Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Jerawatan – Kulit berminyak (seborrhea) disebabkan oleh produksi minyak kulit berlebih (sebum). Selama pubertas, peningkatan kadar androgen yang terjadi pada laki-laki dan perempuan dapat membuat kulit menjadi semakin berminyak.

Bagi sebagian orang minyak berlebih ini akan hilang saat mereka  mulai menginjak usia dewasa atau sudah meninggalkan masa pubertas, tetapi ada juga yang tetap bertahan sampai dewasa. Kulit berminyak sangat rentan mengalami jerawatan karena kotoran akan mudah menempel kemudian menyumbat kulit wajah sehingga menimbulkan peradangan.

Kabar baiknya, kulit berminyak membantu memberikan kelembaban kulit secara alami yang dapat mencegah kulit kering dan keriput.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Jerawatan

Tips Merawat Kulit yang Berminyak dan Jerawatan

  1. Hindari sabun atau produk kecantikan yang keras: Produk semacam ini biasanya dapat menghilangkan minyak dengan cepat sehingga membuat kulit menjadi kering, tetapi hasilnya justru kulit akan lebih banyak memproduksi minyak untuk menciptakan pelembab alami. Selain itu penggunaan produk-produk semacam ini biasanya juga dapat mengiritasi kulit, dan iritasi pada kulit dapat menyebabkan jerawat.
  2. Terlalu sering membersihkan wajah: Pada dasarnya membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up sangat dianjurkan untuk mencegah jerawatan dan masalah kulit lainnya, tetapi jika hal ini dilakukan secara berlebih justru dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi dimana keduanya diketahui dapat meningkatkan risiko jerawat. Untuk itu, cuci wajah  anda dengan  benar dan jangan terlalu sering.
  3. Hindari make up terlalu tebal: Para ahli kulit sepakat jika make up berlebih memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan kulit anda. Akan tetapi apakah hal tersebut dapat menyebabkan kulit lebih mudah berminyak perlu dilakukan penelitian mendalam. Terlepas dari make up tebal  dapat meningkatkan produksi minyak atau tidak, tetap saja anda harus menghidarinya karena ada kemungkinan akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang akan memicu munculnya jerawat.
  4. Gunakan pelembab alami: Ada banyak bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak sekaligus membantu melembabkan kulit secara alami contohnya buah pepaya, madu, buah alpukat atau gel lidah buaya. Kesemua bahan tadi mampu menutrisi kulit dari luar dan memberikan perlindungan terhadap jerawat.
  5. Hindari penggunaan scrub: Penggunaan scrub pada wajah secara umum dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dengan cara mengikis lapisan kulit. Tetapi para penderita jerawat tampaknya harus menghindari penggunaan scrub karena justru dapat meningkatkan iritasi dan kemerahan sehingga memperburuk kondisi jerawat mereka.
  6. Piliah produk kecantikan dengan label noncomedogenic: Produk semacam ini dirancang khusus untuk itdak menyumbat pori-pori kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawatan, sehingga aman digunkan oleh anda dengan kulit berminyak dan rentan berjerawat. Selain itu mengenali jenis kulit juga dapat membantu anda memilih produk kecantikan yang sesuai dengan karakteristik kulit anda sehingga dapat menghindarkan anda dari masalah kulit seperti jerawat.
BACA JUGA:  Cokelat Bagus Untuk Diet

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Jerawatan

Cara menghilangkan jerawat dan minyak berlebih bisa dilakukan secara bersamaan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau obat tradisional sehingga lebih aman karena tidak memiliki efek samping berarti, contoh beberapa bahan yang bisa anda gunakan diantarnya:

  1. Madu murni: Madu mengandung tinggi vitamin dan mineral yang bisa membuat kulit anda menjadi lebih sehat alami. Saat diterapkan pada kulit wajah secara tertaur madu mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi minyak berlebih.
  2. Gel lidah buaya: Lidah buaya adalah tanaman dengan sejuta manfaat, terutama untuk kecantikan kulit anda, maka tidak heran jika banyak produk kecantikan yang memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan utama. Untuk menghilangkan jerawat dan minyak berlebih anda bisa membuat pasta dengan lidah buaya dan susu. Terapkan ke kulit wajah anda dan tunggu hingga 15-20 menit setelah itu bersihkan dengan air. Lakukan cara tersebut setidaknya 2 kali dalam seminggu.
  3. Buah pepaya: Tidak jauh berbeda dengan madu buah pepaya juga memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit karena mengandung antioksidan dan vitamin penting. Keduanya sangat dibutuhkan kulit untuk mempertahankan diri dari serangan radikal bebas yang menjadi penyebab umum penuaan. Selain itu, saat diterapkan di kulti wajah buah pepaya juga akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang bisa memicu munculnya jerawat.
BACA JUGA:  4 Bahaya Celana Jeans Ketat Bagi Wanita

Pastikan anda mencuci wajah anda terlebih dahulu sebelum menggunakan semua cara tadi.

Artikel ini ditulis oleh Imam Fahrudin sebagai Penulis Tamu.

TINGGALKAN KOMENTAR