YellowFlashinfo_google_hummingbirdGoogle Hummingbird, Algoritma Terbaru Pencarian Google – Setelah bergerak maju dengan istilah PageRank, Google Penguin, Google Panda, kali ini ini Google menghadirkan algoritma terbaru dari mesin pencari unggulannya yang diberi nama Google Hummingbird. Algoritma yang satu ini disebut-sebut mampu menghadirkan pencarian yang digunakan dengan kalimat, artinya mesin ini mampu mengerti bahasa komunikasi manusia yang kita tuliskan dengan kalimat. Banyak yang mengakui bahwa pencarian Google menggunakan algoritma ini bisa memberikan hasil pencarian yang 90% akurat. Wah!

Google Hummingbird

Banyak yang menyebut bahwa Google Hummingbird sudah diimplementasikan sejak akhir Agustus atau awal September 2013, dan secara resmi Google mempresentasikannya tepat di perayaan ulang tahun ke-15 Google, 26 September 2013 silam. Algoritma baru ini hadir sebagai jawaban atas protes pengguna Google yang sering mendapatkan hasil pencarian yang kurang akurat karena sering menggunakan kata kunci yang banyak dan nyaris membentuk kalimat. Untuk itulah algoritma baru ini diharapkan dapat menjawab protes penggunanya.

Google Hummingbird mampu membaca atau mengerti rangkaian kata kunci yang dibentuk menjadi kalimat. Hasil pencariannya pun disebut-sebut menembus angka 90%. Hebatnya, Google dengan Hummingbird-nya juga mampu membaca data di seluruh dunia dengan kata kunci beragam bahasa dengan hasil yang benar-benar akurat. Alasan pemilihan nama ‘Hummingbird’ yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘burung kolibri’ karena dianggap cepat dan tepat. Google dengan algoritma baru ini pun diharapkan dapat mencari kata kunci secepat dan setepat burung kolibri.

BACA JUGA:  Dasar-Dasar SEO

Apakah Google Hummingbird Mempengaruhi Pagerank dan SEO?

Jangan khawatir! Adanya algoritma baru di mesin pencari Google bukan berarti sistem Pagerank dan SEO-nya secara mutlak berubah. Tidak ada yang sia-sia dengan usaha Anda dalam meningkatkan Pagerank dan SEO blog Anda selama ini. Seperti biasa, Google hanya meminta konten di blog kita ditulis dengan unik dan berkualitas, dan tentunya mengikuti kaidah SEO yang benar dan tepat. Jangan terlalu banyak dan panjang menggunakan keyword. Gunakan keyword secara natural dan jangan spam. Namun, pintarlah memilih kata kunci untuk setiap artikel Anda karena Goolge Hummingbird mampu membaca dan mengerti keyword unik dengan rangkaian yang cukup panjang (3-5 kata saja cukup) dan 90% akurat.

Sedikit tips dari blogger luar negeri, cara termudah dan terbaik membangun tingkat SEO yang tinggi dari blog kita adalah dengan mengikuti perkembangan Google. Dengan kata lain, ikuti apa kemauan Google. Saat ini Google sudah memperkenalkan dan menjalankan mesin pencari dengan algoritma terbarunya, yaitu mesin pencari yang mampu membaca rangkaian kata yang menyerupai kalimat. Untuk itulah kita harus bisa membuat kata kunci unik dengan perpaduan kata, asal tidak terlalu panjang dan berbau spam.

BACA JUGA:  Google Doodle Ikut Meriahkan Google 15th

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR