung Blog Anda

Tahap ini merupakan hal yang rumit namun menantang bagi mayoritas blogger. Usaha kita dalam mengembangkan blog dengan konten-konten yang kita isi bertujuan untuk dibagikan kepada pembaca/pengunjung blog kita. Jika tidak ada yang berkunjung maka blog kita akan sia-sia.

Oleh karena itu rajinlah membuat tulisan yang berkualitas dan mempromosikan blog Anda agar semakin mudah mendapatkan pengunjung yang kemudian akan berbondong-bondong mengunjungi blog Anda.

6. Perbanyak Backlink yang berkualitas

Perbanyaklah backlink yang berkualitas untuk blog Anda dengan berbagai cara, misalnya berkunjung ke blog orang lain yang sama topiknya atau yang mengandung kata kunci yang serupa dengan blog Anda dan berkomentarlah di dalamnya dengan meninggalkan URL blog Anda. Namun Anda harus berhati-hati dalam berkomentar, jangan menyebarkan spam di dalamnya.

BACA JUGA:  Lengkap: Cara Mempercepat Loading WordPress - Part 1

7. Manfaatkan Forum dan Media Sosial

Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan trafik blog Anda dan juga mengumpulkan backlink yang berkualitas dan gratis. Manfaatkan sosial media dan forum yang bertopik sama dengan blog Anda untuk menarik pengunjung ke dalam blog Anda. Tempatkan URL blog Anda di dalamnya agar mendapatkan backlink yang berkualitas.

 

Itulah cara menaikkan peringkat Alexa Rank yang bisa saya berikan untuk sementara. Jika saya melewati beberapa cara atau tips penting untuk menaikkannya, silahkan share dengan menggunakan komentar artikel ini. Jika Anda sudah tahu pentingnya peringkat Alexa Rank untuk blog Anda, maka lakukanlah cara-cara yang sudah saya berikan di atas. Selamat mencoba! 😀

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR