Cara Bermain Pokemon Go untuk Pemula – Pokemon Go merupakan sebuah fenomena baru di dalam dunia game khususnya bagi perangkat smartphone baik iOS maupun Android.

Meski belum secara resmi dirilis di Indonesia saat artikel ini ditulis (14 Juli 2016), namun demam Pokemon Go sepertinya sudah tersebar di berbagai penjuru tanah air, terutama karena memang Pokemon Go masih tetap dapat dimainkan dengan berbagai trik yang ada baik di iOS maupun Android.

Sebagai pemula, tentunya Anda masih akan merasa asing dengan permainan yang satu ini. Dalam artikel ini kita membahas tentang bagaimana langkah-langkah yang perlu Anda lewati sebagai cara bermain Pokemon Go yang akan sangat membantu.

Namun sebelum masuk ke bagian inti, mari mengenal permainan ini lebih dalam.

Apa itu Pokemon Go?

Agar tidak ketinggalan dengan tren sekarang ini, tentu bagian ini tidak boleh Anda lewatkan.

Pokemon Go merupakan sebuah game berbasis GPS yang dikembangkan oleh Niantic dan Nintendo. Jika Anda sudah pernah memainkan Ingress yang juga diterbitkan oleh Niantic, maka Anda juga akan cepat familiar dengan game yang satu ini.

Tidak seperti game lain secara umum yang bisa dituntaskan meskipun Anda berdiam mengurung diri di kamar seharian sembari menyelesaikan misi hingga mengalahkan monster atau raksasa sebagai bos terakhir, Pokemon Go menuntut Anda untuk keluar dan mengeksplorasi untuk menangkap Pokemon dan mengembangkan char Anda.

Jika Anda tidak keluar untuk memburu Pokemon (terutama yang langka untuk didapatkan), bertarung di Gym dan singgah di PokeStop untuk mendapatkan items berguna, dan lain sebagainya yang tergambar di GPS yang diberikan, maka Anda tidak akan bisa bersaing dengan pemain Pokemon Go lainnya.

Meskipun memang Anda bisa mendapatkan items dengan cara membelinya (top-up dengan uang sungguhan), karena game ini memang menuntut Anda untuk keluar dan bermain, maka tetap saja Anda tidak dapat bersaing dengan mereka yang ‘rajin’ keluar dan bermain.

BACA JUGA:  Demam Pokemon Go, Begini Cara Menginstall Pokemon Go iOS dan Android

Meskipun mungkin Anda bukanlah fans franchise Pokemon, tetapi game ini sangatlah asik untuk dimainkan oleh segala kalangan.

Skema Permainan Pokemon Go Secara Ringkas

Anda akan akrab dengan yang namanya PokeStop, items seperti Candy, Poke Ball, Egg Incubator, Gym, dan lain sebagainya.

Semua elemen tersebut tentu saja saling terkait satu dengan yang lain. Dan untuk mendapatkan Pokemon, Anda harus keluar untuk menangkap Pokemon terdekat yang terpampang di bagian Nearby sebelah kanan bawah layar Anda.

Untuk menangkapnya, Anda membutuhkan Poke Ball. Pastikan untuk mengenai Pokemon tersebut hingga benar-benar tertangkap (Gotcha!).

Di Poke Stop, Anda bisa mendapatkan berbagai items seperti Poke Ball maupun Egg (telur Pokemon yang butuh ditetaskan agar menjadi Pokemon). Nah untuk Egg sendiri, Anda harus memasukkannya ke dalam inkubator agar bisa menetas.

Setelah memasukkannya ke inkubator, nantinya Anda harus berjalan menghabiskan jarak sekitar 2KM, 5KM dan sebagainya tergantung jarak yang diperlukan seperti yang tertera di bagian Egg (di inkubator).

Sambil menunggu telur tersebut menetas dan menghasilkan Pokemon ‘peliharaan’ Anda, Anda juga bisa keliling ke Poke Stop atau menangkap Pokemon jenis lain yang berada di sekitar.

Sebagai trainer (sebutan bagi Anda), Gym sangat berguna untuk melatih Pokemon andalan Anda. Gym baru bisa digunakan ketika Anda sudah memasuki level 5.

Dan perlu diketahui, semakin tinggi level Anda maka semakin banyak pula item dan fitur lain yang tersedia untuk Anda gunakan. Dan setiap level membutuhkan XP (experience) agar bisa naik. Dan untuk mendapatkan XP, Anda harus bermain sesering mungkin, yang artinya Anda perlu keluar sesering mungkin.

Persiapan Sebelum Bermain Pokemon Go

Persiapan gunanya adalah untuk membuat Anda lebih siap ketika bermain. Nah agar pengalaman bermain Anda menjadi jauh lebih seru, berikut beberapa persiapan yang perlu Anda perhatikan baik-baik, dan tentu saja perlu Anda siapkan.

BACA JUGA:  Hati-Hati! Percakapan di Whatsapp Dimata-matai

1. Pastikan bahwa perangkat Android Anda sudah diupgrade hingga OS versi 4.4 atau Android KitKat ke atas (Beberapa kasus, Android ber-OS 4.3.1 atau Jelly Bean bisa juga memainkan Pokemon Go). Untuk iOS sendiri minimal ber-OS 8+.

2. Smartphone Anda harus mendukung minimal jaringan WiFi dan 3G (hingga 4G).

3. Tentu saja harus mendukung fitur GPS/Location Services.

4. Minimal RAM adalah 1GB, jika kurang maka permainan akan sangat lag.

5. Akun Gmail untuk sign up dan login, ini wajib bagi pengguna iOS sekalipun.

6. Setelah itu, Download dan Install Pokemon Go di smartphone Anda. Seperti yang telah disebutkan di atas, di Indonesia belum dirilis untuk saat ini sehingga tidak terdapat di App Store. Baca tutorial lengkapnya disini agar bisa memainkan Pokemon Go.

Cara Bermain Pokemon Go untuk Pemula

Nah inilah inti dari tutorial ini.

Langkah-langkah di bawah ini sengaja dibuat sesederhana mungkin agar Anda bisa mulai bermain tanpa harus mengulang-ngulang membaca tulisan ini.

1. Buka Pokemon Go, masukkan tanggal lahir dan sign up dengan akun Gmail.

2. Pilih opsi Accept ketika ada pop-up Terms of Service.

3. Kemudian Anda akan diminta untuk membuat sebuah karakter yang mewakili diri Anda sebagai trainer di dunia Pokemon Go. Anda bisa memilih gender dan penampilan, juga nama sang karakter.

cara bermain pokemon go - menentukan karakter

Untuk lebih detilnya silahkan lihat video di bawah ini:

4. Nah kemudian Anda sudah bisa memainkan Pokemon Go langsung di smartphone Anda. Untuk menangkap Pokemon, tembakkan Poke Ball ke arah Pokemon tersebut hingga mengenainya.

Tipsnya, tembakkan Poke Ball hingga mengenai Pokemon tepat di bagian lingkaran berwarna hijau. Ini juga memperbesar kemungkinan agar Pokemon tersebut tidak lepas atau kabur sehingga menghemat jumlah Poke Ball Anda.

Selain itu, tambahan bonus XP juga Anda dapatkan jika tepat mengenai lingkaran berwarna hijau. Semakin banyak Pokemon yang Anda tangkap, semakin besar pula XP yang Anda dapat dan progres yang cepat untuk char Anda.

BACA JUGA:  Perkenalkan Aplikasi Steller: Berbagi Cerita Secara Visual

cara bermain pokemon go - menangkap pokemon

5. Sebagai langkah awal, di tempat Anda saat ini sedang berada, Anda bisa memilih 1 di antara 3 Pokemon yang tersedia untuk ditangkap. Pilih salah satu jika mau.

cara bermain pokemon go - gameplay

6. Temukan items bermanfaat di PokeStop. Terdapat tempat-tempat tertentu yang dijadikan sebagai PokeStop seiring Anda mengeksplorasi. Items bermanfaat tersebut ada banyak (tergantung level Anda saat ini) seperti Poke Ball hingga Egg.

cara bermain pokemon go - pokestop

7. Tangkap Pokemon sebanyak-banyaknya, kunjungi PokeStop di sekitar Anda, dan pergunakan item sebaik mungkin hingga level Anda menjadi lebih tinggi. Di level 5 secara khusus, Anda mulai bisa menggunakan Gym untuk bertarung dengan trainer lainnya, juga menentukan ke tim mana Anda akan ‘berlindung’ (terdapat tim merah, tim kuning, dan tim biru).

cara bermain pokemon go - gym battlePenutup

Sama seperti game lainnya, Pokemon Go bisa Anda nikmati dengan cara Anda sendiri. Elemen yang diterapkan di dalam game ini tidak jauh berbeda seperti game lainnya, terutama game bergenre RPG karena masih mengandalkan leveling, items, dan sebagainya. Bermain Pokemon Go tidaklah jauh berbeda dengan game-game lainnya dari segi elemen, hanya saja dari segi gameplay Anda akan takjub.

Dan ingat, Anda harus keluar mengeksplorasi untuk bisa bersaing dengan trainer Pokemon Go lainnya. Selamat bermain Pokemon Go dan jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman-teman Anda.

Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya Seputar Pokemon Go:

  1. Begini Cara Menginstall Pokemon Go iOS dan Android

  2. Cara Mendapatkan Pikachu Pokemon Go di Awal Permainan

  3. Cara Mendapatkan Poke Coins di Pokemon Go

  4. Cara Hemat Baterai Ketika Bermain Pokemon Go

  5. 13 Tips dan Trik Pokemon Go Untuk Pemula yang Wajib Anda Ketahui

  6. Cara Menangkap Pokemon Langka di Pokemon Go

  7. Lengkap: Tips dan Trik Bermain Pokemon Go

TINGGALKAN KOMENTAR