Punya Blog Baru? Ini Cara Mendapatkan Pengunjung Blog – Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia blogging dan sudah memiliki beberapa konten untuk dibagikan, tentu sekarang Anda membutuhkan pengunjung agar konten tersebut benar-benar bisa bermanfaat bagi orang-orang.

Anda mungkin memiliki banyak artikel penting dan sangat bermanfaat bagi banyak orang di blog Anda, tetapi tanpa pengunjung, maka usaha dalam menyediakan konten berkualitas tersebut hanya akan sia-sia. Atau dalam hal ini, Anda mungkin sudah lama terjun di dunia blogging dan baru saja membuat blog baru. Di satu sisi Anda sudah berpengalaman tetapi masih membutuhkan berbagai cara mendapatkan pengunjung blog untuk blog yang masih baru. Maka artikel ini diharapkan dapat membantu kita semua.

Perlu Anda ketahui bahwa blogger pemula sering sekali berhenti blogging karena berbagai kendala dan salah satu masalah utamanya adalah karena tidak ada yang membaca isi blognya. Bahkan saya juga cukup kesusahan meningkatkan trafik untuk blog ini di masa-masa awal, padahal saya sudah cukup lama blogging sebelumnya.

BACA JUGA:  5 Hal Dasar Blogging

Ada beberapa tips yang saya kumpulkan dari blogger-blogger pro dari luar negeri. Setelah cukup banyak membaca berbagai tips dari mereka yang sudah pro, saya pun merangkupnya dalam artikel ini.

Berikut cara mendapatkan pengunjung blog untuk blog baru:

1. Submit Komentar di Blog Lain

Cara ini sudah sangat sering tampil di blog-blog yang mengandung tips blogging, mungkin Anda juga sudah sering membacanya. Tetapi, memang, cara ini sangat membantu blog baru untuk mulai mendapatkan trafik. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan teman sesama blogger asal nama yang Anda masukkan adalah nama Anda sendiri, bukan keyword.

Juga, ada satu hal penting lain yang bisa Anda manfaatkan dari berkomentar di blog lain. Anda bisa mendapatkan backlink karena URL blog Anda terdapat di dalam blog yang Anda komentari jika komentar Anda di-approve. Semakin banyak backlink tentunya semakin besar kemungkinan blog Anda masuk di urutan atas hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, berkomentar dengan memasukkan nama asli (bukan keyword), URL blog, email asli dan juga isi komentar yang nyambung dengan isi postingan besar kemungkinannya akan diterima oleh si pemilik blog.

BACA JUGA:  Lengkap: 30+ Aplikasi Terbaik Untuk Blogger yang Tentu Wajib Digunakan

#NOTE: Seni Berpikir meningkatkan moderasi dalam hal comments approval, sehingga komentar yang menggunakan keyword, email palsu, dan hal-hal spam lainnya tidak akan pernah diterima.

2. Manfaatkan Akun Media Sosial

Media Sosial sudah banyak jumlahnya, dan rata-rata yang menggunakan berasal dari Indonesia. Oleh karena itu buatlah konten original dan semenarik mungkin kemudian bagikan ke orang-orang melalui media sosial Anda. Cara ini masih sangat berpengaruh dalam meningkatkan jumlah pengunjung suatu blog, bahkan untuk blog yang sudah terkenal sekalipun.

Jika Anda menggunakan Facebook, jangan lupa juga membuat Facebook Fan Page khusus blog Anda dan bergabung dengan beberapa grup yang berhubungan dengan topik blog Anda. Bila perlu, mintalah teman-teman Anda membagikan tulisan Anda melalui media sosial mereka. Selain itu Anda juga wajib membuat tombol share ke media sosial untuk setiap artikel di blog Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan, dan jika menggunakan blog WordPress, maka Anda tinggal menginstall plugin yang berkaitan.

3. Jangan Pernah Lupakan White SEO

BACA JUGA:  Perlahan Tapi Pasti: Menjadi Blogger Profesional

Sama seperti ilmu hitam dan ilmu putih, White SEO lebih positif dampak dalam praktiknya. Anda juga perlu mempelajari tips-tips dasar SEO agar artikel yang Anda tulis semakin sering muncul di urutan pertama hasil pencarian Google. Karena Google dan mesin pencarian lainnya adalah sumber trafik organik yang paling besar, maka manfaatkanlah SEO untuk mendapatkan pengunjung ke dalam blog Anda.

Saya sudah menuliskan berbagai tips SEO (White SEO) yang bisa Anda praktikkan dengan mudah melalui halaman ini.

Cara mendapatkan pengunjung blog untuk blog baru di atas mungkin terkesan klise, tetapi itulah tips terbaik yang dengan mudah bisa Anda coba sepanjang proses Anda mengembangkan blog baru itu sendiri. Anda punya cara yang lebih manjur? Silahkan bagikan.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR