7 Website Tertua Ini Sudah Muncul Bahkan Sebelum Google dan Yahoo – Siapa yang tidak kenal dengan Google? Berdasarkan sumber dari Wikipedia, Google adalah Sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang bergerak di bidang teknologi, khususnya teknologi pencarian, komputasi web dan periklanan ini berdiri pada tanggal 4 September 1998 dan didirikan oleh mahasiswa Ph.D.

Universitas Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Segala informasi dapat kita akses melalui mesin pencari ini bahkan Google tak bisa kita pisahkan dengan internet yang dewasa ini sudah menjadi kebutuhan penduduk bumi, khususnya Masyarakat Indonesia.

Selain Google, mesin pencari lainnya yaitu Yahoo yang lebih dulu eksis di dunia internet menjadi pesaing utama Google. Yahoo didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada tahun 1 Maret 1995 di California Amerika Serikat.

Yahoo dikenal karena portal webnya disamping mesin pencari (Yahoo! Search, Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answer serta layanan periklanannya dan masih banyak lagi. Uniknya pada tanggal 16 Juli 2012 salah satu Mantan eksekutif Google, yaitu Marissa Mayer ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo.

BACA JUGA:  Trik WhatsApp: Cara Menggunakan Dua Nomor Sekaligus

Meskipun dua perusahaan raksasa ini merajai dunia internet, ternyata ada website yang lebih dulu lahir jauh sebelum Google dan Yahoo diciptakan. Website apa saja kah itu ? Berikut adalah 7 Website tertua yang sudah muncul sebelum Google dan Yahoo:

7 Website Tertua Sebelum Google dan Yahoo

1. Symbolics.com

Website Tertua - symbolics
Symbolics – Fusible.com

Symbolics.com adalah website yang dibuat oleh perusahaan manufaktur komputer yaitu symbolics Inc. Domain ini pertama kali didaftarkan pada 15 Maret 1985 tak berapa kama setelah implementasi TCP/IP. Namun sayang, saat ini website tersebut tidak berfungsi lagi, meski di halaman muka website masih tersirat kemungkinan website ini aktif lagi.

2. BBN.com

Website Tertua - bbn.com
Website Tertua – BBN.com

Perusahaan yang kini bernama Raytheon BBN Technologies ini bermarkas di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Dan Pada tanggal 24 April 1985 perusahaan ini membuat website resminya yaitu BBN.com. Domain milik perusahaan jasa riset dan teknologi ini menjadi salah satu website tertua di dunia setelah Symbolics.com.

3. Think.com

Website Tertua - Think.com

Think.com atau yang sudah berganti domain menjadi Thinkquest.org ini didaftarkan pertama kali pada tanggal 24 Mei 1985 merupakan salah satu proyek yayasan pendidikan Oracle Think Quest. Website tersebut menjadi ‘etalase’ produk dan media informasi Thinking Machines Corporation, produsen super komputer yang didirikan pada 1982.

BACA JUGA:  Internet, Jual-Beli Online, dan Perkembangannya di Indonesia

4. MCC.com

Website yang awalnya menyediakan layanan karir dan pendidikan ini pertama kali didaftarkan pada 11 Juli 1985.

5. DEC.com

Domain ini (DEC.com) adalah akronim dari Digital Equipment Corporation, yaitu salah satu perusahaan milik Hewlett Packard. Perusahaan ini pernah menjadi vendor terkemuka perlengkapan dan software komputer di era 1960-an sampai 1990-an. DEC.com sudah terdaftar sejak 30 September 1985.

6. Northrop.com

Domain ini didaftarkan pada 7 November 1985. Northrop.com adalah website milik perusahaan jasa keamanan dan inovasi produk pada produksi pesawat tebang dan perangkat elektronik termasuk teknologi komputer. Apabila anda mencari di browser pada alamat Northrop.com, maka anda akan diarahkan ke website terbarunya yaitu ke Northropgrumman.com.

7. Xerox.com

Website Tertua - xerox.com

Xerox adalah salah satu perusahaan besar dunia yang bergerak di bidang mesin fotokopi, digital printing dan produk dokumen lainnya. Xerox pertama kali mendaftarkan domain tersebut pada 9 Januari 1986 dan tentunya Xerox.com menjadi website andalan perusahaan manajemen dokumen tersebut bahkan menurut artikel yang berjudul 5 Rekomendasi Mesin Fotocopy Xerox Untuk Kebutuhan Fotokopi Anda, Xerox merupakan brand mesin fotokopi yang mendunia.

BACA JUGA:  ThinkWithGoogle: Cek Kecepatan dan Kekuatan Mobile-Friendliness Website Anda

Website adalah sebuah sarana yang sangat efektif untuk mepresentasikan secara garis besar sebuah brand maupun perusahaan. Namun hal yang lebih penting dari umur website itu sendiri adalah seberapa besar jelasnya informasi yang ditampilkan, seberapa besar manfaatnya dan seberapa lama website tersebut bisa bertahan.

Artikel ini Ditulis oleh Rant Guswandi sebagai Penulis Tamu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR