Lengkap: Tips dan Trik Bermain Pokemon Go – Game Pokemon Go terhitung masih baru namun antusiasme para pecinta game dalam merespon permainan yang satu ini begitu luar biasa, sehingga game ini dengan cepat populer dan sangat banyak pemainnya.

Untuk melengkapi proses bermain Pokemon Go yang saat ini sedang Anda gandrungi, sebagai trainer yang mencoba untuk menjadi yang terbaik, inilah tips dan trik bermain Pokemon Go yang sengaja dikemas secara lengkap dan mudah dipahami.

1. Perhatikan Dedaunan/Rerumputan yang Ditiup Angin di Sekitar Anda – Rustling Grass

Tips dan trik bermain Pokemon Go yang pertama berhubungan dengan rustling grass. Jika Anda kerap melihat dedaunan yang tampak tertiup angin di sekitar Anda, jangan pikir itu adalah desain layar pada permainan belaka, itu adalah sebuah tanda atau sinyal bahwa terdapat Pokemon dengan jenis tertentu di sekitar Anda.

Pergi berjalan mendekat ke arah dedaunan yang tertiup angin tersebut, biasanya Pokemon akan muncul dan bisa Anda tangkap.

2. Pergi ke Area yang Ramai dan Populer seperti Landmark, Alun-Alun Kota, Taman Kota, Tempat Wisata Kota, dan Tempat Populer Lainnya di Daerah Anda

Biasanya di area seperti ini banyak sekali terdapat Poke Stop yang bisa Anda singgahi. Selain mendapatkan XP bertubi-tubi, Anda juga berkesempatan mendapatkan items yang terhitung sulit untuk didapatkan secara gratis, misalnya Razzberry, Potion, dan sebagainya.

Di area ini Anda juga berkesempatan mendapatkan Pokemon yang langka jenisnya atau yang tergolong baru menurut Pokedex Anda, Anda pun berkesempatan mendapatkan lebih banyak Pokemon hingga menikmati Lure gratis di Poke Stop tertentu.

Baca Juga: 13 Tips dan Trik Pokemon Go Untuk Pemula yang Wajib Anda Ketahui

Dengan seringnya Anda singgah di Poke Stop sekaligus mendapatkan Pokemon, terutama Pokemon yang langka atau baru bagi Anda, level Anda sebagai trainer akan lebih cepat bertambah.

Anda juga akan lebih mudah mengevolve Pokemon Anda karena banyak Pokemon yang sama yang nantinya bisa Anda dapatkan, sehingga Candy-nya bisa lebih mudah didapat.

3. Jangan Lupa Memberi Nama Pokemon Favorit Anda

Setiap jenis Pokemon memiliki namanya sendiri secara default, namun jika Anda lebih suka memberikan nama berdasarkan preferensi Anda, Anda bisa memberi nama khusus untuk Pokemon Anda, terutama Pokemon unggulan Anda.

4. Jangan Lupa Transfer Pokemon Jenis yang Sama yang Sudah Anda Miliki Untuk Mendapatkan Candy

Tips dan trik bermain Pokemon Go berikutnya adalah tentang transfer. Ada kalanya Anda akan mendapatkan banyak Pokemon dengan jenis yang sama, misalnya Rattata atau Pidgey.

Sungguh, tidak ada gunanya menyimpan banyak Pokemon dengan jenis yang sama. Sebaliknya, simpan satu Pokemon jenis tersebut dan sisanya transfer saja kepada Professor Willow. Untuk setiap Pokemon, Anda akan mendapatkan 3 Candy ketika Anda berhasil menangkapnya. Anda akan mendapatkan 1 tambahan Candy ketika mentransfernya kepada Professor.

Jadi secara total, Anda akan mendapatkan 4 Candy dari satu jenis Pokemon yang berhasil Anda tangkap dan transfer.

Candy tersebut berguna untuk mengevolve, atau mengevolusi Pokemon jenis tertentu ke dalam jenis evolusi yang nantinya akan lebih kuat lagi. Selain mendapatkan Pokemon jenis evolusi yang baru, Anda juga akan mendapatkan XP yang berguna untuk meningkatkan level Anda sebagai trainer. Menarik, bukan?

5. Pahami Bahwa Menangkap Pokemon dengan Jenis yang Sama Tetaplah Penting

Jangan kesal dulu jika Anda mendapatkan Pokemon jenis yang sama terlalu sering karena itu juga masih ada gunanya, lho.

Berkaitan dengan poin sebelumnya, Pokemon yang sama akan memberikan Candy yang nantinya akan sangat berguna untuk mengevolve Pokemon jenis tersebut.

Misalnya seperti ini. Anda mungkin akan mendapatkan Pidgey. Satu Pidgey yang Anda tangkap akan memberikan Anda 3 Candy. Nah, jika Anda transfer Pidgey tersebut, Anda akan mendapatkan 1 Candy tambahan. Jadi sudah ada 4 Pidgey Candy yang Anda dapat dari satu Pidgey tersebut.

Agar bisa mengevolusi Pidgey tersebut menjadi Pidgeotto, Anda membutuhkan 12 Candy (dari Pidgey ke Pidgeotto). Setelah mengumpulkan 12 Pidgey Candy, Anda bisa mengevolve (mengevolusi) Pidgey menjadi Pidgeotto, yang bahkan lebih kuat lagi dari Pidgey.

Untuk mengevolusi Pidgeotto menjadi Pidgeot, Anda membutuhkan 50 Pidgey Candy. Jadi Anda tentu harus terus bisa menangkap Pidgey untuk mengumpulkan 50 Pidgey Candy, bukan? Hal ini juga berlaku untuk Pokemon jenis lain (terutama yang bisa di-evolve).

BACA JUGA:  13 Tips dan Trik Pokemon Go Untuk Pemula yang Wajib Anda Ketahui

Oleh karena itu tangkaplah setiap Pokemon yang memang bisa ditangkap, jangan pedulikan jenis, terutama jangan abaikan apakah Anda sudah sering mendapatkannya atau belum, karena setiap Pokemon memiliki manfaat yang bisa Anda gunakan dengan baik agar tetap mampu bersaing dalam permainan Pokemon Go.

6. Dan Pahami Bahwa Setiap Pokemon Memiliki Kekuatan yang Berbeda – Combat Power (CP)

Jangan heran jika Pikachu hanya ber-CP 15 sementara Pinsir yang Anda dapat memiliki CP 33, misalnya. Setiap Pokemon yang Anda dapatkan akan secara acak memiliki CP sendiri.

Nah, ini juga perlu Anda jadikan dasar pertimbangan sebelum melakukan Power Up terhadap Pokemon Anda. Misalnya, hari ini Anda mendapatkan Vaporeon dengan CP sebesar 292. Jangan buru-buru melakukan Power Up, karena besok Anda mungkin akan mendapatkan Vaporeon dengan CP 599.

Juga, jangan lupa untuk menyimpan satu jenis Pokemon dengan CP yang paling tinggi di antara Pokemon jenis yang sama yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki Spearow dengan CP 115 dan Anda memiliki belasan Spearow lainnya dengan CP yang lebih rendah dari 115 tersebut.

Simpan Spearow dengan CP 115 tersebut (Spearow dengan CP yang paling tinggi) dan transfer Spearow dengan CP yang paling rendah agar Spearow dengan CP tertinggi bisa di-evolve dengan menghasilkan Spearow jenis baru yang jauh lebih tinggi lagi CP-nya nantinya.

7. Matikan Fitur AR agar Lebih Mudah Menangkap Pokemon

Matikan Fitur AR

Fitur AR memang memberikan pengalaman bermain yang sangat mengagumkan dan tentunya lebih asik. Namun tahukah Anda bahwa dengan mematikan fitur AR, Anda nantinya akan lebih mudah menangkap Pokemon? Hal ini terutama berlaku ketika hendak menangkap Pokemon yang terhitung sulit untuk didapatkan, terutama Pokemon langka.

8. Warna Lingkaran Ketika Hendak Menangkap Pokemon Menunjukkan Kelangkaan Pokemon Tersebut

Ketika hendak melempar Pokemon, Anda pasti melihat lingkaran yang mengecil sembari Anda menekan Poke Ball. Nah warna lingkaran tersebut merupakan indikator apakah Pokemon tersebut langka atau tidak.

Selain menjadi indikator kelangkaan Pokemon, warna pada lingkaran tersebut juga menunjukkan seberapa sulit Pokemon tersebut untuk ditangkap. Begini urutannya:

Hijau: Mudah didapat dan mudah ditangkap

Oranye/Kuning: Lebih langka dan lebih sulit untuk ditangkap.

Merah: Langka dan sangat sulit ditangkap. Bahkan Anda bisa kehabisan Poke Ball.

9. Cara Melempar Curve Ball di Pokemon Go

Tips dan trik bermain Pokemon Go berikutnya adalah cara melempar Curve Ball di Pokemon Go. Lemparan Curve Ball akan memperbesar kesempatan Anda untuk menangkap Pokemon, bahkan yang langka sekalipun. Anda juga akan mendapatkan bonus ketika berhasil melempar Poke Ball dengan Curve Ball.

Caranya, tahan Poke Ball Anda di bagian atas, kemudian buat gerakan melingkar dengan jari Anda sembari terus menahan Poke Ball. Lempar dengan arah yang berlawanan dari arah ketika Anda memutar Poke Ball tadi. Jika lemparan tersebut berhasil, akan ada pancaran yang tergambar di Poke Ball yang Anda lempar.

Jika berhasil mengenai target, Anda akan lebih berkesempatan untuk menangkap Pokemon tersebut dan tambahan XP pun akan Anda dapatkan.

10. Memilih Tim yang Tepat dalam Pokemon Go

Ketika memasuki Level 5 dan melakukan tap terhadap Gym yang ada di sekitar Anda, maka Anda berhak untuk memilih untuk bergabung ke dalam salah satu tim di antara tiga tim yang tersedia.

Adapun tiga tim tersebut antara lain: Tim Mystic (Biru), Tim Instinct (Kuning), dan Tim Valor (Merah). Pada dasarnya tiga tim tersebut sama saja. Namun di sinilah letak tips dan trik bermain Pokemon Go dalam memilih tim yang tepat.

Pertama, jika Anda memiliki banyak teman yang sama-sama bermain Pokemon Go, maka gabunglah ke dalam tim yang sama dengan mereka untuk bekerjasama, atau pilih tim yang berbeda dari mereka jika Anda ingin bersaing dengan mereka.

Kedua, perhatikan area di sekitar Anda. Pasti terdapat beberapa Gym yang ada di area tempat Anda tinggal. Nah, perhatikan tim mana yang menguasai atau mendominasi tim tersebut. Bergabunglah ke dalam tim yang mendominasi, atau jika Anda ingin menjadi underdog, pilih tim yang berbeda.

12. Jejak Kaki di Nearby

Sayangnya, fitur jarak di Nearby yang dulunya dalam satuan Meter pada versi awal Pokemon Go kini telah diganti dengan Jejak Kaki. Satu jejak kaki menandakan bahwa Pokemon tersebut sangat dekat jaraknya dari Anda, sedangkan dua jejak kaki menandakan sedikit lebih jauh, dan tiga jejak kaki cukup jauh jaraknya.

Dari berbagai sumber, arti banyaknya jejak kaki tersebut adalah estimasi jarak dalam ratusan meter. Misalnya, satu jejak kaki menandakan sekitar maksimal 100 meter dari Anda jaraknya, begitu pun dua dan tiga jejak kaki.

13. Cara Naik Level dengan Cepat di Pokemon Go dengan Lucky Eggs

Ketika Anda memasuki Level 9, Anda akan diperkenalkan dengan item baru yang disebut dengan Lucky Egg. Inilah salah satu item yang sangat berpengaruh dalam menaikkan level dengan cepat di Pokemon Go.

Selama 30 menit, Anda akan mendapatkan XP yang berlipat ganda ketika menggunakan Lucky Egg. Jadi selama 30 menit itu, Anda harus menggunakannya dengan sangat bijak untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dengan kata lain, untuk menaikkan level di Pokemon Go dengan lebih cepat.

Tips dan trik bermain Pokemon Go dalam tahap ini, Anda perlu mengumpulkan Pokemon dengan jenis Pidgey sebanyak-banyaknya. Kenapa Pidgey? Karena tentunya sangat mudah untuk didapatkan di mana saja juga untuk melakukan evolve, Pidgey hanya membutuhkan 12 Pidgey Candy dibandingkan dengan Pokemon jenis lain yang rata-rata membutuhkan 25 hingga 50 Candy.

Setelah Anda mengumpulkan banyak Pidgey, tahan dulu, jangan ditransfer. Setelah itu, sambil menggunakan Lucky Egg, evolve seluruh Pidgey yang Anda miliki (pastikan Pidgey Candy Anda cukup untuk melakukan evolve).

Biasanya Anda akan mendapatkan 500 XP ketika melakukan evolve. Namun jika Anda menggunakan Lucky Egg, XP yang Anda dapatkan ketika melakukan evolve akan naik dua kali lipat dari 500 XP menjadi 1000 XP. Dengan begitu Anda tentunya akan jauh lebih cepat naik level di Pokemon Go, bukan?

14. Jangan Pernah Beli Poke Balls dengan Poke Coins, Sebaliknya, Beli Incense dan Lure

Meski Anda sering kehabisan Poke Balls saat menangkap Pokemon, terutama Pokemon yang terhitung langka dan sulit didapatkan, jangan pernah membeli Poke Balls di Poke Shop.

Alasannya, jelas, karena Poke Balls sangatlah mudah Anda dapatkan. Ketika naik level, Anda akan mendapatkan Poke Balls yang relatif banyak jumlahnya. Ditambah lagi Anda akan dengan mudah mendapatkannya dari Poke Stop di sekitar Anda.

Sebaliknya, kumpulkan Poke Coins untuk membeli Incense dan Lure, karena dua item ini sangat berguna untuk mendapatkan Pokemon, dari yang biasa saja jenisnya hingga yang langka sekalipun. Ditambah, jumlah Pokemon yang Anda dapatkan ketika menggunakan dua item tersebut terhitung banyak jumlahnya.

Khusus untuk Poke Balls, jangan sampai kehabisan. Sebelum menangkap Pokemon, Anda wajib mengumpulkan Poke Balls sebanyak-banyaknya agar tidak pernah kehabisan.

15. Pantau dan Datangi Poke Stop yang ada Lure-nya

Fungsi Lure sebenarnya tidak jauh berbeda dari Incense, yakni menarik perhatian Pokemon untuk mendekat sehingga lebih mudah untuk ditangkap.

Bedanya, Incense hanya bisa Anda gunakan sendirian meski bisa digunakan di mana saja selama 30 menit periode waktu.

Namun Lure, meski hanya bisa digunakan di Poke Stop, tetapi bisa dinikmati oleh siapa saja yang kebetulan sedang berada di sana. Misalnya begini. Kota Tua adalah sebuah Poke Stop, dan pemain yang kebetulan sedang berada di sana sedang memasang Lure. Nah, Anda bisa datang ke Kota Tua untuk menikmati Lure yang dipasang oleh pemain tersebut.

Selain gratis, Pokemon yang bisa Anda dapatkan juga akan lebih banyak jumlahnya. Lure di Poke Stop biasanya digunakan oleh pemiliki bisnis misalnya kafe atau restauran agar pemain Pokemon Go mau singgah di bisnisnya. Lure juga sering digunakan oleh komunitas Pokemon Go tertentu.

16. Cara Mendapatkan Poke Coins dengan Mudah dan Gratis

Ada banyak item yang bisa Anda beli dengan menggunakan Poke Coins. Namun, mendapatkan Poke Coins memang susah. Saya sudah menulis artikel yang berisi berbagai cara mendapatkan Poke Coins dengan mudah dan gratis (ada juga cara membelinya).

Cara Mendapatkan Poke Coins di Pokemon Go

17. Tetap Buka Pokemon Go Kemana pun Anda Pergi Saat Hendak Menetaskan Telur

Telur hanya bisa menetas ketika Anda telah berjalan menempuh jarak yang diperlukan. Namun, Anda mungkin akan heran, mengapa jarak tempuh dalam proses inkubasi tidak bertambah padahal Anda sudah berjalan jauh. Ada yang salah mungkin, contohnya, Anda tidak membiarkan Pokemon Go tetap aktif.

BACA JUGA:  Cara Mendapatkan Poke Coins di Pokemon Go

Jangan biarkan layar smartphone Anda mati ketika bermain Pokemon Go, atau keluar dari aplikasi dan membiarkannya berjalan di background jika Anda hendak menetaskan telur.

Sebaliknya, biarkan Pokemon Go tetap aktif tanpa membiarkan layar smartphone Anda redup/mati atau keluar dari aplikasi permainan. Untuk mengakalinya, ubah screen time-out di bagian Display pada menu Settings di smartphone Anda.

18. Cara Hemat Baterai di Pokemon Go

Selama bermain Pokemon Go, tentunya Anda akan menyadari bahwa permainan ini sangat menyedot daya baterai smartphone Anda. Ya, hal ini juga diakui oleh pihak Niantic sebagai pengembang.

Namun ada berbagai tips untuk menghemat baterai saat bermain Pokemon Go. Saya sudah pernah menulis berbagai panduannya, bisa Anda baca di sini.

Cara Hemat Baterai Ketika Bermain Pokemon Go

19. Menangkap Pikachu di Awal Permainan

Meski saya yakin bahwa Anda saat ini sudah memiliki level yang tinggi dengan banyak Pokemon, namun tips dan trik bermain Pokemon Go yang satu ini mungkin masih Anda butuhkan, terutama bagi Anda yang ingin mengulang permainan atau pun Anda yang baru bermain.

Khusus untuk tips dan trik bermain Pokemon Go yang satu ini saya sudah pernah menuliskan panduan lengkapnya yang bisa Anda temukan di sini.

Cara Mendapatkan Pikachu Pokemon Go di Awal Permainan

20. Dapatkan Tiga Jenis Evolusi Eevee yang Berbeda-Beda Sesuai Keinginan Anda

Tips dan trik bermain Pokemon Go yang satu ini mungkin baru Anda ketahui, dan memang masih jarang diketahui. Tahukah Anda bahwa satu jenis Pokemon Eevee sangat mungkin untuk berevolusi ke dalam bentuk 3 jenis Pokemon yang berbeda-beda?

Ya, Eevee bisa berevolusi ke dalam 3 jenis Pokemon yang berbeda, yakni Vaporeon, Jolteon, dan Flareon.

Ketika Anda memutuskan untuk mengevolve Eevee, Anda akan mendapatkan jenis Pokemon yang berbeda secara acak dari antara 3 jenis Pokemon yang mungkin.

Mungkin sebelumnya Anda sudah pernah mengevolve Eevee dan mendapatkan Vaporeon sebagai hasil evolusinya. Kali ini Anda kembali hendak mengevolve Eevee, namun tidak lagi ingin mendapatkan Vaporeon, melainkan salah satu di antara Jolteon atau Flareon.

Triknya seperti ini. Jika Anda mengikuti Anime Pokemon, memang terdapat 3 jenis evolusi Eevee yang dimiliki oleh Eevee Brothers: Rainer, Sparky, dan Pyro. Masing-masing pemilik entah itu Rainer, Sparky atau Pyro memiliki jenis Eevee masing-masing. Begini urutannya:

  • Rainer = Vaporeon
  • Sparky = Jolteon
  • Pyro = Flareon

Jika Anda ingin mendapatkan Jolteon, ubah nama Eevee yang hendak Anda evolve menjadi Sparky. Untuk Vaporeon ubah namanya menjadi Rainer, begitu pun Pyro untuk Flareon.

Setelah mengubah nama Eevee tersebut, sebelum melakukan evolve, keluar terlebih dahulu dari permainan. Hal ini hanya untuk memastikan apakah nama Eevee tersebut sudah berganti menjadi Rainer, Sparky atau Pyro sesuai pilihan Anda. Masuk kembali dan lihat namanya.

Jika namanya sudah berubah, silahkan evolve dan lihat hasilnya. Anda bisa mendapatkan 3 jenis evolusi Eevee yang berbeda-beda sesuai keinginan Anda.

21. Tangkap Pokemon Langka dengan Cara Memperpanjang Durasi Incense

Anda memiliki kesempatan untuk menangkap Pokemon langka dengan cara memperpanjang durasi Incense. Incense pada umumnya berfungsi untuk menarik perhatian Pokemon untuk mendatangi Anda sehingga akan lebih mudah ditangkap. Incense memiliki durasi hanya 30 menit, yang sebenarnya cukup singkat.

Baca panduan ini untuk mengetahui trik memperpanjang durasi Incense dari 30 menit menjadi berapa lama pun yang Anda mau.

Cara Menangkap Pokemon Langka di Pokemon Go

22. Tips dan Trik Bermain Pokemon Go – Penutup

Itulah berbagai tips dan trik bermain Pokemon Go yang bisa saya sajikan selengkap-lengkapnya. Jika Anda memiliki berbagai tips dan trik bermain Pokemon Go yang belum disebutkan di artikel ini, mohon sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini.

Dan selebihnya, silahkan bagikan artikel ini di media sosial agar teman-teman Anda mengetahuinya. Selamat bermain dan semoga bermanfaat!

Demam Pokemon Go, Begini Cara Menginstall Pokemon Go iOS dan Android

TINGGALKAN KOMENTAR