Cara Mengintegrasikan Google Adsense dan Google Analytics – Bagi Anda para blogger yang sudah cukup lama mengoperasikan media online blog, maka saya rasa Anda sudah pasti familiar dengan tool gratis dari Google seperti Google Webmaster dan Google Analytics.

Dan bagi Anda yang saat ini sudah resmi menjadi publisher Google Adsense (layanan pengiklanan Google), maka dalam artikel kali ini saya akan memberikan cara mengintegrasikan Google Adsense dan Google Analytics untuk blog/website Anda.

Cara ini saya dapat langsung dari Google Support, sehingga mudah dan benar cara pengaplikasiannya.

Seperti yang kita tahu, Google Analytics sangat penting digunakan oleh seluruh blogger dan web developer, bahkan para master SEO untuk melacak, menganalisa, dan mendapatkan data terkait lalu lintas pengunjung sebuah blog, demografi, bahasa yang digunakan, OS dan perangkat yang digunakan, dan data juga statistik penting lainnya sehingga memudahkan pengembang website untuk semakin memajukan websitenya.

Sedangkan layanan pengiklanan Google, Google Adsense, menjadi nomor satu di dunia dan telah dikatakan bahwa menjadi salah satu ‘mesin uang’ bagi para pemilik website. Dalam Dashboard publisher Google Adsense memang sebenarnya sudah cukup untuk mendapatkan data terkait perkembangan penghasilan dari akun Google Adsense kita. Tetapi, mengintegrasikan Google Adsense dan Google Analytics akan menghasilkan data yang lebih melimpah terkait perkembangan penghasilan dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:  Update Google Pagerank 6 Desember 2013

Nah, mari langsung saja kita menuju cara mengintegrasikan Google Adsense dan Google Analytics.

1. Jika Anda sudah menjadi publisher Google Adsense tetapi belum memiliki akun Google Analytics, maka terlebih dahulu daftarkan website Anda ke Google Analytics. Baca tutorialnya disini.

Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics

2. Setelah itu log in ke Google Analytics.

3. Klik bagian Admin di bagian atas.

4. Di bagian “Account”, pilih akun Google Analytics Anda yang di dalamnya terdapat website (disebut dengan Property) yang hendak diintegrasikan dengan akun Google Adsense.

Artikel Rekomendasi: 10 Tips Termudah Agar Blog Diterima Google Adsense

5. Di bagian kolom Property tersebut, pilih menu Adsense Linking.

6. Di dalam menu Adsense Linking akan terdapat pemberitahuan bahwa belum ada akun Google Adsense yang terintegrasikan dengan property tersebut. Oleh karena itu klik + New Adsense Linking untuk menambahkan akun Google Adsense ke dalamnya.

7. Kemudian pilih Property Google Adsense yang ingin Anda integrasikan dengan property Google Analytics tersebut.

BACA JUGA:  6 Rahasia Blogging yang Bisa Anda Ambil dari Jurnalis

8. Setelah itu silahkan klik Continue.

9. Klik tampilan Analytics di mana Anda ingin data Google Adsense mulai terintegrasi di dalamnya.

10. Setelah itu maka silahkan klik Enable Link kemudian klik Done.

Tampilannya akan terlihat kurang lebih seperti di bawah ini:

mengintegrasikan Google Adsense dengan Google Analytics

Dengan begitu Anda sudah resmi mengintegrasikan Google Adsense dan Google Analytics untuk website Anda. Hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan data yang lebih kompleks tentang penghasilan Anda dari Google Adsense. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR