Memperkenalkan Google Sitelinks! Apa itu Google Sitelinks? – Keberadaan Google Sitelinks di hasil pencarian mesin pencari terbesar dunia, Google, sudah sangat populer dan membuat hasil kunjungan trafik organik sebuah website bisa meningkat drastis.

Keberadaan Sitelinks juga cukup membuat pemilik website yang memilikinya cukup berbangga. Pasalnya, Sitelinks terkadang diasumsikan sebagai sebuah hasil pengoptimalan SEO yang baik dan terhitung berhasil di dalam sebuah blog. Dan nyatanya, sitelinks ini adalah sesuatu yang muncul secara otomatis, yang artinya, Google membuat algoritma otomatis terhadap hasilnya/kemunculannya, sehingga kita nyaris tidak bisa membuatnya secara manual. Google merahasiakan algoritmanya, sehingga kita tidak tahu betul bagaimana kita harus mengoptimalkan website kita untuk mendapatkan sitelinks tersebut. Lantas apa sebenarnya Google Sitelinks?

Memperkenalkan Google Sitelinks

Dari penjelasan yang diberikan oleh Wikipedia,

“Sitelinks are hyperlinks to website subpages that appear under certain Google listings in order to help users navigate the site. The site owner cannot add any sitelinks; Google adds them through its own secret automated algorithms.” wikipedia

Sitelinks bertujuan untuk membantu pengguna untuk secara mudah menavigasi sebuah website ke beberapa halaman yang dicari. Kemunculan sitelinks dimaksudkan untuk memudahkan pencarian informasi hingga ke bagian sub-halaman sebuah website. Ujung-ujungnya, sitelinks ini diutamakan bagi user.

Secara jelas sitelinks merupakan kumpulan link yang terbagi atas dua kolom yang terdapat di bawah main page di hasil sebuah pencarian. Untuk lebih ringkasnya, inilah yang dimaksud dengan sitelinks:

google sitelinks photo
Contoh Google Sitelinks (sumber: Flickr)

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, mesin pencari Google menunjukkan main page dan subpages dari web terkenal: ShoutMeLoud. Main Page yang dimaksud adalah judul ShoutMeLoud tersebut beserta deskripsinya. Sementara sitelinks adalah halaman-halaman tertentu yang terbagi menjadi dua kolom yang terdapat di bawah main page itu sendiri. Di gambar tersebut, ShoutMeLoud menghasilkan 6 subpages dengan kata lain 6 sitelinks yang mengarahkan Anda ke halaman tertentu yang dirasa penting bagi algoritma Google, sehingga kita sebagai user akan lebih mudah membuka halaman tertentu untuk mencari informasi.

BACA JUGA:  Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

Secara tidak sengaja, ternyata Seni Berpikir juga memiliki sitelinks. Selama ini memang Seni Berpikir berusaha untuk mendapatkan sitelinks tersebut meskipun tidak ada cara pasti untuk mendapatkannya karena Google menggunakan algoritma rahasia tanpa memberitahu bagaimana caranya agar sitelinks muncul. Google membuatnya secara otomatis, bukan seperti membuat Google Authorship yang telah di-shut down oleh Google sendiri. Google Sitelinks yang dimiliki Seni Berpikir terlihat seperti ini:

google sitelinks seniberpikirDalam beberapa waktu yang sebenarnya cukup lama saya memang secara khusus menghabiskan waktu untuk mempelajari bagaimana cara kerja sitelinks ini. Dari berbagai sumber yang saya baca, kemunculan sitelinks sebenarnya menjadi bukti bagaimana keberhasilan seorang webmaster dalam mengoptimisasi SEO on-page di dalam blognya.

Selain itu, struktur on-page di dalam sebuah website haruslah diperjelas. Navigasi menjadi hal yang terpenting karena Google sendiri menyarankan agar sebuah website memiliki navigasi menu yang baik agar pengunjung dapat dengan mudah mengakses halaman-halaman yang ada di dalamnya agar lebih mudah diakses, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari sesuatu yang ia cari.

Apakah Google Sitelinks Memang Penting Dimiliki oleh Sebuah Blog?

Secara sederhana, Google Sitelinks tentu penting dimiliki oleh sebuah blog. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Google Sitelinks merupakan salah satu bukti keberhasilan seorang webmaster dalam mengoptimisasi websitenya.

Google menjelaskan bahwa sitelinks penting karena user akan terbantu untuk dengan mudah dapat menavigasi halaman-halaman tertentu dari sebuah website langsung dari hasil pencarian. Selanjutnya, tentu saja hal tersebut akan menghemat waktu user dan mempermudahnya untuk menemukan informasi apa yang ia cari dengan cepat langsung dari mesin pencari tanpa harus masuk terlebih dahulu ke website Anda. Intinya, sitelinks memberikan hasil terbaik dari sebuah pencarian dalam waktu yang relatif ringkas.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui Apakah Website Anda di-Banned Google Adsense

Selain itu, jika Anda memiliki brand, sitelinks tentu saja penting. Tidak semua website yang terindeks di Google memiliki sitelinks, dan kebetulan kita tidak bisa membuatnya secara manual. Google secara otomatis menghadirkan sitelinks di hasil pencarian terhadap website-website tertentu. Dan dalam hal ini, memiliki sitelinks tentu saja merupakan kelebihan tersendiri dari hasil pencarian.

Hal penting lain, seperti yang diungkapkan oleh EntrepreneurCom, sitelinks dapat memberikan efek sebagai berikut:

  • Membantu membangun reputasi atas sebuah brand.
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung/user terhadap sebuah website/brand
  • Mencakup SERP yang lebih luas lagi
  • Meningkatkan click-through-rate (CTR)
  • Meningkatkan kekuatan internal links/pages

Jadi Bagaimana Membuat Google Sitelinks Untuk Website Saya?

Seperti yang telah saya katakan tadi, Google Sitelinks tidaklah sesuatu yang bisa dibuat secara manual. Tim Google yang secara otomatis memberikannya terhadap website tertentu di hasil pencarian. Dan secara resmi, Google tidak memberitahukan kita bagaimana sitelinks dapat dibuat.

Dari pengalaman saya, menghadirkan sitelinks adalah perkara susah. Butuh waktu dan riset lama, itu pun saya temukan secara tidak sengaja ketika hendak merubah deskripsi website ini dan ingin melihatnya apakah sudah berubah di hasil pencarian atau belum. Dan ternyata sitelinks untuk Seni Berpikir muncul. Yang membingungkan, ketika saya tes di browser lain, sitelinks untuk Seni Berpikir tidak muncul. Awalnya saya menggunakan Firefox untuk melihatnya. Di Firefox sitelinks Seni Berpikir muncul, tapi di Chrome tidak. Hal sebaliknya justru muncul untuk Facebook dan Lazada, di Firefox sitelinks kedua web populer tersebut tidak muncul sementara di Chrome muncul. Tetapi di PC lain, saya coba di Chrome dan Firefox, keduanya muncul untuk sitelinks Seni Berpikir dan Lazada tetapi tidak muncul untuk Facebook. Saya juga cukup kebingungan dengan hal ini.

Dari riset dan pengalaman saya, inilah hal-hal yang saya lakukan di dalam Seni Berpikir:

  • Membuat halaman penting yang memang ‘selalu’ ada di sebuah website, seperti About, Privacy Policy, Contact Me, dan buat deskripsi yang jelas terhadap setiap halaman tersebut.
  • Susun halaman tersebut di navigasi yang tertata dengan rapi. Di Seni Berpikir, menu halaman saya pisahkan dengan kategori dari segi penempatan di navigasi. Hal ini tentu akan membedakan bagimana pengunjung blog ini mengakses halaman tertentu dan kategori tertentu dari navigasi menu yang jelas penataannya.
  • Buat agar navigasi menu yang terdapat di website Anda muncul baik di homepage maupun halaman lainnya, seperti di tulisan maupun halaman-halaman lainnya.
  • Pastikan juga Anda menghapus halaman-halaman yang dilaporkan sebagai 404 error not found.  Cek akun webmaster tool untuk blog Anda dan hapus setiap URL yang bermasalah.
  • Pastikan Robottxt tidak memblok halaman-halaman penting di website Anda.
  • Selebihnya, permudah hierarki atau pun struktur halaman di website Anda.
BACA JUGA:  Cara Mengganti Blogspot Dengan Nama Domain Pribadi

Untuk saat ini, itulah beberapa hal yang saya lakukan sebelum sitelinks muncul untuk website ini. Dari beberapa sumber yang saya baca, inilah beberapa tips untuk memunculkan Google Sitelinks:

Google Sitelinks menjadi sesuatu yang cukup berharga bagi webmaster, terutama untuk sebuah brand. Sitelinks sejatinya mempengaruhi pengunjung untuk mengklik hasil dari sebuah website yang tampil, sama seperti hadirnya fitur Google Authorship, fitur yang kini dimatikan oleh Google sendiri . Saya berpendapat bahwa Google Sitelinks ini penting eksistensinya bagi sebuah website, dan apakah Anda juga memilikinya?

3 KOMENTAR

  1. Woow lengkap banget info sharenya
    terima kasih banget Gan
    saya jug amencari bagaimana cara kita bisa menampilkan menu kategori di search engine google ya?
    terima kasih

  2. memang research tentang sitelink ini sangat rumit, kebetulan web saya sudah ada sitelink, tapi dengan post yang tidak terlalu saya harapkan tampil di sitelink, semoga ada solusi untuk membuat preferensi sitelink kita sendiri dari google,

    thanks for info

TINGGALKAN KOMENTAR