SeniBerpikir_bounce-ratePengertian dan Cara Menurunkan Bounce Rate – Bounce Rate selama ini memiliki peranan penting dalam kemajuan ranking sebuah blog, entah itu ranking blog menurut Alexa Rank atau pun Google Pagerank. Sebelum membahasnya lebih jauh, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu pengertian Bounce Rate itu sendiri.

Bounce Rate merupakan suatu persentase di mana perhitungannya didasarkan pada tingkat kunjungan seorang pengunjung blog, dari satu halaman ke halaman lain. Semakin banyak halaman yang dibuka oleh seorang pengunjung ketika mengunjungi sebuah blog maka perlahan Bounce Rate-nya akan semakin menurun dari 100% ke persentase terendah. Semakin rendah tingkat Bounce Rate sebuah blog maka semakin baik pula.

Bounce Rate dimanfaatkan oleh algoritma Google Panda  untuk mengukur kualitas suatu blog. Semakin kecil Bounce Rate-nya maka semakin besar pula kemungkinan Pagerank-nya akan naik. Itu artinya suatu blog memiliki kualitas dalam tiap halamannya sehingga seorang pengunjung bisa membuka halaman lain dalam sebuah blog ketika berkunjung.

Nah, cara menurunkan Bounce Rate adalah hal yang paling utama yang saya bahas dalam tulisan kali ini. Bounce Rate memang penting dan cara menurunkannya pun beragam.
Inilah Beberapa Cara Menurunkan Bounce Rate
1. Konten Berkualitas
Pepatah blogging, “Content is the King” hingga saat ini harus kita akui kebenarannya. Konten memang hal yang paling utama dalam sebuah blog, dan ingatlah bahwa apa yang kita tulis ditujukan kepada manusia, bukan robot search engine. Isilah blog Anda dengan konten yang berkualitas maka blog Anda akan semakin diminati dan semakin membuat betah pengunjung untuk mencari-cari artikel bermanfaat lainnya dalam blog Anda.
Baca Juga:
2. Buat “Artikel Terkait” di Setiap Postingan
Hal ini memperbesar kemungkinan agar setiap pengunjung yang membaca satu artikel nantinya akan membaca artikel lainnya yang berkaitan jika Anda memasang “Artikel Terkait” di bawah setiap postingan. Artikel Terkait juga sangat membantu pengunjung dalam membaca artikel bermanfaat lainnya yang terdapat di dalam blog Anda. Ini juga sangat efektif sebagai salah satu cara menurunkan Bounce Rate.
Baca Juga:
3. Buat Menu Navigasi Sesuai Kategori Tulisan
Jika Anda membangun sebuah blog yang memiliki banyak kategori, jadikanlah setiap kategori tersebut menjadi menu yang berurutan. Tempatkan menu tersebut di bawah logo atau di bagian header dan tempatkan pula di sidebar blog Anda. Hal tersebut akan memudahkan pengunjung untuk mencari-cari informasi menarik sesuai kategori yang mereka butuhkan. Cara menurunkan Bounce Rate pada bagian ini juga tidak boleh Anda lupakan.
4. Persiapkan Artikel Sebanyak-banyaknya
Perbanyak isi blog Anda. Biarpun banyak tapi jangan asal banyak, pertahankan kualitas konten yang selama ini Anda perjuangkan. Banyaknya jumlah artikel berarti ada banyak pilihan pembaca untuk membongkar konten blog Anda.
5. Percepat Loading Blog
Mempercepat loading blog berarti Anda mau membantu pengunjung untuk menghemat waktunya ketika membongkar isi blog Anda. Pengunjung akan lebih senang dengan blog yang memiliki loading cepat ketika buka, jadi inilah salah satu cara menurunkan Bounce Rate yang paling efektif. Ingat, netter merupakan kaum yang sangat haus dengan informasi, terutama informasi yang Anda muat di blog Anda.
Baca Juga:
Itulah beberapa cara menurunkan Bounce Rate yang harus Anda terapkan. Semoga bermanfaat.
BACA JUGA:  7 Hal Agar Pengunjung Blog Menyukai Blog Anda

6 KOMENTAR

  1. blog saya malah tambah jeblok apa karena loadingnya lambat yah tapi saya udah buangin widget yang ga perlu tetep aja makin jeblok 🙁

    • bisa juga karena ukuran gambar dan size-nya ketika diload. Atau karena logo blog yang terlalu besar, baik ukuran gambar maupun file. Juga, bisa karena iklan, dan begitu seterusnya

TINGGALKAN KOMENTAR