Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru – Keberhasilan dari sebuah blog biasanya ditandai dengan jumlah pengunjung/pembaca, pengikut hingga penghasilan yang berhasil didapatkan dari kegiatan blogging.

Faktor-faktor di atas umumnya dipengaruhi oleh keberhasilan blogger dalam menerapkan beberapa metode Search Engine Optimization (SEO) yang membuat blognya mendapatkan trafik yang banyak dari Google, mesin pencari terpopuler saat ini.

Lantas, bagaimana perasaan Anda sebagai seorang blogger pemula apabila konten yang termuat di dalam blog baru Anda tidak ada yang baca dan belum tahu bagaimana mengaplikasikan SEO?

Tenang, mari belajar SEO sembari menerapkan 10 tips SEO ampuh untuk blog baru ini.

Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru

1Optimalkan Setiap Gambar

Keberadaan gambar dalam sebuah blog akan lebih menarik minat pembaca karena lebih merasa fresh dengan adanya aset visual tersebut. Inilah yang membuat mereka betah untuk berlama-lama mencari informasi dalam konten sajian Anda.

Baca Juga: Apa Itu Hotlinking dan Cara Melindungi Blog Dari Hotlink

Di samping itu, gambar juga mendukung atau mewakili penulisan konten dari segi visual. Anda bisa membuat deskripsi dalam karya tulis tersebut dengan bantuannya.

Gunakan keyword pada nama file dan alt text setiap gambar yang Anda gunakan, paling tidak dengan keyword yang mampu mendeskripsikan gambar tersebut dan konten yang ditulis.


2Tulis Konten Informatif dan Bermanfaat Bagi Pembaca

Sebuah tulisan dikatakan baik jika memberi informasi dan manfaat kepada pembaca. Sebelum membuatnya, pastikan tema yang diangkat bisa memberikan faedah bagi pembaca dan memberikan informasi yang memang mereka butuhkan. Tuliskan konten Anda dengan lengkap serta jelas.

Baca Juga: Apa Itu SEO? Pelajari 5 Dasar SEO Ini

Dalam sebuah konten blog, minimal harus terdapat 400 kata. Selain itu, perhatikan langkah demi langkah saat proses penulisan agar artikel yang dihasilkan benar-benar memahamkan.

Jangan lupa bahwa konten yang ditulis, selain informatif dan bermanfaat, sebisa mungkin harus bisa dengan cepat dan lengkap menjawab pertanyaan pembaca dan original, dalam artian tidak disadur mentah-mentah dari sumber lain.

Terutama setelah adanya algoritma Google BERT, kini Google lebih mengedepankan kualitas konten dan algoritma mereka kini sudah semakin mampu memahami konteks pencarian dan konten yang disajikan dengan lebih akurat.


3Berikan Subjudul pada Konten (Heading Tags)

Untuk membuat konten blog baru Anda yang layak dan nyaman dibaca pengunjung, artikel yang disajikan haruslah terperinci sampai ke bagian-bagian kecil yang diambil dari judul atau tema umum, sehingga akan lebih menarik dan mudah dipahami. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan menuliskan seluruh artikel secara bersamaan dalam satu postingan penuh. Ini akan membuat pembaca bosan. Anda bisa menggunakan subjudul untuk membagi postingan konten yang ada.

Selain itu, pemberian subjudul berupa heading tag akan mempermudah crawler mesin pencari dalam merayapi dan memahami isi konten Anda, sehingga bisa disajikan dengan lebih akurat ke pengguna mesin pencari.


4Riset dan Gunakan Kata Kunci

Setelah menentukan topik artikel yang akan ditulis, tentukanlah kata kunci yang terkandung dalam kontennya.

Jadi, Anda harus benar-benar memastikan bahwa karya tulis yang dibuat telah mengandung beberapa kata kunci yang telah diriset (jangan hanya satu).

Baca Juga: Punya Blog Baru? Ini Cara Mendapatkan Pengunjung Blog

Tips SEO ampuh ini harus dilakukan secara merata di seluruh artikel. Dengan begitulah, karya tulis konten blog yang Anda buat layak untuk dibaca dan akan banyak peluang untuk meningkatkan pendapatan peringkat di Google.

Untuk meriset keyword atau kata kunci, Anda dapat menggunakan tools SEO gratis semacam UberSuggest maupun yang berbayar seperti Ahrefs dan SEMRush.


5Bangun Backlink

Tips SEO ampuh untuk blog baru berikutnya adalah membangun backlink. Dalam proses belajar SEO, Anda akan sering menemukan bahwa yang satu ini memang kerap dilakukan.

Meski bukan lagi yang paling utama, backlink tetap memainkan peran yang sangat signifikan dalam mendatangkan trafik ke blog apapun lewat peran backlink pada SEO, terutama bila backlink tersebut bersifat dofollow.

Baca Juga: Cara Mendapat Backlink Berkualitas Dari Google Search

Jika Anda memiliki backlink dofollow dengan kualitas tinggi dari website lain, maka Google akan segera memberikan peringkat terhadap blog Anda.

Meski ada banyak sekali cara untuk membangun backlink, yang paling penting adalah memproduksi konten yang berkualitas.

Dengan sendiri, seturut waktu, ada saja orang yang akan mengutip tulisan Anda dengan menjadikannya referensi dan kemudian memberikan link balik kepada blog Anda.


6Aktifkan HTTPS (SSL)

Keamanan sebuah website merupakan salah satu hal utama dalam dunia cyber, terutama yang memungkinkan terjadinya transaksi di dalamnya.

Selain menjamin keamanan data pada trafik, HTTPS (SSL) juga sekarang bisa meningkatkan peringkat konten di hasil pencarian Google.

Apalagi sekarang, browser yang kita gunakan akan memberikan peringatan pada pengguna apakah sebuah website aman atau tidak dengan adanya HTTPS.

Bila blog baru Anda belum memiliki SSL, segeralah aktifkan SSL pada blog Anda. Anda bisa membelinya dengan sistem berlangganan atau menggunakan SSL gratis persembahan Let’s Encrypt.


7Periksa SEO di Postingan Blog

Jika Anda mengaku sebagai seorang blogger, maka pastinya harus tahu bagaimana cara menulis konten yang berkualitas. Di samping itu, harus fokus pada penulisan yang bagus dan memperhatikan praktik SEO terbaiknya.

Baca Juga: Tips SEO Dasar: Membuat Artikel SEO Friendly

Konten yang Anda tulis haruslah mudah dibaca dan susunan kalimatnya harus lengkap. Terlepas dari itu semua, judul yang diangkat serta isi kontennya juga wajib relevan. Pada saat bersamaan, memperhatikan kata kunci yang digunakan juga merupakan hal penting.

Jangan pernah gunakan kata kunci terlalu banyak dalam artikel Anda. Selalu utamakan kualitas tulisan yang enak dibaca dan relevan bagi pembaca.

Semakin Anda sering melakukan tips SEO yang satu ini, semakin mudah bagi Anda mempelajari seluk-beluk SEO, dan akan semakin giat juga Anda belajar SEO ke depannya.


8Atur Permalink Blog

Permalink pada sebuah blog memainkan peran penting dalam menentukan SEO sebuah blog. Salah satu skema permalink yang direkomendasikan adalah judulblog.com/postingan-blog.

Baca Juga: 10 Kursus Online Terbaik Untuk Belajar SEO di Udemy

Namun perhatikan, sebisa mungkin jangan mengubah-ubah permalink yang sudah ditetapkan sembarangan, apalagi bila sudah terindeks dengan Google.

Apabila Anda mengubahnya, besar kemungkinan bahwa URL blog Anda tidak ditemukan atau 404 error not found, kecuali bila Anda tahu bagaimana cara mengatur perintah 301 permanent redirect ke URL baru dalam pengaturan server Anda.


9Gunakan Plugin Yoast SEO

Hal ini hanya bisa digunakan jika blog baru Anda berbasis WordPress. Plugin WordPress ini dapat diunduh secara cuma-cuma alias gratis.

Meskipun memiliki batasan, nyatanya peran Yoast SEO versi gratis dalam SEO sebuah blog baru cukup besar. Selain itu, Anda juga dapat membeli versi premiumnya untuk menggunakan berbagai fitur tambahan yang benar-benar lengkap untuk keperluan SEO.

Aplikasi ini menyarankan untuk menambahkan kata kunci yang benar. Dengan bantuan plugin tersebut, menemukan judul yang tepat, deskripsi meta, permalink, keterbacaan serta saran SEO halaman untuk artikel akan jadi lebih mudah.

Baca juga cara setting plugin WordPress Yoast SEO


10Jadikan Blog Anda Mobile Friendly

Seperti yang telah diketahui secara umum, smartphone semakin banyak digunakan saat ini dan orang ingin melihat blog Anda lewat smartphone.

Jika blog tidak ramah pada tampilan ponsel, maka pembaca bisa-bisa merasa tidak nyaman membaca blog Anda.

Perlu diketahui bahwa saat ini Google menjadikan mobile friendliness sebagai salah satu sinyal SEO yang sangat penting.

Baca Juga:

Selain dari segi desain blog, kata “ramah” juga mengindikasikan bahwa blog Anda harus memiliki kecepatan loading yang cepat bagi pengguna mobile.

Maka dari itu, selalu upayakan untuk mengoptimalkan blog Anda bagi pengguna mobile, dari segi kecepatan maupun tampilan.


Penutup

Sampai pada tahap ini Anda sudah cukup banyak belajar SEO lewat 10 tips SEO yang penting untuk diterapkan bagi blog Anda, terutama bagi blog baru.

Itulah 10 tips SEO ampuh untuk blog. Semoga dapat membantu Anda mengembangkan, memperbaiki blog dan konten artikel di dalamnya. Jadilah penulis online produktif, sehingga bisa mendatangkan keuntungan dan menginspirasi orang lain.


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.