Sibejoo, Pendidikan Berbasis Teknologi dari Indonesia – Dari nama situsnya sebenarnya sudah ketahuan kalau Sibejoo merupakan sebuah website yang berdiri dan didirikan di Indonesia oleh orang Indonesia. Memang benar. Sibejoo hadir sebagai situs yang berperan dalam menunjang kualitas pendidikan di Indonesia sebagai negara berkembang.

Sadar atau tidak, perkembangan teknologi informasi di Indonesia sebenarnya kurang merata. Ada banyak orang yang bisa mengoperasikannya, ahli membuatnya, bahkan banyak juga yang tidak tahu sama sekali. Di sinilah peran Sibejoo hadir untuk membangkitkan kualitas pendidikan di Indonesia secara online dan gratis. Hadirnya situs ini bukan saja sekedar untuk memberikan pendidikan via internet, tetapi mengundang anak bangsa untuk beramai-ramai melek teknologi informasi.

Di dunia internet sudah banyak sekali situs pendidikan yang hadir untuk memberikan pengajaran kepada penggunanya. Namun, kebanyakan dari situs tersebut cenderung mengutamakan keuntungan. Berbeda sekali dengan Sibejoo. Semua hal yang ada di dalamnya adalah murni berbagi. Anda semua diundang untuk membagikan banyak hal kepada sesama bangsa Indonesia tentang apapun yang mendidik. Pengembang situs Sibejoo hanya mengharapkan pada donasi pengguna, atau siapapun yang bersedia menjadi donator untuk membantu mereka meningkatkan kualitas website tersebut.

BACA JUGA:  Perbandingan Kebijakan Luar Negeri Soekarno dan Soeharto

Heri Susanto, pendiri Sibejoo di tahun 2011, mengklaim bahwa situs yang ia bangun murni untuk peningkatan kualitas tanpa profit pasti yang harus didapatkan. Sibejoo, seperti yang sudah dikatakan, hanya berharap pada donasi. Sibejoo menyediakan berbagai hal penting seputar pendidikan melalui ruang diskusi, tulisan, hingga video. Semuanya yang ada di dalamnya bisa diakses secara gratis, tidak seperti kebanyakan situs pendidikan sejenis.

Ada sekitar 1000 video pendidikan yang sudah ditampilkan di Sibejoo. Semua video tersebut dibuat oleh tim pengembangnya sendiri. Bahkan video-video tersebut sudah disebar di Youtube, di mana seluruh umat manusia bisa mengaksesnya secara gratis. Dalam situs resminya, situs tersebut menyediakan subjek pelajaran seperti Matematika, Pembahasan UN dan SNMPTN sejak tahun 2011 lalu, dan mata pelajaran sains seperti Fisika, Kimia, dan Biologi belum dirilis secara resmi.

Melalui situs resminya, tim Sibejoo mengatakan bahwa mereka memulai dari NOL seluruh pengembangan web pendidikan tersebut. Untuk itulah mereka masih dan selalu mengharapkan donasi dari para pengguna agar situs tersebut tetap hidup. Situs itu juga mengundang kita semua untuk ikut berdiskusi di dalamnya.

BACA JUGA:  Konflik Timor Timur yang Berkepanjangan

TINGGALKAN KOMENTAR