15 Persiapan Sebelum Mendaftar Google Adsense yang Wajib Anda Terapkan – Menjadi publisher Google Adsense merupakan salah satu impian terbesar blogger.

Namun, menjadi publisher Google Adsense memang terbilang susah, dan cukup ribet memang. Tetapi inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan passive income dari blog Anda yang bisa terus Anda dapatkan.

Perlu diketahui, Google menerapkan aturan yang sangat tegas dan ketat dalam memilih publisher layanan periklanannya ini, apalagi inilah layanan periklanan digital terbesar di dunia saat ini.

Sebelum mendaftar Google Adsense, agar segala proses yang diperlukan bisa Anda lewati dengan cepat dan mudah, dan pada akhirnya Anda diterima sebagai publisher Google Adsense, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melamar menjadi publisher.

Agar lebih mudah mendaftar Google Adsense, ada beberapa hal yang memang harus Anda perhatikan, dan lebih tepatnya, harus Anda persiapkan. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mendaftar Google Adsense agar diterima dengan mudah:

15 Persiapan Sebelum Mendaftar Google Adsense yang Wajib Anda Terapkan

1. Pastikan Anda sudah Berusia 18+

Banyak blogger muda yang kini mulai berharap agar bisa menjadi publisher Google Adsense, tetapi usianya belum mencapai 18+.

BACA JUGA:  Ebook Gratis dari Seni Berpikir Spesial Artikel ke-200

Langkah ini memang sangat sepele, tetapi banyak blogger, terutama blogger muda yang belum menginjak usia 18 tahun mencoba mendaftar Google Adsense dan memalsukan tanggal lahirnya, sehingga ia bisa terkualifikasi dari segi usia. Mereka kemudian di-banned karena informasi palsu yang mereka berikan pada usia.

Jika Anda belum genap berusia 18 tahun, sabar saja. Kembangkan terus blog Anda, perbanyak konten berkualitas, dapatkan banyak pengunjung, dan tingkatkan ratingnya terus hingga Anda menginjak 18 tahun dan siap mendaftar Google Adsense.

2. Cek Apakah Website Anda di-banned atau Tidak oleh Google Adsense

Sebelum mendaftar Google Adsense, Anda perlu melakukan cek terhadap website Anda apakah di-banned Google Adsense atau tidak. Jika tidak, maka Anda bisa dengan aman mendaftar. Jika ternyata di-banned, tunggu beberapa saat hingga banned tersebut dicabut (itupun kalau dicabut).

Bacaan Terkait: Cara Memeriksa Apakah Website di-banned Google Adsense

3. Tulis Konten Berkualitas

Hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum mendaftar Google Adsense adalah mempersiapkan blog Anda dengan konten yang berkualitas. Jangan hanya meng-copy paste tulisan orang lain meskipun Anda mencatut sumbernya.

BACA JUGA:  Apa Pentingnya Blogging? 5 Manfaat Blogging Yang Penting Anda Ketahui

Isilah blog Anda dengan informasi-informasi penting dan lengkap sedetil yang Anda bisa. Konten orisinal yang mengandung minimal 500 kata bisa membantu agar blog Anda diterima Google Adsense jauh lebih cepat dan mudah dari yang Anda perkirakan.

Konten berkualitas yang dimaksud sebagai berikut:

  • Orisinal, sebab tidak ditemukan persis di sumber manapun.
  • Tidak mengandung unsur pornografi, judi, senjata, dan sebagainya yang melanggar hukum.
  • Jangan tulis kata kunci secara berulang (keyword stuffing) sehingga memenuhi konten Anda.
  • Tulis artikel minimal 500 kata dan layak untuk dibaca.
  • Berikan informasi yang penting kepada pembaca Anda selengkap dan sedetil yang Anda bisa.

Bacaan Terkait:

4. Isi Halaman Privacy Policy di Blog Anda

Google secara jelas memberikan pernyataan bahwa setiap publisher harus memiliki halaman Privacy Policy di blog-nya yang mudah diakses dan jelas terisi.

BACA JUGA:  25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress

Banyak blogger yang ditolak Google Adsense padahal sudah memiliki banyak pengunjung, rangking yang tinggi, dan konten yang berkualitas hanya karena tidak memiliki halaman Privacy Policy di dalam blog-nya.

Kenapa halaman Privacy Policy ini begitu penting? Alasannya, sebab halaman ini secara tegas menunjukkan kepada pembaca blog Anda bahwa Anda bukanlah penyedia website scam dan memiliki keseriusan dalam menjaga blog Anda, juga lebih terlihat profesional, paling tidak di mata Google.

Privacy Policy pada dasarnya memberitahu pembaca Anda mengenai apa yang akan mereka temukan di dalam blog Anda, sehingga mereka bisa memutuskan untuk terus membaca jika mereka setuju dengan Privacy Policy (Kebijakan Privasi) di blog Anda.

Bacaan yang Membantu: Cara Membuat Halaman Privacy Policy

5. Buat Halaman “About” atau “Tentang”

Sama seperti poin sebelumnya, membuat halaman “About” merupakan salah satu syarat jelas agar diterima Google Adsense.

Halaman “About” pada dasarnya mendeskripsikan siapa Anda dan mengenai apa blog Anda, sehingga dapat membangun kepercayaan pembaca kepada blog Anda.

Google menegaskan untuk tidak menerima publisher manapun yang tidak memiliki halaman ini di blog-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR